1.

Mencari mutiara yang hilang

Dalam permainan ini, seluruh peserta diajak untuk berfikir taktis untuk memecahkan masalah
( problem solving ) dalam menyelesaikan tantangan ( Pencapaian Target ).

Peserta akan berusaha mengeluarkan bola pimpong dari dalam pipa yang telah di lobangi,
dengan cara mengisi air sampai pipa penuh sehingga bola mencapai puncak pipa.

a. Manfaat :

 Melatih kerja sama team

 Melatih leadership

 Melatih cara memecahkan masalah

 Memberikan kesadara dalam diri pribadi bahwa jika setiap komponen
melaksanakan tugasnya dengan baik, maka target team akan tercapai.

b. Alat yang dibutuhkan :

 Pipa PVC ukuran besar sepanjang 2 meter diberi lubang kecil secukupnya,

d. Pipa PVC dalam posisi berdiri tegak. e. Alokasi waktu Waktu yang di berikan untuk sekali permainan adalah 30 menit. Tugas kelompok adalah mengeluarkan bola ping pong yang berada didalam pipa PVC dengan menggunakan air sebagai media pendorongnya. permainan.  Ember atau Gayung. Cara bermain : Permainan ini akan di pandu oleh 1 orang fasilitator dan 2 orang pemabantu fasilitaor. . mencakup arahan.  Bola Pingpong  Sumber air yang memadai c. dan evaluasi. Jumlah pemain dalam Satu kelompok adalah 8 – 10 orang. Aturan :  Pemain hanya boleh mengambil air dengan menggunakan alat yang di sediakan fasilitator  Pemain di berikan waktu briefing untuk membagi tugas  Pipa PVC harus berdiri tegak tidak di benarkan di miringkan  Kelompok yang pertama mengeluarkan Bola ping pong jadi pemenang.

Peserta akan berusaha mengantar bola ping pong dari garis start menuju garis finish.2. Manfaat :  Melatih kerja sama team . Estafet mutiara Dalam permainan ini. Kelompok yang pertama sampai akan mendapatkan poin. a. seluruh peserta di tuntut untuk bergerak cepat dan bertindak tepat.

jika jatuh maka di ulang dari garis start  Kelompok yang pertama mengantar Bola ping pong sampai ke finish jadi pemenang. Cara bermain : Permainan ini akan di pandu oleh satu orang fasilitator dan 3 orang pendukung. Tugas kelompok adalah mengantar bola ping pong dari garis start ke garis finish dengan menggunakan pipa yang telah di belah dan di ikat tali. permainan. d.  Mengajarkan sikap cepat tanggap  Mengajarkan pemaian akan perlunya mengerjakan tugas masing – masing dengan sebaik –baiknya (akurasi)  Melatih kebersamaan b. Aturan :  Pemain di berikan waktu briefing untuk membagi tugas  Pemain hanya boleh memengang ujung tali tanpa menyentuh pipa  Bola tidak boleh jatuh di tengah jalan.  Melatih cara memecahkan masalah  Memberikan kesadara dalam diri pribadi bahwa jika setiap komponen melaksanakan tugasnya dengan baik. maka target team akan tercapai. . Alat yang dibutuhkan :  Pipa PVC ukuran besar sepanjang 1 meter dibelah sehingga membentuk setengah lingkaran ujung pipa di lobangi dan di ikatkan tali untuk pegangan  Bola Pingpong  Tali rafia c. mencakup arahan. e. Satu orang bertindak sebagai oarang yang meletakkan bola pada pipa. Alokasi waktu Waktu yang di berikan untuk sekali permainan adalah 30 menit. Jumlah pemain dalam Satu kelompok adalah 6 – 7 orang. dan evaluasi.

3. Bakiak Race .

Manfaat :  Melatih kekompakan  Melatih kebersamaan dalam langkah dan perasaan  Memberikan kesadaran bahwa jika semua anggota team punya satu tujuan yang sama maka target akan tercapai b. Agar lebih menarik. Permainan Bakian Race merupakan salah satu permainan outbound atau outing yang sangat menarik.  Untuk lintasan dan titik finishnya bisa menggunakan tali rafia atau single webing rope. Peserta yang tergabung dalam satu kelompok kecil berjumlah kira – kira 3 – 5 orang harus memakai sandal kayu yang panjang atau populer disebut bakiak dan bersaing dengan kelompok lainnya untuk lebih cepat mencapai garis finish.Balapan Bakiak adalah salah satu jenis permainan dalam kegiatan outbound atau outing yang bersifat kompetisi. terutama obat – obatan untuk luka luar. c. alat tersebut bisa kita beri warna – warna yang cerah. Alat yang dibutuhkan :  sebuah kayu berukuran sekitar satu setengah meter yang sudah dirapikan dan diatasnya diberikan pengait telapak kaki yang terbuat dari karet ban. Cara bermain : .  Peralatan P3K. a.

Dipastikan alat dan lahan kegiatan tersebut sudah aman. d. disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan bertanding. dan evaluasi. . mencakup arahan.  Di larang mengganggu kelompok pemain lain  Kelompok hanya boleh berjalan di sepanjang lintasannya saja e. artinya sudah tidak ada potongan kayu yang tajam atau paku yang masih menonjol. permainan.  Fasilitator Outbound menyediakan bakiak untuk 2 – 4 kelompok yang akan bertanding. Aturan :  Pemain di perbolehkan berjalan setelah aba – aba dari fasilitator  Kelompok yang pertama sampai ke finish jadi pemenang. Alokasi waktu Waktu yang di berikan untuk sekali permainan adalah 30 menit.  Masing masing kelompok akan berlomba untuk sampai di garis finish terlebih dahulu.

Karena game ini terasuk dalan permaian outbound yang tidak mudah. Tak jarang beberapa trainer outbound JOBS masing menggunakan permaianan ini sebagai andalan dalam outbound. tetapi game Jaring laba-laba masih dipercaya ampuh untuk membangun semangat team work dalam kelompok. 4. Meskipun permainan ini sudah begitu familliar di kalangan outbouners. Manfaat :  Melatih kekompakan  Melatih kebersamaan . Pemain akan menyeberangi tali yang di ikat dan di anyam menyerupai jaring laba-laba. selain itu perlu juga kekuatan fisik dan strategi yang tepat. Spider house Permainan ini adalah permainan yang membutuhkan kerja sama team yang kuat. beberapa peserta terkadang masih dibuat kerepotan dengan games ini. a.

dan evaluasi.  Tiang kayu atau besi  Pisau atau gunting c.  Kelompok yang pertama menyeberangkan seluruh anggota team jadi pemenang. e. mencakup arahan.  Melatih peserta untuk membuat strategi yang pas dalam menghadapi masalah b. Alat yang dibutuhkan :  Tali rafia atau sejenisnya. Aturan :  Pemain di perbolehkan berjalan setelah aba – aba dari fasilitator  Luar kotak pada jaringnya kira – kira 60 x 60 cm  Setiap lobang pada jarring hanya boleh di lewati oleh 1 orang pemain  Jika ada pemain yang kena tali maka permainan di uang dari awal. Alokasi waktu Waktu yang di berikan untuk sekali permainan adalah 30 menit. permainan. Cara bermain :  Outbond akan di pandu oleh 1 orang instruktur dan di bantu pendukung dan pengamat sebanyak kelompok yang di mainkan. .  Fasilitator Outbound membuat anyaman yang menyerupai jaring laba-laba. d.  Semua anggota kelompok berada pada satu sisi jarring dan peserta akan menyeberangi jarring tanpa mengenai tali atau jarring.

5. Lingkaran estafet .