You are on page 1of 4

Sejarah Singkat SICC

Hari Ahad, 5 Februari 2012 bertepatan dengan tanggal kelahiran
putri semata wayang dari pasangan Ir. H. Roy Pribadi, M.M.
dengan Hj. Annisa Pribadi yaitu ananda Raissa Kamila Pribadi, di
pondok pesantren Al-Ghazali Selakopi Kabupaten Cianjur
dideklarasikan pendirian sekolah modern berbasis pesantren yang
kemudian diberi nama SMP Islam Cendekia Cianjur. Melekat nama
cendekia menyiratkan harapan dan cita-cita bahwa output dari
proses pendidikan yang diselenggarakan kelak memiliki
kompetensi dalam bidang sains dan teknologi sebagai penguat
pendidikan karakter yang berbasis agama Islam ahlussunnah wal
jama’ah.

Tokoh sentral yang membidani SMP Islam Cendekia Cianjur
Boarding School adalah pengusaha yang bergerak di bidang
kontruksi, Ir. H. Roy Pribadi, M.M. alumnus Teknik Lingkungan

H. Tercermin dari tingkat kepercayaan masyarakat yang terus meningkat dengan 105 orang siswa dan siswi yang dititipkan untuk mengenyam pendidikan SICC pada tahun kedua penyelenggaraannya. K. Bersama beliau. serta pondok pesantren Al Ihya Bogor. pondok pesantren Al-Taqwa Cikidang Cianjur. . demi kualitas layanan dan program yang kompetitif dan bertanggungjawab. merealisasikan impian mendirikan sekolah modern yang islami. pondok pesantren Miftahul Huda Utsmaniyah Cikolotok Cianjur. Bermula dari memfasilitasi 23 orang siswa serta siswi yang kurang mampu secara finansial pada tahun perdana penyelenggaraan pendidikannya dengan fasilitas yang serba terbatas dan apa adanya. SMP Islam Cendekia Cianjur kemudian bermetamorfosis menjadi sekolah yang unggul dari berbagai aspek. dan modern. pondok pesantren Nahdlatul Ulum Waru Doyong Sukabumi. Tahun ketiga meningkat kembali menjadi 139 siswa dan siswi. Latar belakang ini sangat mempengaruhi blue print SMP Islam Cendekia Cianjur yang mengarah pada sekolah model yang hijau. Ghazali Rahman yang merupakan alumni pondok pesantren Al Falah Cijiwa Jampang Sukabumi. bersih. Sejarah Singkat SICC Institut Teknologi Bandung angkatan 1983. sehat. Hingga kemudian kami membatasi kuota penerimaan sebanyak 180 siswa per angkatan.

Menyeimbangkan pendidikan Islam dan sains. Setelah melewati tahapan-tahapan tersebut SMP Islam Cendekia Cianjur merumuskan visi. MISI. kreatif. misi. unggul. MISI SEKOLAH 1. untuk selanjutnya kekuatan yang ada diterjemahkan sebagai peluang untuk diberdayakan secara maksimal dan optimal sedangkan kelemahan dan kekurangan yang ditemukan diposisikan sebagai umpan balik untuk segera diantisipasi dengan mempersiapkan beberapa alternatif untuk mendapatkan solusi yang tepat dan sebaik-baiknya. 2. DAN TUJUAN Visi sekolah merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah bagaimana yang diharapkan di masa mendatang. . Lewat analisis SWOT. SMP Islam Cendekia Cianjur diharapkan mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada pada sekolah. dan produktif. Untuk itu dalam merumuskan visinya sekolah wajib mempertimbangkan karakteristik. dan tujuan sekolah sebagai berikut : VISI SEKOLAH Unggul dan terdepan dalam menghasilkan cendekiawan muslim yang religius. dan profesional. yang disesuaikan dengan rencana kebutuhan sekarang dan masa yang akan datang. Sejarah Singkat SICC VISI. Meningkatkan dan memantapkan proses belajar mengajar yang efektif. efisien. kondisi serta potensi yang ada.

Berbadan sehat dan kuat. berakhlakulkarimah. intelektual. pandai memanfaatkan waktu. e. Menghasilkan lulusan yang memiliki “Sepuluh Kompetensi Dasar” dengan kualifikasi berikut: a. d. Menanamkan akhlakul karimah dan membuka cakrawala pandang sebagai bagian dari masyarakat dunia serta menanamkan toleransi. Berilmu amaliah. Dapat menjadi kader penerus perjuangan Islam. f. 4. b. benar dan takut kepada Allah. beramal ilmiah. percaya diri. Mampu memberi manfaat bagi orang lain dan lingkungan. 2. Berwawasan keilmuan yang luas. Bersungguh-sungguh (mengoptimalkan) kemampuan diri. kritis. dan mandiri. Sejarah Singkat SICC 3. Mampu menata urusan pribadi. h. Memiliki kemampuan konseptual. Memiliki aqidah yang lurus. c. dan kepemimpinan (leadership). i. g. TUJUAN SEKOLAH 1. Cakap. . j. Mengembangkan kecerdasan dan membekali keterampilan dalam mengimplementasikan ajaran Islam untuk menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tekun beribadah. dan teguh pendirian.