You are on page 1of 8

Protected: Week 1 – Structure

 Pembahasan Skill 1

Ingat, di Skill 1 ini kita belajar memahami bahwa satu kalimat benar bila memiliki
minimal satu subject dan satu verb. Kalau hanya memiliki subject atau verb saja,
maka kalimat salah. Selain itu, kita juga belajar mengindetifikasi yang mana
subject dan yang mana verb dalam kalimat. Skill 1 ini penting sekali dan menjadi
dasar dalam menganalisa soal Structure di tes TOEFL. Jadi, harapannya, setelah
selesai skill 1 ini, ketika melihat soal TOEFL, apa yang harus dicari langsung?
Langsung cari yang mana subject dan yang mana verbnya.

 Exercise 1.

1. Alasan: Tidak memiliki subject. Verb = Went. Bisa ditambahkan subject,
misalnya subject he, menjadi dibuat ‘he went’ untuk membuat kalimat ini
benar.
2. Subject = schedule. Verb = can be obtained. Kalimat Benar.
3. Kalimat salah. Alasan: Tidak ada Verb. Subject = job. Bisa ditambahkan to
be ‘is’, menjadi ‘is available’ untuk membuat kalimat ini benar.
4. Kalimat salah. Alasan: Ada dua Verb, yaitu has dan provides. Subject =
computer program. Bisa dihilangkan salah satu verb untuk membuat kalimat
ini benar. Satu subject hanya bisa berpasangan dengan satu verb. Dua verb
berarti berpasangan dnegan dua subject.
5. Subject = Box. Verb = Can be opened. Kalimat benar.
6. Kalimat salah. Alasan: Ada dua subject, yaitu text dan it. Verb = contains.
Bisa dihilangkan it dalam kalimat ini agar kalimat menjadi benar. Satu
subject hanya berpasangan dengan satu verb. Dua subject berarti harus
berpasangan dengan dua verb.
7. Subject = papers. Verb = should be emptied. Kalimat benar.
8. Kalimat salah. Alasan: Tidak ada Verb. Subject = departure. Bisa
ditambahkan to be ‘is’, menjadi ‘departure is scheduled’ agar kalimat
menjadi benar.
9. Kalimat salah. Alasan: Tidak ada subject. Verb = found. Bisa ditambahkan
subject ‘I’, menjadi ‘I found’ agar kalimat menjadi benar.

Alasan: Tidak ada subject. 4. Bisa dihilangkan to be is dalam kalimat ini untuk membuatnya benar. Semua yang ada didepan sebuah preposition disebut dnegan object of preposition. 7. Verb = has improved. of the city. Bisa dibuat ‘she took’ agar kalimat menjadi benar. Verb = are given. in quantities. 5. 2. with the most experience. yaitu shopping dan it. Verb = has been practicing.Kalimat salah.  Exercise 2. bukanlah subject.  Pembahasan Skill 2 Di skill 1 kita belajar bahwa kalimat harus memiliki minimal satu subject dan satu verb. Bisa dibuat ‘he took’. Subject = career. in politics. Subject = reading methods. Alasan: Tidak ada subject. . Kalimat salah. Subject = Flowers. Kalimat benar. Prepositional phrase = at the neighborhood flower shop. Prepositional phrase = at this school. hal yang pertama kita cari adalah yang mana subject dan yang mana verbnya. 9. Subject = carpenters. Verb = was not confirmed. yaitu is dan processes. 8. Prepositional phrase = in the past. of a dozen or a half dozen. Prepositional phrase = for the last three years. Subject = interviews. Satu subject hanya bisa berpasangan dengan satu verb. Verb = took. Prepositional phrase = in the last possible moment. Prepositional Phrase adalah gabungan dari preposition dan object of preposition. Bisa dibuat ‘the doctor has been practicing’ agar kalimat menjadi benar. 10. Prepositional phrase = at the building site. Verb = were given. Prepositional phrase = for the fever and headache. Kalimat salah. Kalimat salah. Prepositional phrase = in the downtown area. Nah. before take off 3. saat melihat soal. 6. Alasan: Tidak ada subject. in the country. Kalimat benar. Verb = were carried. Kalimat benar. Prepositional phrase = by broadcasters. Kalimat benar. 1. Verb = took. Kalimat salah. di skill 2 kita belajar tentang object of preposition. Bisa hilangkan it dalam kalimat ini agar menjadi benar. Harus selalu diingat bahwa keberadaan object of preposition didalam kalimat adalah untuk mengelabui kita atau menyulitkan kita dalam mencari subject dalam kalimat. Kalimat benar. Alasan: Ada dua subject. at various hospitals. Artinya. Subject = machine. Alasan: Dua Verb. Verb = Can be delivered.

