GLOBALISASI DAN PENGARUHNYA DALAM PENDIDIKAN

Globalisasi didefinisikan sebagai semua proses yang merujuk kepada penyatuan
seluruh warga dunia menjadi sebuah kelompok masyarakat global. Namun, pada
kenyataannya globalisasi merupakan penyatuan semu, karena nilai-nilai ekonomi,
sosial, dan budaya didominasi nilai-nilai yang sebenarnya asing bagi masyarakat dunia.
Globalisasi sering diterjemahkan “mendunia”. Suatu entitas, betapapun, dimanapun,
kapanpun, dengan cepat menyebar ke seluruh pelosok dunia, baik berupa ide,
gagasan, data, informasi, produksi, pembangunan, pemberontakan, dan sebagainya,
begitu disampaikan, saat itu pula diketahui oleh semua orang di dunia.

Kekuatan globalisasi menurut analisis para ahli pada umumnya bertumpu pada 4
kekuatan global, yaitu:

1. Kemajuan iptek terutama dalam bidang informasi dan inovasi-inovasi baru
di dalam teknologi yang mempermudah kehidupan manusia.

2. Perdagangan bebas yang ditunjang oleh kemajuan iptek.

3. Kerjasama regional dan internasional yang telah menyatukan kehidupan
bersama dari bangsa-bangsa tanpa mengenal batas negara.

4. Meningkatnya kesadaran terhadap hak-hak asasi manusia serta
kewajiban manusia di dalam kehidupan bersama, dan sejalan dengan itu
semakin meningkatnya kesadaran bersama dalam alam demokrasi.

Kemajuan iptek yang disertai dengan semakin kencangnya arus globalisasi dunia
membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Sebagai contoh, berbagai jenjang
pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi baik negeri maupun
swasta membuka program kelas internasional. Hal ini dilakukan untuk menjawab
kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang semakin ketat. Inilah yang
dimaksud dengan globalisasi pendidikan.

Dampak Positif dan Negative Globalisasi Pendidikan

* Dampak positif globalisasi pendidikan:

a. Semakin mudahnya akses informasi.

b. Globalisasi dalam pendidikan akan menciptakan manusia yang
professional dan berstandar Internasional dalam bidang pendidikan.

c. Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa
bersaing dengan negara-negara lain.

Semakin terkikisnya kebudayaan akibat masuknya budaya dari luar. hal tersebut da[pat meningkatkan perekonomian bangsa sehingga akan memajukan dan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan Negara. yaitu kita semua dapat meniru pola piker positif seperti etos kerja tinggi. GLOBALISASI DI BIDANG EKONOMI Globalisasi ekonomi Dampak positif dibidang ekonomi. e. b. Dampak positif di bidang sosial budaya. Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing. * Dampak negative globalisasi pendidikan: a. yang berdampak munculnya “tradisi serba instant”. dan devisa Negara meningkat. kesempatan kerja lebih terbuka. Globalisasi akan melahirkan suatu golongan-golongan didalam dunia pendidikan. . sikap disiplin. Dunia pendidikan Indonesia bisa dikuasai oleh para pemilik modal. dan iptek dari Negara lain. d. Adanya perubahan struktur dan sistem pendidikan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan karena perkembangan ilmu pengetahuan dalam pendidikan akan sangat pesat. c. e. Dengan demikian. Akhirnya cara seperti ini dapat memajukan bangsa dan Negara Berikut dampak globalisasi dibidang ekonomi baik yang positif maupun negatif dampak positif. Globalisasi mengakibatkan melonggarnya kekuatan kontrol pendidikan oleh negara. d. Dunia pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi. yaitu terbukanya pasar internasional.

Mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum diproduksi di Indonesia 4. Pasar yang sangat terbuka untuk produk-produk ekspor (dengn catatan produk ekspor Indonesia dapat bersaing si pasar internasional). Masuknya tenaga kerja asing 2. usaha. dampak negatif lainnya yaitu terbentuknya sikap individualism yang menimbulkan rasa tidak peduli kepada sesama bahkan kepada bangsa. termasuk Indonesia.usaha di Indonesia akan mati karena banyak produk impor dipasaran Indonesia Adanya globalisasi juga berdampak pada kehidupan suatu bangsa. hilangnya pasar produk Indonesia karena kalah bersaing dengan produk luar negeri 3. Budaya barat dianggap sebagai kiblat gaya hidup dunia Dampak negatif globalisasi juga menyebabkan kesenjangan social antara si kaya dan si miskin karena adanya persainbgan bebas.1.hal ini dapat menimbulkan perselisihan antara si kaya dan si miskin. Pengaruh ini akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme suatu bangsa Mencegah dampak negatif globalisasi terhadap nasionalisme . Selain itu. Dampak negatif terhadap generasi bangsa yaitu gaya hidup yang cenderung meniru budaya barat. yaitu terhapusnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar negeri yang beredar di Indonesia. Berikut dampak globalisasi dibidang ekonomi baik yang positif maupun negatif dampak negatif 1. Pengaruh globalisasi dapat bersifat positif dan negatif. Kegiatan pariwisata akan meningkat sehingga mampu membuka lapangan kerja dan juga menjadi ajang promosi produk-produk Indonesia Dampak negatif Dampak negatif di bidang ekonomi. Mudah untuk mengakses modal investasi yang berasal dari luar negeri 3. Dengan demikian kesempatan pengusaha Indonesia sangat terbuka dalam menciptakan produk berkualitas yang dibutuhkan oleh pasar dunia 2.

