You are on page 1of 15

Lampiran I / 1-15

B***
(B***)
PERWAKILAN PROVINSI…………………………….

LAPORAN HASIL AUDIT KINERJA
AKSESIBILTAS MASYARAKAT MISKIN TERHADAP KEGIATAN EKONOMI
PRODUKTIF MELALUI KELOMPOK USAHA ***
TAHUN 2012/2013, 2014 dan 2015
Pada
DINAS SOS*** KAB.…………….
PROVINSI………………………..

Nomor : ………..
Tanggal : ………..

Lampiran I / 2-15 DAFTAR ISI Halaman BAGIAN PERTAMA: SIMPULAN DAN REKOMENDASI A SIMPULAN B REKOMENDASI BAGIAN KEDUA: URAIAN HASIL AUDIT BAB I UMUM A 1. Berita Acara Pembahasan Hasil Audit . Data Obyek yang Diperiksa F Uji Petik Audit BAB II HASIL AUDIT A 1. Temuan Hasil Audit D Hal-hal lain yang Perlu Diperhatikan E Rekomendasi LAMPIRAN : 1. Kinerja Pelaksanaan C 3. Sasaran dan Ruang Lingkup Audit D 4. Kuestioner SPIP 2. Batasan Tanggungjawab E 5. Rekapitulasi Skor Capaian Indikator Utama Kinerja 3. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern B 2. Tujuan Audit C 3. Dasar Audit B 2.

2014 dan 2015 pada Dinas Sos*** Kabupaten ……….. Lampiran I / 3-15 Nomor : Lampiran : Hal : Laporan Audit Kinerja Aksesibiltas Masyarakat Miskin TERHADAP KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI KELOMPOK USAHA ***Periode Tahun 2012/2013.periode pelaksanaan tahun 2012/2013. 2014 dan 2015. dengan pokok-pokok bahasan sebagai berikut: Bagian Pertama : Simpulan dan Rekomendasi Bagian Kedua : Uraian Hasil Audit . Dengan ini kami sampaikan Laporan Audit Kinerja Aksesibiltas Masyarakat Miskin TERHADAP KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI KELOMPOK USAHA ***pada Dinas Sos*** Kabupaten …….

. Kinerja Pelaksanaan Program Kinerja program berdasarkan capaian skor Indikator Utama Kinerja (IKU) Dinas Sos*** Kabupaten . Lampiran I / 4-15 BAGIAN PERTAMA SIMPULAN DAN REKOMENDASI A. Dari hasil evaluasi pengendalian intern... seperti terlihat dalam tabel berikut ini.atau . SIMPULAN Dari Hasil Audit Kinerja Aksesibiltas Masyarakat Berpenghasilan Miskin TERHADAP KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI KELOMPOK USAHA ***Tahun 2012/2013. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Evaluasi sistem pengendalian intern merupakan suatu syarat memahami auditee secara baik..... adalah sebesar ….. Lihat Lampiran I. 1.... 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten . Capaian tersebut merupakan rerata capaian IKU sebanyak .... Rincian capaian skor menurut core process program Tahun 2012/2013. Uraikan secara ringkas kondisi pengendalian intern 2... 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten . KUB* yang menjadi sampel audit.... disimpulkan sebagai berikut. Tabel .…. per 30 Agustus 2016 dapat disimpulkan sebagai berikut..Capaian Kinerja Aksesibiltas Masyarakat Miskin terhadap Kegiatan Ekonomi Produktif Melalui Kelompok Usaha B*** KUB* Target Capaian No Aktivitas Utama skor Gap Kinerja Kinerja 1 Perencanaan 30 2 Pelaksanaan 55 3 Pelaporan dan Evaluasi 15 Skor 100 .% dari skor maksimum 100.

