You are on page 1of 25

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING

KURIKULUM SMP
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh
perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan
budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut
perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan
kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan
menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut.
Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya
peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh
mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni
aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan,
kesehatan, keterampilan, dan seni.

Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan
pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian
kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan
berhasil di masa datang. Dengan demikian, peserta didik memiliki
ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui
pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan
berkesinambungan.

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING

Kurikulum tingkat satuan pendidikan, untuk selanjutnya di singkat
KTSPyang selanjutkan akan berevolusi menuju Kurikulum 2013 yang
disempurnakan disusun sebagai respon atas tantangan pendidikan tersebut
diatas dengan berpedoman kepada tujuan pendidikan nasional serta
menyesuaikan dengan karakteristik, kondisi, potensi dan kebutuhan daerah.

SMP Islam Cendekia Cianjur merupakan sekolah yang mengadopsi KTSP
sekaligus diadaptasikan pada pola pendidikan pesantren (boarding) tentu
memiliki kepentingan khusus agar KTSP seiring sejalan dengan kultur
pesantren yang sudah kental. KTSP transisi adalah jawaban yang baik untuk
pengembangan SMP Islam Cendekia Cianjur mengingat pemerintah
memberikan indikasi akan segera memberlakukan kurikulum 2013 yang
disempurnakan.

. Substansi muatan lokal ditentukan satuan pendidikan. 2 muatan lokal dan pengembangan diri. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikulum untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah. Kurikulum SMP Islam Cendekia Cianjur memuat 10 mata pelajaran. termasuk keunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi selama mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut : a. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Struktur kurikulum SMP meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai IX.

Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial. c. Sejarah. dan Kimia serta “IPS Terpadu” yang terdiri atas Ekonomi. dan Geografi. d. Satuan pendidik dimungkinkan menambah. Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu satu jam pelajaran 40 menit. maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konsuler. guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP Islam Cendekia merupakan “IPA Terpadu” yang terdiri atas Biologi. belajar dan pengembangan karir peserta didik. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Pengembangan diri bukan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Fisika. b. . Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan.

Bahasa Inggris 4 4 4 5. Informasi. Matematika 4 4 4 6. Ekstrakurikuler 2 2 2 JUMLAH 36 36 36 . Seni Budaya 2 2 2 9. Bahasa Indonesia 4 4 4 4. Bimbingan Konseling 2 2 2 2. Kelas dan Alokasi Waktu KOMPONEN VII VIII IX A Mata Pelajaran 1. dan 2 2 2 Komuniaksi B Muatan Lokal 1. Pendidikan Agama Islam 2 2 2 2. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING e. Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 10. Keterampilan/Teknologi. Pendidikan Jasmani. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 Minggu. Struktur dan muatan kurikulum SMP Islam Cendekia Cianjur berpedoman pada Peraturan Menteri nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 3. Bahasa Sunda 2 2 2 C Pengembangan Diri 1. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4 7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4 8. dimana struktur dan muatan kurikulum tersebut terdiri dari 10 mata pelajaran inti seperti yang tercantum didalam tabel berikut ini.

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING FASILITAS SEKOLAH Laboratorium Komputer Laboratorium IPA .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Laboratorium Alam .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Gazebo Masjid .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Lapangan Olahraga Ruang UKS .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Foodcourt Ruang Kelas Full AC dan Mutimedia .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Studio Musik Perpustakaan .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Ruang Aula Taman Terbuka .

dibangun oleh kepuasan yang didapatkan oleh orangtua ketika menitipkan anaknya. . office boy. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING KURIKULUM BOARDING Semakin besarnya kepercayaan orang tua ke SMP Islam Cendekia Cianjur. bahkan tenaga sekolah yang sifatnya honorer dan terkait nilai-nilai. Tidak sedikit mereka yang merasakan perubahan itu justru pada saat anak harus memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA). sampai juru masak. tata usaha. namun yang lebih utama adalah perubahan sikap dan kemandirian setelah mereka bersekolah di SMP Islam Cendekia Cianjur. Keadaan ini menyebabkan keberadaan SMP Islam Cendekia Cianjur yang notabene berbasis pesantren namun keluar dari kebiasaan pesantren yang lebih bertumpu pada figur kiai namun bertumpu pada sistem yang dibangun yang selalu beradaptasi dengan berbagai perubahan. Bukan saja anak dapat masuk ke SMA/Pesantren terbaik. Hal ini terwujud karena proses pengambilan kebijakan lebih bersifat “Manajemen partisipatif”. Satu sistem pengambilan keputusan yang lebih melibatkan seluruh pengelola sekolah mulai dari ustadz/ustadzah.