Kalimat benar. Appositive = the chief executive officer.  Pembahasan Skill 3 Di skill 3 ini. Verb = did not taste. Jadi. Alasan: Tidak ada subject. selain object of prepositions yang kita pelajari di skill 2. Verb = is. 10. Verb = graduated. Prepositional phrase = with complete documentation. Kalimat salah. sebuah kata benda atau dalam bentuk frasa kata benda yang menyulitkan kita dalam mencari subject. Yang muncul dalam kalimat adalah tipe posisi appositive yang kedua. Kalimat benar. Smith. Kalimat ini salah walaupun memiliki susunan appositive tipe pertama. the chief executive officer’ – adverb dihilangkan dan diganti dengan kata benda yang bisa berfungsi sebagai subject dalam kalimat ini. Subject = Valentine’s Day. Note: prepositional phrase yang diminta dalam exercise ini hanya yang muncul sebelum verb. Yang muncul adalah tipe posisi appositive yang pertama. 1. 3. 2. Subject harus berupa noun. Subject = owner. Appositive = a friend. Appositive = The son of the previous owner. kita belajar tentang appositive. 5. hal lain yang bisa membingungkan atau menyulitkan kita dalam mencari Subject dalam kalimat adalah appositive. menjelaskan subject. . Appositive = February 14. Alasannya karena kata “last semester” adalah adverb. Bisa dibuat misalnya ‘Bob. Verb = has decided. Kalimat benar. Di handbook ada dijelaskan. Prepositional phrase yang muncul setelah verb mungkin dan ada. Subject harus berupa noun. Alasannya karena kata “At long last” adalah adverb. tetapi tidak dijelaskan dalam penjelasan ini. Alasan: Tidak ada subject. Yang muncul adalah tipe posisi appositive yang pertama. Bagaimana agar kita tidak bingung atau salah menentukan antara appositive dan subject? Perhatikan dua posisi appositive didalam kalimat.  Exercise 3. Subject = tonight’s supper. 4. a friend’ agar kalimat menjadi benar – adverb dihilangkan dan diganti dengan kata benda yang bisa berfungsi sebagai subject dalam kalimat ini. yang tidak bisa menjadi subject.Subject = report. Verb = was delivered. yang tidak bisa menjadi subject. Bisa dibuat misalnya ‘Mr. Appositive = leftovers from last night. Kalimat salah. Verb = is undertaking. Kalimat ini salah walaupun memiliki susunan appositive tipe pertama.

Subject harus berupa noun. Selain itu. Verb = was kept.  Pembahasan Skill 4 Di skill 4 ini. Verb = would not turn. Kalimat salah. Alasan: Tidak ada subject. Yang muncul adalah tipe posisi appositive yang kedua. Present participle menjadi bagian dari verb atau berfungsi sebagai verb bila di dahului oleh “tobe”. karena kata present participle disini merujuk pada bentuk – ing (verb – ingnya). Subjectnya menjadi computer. berhati-hati dengan keberadaan present participle karena bisa membingungkan kita dalam mencari verb yang sebenarnya. Verb = will have. Kalimat ini salah walaupun memiliki susunan appositive tipe pertama. Alasannya karena kata “In the cold winter” adalah adverb. 6. Kalimat salah. Selain itu. 7. 8. Lalu. Alasan: Tidak ada koma yang memisahkan antara subject dan appositive. in adalah preposition. Subject = door. 10. Appositive = the most powerful machine of its type. kita belajar tentang present participle. 9. present participle bisa berfungsi sebagai adjective atau kata sifat ketika hanya verb-ing saja yang muncul. Bisa dibuat misalnya ‘The high powered computer. To be disini meliputi semua to be termasuk to be simple past. Kalimat benar. dan lain-lain. misal talking. Kalimat benar. Subject = tile pattern.  Exercise 4. Yang muncul adalah tipe posisi appositive yang pertama. Dalam kalimat. a wall heating unit’ – adverb dihilangkan dan diganti dengan kata benda yang bisa berfungsi sebagai subject dalam kalimat ini. Present participle = offering (sebagai adjective). . Kalimat benar. the most powerful …’. Bisa dibuat misalnya. playing. Verb = was readied. maka the cold winter adalah object of preposition yang tidak bisa menjadi subject (skill 2). 1. Appositive = a longtime friend and confidant. Appositive = a wall heating unit. Dalam kasus ini. kalimat akan sama seperti continuous tense. Appositive = the only entrance to the closet. Yang muncul seharusnya tipe posisi appositive yang pertama kalau ditambahkan koma. Yang muncul adalah tipe posisi appositive yang kedua. ‘the electric heater. Present participle adalah bentuk -ing dari kata kerja (Verb). tanpa ada to be di depan verb-ing. Verb = brightens.Subject = Psychologist. Appositive = yellow flowers on a white background. Kalimat benar. Verb = was invited. yang tidak bisa menjadi subject. Subject = companies.