2. Kepala Dinas Sos*** Kabupaten agar .. dan akibat).. B. REKOMENDASI Terhadap masalah-masalah yang dijumpai dalam audit. skor yang dicapai sebesar .Kurang dan Tidak Berhasil.. Hal-hal Penting Lainnya yang Perlu Diperhatikan Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bagian ini adalah permasalahan– permasalahan lain yang dijumpai dalam pelaksanaan audit namun tidak masuk dalam kategori suatu temuan hasil audit karena tidak memenuhi unsur- unsur temuan (kondisi. kriteria. Jelaskan setiap IKU yang capaiannya Cukup. Temuan Hasil Audit Uraikan secara ringkas permasalahan yang dijumpai dalam pelaksanaan audit.. Uraikan secara singkat rekomendasi atas temuan-temuan audit. menunjukkan bahwa kinerja program di Dinas Sos*** Kabupaten. Sangat Berhasil/Berhasil/Cukup Berhasil/Kurang Berhasil/Tidak Berhasil (Lihat gradasi). Lampiran I / 5-15 Gap kinerja ialah perbedaan antara capaian kinerja dibandingkan dengan target skor yang ingin dicapai. Gap kinerja mengindikasikan perlunya perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan program. kriteria. 2. dengan struktur: 1) Kondisi 2) Akibat 4.. Kurang dan Tidak Berhasil. penyebab dan akibat dengan mendasarkan pada kode temuan hasil audit sesuai Keputusan Kepala B*** tanggal 16 Juli 2004 tentang “Prosedur Baku Pengelolaan Data Base Hasil Pengawasan B***”. penyebab. kriteria. 3. kami merekomendasikan kepada: 1. .. Temuan harus mengungkapkan secara jelas dan ringkas “kondisi..1. Jelaskan secara singkat Temuan Audit. Kepada .. penyebab dan akibat” dan di akhir pembahasan di beri kode kondisi. Berdasarkan Tabel 1... Catatan: 1. Uraikan secara singkat rekomendasi atas capaian IKU yang Cukup.

.. NIP.... .............. Lampiran I / 6-15 Kepala......... ..... .................................

3) Mengidentifikasi hambatan pelaksanaan program... d.. tanggal .. Sasaran dan Ruang Lingkup Audit a. 2014 dan 2015 adalah untuk menilai keberhasilan Kementerian Sos*** dan Instansi terkait dalam melaksanakan program khususnya kepada fakir miskin dan masyarakat tidak mampu sebagai penerima manfaat dana usaha ekonomi produktif.. Pelaksanaan. Peraturan Pemerintah ***h. Peraturan Presiden Nomor *** Tahun 2014 tentang B***. Sasaran Audit 1) Dinas Sos*** Kabupaten yang mendapat dana bantuan KUB* dari APBN tahun 2012/2013. Lampiran I / 7-15 BAGIAN KEDUA URAIAN HASIL AUDIT A. 2014 dan 2015 2) Menilai keberhasilan pelaksanaan Program yang dijabarkan dalam tiga proses utama yaitu: Perencanaan. . Tujuan Audit Tujuan audit Aksesibiltas Masyarakat Miskin TERHADAP KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI KELOMPOK USAHA ***Tahun 2012/2013. 3.. Surat Tugas Kepala Perwakilan B*** Provinsi . c.. dan Pelaporan. b. dan e. ketaatan terhadap Peraturan Perundang-undangan dan keandalan laporan kegiatan dari pelaksanaan program tersebut. Dasar Audit Dasar pelaksanaan kegiatan audit adalah: a. INFORMASI UMUM 1. Instruksi Presiden Nomor ***. 2. 4) Menilai ketaatan pelaksanaan program terhadap peraturan perundang- undangan.. dan memberikan rekomendasi atas kelemahan dalam kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan fakir miskin melalui penghidupan berkelanjutan. No. Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia tahun 2014. .

c. relevan.. dan pelaporan program di Kabupaten …. Ruang Lingkup Audit Ruang lingkup audit meliputi seluruh aktivitas kegiatan perencanaan. Gradasi Hasil Hasil pembandingan antara bobot capaian kinerja dengan bobot kinerja yang telah ditetapkan awal untuk masing-masing aspek merupakan skore yang diperoleh. Uji Petik Audit Untuk memberikan gambaran komprehensif tentang persiapan instansi terkait dalam pelaksanaan program tahun 2012/2013. juga dilaksanakan uji petik kegiatan pada 10 KUB* di Dinas Sos*** Kab. Periode Audit Periode Audit adalah KUB* tahun 2012/2013. Gradasi 95 s.. dan Tgl.. No..d 100 dengan predikat “ Sangat Berhasil” ...... 2014 dan 2015 4.. Skore yang diperoleh kemudian dikelompokkan dalam gradasi sebagai berikut : a. Data Obyek yang Diperiksa a Pimpinan Dinas Sos*** Kabupaten pada saat audit: Nama : (Nama Kepala Dinas Sos*** Kabupaten) NIP : Jabatan : Kepala Dinas Sos*** Kab ….. dan uji petik di Kelompok Usaha B*** (KUB*).. Objek audit bertanggungjawab atas kelengkapan dan kebenaran data yang disajikan sebagai dasar pengambilan simpulan audit.. 7. audit selain dilaksanakan di Dinas Sos*** Kabupaten. pelaksanaan. kompeten dan andal dan rekomendasi yang diberikan.. Lampiran I / 8-15 b. 5. SK : b Alamat : c Telp/Faksimili : d Jumlah KUB* . Batasan Tanggungjawab B*** bertanggungjawab atas simpulan hasil audit yang diambil berdasarkan kepada bukti yang cukup.Tahun 2012/2013 : 6.Tahun 2014 : ... 2014 dan 2015.Tahun 2015 : ..

