You are on page 1of 6

PEDOMAN

TIM VERIFIKASI PROVINSI

PENGURUS PUSAT
HIMPUNAN AHLI KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA

TAHUN 2016

Terlaksananya penilaian 3. peran-peran tersebut diuraikan dalam langkah-langkah berikut. UMUM Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi organisasi profesi sekaligus menindaklanjuti Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2013 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan. (2) Melakukan verifikasi ulang terhadap berkas/dokumen. jajaran pengurus HAKLI baik di pusat. (4) Perhitungan sebagaimana dimaksud dalam angka (3). 1. Terbentuknya Tim Verifikasi 2. HAKLI telah menyusun Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tenaga Kesehatan Lingkungan (P2KBTKL). RUANG LINGKUP Peran pengurus provinsi dalam proses permohonan penerbitan STR melingkupi hal-hal sebagai berikut. Pembentukan Tim Verifikasi 1) Susunan Tim Verifikasi Tim Verifikasi terdiri atas: a) Ketua merangkap anggota b) Sekretaris merangkap anggota c) Anggota sebanyak-banyaknya 3 (tiga) orang yang berasal dari Pengurus HAKLI Provinsi 2) Uraian Tugas dan Tanggung Jawab Tim Verifikasi a) Tugas Tim Verifikasi (1) Menerima surat rekomendasi beserta berkas/dokumen dari Pengurus HAKLI Kabupaten/Kota untuk proses penerbitan STR. . Peran utama pengurus provinsi dalam hal ini adalah membentuk tim untuk melakukan verifikasi dan pemberian rekomendasi pada proses permohonan penerbitan STR. provinsi. maupun kabupaten/kota perlu mengambil peran guna memperlancar proses pemberian SKP dan dalam rangka permohonan Surat Tanda Registrasi (STR) baik dalam hal registrasi baru maupun perpanjangan. Untuk itu. surat rekomendasi sebagaimana dimaksud dalam angka (4) ditandatangani oleh Ketua Pengurus HAKLI Provinsi sebagai rekomendasi dan dikirim kepada MTKP dengan tembusan Pengurus Pusat HAKLI. (3) Melakukan perhitungan ulang perolehan Satuan Kredit Profesi (SKP) dalam rangka memastikan yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan pemenuhan SKP. II. Tim Verifikasi menyampaikan usulan dalam bentuk surat rekomendasi (contoh terlampir) kepada Ketua Pengurus HAKLI Provinsi. Pemberian rekomendasi penerbitan STR Selanjutnya. 1.I. (5) Selanjutnya.

Permohonan STR secara manual a) Tim Verifikasi setelah mendapat tembusan surat permohonan STR dari Sanitarian (contoh terlampir) dalam tempo paling lambat 2 (dua) hari wajib melakukan verifikasi ulang terhadap kelengkapan berkas/dokumen dan pemenuhan SKP pemohon selama 5 (lima) tahun sesuai dengan Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tenaga Kesehatan Lingkungan (P2KBTKL). c) Berkas/dokumen pemohon yang memenuhi persyaratan dapat langsung dibuat surat rekomendasi (contoh terlampir) dan ditandatangani oleh Ketua Pengurus HAKLI Provinsi. dan (7) Menyusun laporan hasil kegiatan verifikasi STR. III. 2. b) Tanggung Jawab Tim Verifikasi bertanggung jawab kepada Ketua Pengurus dan menyelesaikan hal-hal sebagai berikut. (1) Terlaksananya verifikasi dokumen permohonan. maka berkas/dokumen langsung dikembalikan kepada Tim Verifikasi Kabupaten/Kota untuk diproses kembali. Permohonan STR secara online a) Tim Verifikasi setelah mendapat tembusan surat permohonan STR dari Sanitarian (contoh terlampir) dalam tempo paling lambat 2 (dua) hari wajib diverifikasi dalam hal kelengkapan berkas/dokumen dan pemenuhan SKP pemohon selama 5 (lima) tahun sesuai dengan Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tenaga Kesehatan Lingkungan (P2KBTKL). b) Apabila berkas/dokumen pemohon tidak memenuhi persyaratan sebagaimana tertera pada P2KBTKL. . b) Apabila berkas/dokumen pemohon tidak memenuhi persyaratan sebagaimana tertera pada P2KBTKL. maka berkas/dokumen langsung dikembalikan kepada Tim Verifikasi Kabupaten/Kota untuk diproses kembali. (6) Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap permohonan STR baik STR baru maupun perpanjangan. maka saat ini permohonan STR baik STR baru maupun perpanjangan STR untuk tenaga Sanitarian dikategorikan ke dalam: 1. (2) Terkirimnya rekomendasi kepada Ketua Pengurus HAKLI Provinsi berdasarkan pertimbangan perolehan SKP. TATA CARA Sesuai dengan perkembangan proses permohonan penerbitan STR yang dilaksanakan oleh MTKI. (3) Tersusunnya laporan hasil kegiatan verifikasi STR.