sehingga yang digunakan hanya announcing dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject advertisements hanya berpasangan dengan verb received saja. Kalimat benar. Agar kalimat menjadi benar. Agar kalimat menajadi benar. Kalimat salah. Present participle = giving (sebagai verb karena ada to be). Agar kalimat menjadi benar dan present participle berfungsi sebagai adjective. Kalimat salah. Alasan: Ada dua verb. Subject = fruits. Alasan: Ada dua verb. Ingat konsep skill 1: kalimat benar selama minimal memiliki subject dan verb. Alasan: Ada dua verb. Present participle = flavoring (sebagai adjective). Alasan: Ada dua verb. sehingga hanya digunakan trying dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject speaker hanya berpasangan dengan verb was interrupted saja. sehingga yang digunakan hanya giving dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject fraternities hanya berpasangan dengan verb = attract saja. Kalimat benar 4. subjectnya hanya travelers. Present participle = trying (sebagai verb karena ada to be). Verb = is awarded. Kalimat benar. Kalimat salah. Kalimat benar.Subject = spices. to be are dihilangkan. Present participle = demonstrating (sebagai verb karena ada to be). Subject dan Verb kalimat sudah ada. Present participle = completing (sebagai verb karena ada to be). to be dihilangkan. 8. 3. Verb = should complete. Subject = advertisements. Subject = fraternities. 6. Prsent participle = announcing (berfungsi sebagai verb karena ada to be). Subject = team. Note: . Kalimat salah. Subject = Travelers. yaitu was trying dan was interrupted. to be dihilangkan. satu subject hanya berpasangan dengan satu verb. Present participle = desiring (sebagai adjective). Present participle = winning (sebagai adjective). yaitu are giving dan attract. 5. Ingat. Kalimat benar. Verb = were. Agar kalimat menjadi benar. yaitu were announcing dan received. Subject dan Verb kalimat sudah ada. Di kalimat ini. Present participle = carrying (sebagai adjective). to be are dihilangkan. 10. Verb = were demonstrating. Subject = speaker. sehingga yang digunakan hanya completing. Subject = artisans. Subject dan Verb kalimat sudah ada. Verb = were rotting. Ini tipe kalimat continuous tense biasa. jadi verbnya hanya boleh satu. 9. Subject = Students. 2. Tidak ada present participle yang berfungsi sebagai adjective dalam kalimat ini. 7. yaitu are completing dan should report.

Past participle disini merujuk pada verb 3 – nya. Subject = chapters. 2. decide – decided. 1. Subject = car.  Kalau sudah ada kata kerja. katanya tidak perlu didahului oleh to be agar berfungsi sebagai kata kerja. Selain itu. karena bila yang muncul dikalimat adalah verb 2. Past participle = Listed (sebagai adjective). Kalimat salah. . buy – bought. yaitu were taught dan will be. Satu subject hanya berpasangan dengan satu verb. Perlu dihafal agar bisa berhati-hati dengan bentuk irregular verbs. yaitu was offered dan was not accepted. Artinya. to be dihilangkan. Alasan: Ada dua verb. hati – hati untuk regular verb. know – known. to be dihilangkan. Verb 3 ada dua jenis: regular verbs dan irregular verbs. Agar kalimat menjadi benar. Misal. plant – planted. Irregular verbs sulit untuk diketahui karena bentuk verb 1. 2. kalau berfungsi sebagai verb. dan 3 berbeda.  Exercise 5. Alasan: Ada dua verb.  Present participle disini yang dicari adalah yang berfungsi sebagai adjective yang bisa diletakkan di kalimat. to be didepan Verb 3 ini meliputi to be untuk semua tenses termasuk to be simple present. Regular verbs bisa diketahui dengan melihat akhiran kata yang memiliki -ed. Kalimat benar. akan ada dua verb. maka kata kerja satu lagi menjadi present participle yang berfungsi sebagai adjective. yaitu bentuk Verb 3 tanpa didahului tobe atau bentuk perfect tense (has/have/had). Agar kalimat menjadi benar. Past participle = taught (sebagai verb karena ada to be). Past participle = offered (sebagai verb karena ada to be). Past participle menjadi kata verb sebenarnya bila di dahului oleh tobe atau bentuk perfect tense (has/have/had). Jika tidak.  Pembahasan Skill 5 Di skill 5 ini. sehingga yang digunakan hanya taught dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject chapters hanya berpasangan dengan verb will be (be disini adalah to be yang berfungsi sebagai verb). 3. Verb = had stalled. sehingga yang digunakan hanya offered dan berfungsi sebagai adjective ini membuat subject money hanya berpasangan dengan verb was not accepted. Misal. Kalimat salah. Subject = money. Ini bisa membingungkan karena bentuk verb 2 dan verb 3 regular verbs sama. kita belajar tentang past participle.