d 94. c.. b. Gradasi 0 s. a. d. Monitoring Simpulkan hasil evaluasi pemantauan dari jawaban kuesioner SPIP ... 2. Lampiran I / 9-15 b. Kinerja Pelaksanaan Program Hasil audit kinerja Program Aksesibiltas Masyarakat Berpenghasilan Rendah Terhadap Kegiatan Ekonomi Produktif Tahun 2012/2013.d 44...99 dengan predikat “Kurang Berhasil” e. Berhasil. Informasi dan komunikasi Simpulkan hasil evaluasi Inormasi dan komunikasi dari jawaban kuesioner SPIP. e.99 dengan predikat “ Berhasil” c.99 dengan predikat “Tidak Berhasil” B.. Evaluasi atas Sistem Pengendalian Intern Uraikan hasil evaluasi sistem pengendalian intern program di Dinas Sos*** Kabupaten .99 dengan predikat “ Cukup Berhasil” d...memperoleh skor ……… dari nilai maksimum 100 yang mencerminkan program di Dinas Sos*** Kabupaten telah dilaksanakan dengan predikat “(Sangat berhasil. beberapa pertanyaan berikut dapat menjadi petunjuk mengarahkan pada simpulan atas evaluasi sistem pengendalian intern.. HASIL AUDIT 1. Lingkungan Pengendalian Simpulkan hasil evaluasi lingkungan pengendalian dari jawaban kuesioner SPIP. Kurang Berhasil.. Gradasi 80 s. Gradasi 45 s. Penilaian Risiko Simpulkan hasil evaluasi penilaian risiko program dari jawaban kuesioner SPIP. Cukup Berhasil. Aktivitas Pengendalian Simpulkan hasil evaluasi aktivitas pengendalian program dari jawaban kuesioner SPIP. Tidak Berhasil)”.d 79. Gradasi 60 s. .d 59. 2014 dan 2015 pada Dinas Sos*** Kabupaten.

sebesar ……... Hal ini ditunjukkan dari adanya sebanyak ...00) menunjukkan bahwa seleksi pendamping Sos*** KUB* di Dinas Sos*** Kabupaten . c...... Indikator Kinerja Utama dengan capaian skor tertinggi ialah …... a....2..... Pendamping yang disampel.. sudah/belum sepenuhnya memiliki sertifikat. Kondisi tersebut disebabkan.sebesar ……...99% dibandingkan targetnya (dalam kategori cukup... atau sebesar ……......) Capaian nilai IKU R... % dari target kinerja (sebesar 5.... ....3....00) menunjukkan bahwa penerima manfaat dana ekonomi produktif Tahun 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten.2. Atas IKU dalam kategori tersebut... %dari target kinerja (sebesar 5.1.. diberikan rekomendasi.Pendamping yang sudah/belum memenuhi kriteria seleksi dari . Persentase Pendamping Terseleksi (R. Kondisi tersebut disebabkan....... kurang dan tidak berhasil)... CATATAN PENTING: IKU yang perlu dijelaskan kondisi dan penyebabnya ialah IKU yang memiliki capaian ≤ 79..1. Kondisi tersebut disebabkan. (…%) Indikator Kinerja Utama dengan capaian skor terendah ialah … (…%) Rincian capaian skor kinerja Program per IKU adalah sebagai berikut... atau sebesar ……. Pencapaian nilai Kinerja Program berdasarkan aktivitas utama digambarkan pada Rekapitulasi Skor Capaian Indikator Utama Kinerja di Lampiran 2... sudah/belum sepenuhnya akurat.... b. Hal ini ditunjukkan dari adanya sebanyak .) Capaian nilai IKU R....00) menunjukkan bahwa Pendamping di Tahun 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten.. Pendamping yang sudah/belum memperoleh sertifikat dari…. atau sebesar ……..3.Pendamping sampel.. sudah/belum sepenuhnya berhasil.....sebesar …….) Capaian nilai IKU R..... Lampiran I / 10-15 Simpulan tersebut diperoleh dari hasil pengukuran kinerja aktual terhadap aktivitas utama pelaksanaan Program (Core Activities) yang ditetapkan.. % dari target kinerja (sebesar 5. Persentase Penerima Manfaat Sesuai Kriteria (R.. Persentase Pendamping Bersertifikat (R.