MM .c) Berkas/dokumen pemohon yang memenuhi persyaratan. SKM. Ketua Umum Bambang Wahyudi. langsung dibuat surat rekomendasi dan ditandatangani oleh Ketua Pengurus HAKLI Provinsi kepada Ketua MTKP dengan tembusan Pengurus Pusat HAKLI.

berikut saya lampirkan: 1... atas perhatiannya diucapkan terima kasih...…………….... Fotokopi Ijazah Pendidikan di bidang Kesehatan Lingkungan yang dilegalisir dan dilengkapi dengan transkrip 2. Contoh Surat Permohonan STR PERMOHONAN SURAT TANDA REGISTRASI (STR)/PERPANJANGAN STR *) Yth. Demikian permohonan ini disampaikan. Hormat kami.000..………………… di …………………. ……………………. Ketua Pengurus HAKLI Provinsi/Kabupaten/Kota *) . Fotokopi dokumen/berkas hasil kegiatan beserta perolehan SKP selama 5 (lima) tahun (bagi permohonan perpanjangan) 5..-) …………………………. Pas Photo 4x6 dengan latar merah sebanyak 3 (tiga) eks 3. *) Coret yang tidak perlu ..-201.. …. 6. Bersama ini kami sampaikan bahwa sehubungan dengan habis masa keberlakuan STR. dengan ini saya: Nama : Nomor STR : Nomor KTA : Tempat bekerja : Bidang kerja : Masa berlaku STR : mengajukan permohonan untuk memperoleh STR baru/perpanjangan STR *) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Fotokopi STR lama (bagi permohonan perpanjangan) 4. Bukti pembayaran biaya administrasi sesuai dengan ketentuan.. (Materai Rp. Untuk kelengkapan administrasi.

.................... Contoh Surat Rekomendasi Pengurus HAKLI Provinsi KOP SURAT HAKLI Nomor : Lampiran : 1 (satu) berkas Perihal : rekomendasi permohonan STR Yth......... Tembusan kepada Yth.. Atas perhatian dan kerja sama yang baik diucapkan terima kasih............... .... Ketua MTKP Provinsi . Ketua Pengurus Pusat HAKLI..... Bersama ini kami sampaikan rekomendasi terhadap permohonan Surat Tanda Registrasi (STR) baru/perpanjangan STR *) : Nama : Nomor STR : Nomor KTA : Tempat bekerja : Bidang kerja : Masa berlaku STR : berkas tersebut setelah diverifikasi oleh Tim Verifikasi telah memenuhi persyaratan untuk diajukan guna memperoleh STR baru/perpanjangan STR *)........... ............................... Demikian surat rekomendasi kami sampaikan untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku...... *) Coret yang tidak perlu Pengurus HAKLI Provinsi Ketua.. di ................