ANALISIS TESIS

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN
KOMPETENSI GURU PENGAJAR UN DI SMP NEGERI 1 KESAMBEN
KABUPATEN BLITAR

(Ghulam Subhan Fachruddin 20102024021175)

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Matrikulasi

Disusun Oleh :
Ubaidillah
201610240211002

PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

2016

Lampiran diikutsertakan Tesis yakni dijilid dengan tesis . ANALISIS PENYUSUNAN TESIS MAGISTER KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN JUDUL : PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENGAJAR UN DI SMP NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR (Ghulam Subhan Fachruddin 20102024021175) A. 2. 5.000 kata √ Panjang tulisan (dari untuk tesis pendahuluan sampai daftar pustaka) terdiri dari 9. Fachruddin dan terbebas dari praktik plagiarisme. 3. dosen baik topik atau proses pengumpulan datanya 4. Topik yang diteliti layak untuk √ Tesis ini layak untuk dipublikasikan di jurnal nasional atau dipublikasikan dijurnal Internasional nasional atau internasional. Ketentuan Umum No Aspek Chec Keterangan k 1.612 kata. Panjang tulisan 8000-10. Lampiran dijilid terpisah dengan . Tesis adalah karya asli mahasiswa √ Benar adanya tesis ini dibuat dan terbebas dari praktik oleh Ghulam Subhan plagiarisme. karena peran kepala sekolah sebagai pemimpin merupakan salah satu aspek yang penting di dalam sekolah. Tesis dapat terintegrasi dengan √ Tesis tersebut dapat penelitian dosen (topik atau proses terintergrasi dengan penelitian pengumpulan data).

. kecuali instrumen tidak tersedia sekundernya berupa atau penelitian bertujuan observasi. dengan batas tepi masing- masing 3 Cm. C. Naskah ditulis dengan jenis huruf √ Sesuai penulisan jenis huruf. namun dalam namun dalam bentuk sub bab. Penulisan naskah Tesis tidak dibagi . dan mengkonstruksi instrumen baru). pengembangan 2. kualitatif atau pendekatan kualitatif.B. II. 3. II. Rancangan penelitian No Aspek Chec Keterangan k 1. Instrumen menggunakan instrumen √ Instrumen utama pada yang sudah terpublikasi (mahasiswa penelitian ini adalah peneliti tidak perlu membuat instrumen yang sendiri dan instrumen baru. 5. ukuran ukuran kertas. wawancara. Ukuran spasi keseluruhan teks adalah . 2. kertas A4. Penelitian dapat menggunakan √ Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Indonesia dan bahasa Inggris pada abstrak. III dan seterusnya). dokumenasi. bentuk sub bab. Penulisan tesis tidak dalam dalam bab (I.5 spasi (table dan gambar pada Tesis adalah 2 spasi menyesuaikan). Kaedah penulisan mengikuti √ Sudah memenuhi kaedah Pedoman Penulisan Karya penulisan sesuai DPPS UMM Ilmiah/Tesis yang berlaku di DPPS UMM 4. Ukuran spasi keseluruhan teks 1. III dan seterusnya). Ketentuan Penulisan No Aspek Chec Keterangan k 1. Times New Roman 12 pt. dan batas tepi. Menggunakan bahasa Indonesia atau √ Menggunakan bahasa Inggris. bentuk bab (I.

Simpulan dan implikasi 300 – 500 √ Terdiri 329 kata kata 10. Literatur dari artikel jurnal nasional . Kajian Pustaka 1250-1500 kata . Kajian pustaka terdiri 2. Kata kunci 4-5 kata kunci . Judul maksimal 15 kata . Sistematika Tesis No Aspek Chec Keterangan k 1. Pembahasan 1000–1500 kata 9.D. handbook. literatur selain textbook textbook dan ada beberapa dapat digunakan hasil riset. minimal 20 berjumlah 3 artikel. Literatur textbook maksimal 30% . Kata kunci terdiri 3 kata 4. Pendahuluan terdiri 1. proceeding.453 kata 5. Literatur dari artikel hanya maupun internasional. jurnal.759 kata 6. Literatur yang digunakan dan terbitan edisi mutakhir (10 tahun adalah rata-rata berupa terakhir). 2. Judul terdiri 17 kata 2.759 kata. Pendahuluan 1500-2000 kata . Hasil 3000-3500 kata √ Hasil dan pembahasan terdiri dari 3. perupa artikel jurnal.274 kata 7. Rujukan 30-50 literatur √ 35 literatur . Textbook yang digunakan juga ada yang adisi lawas (lebih dari 10 tahun terakhir) E. Abstrak 150-200 kata √ Abstrak terdiri 152 kata 3. Metode 750-1000 kata . Metode terdiri 1. 8. Referensi No Aspek Chec Keterangan k 1.

B. 2. FORMAT PENULISAN BAGIAN DEPAN A. Ditulis dalam halaman tersendiri √ Abstrak ditulis dalam halaman tersendiri. Nama dan NIM Penulis Tesis. Kata kunci √ Ada 3 kata kunci yakni : kepala sekolah. Lembar pengesahan dari penguji. 2. Abstrak No Aspek Chec Keterangan k 1. hasil penelitian dan hasil penelitian. UN BAGIAN ISI . serta Prodi dan Tahun. √ Sesuai ketentuan Direktorat pembimbing. Abstrak dibuat dalam 3 alinea mengandung: masalah dan tujuan yang mengandung masalah. Logo Universitas Muhammadiyah Malang. yang . metode penelitian. Dibuat dalam satu alenia. Cover. Tujuan Penulisan Tesis. penelitian. dan metode. Menggunakan bahasa Indonesia dan √ Abstrak dibuat menggunakan Inggris (diterjemahkan ke UPT bahasa Indonesia dan Inggris KBA/LC UMM). √ Terdapat cover pada Tesis yang mencantumkan Judul Tesis. 3. kompetensi guru. tidak ada tujuan penelitian 4. Halaman Depan No Aspek Chec Keterangan k 1. Ketua Program Studi PPs dibuat mengikuti ketentuan Direktorat PPs.

