Nama : Nurdian Fitriana

Prodi : Ilmu dan Teknologi Pangan
Nim : G31116312

A. Latar Belakang Rule of Law

Rule of law tumbuh dan berkembang pertama kali pada negara-negara yang menganut
system seperti Inggris dan Amerika Serikat, kedua negara tersebut mengejewantahkannya
sebagai perwujudan dari persamaan hak, kewajiban, dan derajat dalam suatu negara di hadapan
hukum. Hal tersebut berlandaskan pada nilai-nilai hak asasi manusia (HAM), di mana setiap
warga negara dianggap sama di hadapan hukum dan berhak dijamin HAM-nya melalui sistem
hukum dalam negara tersebut.
Rule of law jamak diartikan sebagai penegakan hukum, dimana segala sesuatu harus
dilaksanakan sesuai dengan hukum. Aturan atau kaidah dilaksanakan sesuai dengan hukum yang
berlaku. Secara kontras berbeda dengan rule by law yang berarti penegakan hukum disesuaikan
dengan aturan atau kaidah yang berlaku.
B. Pengertian dan Ruang Lingkup Rule of Law

Aturan hukum juga disebut supremasi hukum, berarti bahwa hukum diatas semua orang
dan itu berlaku bagi semua orang. Apakah gubernur atau diatur, apakah penguasa atau dikuasai,
tidak ada yang diatas hukum, tidak ada yang dibebaskan dari hukum, dan tidak ada yang dapat
memberikan dispensasi untuk penerapan hukum.
Rule Of Law merupakan suatu doktrin hukum yang mulai muncul pada abad ke XIX,
bersamaan dengan kelahiran Negara berdasarkan hukum ( konstitusi ) dan demokrasi.
Kehadiran Rule Of Law boleh disebut sebagai reaksi dan koreksi terhadap Negara absolute
( kekuasaan di tangan penguasa ) yang relah berkembang sebelumnya.
Berdasarkan pengertian, friedman ( 1959 ) membedakan Rule Of Law menjadi 2 yaitu
pengertian secara formal ( in the formal sense ) dan pengertian secara hakiki / materil
( ideological sense ). Secara formal , Rule Of Law diartikan sebagai kekuasaan umum yang
terorganisir ( organized public power ) . hal ini dapat diartikan bahwa setiap Negara mempunyai
aparat penegak hukum yang menyangkut ukuran yang baik dan buruk ( just and unjust law ).
Rule Of Law pada hakikatnya merupakan jaminan secara formal terhadap “ rasa keadilan
“ bagi rakyat Indonesia dan juga “ keadilan social “ . inti dari Rule Of Lawadalah adanya
keadilan bagi masyarakat , teruatama keadilan social.
Secara sederhana, yang dimaksud dengan Negara hukum adalah Negara yang
penyelenggaraan kekuasaan pemerintah dan lembaga – lembaga lain dalam melaksanakan
tindakan apapun harus dilandasi oleh hukum dan dapat dipertanggungjawabkan secara hokum.
Dalam Negara hukum,kekuasaan menjalankan pemerintahan berdasarkan kedaulatan (supremasi
hokum) dan bertujuan untuk menyelenggarakan ketertiban hokum.

C. Prinsip - Prinsip Rule of Law dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Indonesia

Prinsip-prinsip rule of law secara formal tertera dalam pembukaan UUD 1945 yang menyatakan:
1. bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa,…karena tidak sesuai dengan peri
kemanusiaan dan “pri keadilan”;
2. …kemerdekaan Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, “adil” dan makmur;

3. serta menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya (pasal 27 ayat 1). Berdasarkan pengalaman berbagai Negara dan hasil kajian. …disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu “Undang-Undang Dasar Negara Indonesia”. 6.html .co. perlindungan dan kepastian hukum yang adil.…dan “keadilan social”. terutama dalam penegakan hukum dan implementasi prinsip-prinsip rule of law. Dalam Bab X A Tentang Hak Asasi Manusia. c. menunjukan keberhasilan “the enforcement of the rules of law” bergantung pada kepribadian nasional setiap bangsa (Sunarjati Hartono: 1982). memuat 10 pasal. Karena bersifat legalisme maka mengandung gagasan bahwa keadilan dapat dilayani dengan pembuatan system peraturan dan prosedur yang sengaja bersifat objektif. Negara Indonesia adalah negara hukum (pasal 1 ayat 3). Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggaraakan peradilan guna menegakan hokum dan keadilan (pasal 24 ayat 1). yaitu a. antara lain bahwa setiap orang berhak atas pengakuan. …untuk memajukan “kesejahteraan umum”. 4. d. b. Prinsip-prinsip rule of law secara hakiki (materiil) erat kaitannya dengan (penyelenggaraan menyangkut ketentuan-ketentuan hukum) “the enforcement of the rules of law” dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini didukung kenyataan bahwa rule of law merupakan institusi social yang memiliki struktur sosiologis yang khas dan mempunyai akar budayanya yang khas pula. Sumber : http://ernarahim34. jaminan. Dengan demikian inti rule of law adalah jaminan adanya keadilan bagi masyarakat terutama keadilan social. tetapi implementasinya belum mencapai hasil yang optimal sehingga rasa keadilan sebagai perwujudan pelaksanaan rule of law belum dirasakan dimasyarakat. Segala warga Negara bersamaan kedudukanya didalam hokum dan pemerintahan. tidak memihak. Secara kuantitatif. …serta dengan mewujudkan suatu “keadilan social” bagi seluruh rakyat Indonesia. Penjabaran prinsip-prinsip rule of law secara formal termuat didalam pasal-pasal UUD 1945. serta perlakuan yang sama dihadapan hokum (pasal 28 D ayat 1). dan e. “…kemanusiaan yang adil dan beradab”. Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja (pasal 28 D ayat 2). 5.id/2014/03/rule-of-law.blogspot. tidak personal dan otonom. peraturan perundang-undangan yang terkait rule of law telah banyak dihasilkan di Indonesia.