Agar kalimat menjadi benar. yaitu are listed dan have. Verb = went. 1. Past participle = reached. Alasan: Ada dua verb. Note:  Bila past participle berfungsi sebagai verb seperti di nomor 9. to be dihilangkan. 5. Subject = fir trees. Kalimat benar. Verb = were invited. Verb = were baked.  Exercise Skills 1 – 5. kalimat benar bila tidak ada verb lain. Ini kalimat pasif bentuk simple past biasa. Past participle = paid (sebagai adjective). Subject = pizza. Kalimat salah. Subject = those. Kalimat salah. Alasan: Tidak ada subject. 6. Subject = loaves. Agar kalimat menjadi benar. Verb = were arrested. yaitu is served dan is. Past participle = served (sebagai verb karena ada to be). Alasan: Ada dua verb. Kalimat benar. Past participle = listed (sebagai verb karena ada to be). Agar kalimat benar. Alasan: Ada dua verb. yaitu were grown dan were harvested. Past participle = suspected (sebagai adjective). 3. . Subject = tenants. to be dihilangkan. Subject = students. Verb = will be credited. 4. sehingga hanya reached yang digunakan dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject ports hanya berpasangan dengan verb were (were disini adalah to be yang berfungsi sebagai verb dalam kalimat). Bisa dibuat ‘she went’. Subject = courses. 8. Kalimat benar. Have disini adalah verb 1 bukan auxiliary verb have pada present participle. Seharusnya to be pada ‘were grown’ dihilangkan. 9. 7. sehingga yang digunakan hanya served dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject pizza hanya berpasangan dengan verb is (is disini adalah to be yang berfungsi sebagai verb dalam kalimat). yaitu were reached dan were. Subject = ports. Verb = can add. 2. Kalimat salah. to be dihilangkan. Past participle = baked (sebagai verb). 10. Alasan: Ada dua verb. Kalimat benar. sehingga yang digunakan hanya listed dan berfungsi sebagai adjective – ini membuat subject courses hanya berpasangan dengan verb have. Past participle = invited (sebagai verb).Subject = bills. sehingga hanya digunakan grown yang berfungsi sebagai past participle adjective. Ini kalimat pasif bentuk simple past biasa.

Hilangkan it untuk membuatnya benar. Kalimat membutuhkan verb. 7. Kalimat membutuhkan verb. 2. Kalimat membutuhkan verb. Kalimat membutuhkan subject. 9. maka yang benar adalah contains. A. Kalimat membutuhkan verb. Verb = have. Verb = will contain. Verb = are used. Subject = pride.A. verbnya harus ditambah s/es. A. Verb contain tidak perlu ditambah s bila didahului oleh sebuah modals. Subject = assistance. Subject = papers. Verb = are. Alasan: Tidak ada subject. Subject = portraits. Tetapi. . Bisa dibuat ‘is in the shopping mall’. D.Subject = applicants. seperti can. Subject = specialty shop. 5. 10. Kalimat membutuhkan pelengkap appositive. Alasan: Ada dua subject. Subject = tetracyclines. 7. C. 6. Subject = Henry Adams. 8. Verb = threw. Kalimat membutuhkan subject dan verb. Dilihat dari pilihan yang menggunakan verb contain. Subject = North Platte River. Verb = were falling. Past participle = exhibited sebagai adjective. Kalimat membutuhkan verb. Subject = oranges. Past participle = being delivered (sebagai adjective) 6. kita bisa memilih can contain. A. karena tidak ada pilihan contains. 9. 10. D. Verb = received. 5. Verb = are. Bila subjetc pride bertemu verb. berbentuk singular. yaitu construction dan it. B.  Exercise 1 – 5 (Pilihan Ganda) 1. C. 3. 8. Kalimat membutuhkan verb. Present participle = returning sebagai adjective. 4. Subject = cause. Kalimat membutuhkan subject. Bisa dibuat ‘he threw’. B. Subject = map. Alasan: Tidak ada verb.4.