Dia mencintai akhlak yang tinggi dan membenci akhlak yang rendah. Pembinaan Akhlak Mulia “Sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha Indahdan mencintai keindahan. aspek yang menjadi fokus utama Boarding SICC adalah: A. Ath-Thabrani dan Ibnu Asakir). 3. Tujuan Proses pembinaan akhlak mulia di SMP Islam Cendekia Cianjur memiliki beberapa tujuan: 1. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Maka atas dasar di atas. Siswa dan siswi memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai akhlak mulia tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dan siswi memahami hakikat dan tujuan hidup di dunia. Sasaran Secara umum seluruh civitas akademika SMP Islam Cendekia Cianjur harus memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. .” (HR. Siswa dan siswi memiliki pemahaman yang mendalam tentang akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. sasaran penerapan akhlak mulia ini adalah untuk para siswa dan siswi. 2. terutama dewan asatidz. Secara khusus.

Pembinaan kemampuan tahsin dan tahfidz al-Qur’an Membaca al-Qur’an menjadi penilaian yang sangat istimewa yang dilakukan oleh orangtua siswa dan siswi ketika memasukkan putra- putrinya ke SMP Islam Cendekia Cianjur. menjelang perpulangan tiga bulan. . Perkembangan pembinaan ada peningkatan yang signifikan. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING B. bahkan program ini didukung dengan adanya khataman al-Qur’an pertiga bulan sekali.

Murojaah al-Qur’an. Ujian peningkatan grade. Siswa dan siswi mampu memahami hukum-hukum dalam membaca al-Qur’an. a. Siswa dan siswi mampu memahami fadhilah membaca al-Qur’an. . b. 2. sehingga mampu menjalankan proses yang baik pula. Siswa dan siswi mampu membaca al-Qur’an dengan benar dan baik. 4. 2. Tasmi’ al-Qur’an. maka seyogyanya Boarding mampu meneruskan program pembinaan secara termanage dengan lebih rapih dan tersistem. 3. Halaqoh tahsin dan tahfidz. 4. c. Tujuan 1. Siswa dan siswi mampu menghafal juz 30. Sasaran Siswa dan siswi SMP Islam Cendekia Cianjur dari kelas 7 sampai kelas 9. Siswa dan siswi mampu membaca secara khatam al-Qur’an dari surah al-Fatihah sampai an-nâs. 3. 5. 29 dan 30 dengan benar dan baik. Bentuk program 1. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Atas dasar membaca al-Qur’an sebagai aspek yang sangat menentukan. Manajemen dan proses yang baik akan menghasilkan peserta didik yang baik pula.

yang notabene menjadi pesan agama untuk selalu menyebarkan risalah al-Islam. ketika kita dihadapkan dengan hubungan global di era globalisasi. 9. 8. Pembinaan Kemampuan Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris Hubungan internasional saat ini sedang didominasi oleh barat. Mukhoyyam al-Qur’an. saking populernya istilah ini terdengar. Ujian hafalan al-Qur’an dan penyematan sertifikat. sebagai risalah rahmatan lil ‘âlamîn. Orang mengatakan siapa yang mampu menguasai bahasa inggris maka ia telah menguasai sebagian dunia. Maka. seyogyanya kita mengasah kemampuan bahasa inggris tersebut untuk dijadikan ladang menguasai dunia. . C. 7. Khataman al-Qur’an. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING 5. TOT tahsin dan tahfidz al-Qur’an. dengan bahasa inggris sebagai pengantar. 6. Pentas al-Qur’an/Musabaqoh.

Bentuk kegiatan 1. Membuat komunitas bahasa di asrama. a. Uji kompetensi lisan dan tulisan. Mendorong peserta didik untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris di lingkungan sekolah/Boarding. 4. pada pembelajaran kitab kuning. Cendekia goes to Pare awal bulan ke 4 setelah libur pertiga bulan. Pembelajaran klasikal selama 3 bulan pertama untuk siswa dan siswi baru. 3. b. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING SMP Islam Cendekia sangat konsen dalam pengembangan pembinaan aspek ini. 2. 5. . 2. Mengembangkan bahasa inggris sebagai pilar kemampuan dasar peserta didik di SICC. Tujuan 1. Mendatangkan pemateri khusus bahasa inggris.

Memetakan proses kehidupan bagi siswa dan siswi. 3. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING D. Berhasil beradaftasi dengan lingkungan di asrama. Menjadi panduan kehidupan siswa dan siswi ketika berada di asrama. kreatif. a. Karena keberadaannya yang sangat penting. Tujuan 1. Boarding berupaya menyelenggarakan kehidupan berasrama penuh dengan tatanan yang paling baik. ideal dan mampu menghasilkan siswa dan siswi yang mandiri. maka telah menghantarkan setengah keberhasilan dalam mngenyam pendidikan di SICC. 4. teman-teman sejawat dan kakak kelasnya. Mempersiapkan penanganan permasalahan yang dihadapi siswa dan siswi. Membentuk lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk siswa dan siswi. 2. b. inovatif dan bertanggung jawab. Bentuk kegiatan . Kehidupan berasrama Kegiatan berasrama sangat menentukan keberlangsungan kehidupan siswa dan siswi di SMP Islam Cendekia Cianjur.

