You are on page 1of 10

-1

-

PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA
RUMAH SAKIT UMUM NEGARA
Jalan Wijaya Kusuma No. 17 Negara
Tel p . ( 0 3 6 5 ) 4 1 0 0 6 , 4 2 8 2 1 F AX ( 6 2 3 6 5 ) 4 1 0 0 6
E-Mail rsunegarabali@yaho.com

PERATURAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM NEGARA

NOMOR 90 TAHUN 2016

TENTANG

TARIF PELAYANAN CT. SCAN

RUMAH SAKIT UMUM NEGARA KABUPATEN JEMBRANA

Menimbang : a. bahwa sesuai perkembangan teknologi, Rumah Sakit Umum

Negara mengembangkan jenis pelayanan yang belum tersedia

selama ini yaitu pelayanan CT. Scan;

b. bahwa sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten

Jembrana Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa

umum dalam pasal 8 ayat (6) dinyatakan Tarif pengembangan

pelayanan pemeriksaan kesehatan yang belum tercantum

pada Perda dimaksud, diatur oleh Peraturan Direktur ;

c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud

dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan

Direktur tentang Tarif Pelayanan CT. Scan ;

Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 tentang Pembentukan

Daerah-daerah Tingkat II dalam Wilayah Daerah-daerah

Tingkat I Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur

(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1958 Nomor

122, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor

1655);

Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244........ 5. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587 ) sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang- undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 24. 3.. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82. 4.. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5234).. Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 48. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5657). .. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 153. 2... Undang-Undang. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5072). 6. -2- 2...

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah. 12. Peraturan Pemerintah.. Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa umum (Lembaran Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 13 Tahun 2011).... -3- Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4502). 10. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140.. Peraturan Bupati Jembrana Nomor 1344 Tahun 2011 tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Negara Kabupaten Jembrana sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) penuh. . 7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. 9.. Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 15 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Jembrana (Lembaran Daerah Kabupaten Jembrana Tahun 2011 Nomor 13 ).. 7. 11.. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578).. 8.

... -4- MEMUTUSKAN : Menetapkan : PERATURAN DIREKTUR TENTANG TARIF PELAYANAN CT... 3. 7. Dinas Kesehatan yang selanjutnya disebut Dikes adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana... Bupati adalah Bupati Jembrana. 6.. Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Negara Kabupaten Jembrana yang selanjutnya disingkat BLUD RSU Negara adalah Rumah Sakit Umum milik Pemerintah Kabupaten Jembrana.. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang selanjutnya disingkat DPRD adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jembrana. Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efektif dan efesien. 5.. Daerah adalah Kabupaten Jembrana. BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam Peraturan Direktur ini yang dimaksud dengan : 1.. . SCAN RUMAH SAKIT UMUM NEGARA KABUPATEN JEMBRANA. Peraturan Direktur adalah Peraturan Rumah Sakit Umum Negara Kabupaten Jembrana. 2. 4.. BAB I.

11. Pelayanan Rawat……… 12. pengobatan. baik pelayanan secara langsung maupun tidak langsung. 14. dokter gigi dan dokter asisten ahli. diagnosis. Pelayanan Rawat Inap spesialis adalah pelayanan yang dilaksanakan di rawat inap dengan visite dokter spesialis. Pelayanan Rawat Jalan Medik spesialis adalah pelayanan rawat jalan di poliklinik ditangani oleh dokter spesialis yang bertugas saat itu. Pelayanan Rawat Jalan adalah pelayanan kepada pasien untuk observasi. 16. diagnosis. 10. Hari Rawat adalah lamanya pasien dirawat dengan perhitungan tanggal keluar dikurangi tanggal masuk. Instalasi pelayanan kesehatan di BLUD RSU Negara adalah unit-unit usaha strategik Rumah Sakit yang merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan Rawat Jalan Paramedik adalah pelayanan rawat jalan yang dilaksanakan di poliklinik yang ditangani oleh Paramedis yang ditugaskan. pengobatan atau pelayanan lainnya. 18. Pelayanan Rawat Inap umum adalah pelayanan yang dilaksanakan di rawat inap dengan visite dokter umum. rehabilitasi medik atau pelayanan kesehatan lainnya dengan menempati tempat tidur di ruang rawat inap. 9. pengobatan. Pelayanan Rawat Jalan medik umum adalah pelayanan rawat jalan yang dilaksanakan di poliklinik yang ditangani oleh dokter umum. dokter gigi dan dokter asisten ahli. Akomodasi Rawat Inap adalah jasa sarana beserta jasa pelayanan termasuk makanan dan minuman pasien. Pelayanan Kesehatan adalah segala kegiatan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada seseorang dalam rangka observasi. . rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa perlu dirawat di ruangan rawat inap. diagnosis. 13. -5- 8. 15. 12. 17. Pelayanan Rawat Inap adalah pelayanan kepada pasien untuk observasi.

rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lain dan menempati tempat tidur kurang dari satu hari dan lebih dari enam jam. 22. konsultasi gizi dan lain-lain. . Tindakan CT Scan……… 23. perawatan. Pelayanan Rawat Sehari (One Day Care) adalah pelayanan kepada pasien untuk observasi. radiologi diagnostik. 20. patologi anatomi. 21. bedah jenazah dan pelayanan lainnya terhadap jenazah. Pelayanan konsultasi/tindakan khusus adalah pelayanan yang diberikan dalam bentuk konsultasi/tindakan khusus seperti konsultasi dan tindakan psikologis. 26. Scan adalah tindakan penunjang diagnostik dengan tujuan untuk menegakkan diagnosa. Tindakan CT. 23. diagnosis. elektromedik diagnostik. Pelayanan Penunjang Logistik adalah pelayanan untuk mendukung pelayanan medik dari segi logistik yang terdiri dari pelayanan farmasi dan pelayanan gizi serta pelayanan logistik lainnya. konservasi (pengawetan) jenazah. Pelayanan penunjang diagnostik adalah pelayanan untuk penegakan diagnosis yang antara lain berupa pelayanan patologi klinik. endoscopy dan tindakan/pemeriksaan penunjang diagnostik lainnya. Pelayanan Rawat Darurat adalah pelayanan kesehatan tingkat lanjutan yang ditujukan untuk kasus-kasus gawat darurat yang harus diberikan penanganan secepatnya untuk mencegah/ menanggulangi risiko kematian atau kecacatan. mikrobiologi. 25. 24. pengobatan. Pelayanan Jenazah adalah pelayanan yang diberikan untuk penyimpanan jenazah. konsultasi dan tindakan psikiatri. -6- 19. Pelayanan Ambulance (Ambulance Service) adalah pelayanan mobilisasi terhadap kegawat-daruratan termasuk evakuasi medik dan atau pelayanan rujukan pasien dari tempat tinggal pasien ke rumah sakit dan atau pelayanan rujukan pasien dari rumah sakit ke rumah sakit yang lebih mampu.

pengobatan dan rehabilitasi. dokter asisten ahli. fasilitas. 31. konsultasi. dokter umum. alat kesehatan. dimana komponen tarif administrasi. 28. 32. -7- 27. pengobatan. tenaga administrasi dan tenaga kesehatan lainnya kepada pasien dalam rangka tindakan keperawatan. bahan medis habis pakai. psikolog dan tenaga medis lainnya secara langsung kepada pasien dalam rangka melakukan observasi. tindakan/manover/perasat. Jasa Pelayanan adalah imbalan atas pelayanan yang diberikan oleh tenaga-tenaga keperawatan. Pola tarif adalah pedoman dasar dalam pengaturan dan perhitungan besaran tarif pelayanan kesehatan. dokter asisten operator. diagnosis. 30. Jasa pelayanan. jasa pelayanan dan jasa medik atas pelayanan kesehatan yang diterima di Rumah Sakit. Jasa Medik adalah imbalan atas jasa yang diberikan oleh dokter spesialis. diagnosis. bahan non-medis habis pakai dan bahan lainnya yang digunakan langsung maupun tak langsung dalam rangka observasi. Jasa sarana. 33. Tarif Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit adalah pembayaran biaya administrasi. Jasa Medik…………. rehabilitasi medik dan atau pelayanan lainnya. Jasa medik cito adalah imbalan atas jasa yang diberikan oleh dokter spesialis secara langsung kepada pasien di luar jam kerja atau hari libur . 29. Tarif Tindakan Medik paket adalah Pembayaran atas Tindakan terencana yang dilakukan di Rumah Sakit. dengan kata lain tarif pelayanan kesehatan adalah sebagian atau seluruh biaya penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan yang dibebankan kepada masyarakat sebagai imbalan atas jasa pelayanan yang diterimanya. administrasi dan atau pelayanan lainnya. Jasa medik dan Obat-obatan digabungkan menjadi satu dari pasien masuk sampai pasien pulang. 32. jasa sarana. dokter gigi. visite. Jasa Sarana adalah imbalan yang diterima oleh rumah sakit atas pemakaian sarana.