Demokrasi formal ialah demokrasi yang perhatiannya terfokus pada bidang politik tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi. Demokrasi material ialah demokrasi yang perhatiannya terfokus pada bidang ekonomi tanpa mengurangi kesenjangan politik. Makna demokrasi Demokrasi merupakan bentuk sistem pemerintahan yang pada setiap warganya memiliki kesamaan atau kesetaraan hak dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah kehidupan. Berdasarkan cara penyampaian atau penyaliran kehendak rakyat: a. dalam demokrasi tidak ada penilaian dengan tingginya nilai individu. demokrasi akan ada jika setiap pemegang kekuasaan dalam suatu negara dipilih secara umum. B. Aristoteles. c. yakni satu individu. demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan pentingdalam suatu pemerintahan baik secara langsung ataupun tidak langsung didasarkan oleh kepentingan mayoritas denagn berdasarkan hak yang diberikan kepad rakyat biasa. adil dan jujur. . Pengertian demokrasi menurut beberapa ahli: a. b. Berdasarkan fokus perhatiannya: a. b. Beliau juga mengutarakan bahwa setiap warga negara setara dalam jumlah. demokrasi merupakan suatu kebebasan dalam artian kebebasan setiap warga negara dapat berbagi kekuasaan. Direct Democracy atau demokrasi langsung ialah demokrasi yang dijalankan secara langsung melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan suatu negara. Sidney Hook. b. samua peserta boleh bersaing dengan bersih dan semua masyarakat memiliki hak yang sama atau setara dalam pemilihan. Indirect Demoocracy atau demikrasi secara tidak langsung ialah demokrasi yang melibatkan semua masyarakat dalam pengambilan suatu keputusan negara secara tidak langsung. Bentuk-bentuk demokrasi 1. A. Samuel Huntington. Ini artinya wakil rakyat terlibat secara langsung menjadi perantara semua rakyat. Demokrasi memiliki pengertian dengan tidak langsung bahwa rakyat mempunyai kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara. setiap warga negara sama. 2. Dalam demokrasi langsung rakyat berpartisipasi langsung dalam pemilihan umun dan menyampaikan kehendaknya dengan langsung. itu berarti rakyat mengirimkan perwakilan yang sudah dipercaya untuk menyampaikan kehendak mereka.

negara kita yaitu Indonesia meganut sistem demokrasi ini. Mencegah akan terjadinya monopoli kekuasaan. 3. Penguasa sepenuhnya dipilih berdasarkan keinginan rakyat. b. Demokrasi Komunis. Yang mana demokrasi ini berdasarkan kepada Pancasila. D. Demokrasi Liberal. Kesetaraan hak dapat membuat setiap masyarakat dapat berpartisipasi dalam sistem politik. kekuasaan pemerintah di sini tidak terbatas atau dapat mengatur semaunya. Demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia 1. c. Demokrasi ini pula merupakan terbaik di Dunia. merupakan demokrasi memiliki dasar atas hak individu suatu warga negara. sehingga hak individu tidak berpengaruh terhadap kehendak pemerintah semata. 2. c. Demokrasi gabungan ialah demokrasi yang perhatiannya terfokus seimbang atau sama besar dengan bidang politik dan ekonomi. Demokrasi komunis pula dapat disebut keblikan dari demokrasi liberal. yang dalam artian. Karena kekuasaan tertinggi dipegang oleh penguasa tertinggi. Pelaksanaan Demokrasi Pancasila Orde Reformasi (1998 – sekarang) Sumber : http://www. C. Kekuasaan pemerintah pula tidaklah dibatasi dan bersifat totaliter. 3. yang dalam artian. demokrasi ini merupakan demokrasi yang memiliki dasar atas hak pemerintah di dalam suatu negara. Demokrasi Liberal sendiri dapat disebut pula dengan demokrasi kosntitusi yang mana kekuasaannya hanya dibatasi oleh konstitusi. pemerintah memiliki dominasi dalam demokrasi komunis. Pemerintah sedikit ikut campur dalam kehidupan dalam bermasyarakat. kekuasaan pemerintah hanyalah terbatas. yang dalam artian. Berdasrkan prinsip ideologi: a.com/2015/11/pengertian-prinsip-ciri-macam-kelebihan- dan-kekurangan-demokrasi-menurut-para-ahli. Keunggulan demokrasi ~ Kelebihan demokrasi antara lain sebagai berikut: 1. Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin (1959-1965) 3. Demokrasi ini merupakan demokrasi yang dianut Indonesia. individu mempunyai dominasi dalam demokrasi Liberal. hal itu diakui pula oleh Presiden Amerika Serikat yaitu Presiden Barack Obama. Pelaksanaan Demokrasi Parlementer (1945-1959) 2.seputarpendidikan. Demokrasi Pancasila. Pelaksanaan Demokrasi Pancasila Orde Baru (1966-1998) 4.html .