2. Rumusan masalah √ Rumusan masalah berupa : 1) Bagaimana peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru UN di SMP Negeri 1 Kesamben kabupaten Blitar? 2) Bagaimana strategi kepela sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru UN di SMP Negeri 1 Kesamben kabupaten Blitar? 3) Bagaimana hasilyang dicapaioleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru UN di SMP Negeri 1 Kesamben . 4. mengingat peran kepala sekolah sebagai leader di seolah untuk sanagat dibuuhkan sekali. apalagi masalah meningkatkan kompetensi guru sebagai bawahannya. Alasan dan permasalahan √ Guru UN harus mempunyai kiat-kiat untuk membuat anak percaya diri dalam menghadapi UN hal ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan peran kepala sekolah untuk menigkatkan kompetensi guru UN. Peneliti tidak menuliskan relevan) yang memperjelas masalah hasil penelitian terdahulu penelitian yang relevan yang memperjelas masalah penelitian 3. Pentingnya kajian √ Kajian ini sangat penting. Pendahuluan No Berisi Chec Keterangan k 1.A. Hasil penelitian terdahulu (yang .

jika dianggap perlu. Setiap instrumen/variabel ditulis . adalah kepala sekolah. 2. Di tulis dalam bentuk sub bab dalam satu alenia 4. Kerangka pemikiran yang . Kemudian mengadakan pengamatan langsung atau . Tidak terdapat kerangka mencerminkan keterkaitan aspek pemikiran yang dikaji dalam kajian pustaka sesuai dengan permasalahan 3. dan nama instrumen. berapa item. Subjek untuk penelitian kualitatif. Hipotesis. berapa banyak dan bagaimana karakteristiknya. wakil kepala sekolah. wakil bagaimana cara mendapatkan subjek. Metode No Mengandung Chec Keterangan k 1. Jelaskan prosedur pengumpulan data √ Dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara pada responden. dan guru UN dengan cara memberikan pertanyaan yang ada pada pedoman wawancara. siapa yang menyusun. kepala sekolah dan guru UN. Menjelaskan secara singkat dan padat √ Sudah menjelaskan secara tentang konsep penelitian tepat sesuai pokok bahasan 2. yaitu kepala sekola. wawancara. populasi dan sampel untuk pendekatan kuantitatif inferensial. mengukur variabel dokumentasi apa. – tidak terdapat hipotesis C. Jelaskan instrument yang digunakan: √ Observasi. √ Yang menjadi informannya Jelaskan siapa subjek/informannya. bagaimana validitas dan reliabilitasnya 3. Kajian Pustaka No Menguraikan Chec Keterangan k 1. kabupaten Blitar? B.

dengan menggunakan model dari Miles dan Hubermen D. Hasil penelitian √ Hasil penelitian menunjukan peran serta strategi yang yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru UN. Deskripsi data berkaitan dengan √ Kepala sekolah memiliki subjek penelitian andil yang cukup besar dalam meningkatkan kompetensi guru UN di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Kemukakan jenis analisis yang √ Teknik analisis data yang digunakan dan alasannya. bertujuan untuk membuktikan apakah situasi lapangan masih sama sesuai dengan fokus peelitian yang telah ditetapkan. Pembahasan No Menguraikan Chec Keterangan . yaitu: 1. observasi serta dokumentasi yang betujuan untuk melengkapi data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Analisis data sebelum di lapangan. sehigga data tersebut jenuh. E. Analisis daa di lapangan. diakukan secara terus menerus sampai tuntas. Ada dua proses dalam analisis data ini. digunakan adalah teknik analis data model interaktif. 2. 2. Hasil No Menguraikan Chec Keterangan k 1. 5.

Penulisan daftar pustaka mengikuti √ Sudah sesuai format APA format APA. Simpulan akhir hasil penelitian. Seluruh referensi/kutipan yang √ Peneliti sudah menuliskan disebut di dalam teks harus dituliskan seluruh referensi sumber sumber pustakanya dalam rujukan. maupun hasil penelitian keunikan dan sebagainya. √ Peneliti sudah menyimpulkan dengan tepat sesuai permasalahan yang diteliti 2. guru UN dan bagi peneliti selanjutnya G. Keterbatasan dan saran/implikasi √ Peneliti dalam memberi saran berdasarkan hasil penelitian. Tidak boleh menguraikan yang sudah √ Peneliti tidak mengulang- dijelaskan pada bagian sebelumnya. 2. hasil penelitian penelitian dengan teori lain/terdahulu. k 1. kepada kepala sekolah. terlebih dahulu sebagai referensi. (American Psychological Association) 2. Rujukan No Aspek Chec Keterangan k 1. pustakanya dalam rujukan . ulang materi yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya F. Simpulan dan Implikasi No Menguraikan Chec Keterangan k 1. Membahas hasil penelitian √ Dalam pembahasan peneliti berdasarkan atas/dibandingkan membandingkan hasil dengan teori. hasil pengamatan.