PAKET

1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Alokasi Waktu : 120 Menit
Satuan Pendidikan : SMA/MA Pukul : 10.00-12.00
Kelas : XII (Dua Belas) Hari/ Tanggal : Kamis, 24 Mar 2016

PETUNJUK KHUSUS
Soal nomor 1 sampai dengan 50 pilihlah jawaban yang tepat.

1. “Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya
berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”
adalah bunyi Pembukaan UUD 1945;………
A. Alinea kesatu
B. Alinea kedua
C. Alinea ketiga.
D. Alinea keempat
E. Alinea kelima

2. Tujuan Negara Republik Indonesia tercantum dalam…..
A. Penjelasan UUD 1945
B. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
C. Dasar Negara Republik Indonesia
D. Pembukaan UUD 1945 Alenia I
E. Pembukaan UUD 1945 Alenia IV.

3. Pembukaan UUD 1945 Alenia ke-I memiliki makna..…
A. Bahwa kemerdekaan bukan akhir perjuanggan
B. Pemerintah Indonesia mendukung kemerdekaan bagi setiap bangsa
C. Kemerdekaan adalah berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa
D. Pengakuan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan
E. Kemerdekaan yang dicapai bangsa Indonesia adalah melalui perjuangan

4. Kedudukan Pembukaan UUD 1945 bagi bangsa Indonesia bersifat tetap dan tidak dapat diubah, hal ini
dikarenakan……
A. Pasal-pasal UUD 1945 telah diubah
B. Telah disepakati oleh MPR tidak akan diubah
C. Merupakan kaidah yang fundamental terbentuknya negara
D. Merupakan keputusan Presiden dan Wakil Presiden terdahulu
E. Sebagai wujud penghormatan terhadap hasil perjuangan bangsa.

5. Yang bukan merupakan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalah ....
A. Pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia
B. Penjajahan harus dihapuskan dari muka
C. Kemerdekaan adalah hak dari segala bangsa.
D. Ikut melaksanakan ketertiban dunia
E. Penghargaan terhadap perjuangan bangsa Indonesia

Dinas Pendidikan Kab.Banyuasin US 2014 - 2015 1

Diskusi politik Dinas Pendidikan Kab. Ketiga D. 4). Rumusan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 pada Alenia…… A. Tidak merasa memiliki hak-hak politik D. Mediasi politik E. 2). Memajukan kesejahteraan umum 3. Tindakan C. 2). E. 1). Organisasi politik C. 3). A. Tidak peduli terhadap perkembangan politik E. Keempat. C. A. 3). 4). Budaya politik E. Dukungan politik 9. Nilai 10. 4.. Tindakan mereka merupakan contoh mengenai…. dan 6). Sebuah kelompok tani atas prakarsa sendiri bertemu dengan DPRD untuk memproses sistem distribusi pupuk yang tidak adil. Demonstrasi dan mogok kerja merupakan partisipasi warga Negara untuk ikut mengontrol kebijakan pemerintah. A. Tidak mau berpolitik praktis B. Struktur politik B. Kedua C. dan 5). A. 3). Kelima 8. Konspirasi politik D.6. D.. Mencerdaskan kehidupan bangsa 5. 2).. Partisipasi politik C. dan 6). 1).. 1). 5). Tidak memiliki pandangan politik C. Setiap unsur masyarakat memiliki budaya politik yang berbeda-beda karena pada dasarnya budaya politik merupakan konsep yang berupa…. Sosialisasi politik D.Banyuasin US 2014 . Perilaku D. A. Menciptakan lapangan kerja. Kegiatan tersebut dalam sistem politik disebut…. Tidak menginginkan perubahan sistem politik 11. Mobilisasi politik B.2015 2 . Pandangan B. Ciri-ciri budaya politik parokial dalam menghadapi praktik-praktik politik yang berlaku antara lain…. 2). Pertama B. Melindungan agama minoritas 6. E. 1. dan 6). Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia 2. dan 4). perdamaian abadi dan keadilan Sosial. B. 2). Pengetahuan E. 7. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. 5). Tujuan Negara Indonesia menurut Pembukaan UUD 1945 Alenia ke-IV ditunjukkan pada nomor….