Penanaman akhlak melalui pendekatan pengajaran kitab kuning di asrama oleh wali asrama masing-masing. Pembentukan kemandirian dengan menata diri pribadi siswa dan siswi berupa simulasi membereskan barang-barang pribadi. Alur mekanisme komunikasi 1. 3. Mengkomunikasikan perkembangan siswa dan siswi kepada stake holder dan orangtua. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING 1. Belajar disiplin waktu dengan pola pemantauan kegiatan sehari- hari agar tepat waktu penuh dengan tanggung jawab dan kesadaran siswa dan siswi. a. b. ustadz/ustadzah. Memetakan bentuk komunikasi antara siswa dan siswi. Tujuan 1. Penyelesaian masalah dan komunikasi Komunikasi menjadi jembatan yang sangat ideal dalam penyelenggaraan pendidikan di Boarding. sekolah/Boarding dan orangtua. Reward and punishment. Komunikasi ini dapat dilakukan baik sesama siswa dan siswi. siswa dan siswi dengan ustadz/ustadzah maupun lembaga dengan orantua/wali siswa/i SMP Islam Cendekia Cianjur. 4. E. 2. Komunikasi masalah pelanggaran siswa/i . 2.

Mengkomunikasikan setiap catatan kejadian(ringan-sedang) kepada orangtua ketika kunjungan dengan ditandatangani oleh orangtua. hari dan tempat dalam buku kejadian khusus. Pelanggaran atau masalah yang dihadapi di dalam dan luar asrama bersifat berat dan berat sekali ditangani oleh bagian kedisiplinan dengan ketentuan sebagai berikut: a. Mencatat jenis pelanggaran. Wali asrama mencatat perkembangan kepribadian dan akademik di buku komunikasi orangtua-Boarding. b. waktu. . Kepala Boarding 5. Wali asrama meminta rekam jejak perkembangan psikologis. kemudian dikomunikasikan kepada orangtua secara bersama untuk mencari solusi. Konfrensi kasus yang ditandatangani oleh siswa/i d. iv. hari dan tempat kejadian di buku komunikasi sekolah-orangtua iii. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING i. waktu. c. iii. Membuat kronologi kejadian atau studi kasus. Membuat tembusan kepada kepala sekolah 6. Bimbingan dan Konseling 4. Mencatat kejadian. 2. Mengkomunikasikan kejadian kepada: 1. Wali asrama dan Bimbingan konseling mencari solusi bersama dari perkembangan kepribadian dan akademik siswa. Orangtua. kepribadian dan akademik dari Bimbingan Konseling. Pelanggaran yang terjadi di asrama yang bersifat ringan ditangani dan diselesaikan oleh wali asrama. ii. ii. Waka asrama putra atau putri 3. Wali asrama 2. Perkembangan disampaikan kepada orangtua secara berkala ketika kunjungan dan pertiga bulan sekali. iv. Komunikasi perkembangan kepribadian dan akademik i.

30 Sholat dzuhur berjama’ah.00 – 05. dan Tilawah Qur’an 04.00 – 07. Sholat Berjamaah .45 – 16.45 Membersihkan asrama.00 – 18.45 – 07. 20. qiyamullail. dzikir ratibul hadad.30 – 18.20 – 12.00 – 04.00 Belajar mandiri terbimbing.30 – 05.30 – 06. mandi dan makan 06.45 Shalat magrib berjama’ah.00 – 04. makan siang dan istirahat 13.00 Halaqoh Qur’an (Tilawah) 18.00 – 13.10 Briefing pagi 07.30 Bangun tidur.00 – 15.45 Tahfidzal-Qur’an 16. baca surat Waqi’ah 15.15 – 21.17.30 – 20.00 Istirahat dan tidur.00 Kegiatan sekolah (kurikuler) 12. 21. Dzikir.00 Ekstrakurikuler 15. membaca surat Waqi’ah 05. (Khusus malam jumat membaca surat Yaasin) 18.00 Sholat Subuh berjama’ah. 19.45 .30 Tilawah dan Tahfidz 05.45 – 19.30 Istirahat dan persiapan ke Masjid 17.30 – 15.00 Sholat Dluha 07. KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING KEGIATAN DAN FASILITAS BOARDING Waktu Kegiatan 04. dzikir.30 Shalat isya dan makan malam.45 Sholat Ashar berjama’ah.15 Pengajian dan sorogan kitab kuning.

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Kamar Mandi dan WC .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING Food court ASRAMA .

KURIKULUM SEKOLAH DAN BOARDING .