Obat-obatan adalah barang farmasi berupa sediaan yang dapat disuntikkan. diatur pada Peraturan Direktur RSU Negara seperti : Pelayanan CT. 35. BAB III PRINSIP DAN SASARAN DALAM PENETAPAN TARIF Pasal 3 . -8- dalam rangka observasi. pengobatan. Jasa Asuhan Keperawatan adalah imbalan atas pelayanan yang diberikan oleh tenaga-tenaga keperawatan kepada pasien dalam rangka asuhan keperawatan 37. tindakan. visite. BAB III……………. konsultasi. 36. Jasa Pelayanan dan Jasa Medis Spesialis. Jasa Medik Anastesi adalah imbalan atas jasa pelayanan yang diberikan oleh spesialis anesthesia atau dokter asisten ahli kepada pasien dalam rangka pemberian pembiusan. reagensia. dioleskan. rehabilitasi medik dan atau pelayanan lainnya. Scan. rehabilitasi dan pelayanan kesehatan lainnya. diagnosis. diagnosis. (2) Tarif Pelayanan Kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi komponen Jasa Sarana. dihisap atau diminumkan yang dikonsumsi secara langsung oleh pasien dalam proses pengobatannya. bahan laboratorium. dan bahan habis pakai lainnya yang digunakan dalam rangka observasi. Bahan Medis Habis Pakai adalah bahan kimia. Jasa Medik tak langsung adalah imbalan yang diberikan kepada dokter spesialis atas konsultasi dan advis yang diberikan melalui telepon/faximile. 38. tindakan. 34. bahan radiology. BAB II JENIS PELAYANAN YANG DIKENAKAN TARIF Pasal 2 (1) Jenis pelayanan kesehatan pada RSU Negara Kabupaten Jembrana yang belum tercantum pada Perda Tarif.

(3) Tarif pelayanan kesehatan yang dikenakan kepada pasien diperhitungkan atas dasar jenis pelayanan yang diberikan. BAB IV STRUKTUR DAN BESARAN TARIF PELAYANAN CT. Jasa sarana. dimaksudkan untuk menutup biaya penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan tidak bertujuan untuk mencari laba serta ditetapkan berdasarkan azas gotong-royong.000 100. (2) Tarif pelayanan kesehatan diperhitungkan atas dasar real unit cost di RSU Negara dengan memperhatikan kemampuan sosial ekonomi masyarakat dan perbandingan tarif rumah sakit lainnya yang setara.000 70. .000 100.000 570.000 80..000 100. dan c. An Anastesi Anastesi Anastesi Rp.000 70. Jasa No Scan Sarana Penata Tanpa Dengan Radiografer Sp.000 740. Jasa medik. Rad Sp.000 80. kelas (tempat) perawatan dimana pasien diberikan pelayanan serta kehadiran jenis dan kompetensi petugas medik.000 570. 1 Kepala 400.000 80..000 960.000 770.. b.. Rp.000 100.000 3 Thorak Abdomen 580.000 100.000 (3) Rincian besaran.000 770.000 80.000 570.000 70.000 70.000 740.000 2 Cervical 400.000 100..000 110.000 740. SCAN meliputi : a.000 110. -9- (1) Prinsip dan sasaran dalam penetapan struktur dan besarnya tarif pelayanan kesehatan. SCAN Pasal 4 (1) Komponen Tarif Pelayanan CT.000 110.000 70.. Rp. Jasa pelayanan. adil dengan mengutamakan kepentingan masyarakat.000 70. (2) Rincian besaran tariff CT Scan tanpa bahan kontras adalah sebagai berikut : Jasa Pelayanan Jasa Medik Spesialis Tarif Jenis Tindakan CT. Rp.000 4 Musculo-skeletal 400.000 110.000 5 Spine Th-L-S 580.000 960.

000 1.000 110.000 4 Musculo-skeletal 500. Rp.000 100.000 1.000 750.000 110.000 110.000 150.000 175.000 1. Rp. -10- (3) Rincian besaran tariff CT Scan dengan bahan kontras adalah sebagai berikut : Jasa Pelayanan Jasa Medik Spesialis Tarif Jenis Tindakan Jasa No CT.000 885.000 750.000 150. An Anastesi Anastesi Anastesi Rp.000 100. Scan Sarana Penata Tanpa Dengan Radiografer Sp.000 150.000 1.000 750.000.000 3 Thorak Abdomen 600.000 100.000 (4) Pola tariff didalam jam kerja dan di luar jam kerja mengikuti Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum (5) Jika memerlukan Pelayanan Anastesi maka Bahan Habis Pakai dan Obat Anastesi dibayar terpisah di luar tariff yang berlaku BAB V KETENTUAN PENUTUP Pasal 5 Peraturan Direktur ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.000. Made Dwipayana.000 2 Cervical 500.000 175. digunakan sebagai pedoman.000 5 Spine Th-L-S 600.000 885.000 1. Rp.000. Agar setiap orang mengetahuinya.000 100.000 175. 1 Kepala 500.170.000 175.000 100. Ditetapkan di Negara Pada tanggal 1 April 2016 dr.000 150.000 150.000 100.000 110.000 150.170. MPPM NIP : 19650118 199003 1 007 . Rad Sp.