. Menunjukkan kekuatan Partai Politik sebagai infrastruktur politik E. Diinginkan dengan menghalalkan berbagai macam cara. Memilih wakil-wakil rakyat yang dipercaya dilembaga perwakilan rakyat B. Sosialisasi politik merupakan hal penting yang harus dilakukan guna mewujudkan budaya politik partisipan. Berguna bagi diri sendiri tanpa mengganggu kebebasan orang lain. Pancasila E. Proses timbal balik B. Pemilihan Umum ini dilakukan dengan tujuan untuk…. 16. A. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini…. 14.2015 3 . A. DPR C. Parokial-partisipan E. 15. Prses penjelasan pemahaman D. LSM. A.Oleh karena itu Pemilihan Umum wajib dilaksanakan dan dijaga keamanan serta kelancarannya. Sekolah maupun Partai Politik. Liberal C. Subjek dan parokial C.. A.Terpimpin B. Menjadi hak nya tanpa peduli terhadap ketentuan hukum yang berlaku D. Dipihak lain kaum elite begitu dominan sebagai partisipan aktif. Pemerintahan yang demokratis merupakan tujuan yang ingin dicapai bangsa Indonesia. Dengan proses sosialisasi baik melalaui keluarga. DPD D. Melatih warga Negara utnuk memberikan hak nya C. Mengaktifkan warga Negara sebagai masyarakat politik D.12. Disatu segi massa masih ketinggalan dalam menggunakan hak dan memikul tanggung jawab politiknya. Dalam rangka melaksanakan demokrasi Pancasila pada masa demokrasi diselenggarakan Pemilihan Umum untuk memilih wakil-wakil rakyat. Kaula-partisipan dan subjek 13. Berbudaya D.. berbangsa dan bernegara dengan berlandaskan pada dasar Negara Indonesia akan menghasilkan demokrasi…. DPRD 18.Perilaku budaya demokrasi yang dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat.Banyuasin US 2014 . Bermanfaat secara social tanpa menghiraukan kemanfaatan bagi diri sendiri C. Proses penanaman pengetahuan C. Hal ini menunjukkan bahwa di Indonesia berkembang perpaduan 2 tipe budaya politik yaitu…… A. Kebebasan adalah keleluasaan seseorang untuk melakukan hal-hal yang…. Ada dua hal yang menjadi ciri budaya politik masyarakat Indonesia. Proses penjelasan pengetahuan dan peningkatan mutu E. Sosialisasi artinya…. MPR B. Memuaskan kepentingan pribadi tanpa mempertimbangkan kepentingan orang lain E. Dinas Pendidikan Kab. B. Kaula dan absolut D. Proses penjelasan pengetahuan serta nilai-nilai dan pandangan-pandangan tentang berbagai hal. Lembaga Negara yang anggotanya tidak dipilih melalui Pemilu adalah… A. Parokial-kaula dan partisipan B. Memberikan kesempatan bagi rakyat untuk berpartisipasi. Adat 17. masyarakat tidak buta politik. Presiden dan Wakil Presiden E.

D. Sila Kedua C. Sila Keempat E. Liberal E. dan 5).. John Locke E. Hak Asasi Manusia adalah hak yang dibawah sejak lahir yang secara kodrati melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat. Immaterial E. Sila Kedua C. Formal B. Dinas Pendidikan Kab. dan 3). Badu selalu menghina temannya yang berasal dari Daerah yang berbeda dengannya. Langsung C. Sila Kelima 23. A. dan 4). Frans Magnis Suseno C. A. A. 19. B. Sistem pemilihan dan ketentuan mayoritas 5. Hal ini dilakukannya karena dia ingin melestarikan tari Tor-Tor tersebut dan mengembangkannya sesuai dengan kemajuan jaman. Tingkat persamaan diantara warga Negara 3. Jan Materson B. Sila Ketiga D. Sistem perwakilan 4. A. 3).. Demokrasi yang titik beratnya pada usaha-usaha untuk menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi disebut demokrasi…. 2). Informal D. Sila Ketiga D.. 3). Pembatasan pemerintahan secara konstitusional Dari pernyataan diatas yang merupakan unsur-unsur kunci demokrasi menurut Lyman Tower Sargen adalah…. 4). Sila Kesatu B. dan 5). 4). Umar Seno Aji 22. Pancasila 20. Totaliter B.. Sikap Badu ini merupakan pelanggaran Hak asasi yang terkandung dalam Pancasila pada. C. Sila Kelima 24. Sila Keempat E. Seorang pelatih tari Tor-Tor memiliki hak untuk terus mengembangkan kreasi karyanya. Hal yang dimiliki pelatih tersebut tergolong dalam hak asasi yang terkandung dalam Pancasila pada…. 2). Modern D. Gabungan 21. 1). dan 5). Kekuasaan mayoritas 2. Material C. Pengadilan HAM diatur oleh….2015 4 . 2). Pandangan ini disampaikan oleh…. A.. Sila Pertama B.Banyuasin US 2014 . 1). Demokrasi yang membatasi kebebasan individu sedangkan Negara berperan sangat aktif dan mengambil seluruh kebijakan politik merupakan ciri demokrasi…… A. Koentjoro Poerbapranoto D. 1. 3). E.

