PROPOSAL PRAKTIK KOMUNITAS DI DUSUN KAYEHAN

,
DESA DAWAN KALER, KECAMATAN DAWAN, KABUPATEN
KLUNGKUNG
TAHUN 2017

OLEH :
MAHASISWA PRODI D-IV KEPERAWATAN,
TINGKAT III, SEMESTER VI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLTEKKES KEMENKES DENPASAR
JURUSAN KEPERAWATAN
2017

diantaranya adalah yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan. dimana yang menjadi dasarnya adalah interaksi yang lebih besar dari anggota anggotanya. pemeliharaan dan rehabilitasi. Fax : (0361) 724563 PROPOSAL PRAKTIK KOMUNITAS DI DUSUN KAYEHAN. Tingginya derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan tetapi juga sangat bergantung terhadap peran serta masyarakatnya. Untuk meningkatkan derajat kesehatan perlu adanya pemberdayaan masyarakat yang di fasilitasi oleh petugas kesehatan khususnya . Masyarakat yang aktif dan tanggap terhadap kesehatan dan lingkungan sekitar akan membantu terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Untuk itu di perlukan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi ditengah tengah masyarakat dalam rangka mengembangkan potensi yang ada untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. KECAMATAN DAWAN. KEMENTRIAN KESEHATAN RI POLITEKNIK KESEHATAN DENPASAR JURUSAN KEPERAWATAN B A A K Alamat : Jl. dibandingkan dengan penduduk di luar batas wilayahnya. Masalah kesehatan masyarakat dapat bermula dari perilaku individu.Moyo No 33 A Pedungan. Praktik keperawatan komunitas adalah suatu pelayanan keperawatan profesional yang di tujukan kepada masyarakat dengan penekanan pada kelompok risiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal melaui peningkatan pelayanan kesehatan. pencegahan penyakit. KABUPATEN KLUNGKUNG TAHUN 2017 A. keluarga ataupun prilaku prilaku kelompok masyarakat dalam banyak hal. DESA DAWAN KALER. LATAR BELAKANG Masyarakat atau komunitas adalah merujuk pada bagian masyarakat yang bertempat tinggal di suatu wilayah (dalam arti geografi) dengan batas batas tertentu. Denpasar Selatan D T A I S H U Telp : (0361) 725273. P.

2. Penyakit paru obstruksi kronis (PPOK) c. Kegawatdaruratan : a. Kanker d. dan TB Paru) b. dan kabupaten/kota. serta keterlibatan sektor terkait di tingkat kecamatan dan desa. pneumonia. DM e. Minum minuman keras d. Kebiasaan : a. Asma b. Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelanayan secara menyeluruh dan terpadu terhadap masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan primer yang sering di kunjungi oleh masyarakat dari berbagai lapisan. Melalui udara (infeksi saluran pernapasan akut/ISPA. Munculnya penyakit akibat kebiasaan merokok b. Kesehatan lingkungan Adanya genangan air yang dapat membuat penyakit DB (Deman Berdarah). diare) c. Melalui makanan/air dan lainnya (Hepatitis. propinsi. (Depkes RI. Seks bebas 5. Mengkonsumsi narkoba c.petugas kesehatan dari puskesmas. Stroke g. Cikungunya dan adanya sampah yang masih berserakan serta masih banyaknya tempat sampah terbuka. Penyakit menular : a. Melalui vektor (Malaria) 3. Kurangnya informasi dan sosialisasi mengenai masyarakat siaga bencana . Indikator yang dihasilkan antaralain mengenai masalah kesehatan yang umum terjadi pada lingkungan masyarakat seperti : 1. 2007) Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013) merupakan riset kedua yang mengumpulkan data dasar dan indikator kesehatan setelah tahun 2007 yang mempresentasikan gambaran wilayah nasional. Penyakit tidak menular : a. Reumatik (Osteoatritis) 4. Hipertensi f.

