You are on page 1of 11

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Wilayah Jawa Barat terkenal dengan potensi alamnya berupa lahan
yang subur, cuacayang sejuk, serta panorama yang indah, hal tersebut
menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu tempat tujuan wisata baik domestik
maupun mancanegara.

Ibu Kota Jawa Barat yaitu Bandung juga dikenal sebagai salah satu pusat
belanja terbesar di Jawa Barat yang menjadi pusat perekonomian. Perkembangan
perekonomian tersebut terlihat dengan menjamurnya usaha-usaha kuliner yang
beraneka ragam tumbuh dan berkembang di setiap sudut kota Bandung.

Lemper adalah sejenis makanan yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi
abon atau suwiran daging ayam dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini
terkenal diseluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap
makan besar. Pembuatan lemper mencakup persiapan daging ayam dan beras ketan
(bisa dengan santan). Selanjutnya daging ayam yang sudah di suwir di tutup
dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang, kemudian
dikukus. Produk sejenis yang biasanya ditemui di pasaran adalah lemper biasa
yang berisi abon, suwiran ayam, maupun daging lainnya. Sedangkan kami
mencoba menginovasikan produk kami dnegan varian isi yang beraneka ragam
dengan rasa pedas.

B. RUMUSAN MASALAH
1) Alat dan bahan apa saja yang digunakan?
2) Bagaimana langkah-langkah Pengolahan lemper?
3) Bagaimana cara menentukan harga jual pada produk lemper?

C. TUJUAN
Dari pembuatan lemper ini kita bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas
yaitu prakarya dan kewirausahaan dan kami mempunyai tujuan untuk mendidik
jiwa kewirausahaan kami sejak dini.

Arief Rakhman Hakim No.P SMK NEGERI 2 SUMEDANG Jln.MAKALAH KEWIRAUSAHAAN MEMBUAT LEMPER KELOMPOK 2 NAMA : SENTRIA P.59 Sumedang 45323 TAHUN AJARAN 2016/2017 LAMPIRAN .S SALSABILA QODARIAH JUFITRI KRISTINA SUSIANTI.

.

.

KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatklan kepada Tuhan Yang Mahe Esa yang telah melimpahkan rahmat serta Hidaya-nya kepada kita semua hingga kami dapat menyusun laporan kewirausahaan ini.untuk itu penyusun meminta maaf yang sebesar besarnya atas segala kekurangan dalam penyusunan laporan ini. Kami menyadari bahwa penulis laporan ini masih jauh dari kata sempurna karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang penyusun miliki. . Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang membaca dan agar dapat meningkatkan wawasan tentang kewirausahaan.

Perencanaan a). Penyusun juga mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun kesempurnaan dalam penulisan laporan ini. Alat  Panci  Teflon  Saringan  Sendok  Garpu . BAB II PEMBAHASAN A.

Pelaksanaan a) Langkah . Bahan  Beras Ketan  Daging Ayam  Abon  Kelapa Parud/Santan  Bawang putih  Bawang merah  Merica bubuk  Gula Pasir  Garam  Cabe Rawit  Air  Minyak goreng B.gula dan garam  Lalu semua bumbu itu di ulek hingga halus  Kemudian kukus beras ketan dan tiriskan lalu diberi santan .langkah Cara Membuat Lemper  Pertama tama siapkan alat dan bahan  Lalu rendam beras ketan selama 1 jam. kemudian tiriskan  Rebus daging ayam sampai setengan matang lalu angkat dan suwir-suwir kecil  Setelah itu potong bawang merah dan bawang putih dan beri sedikit merica.  Baskom  Daun pisang b).

 Setelah itu tumis bumbu dengan daging ayam yang sudah di suwir-suwir. lemper siap di cetak  Cetak mengggunakan tangan dan di isi daging lalu bungkus dengan daun pisang yang sudah di lumuri minyak goreng agar tidak lengket  Dan lemper siap disajikan dan dijual BAB III PENUTUP A.KESIMPULAN Dari kegiatan kewirausahaan itu kita bias mendidik jiwa kewirausahaaan kita dan kita bias memulai usaha kecil-kecilan di usia yang dinidan belajaruntuk mencari uang sendiri. setelah matang dan masukkan ke dalam piring  Setelah semua itu beres.SARAN . B.

................Meningkatkan jiwa inovatif untuk membuat produk yang lebih menarik.........................................Meningkatkan kekreatifitasan diri untuk mengelolah produk yang baru..................................... BAB I PENDAHULUAN A..... 2..................... DAFTAR ISI..................Memperluas penjualan produk lemper 3......................Latar Belakang...... ................................. 1................................. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR..............

................ Modal :RP 40.........................B.............................. b)Bahan........................................... Laba ditentukan=50%X 1000=500 ....Perhitungan Harga Produk..............................................Pelaksanaan............................................000 42 3.......000=RP 1..............Perencanaan.Rumusan Masalah............... C............................................................................................................................000...................... B............................... BAB II PEMBAHASAN A....................................................... HPP= 40..Saran...................... B.................... a)Langkah-langkah................... a)Alat........................................... C......................... BAB III PENUTUP A.....PERHITUNGAN HARGA JUAL 1................ C.....Kesimpulan.................................................................................. LAMPIRAN....................................................................................................Tujuan.........................................................................................- Produk yang dihasilkan: 42 buah 2............................................

PB=63.000-40.000 .000=RP 23. 100% Laba =Rp.000 7. BFP=40. HJ=1.000+500=1500 5.000=27 buah (dibulatkan) 1500 6.500/produk 4. PK=1500X42=RP 63.