Negara memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa B. Kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan E. Unilateral B. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 25. A. Setiap bangsa membutuhkan bantuan satu sama lain. A. Diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku D. Kasus Timor-Timur B. Kasus Tanjung Priok 27... A. 28. A. Ideologi D. Bilateral C. Dihukum mati agar tidak mengulangi perbuatannya C. Diserahkan kepada lembaga internasional agar dihukum B. Memerlukan bantuan modal untuk pembangunan 31. Menciptakan perundang-undangan HAM semakin lengkap B. E. A. Kasus Kerusuhan Mei 1998 C. Berikut in merupakan upaya pemerintah dalam memajukan dan menegakkan HAM adalah…. Dijatuhi hukuman berat oleh pengadilan E. Poitik B. Dibiarkan saja. Pembentukkan Lembaga-Lembaga Pemantau dan Pengawas Pelaksanaan HAM C. A.. Internasional E. A.. Negara lain akan selalu membantu kita berperang C. Sosial Budaya E. Pembentukkan Lembaga Peradilan HAM D. Sesuai dengan jiwa dan semangat ideology suatu bangsa B. Asas hubungan internasional yang berdasarkan paada wewenang Negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat disebut asas. Pertahan Keamanan 29. Kebebasan untuk memilih agama sesuai dengan keyakinannya.. Prinsip dasar pemikiran tentang HAM didalam Pembukaan UUD 1945 adalah. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 B.Banyuasin US 2014 . para pelanggar HAM itu sebaiknya…. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 E. A. Dinas Pendidikan Kab. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 C. Ekonomi C. Pelaksanaan Pendidikan HAM kepada masyarakat melalui pendidikan keluarga. Kasus Tri Sakti D. Menarik simpati Negara-negara besar D. Agar pelanggaran HAM dapat dikurangi atau dicegah. Kasus Tawuran Pelajar E.2015 5 . E. Setiap warga negara harus mendapatkan perlakuan yang sama dalam bidang hukum C. Yang bukan contoh Kasus Pelanggaran HAM berat di Indonesia adalah…. Regional 32. Kesempatan yang sama diberikan kepada setiap orang untuk berusaha D.. 30. sekolah dan masyarakat. Trilateral D. Hubungan internasional yang dilakukan oleh Negara-negara dikawasan tertentu dan tujuannya untuk kepentingan Negara-negara itu disebut kerjasama…. Pentingnya hubungan internasional bagi bangsa-bangsa didunia adalah….. Semua benar 26. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 D. Hak untuk memperoleh pendidikan termasuk hak asasi bidang….

Kuasa Usaha 37. Kepentingan umum E. Atase E. Terjadinya Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan kehendak .Banyuasin US 2014 . Envoy E. Seseorang yang menjabat Atase Pertahanan yang diperbantukan Kementerian Luar Negeri dan ditempatkan di Kedutaan Besar yang bersangkutan adalah…. Menteri Pertahanan dan Keamanan E. Parlemen B. . Perwira Militer C. Duta C. . DPR dan MPR D. Tenaga ahli yang ikut tinggal dalam Kedutaan disebut…. Menteri Residen D. Duta Besar Berkuasa Penuh B. Menteri Sosial D. A. Menteri Hukum 36. Ekstra-Teritorial D. A. Teritorial C. Kuasa Usaha D. Pangdam Jaya 38. Pemerintah C. Sedangkan prosedur maupun teknis pelaksanaannya diatur oleh… A. A.. Kepentingan kelompok 33. Duta C. Menhankam E.. . Perwakilan Diplomatik yang mengurus urusan Negara dan pada dasarnya tidak berhak mengadakan pertemuan dengan Kepala Negara dimana dia bertugas disebut…. Piagam 34. A. Konvensi D. Suatu perjanjian atau persetujuan antar dua Negara atau lebih yang mempunya akibat hukum disebut… A. Menteri Luar Negeri C.2015 6 . A. Perwira Polisi B. Kaum terpelajar Dinas Pendidikan Kab. Ratifikasi hukum internasional yang banyak diterapkan oleh berbagai Negara adalah ratifikasi yang dilakukan oleh….Menteri Dalam Negeri B. Kekuasaan Presiden untuk mengangkat dan menerima Duta dari Negara lain ada dalam kedudukannya sebagai Kepala Negara. Duta Besar 39. A. Pemerintah dan DPR 35. Anggota BIN D. Traktat B. Legislatif E. Protokol E. Kebangsaan B. Agreement C. Atase B.