Pada profil kesehatan provinsi Bali ini. khususnya bagi masyarakat miskin. derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Bali digambarkan melalui Angka Mortalitas. Masalah kesehatan pada lansia akibat belum optimalnya posyandu lansia Di Indonesia. melainkan juga dipengaruhi faktor ekonomi. pendidikan. dan rata-rata dunia (178) (WHO. Kabupaten Klungkung merupakan salah . Tingginya angka kelaparan dan kekurangan gizi. Tingginya prevalensi BBLR umumnya akibat dari kekurangan gizi pada ibu hamil.5). Angka Kesakitan beberapa penyakit. terdiri atas Angka Kematian Neonatal (AKN). lingkungan sosial. Angka Morbiditas. b. (WHO GTB 2016). keturunan dan faktor lainnya. Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh banyak faktor. 7. Meskipun perbaikan umum dalam ketersediaan pangan.000 penduduk) adalah 289 lebih tinggi dari rata-rata regional (278). Masalah kesehatan pada tumbuh kembang anak. dengan lebih dari setengah juta kasus baru diperkirakan terjadi setiap tahun (WHO GTB 2016). Prevalensi bayi BBLR (berat badan lahir rendah) di Indonesia adalah dalam kisaran 7-14%. Prevalensi Tuberkulosis (per 100. Angka Kematian Balita (AKABA). Angka Kematian Bayi (AKB). kelaparan dan kekurangan gizi yang ada di hampir setiap kabupaten di Indonesia. Penilaian terhadap derajat kesehatan dapat menggunakan beberapa indikator yang mencerminkan kondisi mortalitas (kematian) dan morbiditas (kesakitan). dan 40% dari ibu hamil menderita anemia. dan Angka Kematian Ibu (AKI). Hal ini berada pada kisaran 12 sampai 22% wanita berusia 15-49 menderita kekurangan energi kronis (BMI <18. Saat ini. bahkan mencapai 16% di beberapa Kabupaten. Kurangnya informasi dan sosialisasi pada masyarakat untuk melakukan pertolongan kegawatdaruratan 6. kesehatan dan pelayanan sosial. Faktor-faktor tersebut tidak hanya berasal dari sektor kesehatan seperti pelayanan kesehatan dan ketersediaan sarana dan prasarana. sekitar setengah dari populasi masyarakat masih kekurangan zat besi dan beresiko gangguan kekurangan yodium. 2016). masalah ini masih tetap menjadi masalah yang paling mengerikan yang dihadapi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hampir 250 orang meninggal tuberkulosis (TB) setiap hari. Malaria masih menjadi penyakit vector-borne besar di sebagian besar Indonesia. penyakit menular merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas.

Kabupaten Klungkung. . Tujuan Khusus a.) b. Tujuan Umum Meningkatkan kemandirian dan hidup sehat masyarakat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terdapat di wilayah Dusun Kayehan. gastritis (4%). TUJUAN 1. Kabupaten Klungkung. Kecamatan Dawan. asma (4%) dan terdapat ibu hamil sebanyak 3 orang. Kecamatan Dawan. Desa Dawan Kaler. Dari beberapa masalah yang marak terjadi beberapa tahun terakhir ini. untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut adapun hal yang perlu dilakukan yaitu salah satunya dengan melakukan praktik keperawatan komunitas. Melakukan pembersihan lingkungan seperti gotong royong serta melalukan 3M+1 (menutup. ISPA (3%). mengubur ditambah dengan menaburkan obat abate pada bak mandi dsb. Desa Dawan Kaler. malaise (5%). hipertensi (10%). satu kabupaten yang ada di Provinsi Bali. pneumonia (2%). Data yang diperoleh di Dusun Kayehan. V. Melakukan musyawarah dengan masyarakat untuk menemukan masalah kesehatan yang muncul dan untuk mendiskusikan pemecahan masalah dari masalah-masalah yang ditemukan di Dusun Kayehan. 2.App (1%). yang bertujuan untuk memandirikan masyarakat melalui cara memberdayakan kemampuan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatannya. Kabupaten Klungkung menunjukkan bahwa masyarakat di daerah tersebut masih mempunyai masalah pada derajat kesehatan. B. Maka dari itu. Kabupaten Klungkung sudah merancang dan melaksanakan kegitana kesehatan guna menaikkan derajat kesehatan salah satunya ada meningkatkan kegiatan LSS (Lomba Sekolah Sehat) dimana didalamnya berupa peningkatan UKS yang ada disetiap sekolah serta membentuk sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat yang dinamakan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” atau “GERMAS”. Desa Dawan Kaler. Kecamatan Dawan. dibuktikan bahwa dari total 224 KK terdapat beberapa masalah kesehatan yang muncul seperti faringitis (2%). anemia (3%). menguras.