.. i..... Kondisi tersebut disebabkan.00) menunjukkan bahwa sudah/belum sepenuhnya KUB* memiliki pembagian tugas antar anggota.... Persentase KUB* yang anggotanya mengalami peningkatan pendapatan (P...4.% dari target kinerja (sebesar 4... Persentase KUB* yang telah memiliki pembagian tugas antar anggota (P.atau sebesar ....sebesar …… atau sebesar …….sebesar …… atau sebesar …….. Persentase Kecukupan Materi Pelatihan Sesuai Kebutuhan (R.....1..4.sebesar……. Persentase KUB* yang melaksanakan Iuran Kesetiakawanan Sos***- (P. Kondisi tersebut disebabkan.. Kondisi tersebut disebabkan....... sebesar…….... Kondisi tersebut disebabkan.) Capaian nilai IKU P. Kondisi tersebut disebabkan. h.00) menunjukkan KUB* yang melaksanakan IKS Tahun 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten ..) Nilai IKU R.. atau sebesar ……. sudah/belum sepenuhnya sesuai ketentuan yang berlaku.) Capaian nilai IKU P.. e.... sebesar.00) menunjukkan bahwa KUB* yang melaksanakan kegiatan sesuai proposal Tahun 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten . sudah/belum sepenuhnya sesuai ketentuan yang berlaku.. Persentase KUB* yang melaksanakan kegiatan sesuai proposal.5..2.) Capaian nilai IKU P.. Persentase Proposal Sesuai Kriteria (R.) Capaian nilai IKU R.. atau sebesar ……% dari target kinerja (sebesar 20.. dan terendah dari KUB*.% dari target kinerja (sebesar 10) menunjukkan persentase kecukupan materi pelatihan sesuai kebutuhan sudah/belum sepenuhnya sesuai dengan target yang ditetapkan. Lampiran I / 11-15 d.) . Capaian tertinggi diperoleh dari Proposal KUB*. f.....3..3.5.% dari target kinerja (sebesar 4.1.% dari target kinerja (sebesar 4.4.(P... g...2.00) menunjukkan bahwa proposal yang disusun KUB* di Dinas Sos*** Kabupaten.. sudah/belum sepenuhnya dipatuhi..

supplier tetap) atau bertambah variasi nya (P6) Capaian nilai IKU P.% dari target kinerja (sebesar 4) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya KUB* yang anggotanya mempunyai tabungan..9. Kondisi tersebut disebabkan..% dari target kinerja (sebesar 4) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya KUB* yang usaha ekonomi produktifnya berkembang...) Capaian nilai IKU P.% dari target kinerja (sebesar 4..% dari target kinerja (sebesar 3) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya bantuan disalurkan tepat waktu.. atau sebesar …….. gerobak/kios bertambah. Kondisi tersebut disebabkan. k. ..5. sebesar ……. Kondisi tersebut disebabkan.6. atau sebesar ……..5. j.9) Capaian nilai IKU P.. sebesar ……. Kondisi tersebut disebabkan. m. sebesar …… atau sebesar …….... Ketepatan waktu bantuan disalurkan (P. Persentase KUB* yang anggotanya mempunyai tabungan (P. sebesar ……. sudah/belum sepenuhnya berhasil. Kondisi tersebut disebabkan. Persentase KUB* yang merealisasikan pemanfaatan modal yang telah berkembang untuk simpan-pinjam antar anggota (P7) Capaian nilai IKU P. Persentase KUB* yang UEP-nya berkembang (misal: dari gerobak menjadi kios.4.7. atau sebesar …….. l. atau sebesar …….8. sebesar ……. atau sebesar ……. sebesar …….% dari target kinerja (sebesar 4) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya KUB* yang usaha ekonomi produktifnya berkembang..00) menunjukkan KUB* yang anggotanya mengalami peningkatan pendapatan Tahun 2014 dan 2015 di Dinas Sos*** Kabupaten .. Realisasi kesepakatan kemitraan (P.8) Capaian nilai IKU P.% dari target kinerja (sebesar 10) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya KUB* yang usaha ekonomi produktifnya berkembang.. n. Lampiran I / 12-15 Capaian nilai IKU P.