Parlementer C. Demokrasi terpimpin D. B. . . . A. Pemimpin bangsa Indonesia E. . MPR dan DPR B. A. . Kekuasaan eksekutif di Indonesia berada ditangan . Monarki C. Menentukan rumusan Pancasila C. Mempunyai kekuasaan tidak terbatas 46. Pasal 5 UUD 1945 B. . Membahas bentuk Negara dan merumuskan dasar Negara Indonesia B. Tidak dapat diganggu gugat B. Sitem pemerintahan yang digunakan pada masa berlakunya Konstitusi RIS adalah . Bagian Belanda 43. . Pasal 1 ayat 1 setelah amandeman UUD 1945 C. . . Seluruh bangsa Indonesia 40. . Pasal 8 UUD 1945 D. Presiden. Pasal 6 UUD 1945 C. A. Presiden. Presiden. Dalam Negara Indonesia yang menganut sistem pemerintahan presidensiil. .2015 7 . Berdaulat E. Pasal 10 UUD 1945 E. Merdeka D. Menentukan presiden dan wakil presiden E. MPR dan Mahkamah Agung E. . . Pasal 1 ayat 2 sebelum amandeman UUD 1945 D. Presden. . . Pasal 1 ayat 2 setelah amandeman UUD 1945 E.Habibie sebagai presiden Republik Indonesia hal itu didasarkan pada . . yaitu . A. Referendum E. A. Pasal 11 UUD 1945 42.J.Banyuasin US 2014 . Tidak dapat diberhentikan oleh siapapun E. Golongan pergerakan nasional C. Pasal 1 ayat 3 setelah amandeman UUD 1945 44. wakil presiden dan para menteri D. Tujuan sidang BPUKI tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 adalah . Kelompok tertentu D. Mempunyai kekuasaan tertinggi dalam Negara C. Masa Reformasi dimulai saat presiden Suharto menunjuk wakil presiden penunjukan wakil presdien B. . Federal 45. Sebagai kepala Negara sekaligus kepala pemerintahan D. A. . Membahas lambangh Negara D. Mahkamah Agung dan Makamah Konstitusi Dinas Pendidikan Kab. Presidensiil B. . . . . A. Serikat B. Berdasarkan perjanjian Konferensi Meja Bundar maka sejak 27 Desember 1949. MPR yang terdiri dari DPR dan DPD C. “Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang” adalah bunyi dari UUD 1945 pasal . Menentukan tanggal proklamasi kemerdekaan 41. Pasal 1 ayat 1 sebelum amandeman UUD 1945 B. NKRI berubah menjadi . presiden mempunyai kedudukan yang istimewa.

Dewan Perwakilan Rakyat C. 5 Juli 1959 s.2015 8 . 17 Agustus 1950 s. Memperlancar roda pemerintahan sampai ke daerah-daerah ----------------------------. 14 November 1945 B. A. Presiden Republik Indonesia dalam mengangkat pejabat Negara perlu pertimbangan dan atau persetujuan dari . A. pertanggunganjawaban menteri ditujukan kepada . . Wakil presiden E. Pemerintah pusat tidak mempunyai wewenang di daerah C. BPK C. Para menteri 50. baik pusat dan daerah D. . 17 Agustus 1950 D. . MPR B. . bentuk kabinetnya pun menyesuaikan menjadi berbentuk parlementer. Memberikan wewenang pemerintahan. Pada saat berlakunya sistem pemerintahan parlemneter. Pemerintah di daerah melaksanakan otonomi daerah B. A. . . Kewenangan pemerintah daerah masih berada pada kepala daerah E. . . 27 Desember 1945 s.d. A. 27 Desember 1945 C.d.d.47. Dengan demikian. . bentuk Negara dan didtem pemerinmtahan Negara seperti dalam pernyataan di atas pernah berlaku di Indonesia pada kurun waktu . . 11 Maret 1966 48.d. Perdana Menteri 49. Badan konstituante E. . “Bentuk Negara adalah Kesatuan sedang sistem pemerintahan yang diterapkan adalah Palementer” Dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia. Hakikat asas desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah adalah . DPR D. . Presiden D. 17 Agustus 1945 s. Presiden dan DPR B.Semoga Sukses ---------------------------- Dinas Pendidikan Kab.Banyuasin US 2014 . 5 Juli 1959 E.d. 17 Agustus 1945 s.