Kabupaten Klungkung. Merencanakan program kesehatan yang akan dilaksanakan oleh masyarakat dan petugas kesehatan guna membantu memecahkan masalah yang ditentukan di masyarakan khususnya di bidang kesehatan. e. Kecamatan Dawan. Kecamatan Dawan. Desa Dawan Kaler. Melakukan penyuluhan kesehatan dengan mengundang narasumber dari instansi terkait dengan masalah kesehatan yang ada baik itu penyakit menular. METODE 1. Melakukan sosialisasi terkait dengan penanganan kegawatdaruratan pada masyarakat di wilayah Dusun Kayehan. Kecamatan Dawan. Desa Dawan Kaler. Desa Dawan Kaler. WAKTU DAN TEMPAT Pelaksanaan kegiatan praktik komunitas berlangsung selama 1 bulan yaitu pada tanggal. Kabupaten Klungkung. Pertemuan Tingkat Desa (PTD) Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dengan tokoh-tokoh kesehatan untuk membicarakan keadaan keseahtan masyarakat. f. penyakit tidak menular serta kebiasaan buruk yang dilakukan oleh masyarakat. Melaksanakan program yang telah direncakan oleh masyarakat bekerja sama dengan kader kesehatan yang ada dan petugas puskesmas yang bertanggung jawab di wilayah Dusun Kayehan. Kabupaten Klungkung. Survey Mawas Diri (SMD) Merupakan kegiatan pendataan keadaan kesehatan masyarakat secara langsung dengan menggunakan lembar observasi dan kuisioner. Desa Dawan Kaler. Kabupaten Klungkung. dan program kesehatan yang akan dilaksanakan di Banjar Dusun Kayehan. C. 6 Pebruari – 8 Maret 2017. Kecamatan Dawan. 2. Bertempat di Dusun Kayehan. d. g. 3. c. Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Kecamatan Dawan. serta lembar wawancara yang ditunjukan pada key person yang ada di Banjar Dusun Kayehan. Kabupaten Klungkung. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) . Desa Dawan Kaler. D.

berupa : 1) Penyuluhan Penyakit Menular (Hepatitis. Kecamatan Dawan. cikungunya. Kecamatan Dawan. Desa Dawan Kaler. Kabupaten Klungkung. Pelaksanaan Program Kesehatan Pelaksanaan program kesehatan yang akan dilakukan. Penyuluhan kesehatan dengan mendatangkan narasumber/pembicara dari instansi terkait masalah kesehatan yang ada. sek bebas. Skrining kesehatan. Stroke. b. Kabupaten Klungkung untuk mendiskusikan pemecahan masalah dari masalah-masalah yang ditentukan di masyarakat pada saat SMD dilakukan. Desa Dawan Kaler. ISPA. disaksikan oleh petugas kesehatan yang bertanggung jawab di Dusun Kayehan. kanker. KEGIATAN . Pneomunia. melakukan 3M+1. Evaluasi Hasil Program Kesehatan Merupakan kegiatan penutup untuk mengevaluasi program kesehatan yang telah dilaksanakan di Dusun Kayehan. disesuaikan dengan hasil diskusi dari kegiatan MMD yang telah dilakukan. Desa Dawan Kaler. minum minuman keras. Diare) 2) Penyuluhan Penyakit tidak menular (DB. Kabupaten Klungkung. PPOK. bahaya narkoba) 4) Penyuluhan tentang pertolongan pertama kegawatdaruratan. dengan mendatangkan tim medis yang ahli dalam bidang kesehatan. Merupakan suatu kegiatan musyawaran yang dilakukan oleh masyarakat serta perangkat desa. 4. d. Melaksanakan kegiatan gotong royong. Pembentukan dan pelatihan kader posyandu lansia dan BALITA. Malaria. Osteoatritis) 3) Penyuluhan tentang kebiasaan buruk masyarakat (merokok. DM. serta melakukan jalan sehat di lingkungan Dusun Kayehan. asma. Kecamatan Dawan. Ada beberapa program yang akan dirancangkan adalah sebagai berikut : a. E. c. skrining kesehatan tersebut berupa : 1) Cek tekanan darah 2) Cek gula darah 3) Cek asam urat 4) Cek kolesterol 5) Cek kesehatan mata 6) Cek kepadatan tulang 7) Tes kanker serviks (IVA/Pap Smear) 8) Terapi komplementer 5. TB Paru. Hipertensi.

Dawan 1 Kecamatan Dawan. Dosen Poltekkes Denpasar 2 7 PTD (Pertemuan Tingkat Desa) . Kepala UPT 2017 Puskesmas Dawan 1 .No Tanggal KEGIATAN Narasumber 1 4 Serah terima dari pihak Jurusan . Kepala Desa Pebruari Dawan Kaler . Klian Dinas dan Adat Banjar Kayehan . Klian Dinas dan Klungkung. Masyarakat di Banjar Kayehan . Kepala UPT 2017 Puskesmas Dawan 1 . Kepala Desa Pebruari Keperawatan Poltekkes Denpasar Dawan Kaler . Klian Dinas dan Adat Banjar Kayehan . Desa Dawan Kaler. Masyarakat Banjar Kayehan . Dosen Poltekkes Denpasar 3 9-12 Pelaksanaan SMD (Survey Mawas Masyarakat di Pebruari Diri) Banjar Kayehan 2017 4 15 Pelaksanaan MMD (Musyawarah . Adat Banjar Kayehan . Dosen Poltekkes . Kabupaten . Kepala Desa Pebruari Masyarakat Desa) Dawan Kaler . Kepala UPT 2017 kepada UPT Puskesmas Dawan 1 di Puskesmas Dusun Kayehan.

