You are on page 1of 4

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Jenis Penelitian

Dilihat dari kedalaman analisisnya penelitian ini merupakan jenis penelitian

deskriptif dimana melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskripsi, yaitu

menganalisis fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk difahami

dan disimpulkan.

3.2 Tempat dan Waktu Penelitian

Penulis melakukan penelitian di lokasi penambangan Andesit PT. Lima Energi

Utama, Jorong Pauh Anok, Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru

Kabupaten 50 Kota. Waktu pelaksanaan penelitian 10 September 2015 sampai

dengan 10 Oktober 2015.

3.3 Jenis dan Sumber Data

3.3.1 Jenis Data

Data pada penelitian ini adalah:

a. Data geometri peledakan dan ukuran fragmentasi hasil peledakan

dilapangan
b. Jenis bahan peledak yang digunakan.

Jenis data yang dikumpulkan berupa:

a. Data primer, yaitu data yang dikumpulkan dengan melakukan

pengamatan secara langsung di lapangan. Antara lain melihat langsung

keadaan areal penambanga, mengukur data geometri peledakan

sehingga menemukan suatu permasalahan yang bisa diangkat menjadi

judul penelitian dan data-data penunjang penelitian.

39

serta keterangan mengenai profil perusahaan dan wilayah penambangan.4. 2) Data alat bor yang digunakan dalam kegiatan pemboran untuk peledakan. 3. Studi lapangan. yaitu merupakan data yang diperoleh dari data-data yang sudah ada di PT. 3) Proses kegiatan penambangan. Studi pustaka. Data-data tersebut meliputi: 1) Data bahan peledak yang digunakan PT LEU.6 Teknik Pengolahan Data .5 Teknik Pengumpulan Data Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu: 1. 2. 40 b. 3. mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan melakukan pengamatan langsung. Data sekunder. mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan membaca buku-buku literatur yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas sehingga dapat digunakan sebagai landasan dalam pemecahan masalah. buku atau studi kepustakaan dan beberapa literatur yang mendukung penelitian ini. LEU.2 Sumber Data Sumber data yang penulis dapatkan berasal dari pangamatan langsung ataupun studi kepustakaan serta dari arsip-arsip perusahaan. 3.

8 Kerangka Metodologi .7 Analisa Data Setelah melalui tahap dalam pengumpulan data dan pengolahan data maka dilakukan analisa data dari pengolahan data yang didapat dengan menggunakan metode R. 3.L ASH. Perhitungan nilai powder factor. 41 Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melalukan perhitungan sebagai berikut: 1. Perhitungan rata-rata Fragmentasi material 3. menghitung geometri peledakan 2. 3. konya.

yaitu Geometri Peledakan. yaitu: 1) Data bahan peledak Data 2) proses kegiatan penambangan 3) keterangan mengenai perusahaan dan wilayah penambangan. Pengolahan Data METODE R. KUZRAM Menghitung: o Geometri peledakan NO o Nilai powder factor o Fragmentasi Validasi Data Hasil. ASH.1 Alur Penelitian . Data primer. BERUPA HASIL FRAGMENTASI FINISH Gambar 3. Konya. Data Sekunder. 42 Langkah-langkah yang dilakukan penulis dalam melakukan penelitian dapat dilihat pada halaman berikut: START Survey Lapangan Studi Literatur Identifikasi Masalah Batasan Masalah Rumusan Masalah Pengumpulan Data: 1. 2.L.