ideology. Kata budaya dalam bahasa latin adalah ‘cultura’. yang berarti mengolah atau juga membudayakan. Dampak globalisasi yang lazim di dunia adalah westernisasi. jenis kelamin atau kelas. Setiap masyarakat memiliki budaya sendiri dan cara hidup. Hal tersebut dapat mempengaruhi gaya hidup mereka. Westernisasi adalah proses di mana orang berlatih atau meniru kebiasaan dan gaya hidup orang barat. Jika masyarakat memiliki kondisi budaya yang kompleks seperti mengeksploitasi manusia atas dasar ras. orang merasa takut karena beberapa konsep budaya lain mungkin mengambil tempat dari budaya mereka. DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG KEBUDAYAAN Apakah dampak globalisasi di bidang kebudayaan? Budaya dan globalisasi adalah dua konsep yang berbeda. . maka orang-orang akan mencoba untuk menyingkirkan masyarakat tersebut. Berikut ini cara-cara mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme. Budaya dibuat oleh sekelompok orang yang hidup bersama dan mematuhi beberapa prinsip dalam masyarakat mereka. Budaya adalah suatu cara hidup yang dipakai oleh sekelompok orang dari suatu masyarakat tertentu pada waktu dan tempat tertentu. Ketika suatu budaya baru diperkenalkan ke dunia globalisasi. secara tidak sadar orang yang lahir dalam kelompok itu juga akan mengikutinya. ekonomi.Banyak cara untuk mencegah dampak negatif ini. 1. seperti mencintai produk dalam negeri. 3. Meningkatkan rasa nasionalsme. merupakan interaksi di antara lebih dari dua negara. Menegkkan hkum secara adil. Sedangkan istilah kedua. Di sini kita akan menemukan globalisasi menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia untuk membuat komunikasi lebih mudah. globalisasi. Ini adalah konsep modern yang telah berkembang dalam beberapa dekade terakhir karena dampak dari ekspansi dunia barat dalam penjajahan. Dapat menyaring pengaruh globalisasi di semua bidang (politik. 4. budaya merupakan sebuah warisan turun menurun. 2. Dalam arti yang lebih luas. Mengamalkan nilai-nilai pancasila dengan baik. dan social budaya) Cara-cara tersebut diharapkan dapat mencegah pengaruh negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga tidak menghilangkan rasa nasionalisme. Beberapa masyarakat melihat globalisasi sebagai sebuah konsep yang mendominasi.

. Setiap orang dapat mewakili budaya mereka sendiri dan dapat mengambil bagian untuk berbagi budaya mereka dengan lainnya. Setelah Perang Dunia II (1939-1945). nilai-nilai.  Teori globalisasi memungkinkan untuk berbagi dan mengadopsi budaya negara- negara lain. bisnis. Mereka tidak bisa bersaing dalam bisnis atau mengembangkan nilai-nilai budaya mereka dibandingkan dengan negara-negara maju. budaya dan globalisasi saling berhubungan satu sama lain melalui film. ritual. televisi. memadukan budaya yang berbeda-beda. globalisasi meningkatkan ketimpangan. Globalisasi menyambut semua negara di dunia.  Globalisasi budaya adalah kesatuan budaya di dunia di mana orang dapat berbagi kepercayaan mereka. pariwisata dan internet.Menurut pandangan negara-negara berkembang. Bagaimana globalisasi membantu kita?  Setiap masyarakat memiliki identitas budayanya sendiri. konflik. untuk meningkatkan saling ketergantungan dan menjembatani kesenjangan ekonomi antar negara. Kedua konsep. globalisasi melahirkan pendekatan kosmopolitan di pasar internasional di mana semua negara- negara maju dan berkembang dapat bersaing serta berbagi budaya mereka satu sama lain. Salah satu dampak positif globalisasi adalah membawa identitas diri ke seluruh dunia. dan ketidakstabilan. Anda dapat mempelajari bahasa asing dan gaya hidup dari budaya lain serta berbicara tentang bahasa ibu anda. Globalisasi adalah alat yang mewakili dunia komunikasi. dan tujuan.  Multikulturalisme. sebuah konsep yang muncul dari globalisasi pada tahun 1960.