Diare) 7 2 Melaksanakan penyuluhan kesehatan Petugas UPT Maret tentang penyakit tidak menuar (DB.Kader Posyandu Maret posyandu lansia dan BALITA di Lansia . Kader Posyandu 2017 Dusun Kayehan. PPOK. Desa Dawan Kaler. . Desa Dawan Kaler. kanker. daerah Bali 9 3 Pembentukan dan pelatihan kader . ISPA. Pneumonia. Kecamatan Dawan. Kabupaten . Osteoatritis/Reumatik) 8 2 Melaksanakan penyuluhan kesehatan Akan mendatangkan Maret tentang bahaya mengonsumsi Kepala Badan 2017 narkoba. Masyarakat Banjar Maret melakukan 3M+1 serta melakukan Kayehan 2017 jalan sehat di lingkungan Dusun Kayehan. Denpasar 5 16 Pelaksanaan Intervensi dari hasil Panitia Pelaksana Pebruari diskusi yang dilaksanakan (DIV Keperawatan 2017 sebelumnya. 6 27 Melaksanakan penyuluhan kesehatan Petugas UPT Pebruari tentang penyakit menular (Hepatitis. merokok dan minum Narkotika Nasional minuman keras. Klian Adat dan Klungkung. berupa melakukan suatu Semester VI) tindakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di Dusun Kayehan. asma. BALITA Kecamatan Dawan. Malaria. Kabupaten Klungkung. Kecamatan Dawan. Puskesmas Dawan 1 2017 TB Paru. Desa Dawan Kaler. Dinas Banjar Kayehan 10 4 Melakukan kegiatan gotong royong. Puskesmas Dawan 1 2017 cikungunya. Hipertensi. DM. Stroke. Kabupaten Klungkung.

Cek tekanan darah Kepala Rumah 2. Cek asam urat 4. Klian Adat dan 6. . Cek kolesterol Gianyar 5. Cek gula darah Sakit Ganesha 3.Akan 2017 lansia. Kader Posyandu Lansia . Panitia Pelaksana (DIV Keperawatan Semester VI) 15 7 Evaluasi kegiatan yang telah Panitia Pelaksana Maret dilaksanakan Panitia Pelaksana (DIV (DIV Keperawatan 2017 Keperawatan Semester VI) di Dusun Semester VI) . Petugas UPT Puskesmas Dawan 1 . skrining berupa : mendatangkan 1.11 5 Melaksanakan penyuluhan kesehatan Bidan UPT Maret kanker serviks serta skrining tes Puskesmas Dawan 1 2017 Iva/Pap Smear 12 5 Melaksanakan penyuluhan kesehatan Akan mengundang Maret tentang bahaya seks bebas dan Kepala Dinas 2017 HIV/AIDS Kesehatan Kabupaten Klungkung 13 6 Melakukan penyuluhan kesehatan Panitia Pelaksana Maret mengenai pertolongan pertama (DIV Keperawatan 2017 kegawatdaruratan dan kebencanaan Semester VI) 14 7 Maret Melaksanakan kegiatan posyandu . Cek kesehatan mata . Cek kepadatan tulang Dinas Banjar 7. Dosen Keperawatan Poltekkes Denpasar . Terapi komplementer Kayehan Serta melaksanakan senam lansia.

Susunan panitia terlampir. Kabupaten Klungkung. Rancangan biaya terlampir. (Lampiran 3) .. Kecamatan Dawan. (Lampiran 1) G. Kayehan. PANITIA Panitia praktik komunitas 39 orang yang terdiri dari mahasiswa tingkat III Semester VI D IV Keperawatan. Klian Dinas dan Adat Banjar Kayehan . Kepala UPT 2017 serta UPT Puskesmas Dawan 1 Puskesmas Dawan 1 . (Lampiran 2) H. 16 8 Penutupan dan Penyerahan Kenang. Dosen Poltekkes Denpasar F. Desa Dawan Kaler. Kepala Desa Maret kenangan kepada Banjar Kayehan Dawan Kaler . PENGGOLONGAN FASILITAS BAGI SPONSOR Penggolongan fasilitas bagi sponsorship terlampir. RANCANGAN BIAYA Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Praktik Komunitas tingkat III Semester VI D IV Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Denpasar diperoleh dari kas kelas.

P07120214023 NIM. P07120214010 Contact Person : Yeni Yunitasari : 081237328380 Dwi Pratiwi : 085739036090 . Denpasar. 12 Januari 2017 Ketua Panitia Sekretaris Panitia Praktik Keperawatan Komunitas Praktik Keperawatan Komunitas I Gede Suyadnya Putra Putu Epriliani NIM.