.% dari target kinerja (sebesar 3) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya terwujud KUB* yang masih beroperasi setelah terminasi. Kondisi tersebut disebabkan. atau sebesar …….% dari target kinerja (sebesar 3) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya bantuan dimanfaatkan tepat waktu. Lampiran I / 13-15 Kondisi tersebut disebabkan. o.... sebesar …….% dari target kinerja (sebesar 3) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya dana dimanfaatkan secara efektif.15.11) Capaian nilai IKU P. r. atau sebesar ……. Kondisi tersebut disebabkan.% dari target kinerja (sebesar 1.. p. atau sebesar …….. t.14. Ketepatan jumlah dan waktu honor pendamping disalurkan (P.10.. sebesar …….5) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya biaya operasional diterima tepat waktu dan digunakan sesuia dengan ketentuan. Ketepatan jumlah bantuan disalurkan-(P.12) Capaian nilai IKU P. Kondisi tersebut disebabkan. sebesar ……. Persentase dana yang dimanfaatkan secara efektif (P.. Persentase KUB* yang masih beroperasi (P. Kondisi tersebut disebabkan. Ketepatan Waktu Pemanfaatan Bantuan (P.11.10) Capaian nilai IKU P..15) Capaian nilai IKU P.13) Capaian nilai IKU P. Kondisi tersebut disebabkan..5) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya pendamping menerima honor tepat jumlah dan tepat waktu. sebesar ……. Ketepatan waktu dan penggunaan biaya operasional (P. s. sebesar ……. q.% dari target kinerja (sebesar 1.12..13. sebesar …….. atau sebesar ……. atau sebesar ……...14) Capaian nilai IKU P. atau sebesar …….% dari target kinerja (sebesar 3) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya bantuan disalurkan tepat jumlah. . Kondisi tersebut disebabkan.

atau sebesar ……... v. Temuan harus mengungkapkan secara jelas dan ringkas “kondisi. 4. Kondisi tersebut disebabkan.3.3) Capaian nilai IKU L. Kondisi tersebut disebabkan . sebesar ……. Persentase laporan sesuai ketentuan (L.2. Temuan Hasil Audit Uraikan permasalahan dari capaian kinerja yang score nya kurang dari 59. . sebesar ……. Hal-hal yang dapat diungkapkan dalam bagian ini antara lain: a.% dari target kinerja (sebesar 5) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya pendamping memanfaatkan SIM dalam proses bisnis. Permasalahan-permasalahan yang terkait penetapan sasaran tetapi tidak termasuk sebagai unsur penilaian kinerja tetapi perlu mendapat perhatian pihak-pihak terkait. kriteria.2) Capaian nilai IKU L. atau sebesar …….. Persentase laporan evaluasi program yang akurat dan tepat waktu (L. penyebab. 3.1. Hal-hal Penting Lainnya Yang Perlu Diperhatikan Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bagian ini adalah permasalahan– permasalahan lain yang dijumpai dalam pelaksanaan audit namun tidak masuk dalam kategori suatu temuan hasil audit karena tidak memenuhi unsur-unsur temuan (kondisi.% dari target kinerja (sebesar 5) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya laporan sesuai ketentuan. penyebab dan akibat dengan mendasarkan pada kode temuan hasil audit sesuai Keputusan Kepala B*** tanggal 16 Juli 2004 tentang “Prosedur Baku Pengelolaan Data Base Hasil Pengawasan B***”. kriteria. Persentase pendamping yang memanfaatkan SIM dalam proses bisnis (L. dan rekomendasi” dan di akhir pembahasan di beri kode kondisi.. Kondisi tersebut disebabkan.99 dengan predikat kurang berhasil.. akibat.1) Capaian nilai IKU L. Lampiran I / 14-15 u. atau sebesar ……. penyebab. w. yang dijumpai dalam pelaksanaan audit. dan akibat)..% dari target kinerja (sebesar 5) menunjukkan sudah/belum sepenuhnya laporan evaluasi program akurat dan tepat waktu. sebesar …….

. Permasalahan–permasalahan lain yang dijumpai dalam pelaksanaan audit namun tidak masuk dalam kriteria suatu temuan hasil audit. Hal –hal tersebut di atas harus diuraikan secara jelas beserta saran yang diberikan. Lampiran I / 15-15 b.