You are on page 1of 15

>> PTC ( Positive Temperature Coefisient

)
PTC biasanya digunakan untuk sensor temperature. PTC berfungsi sebagai tahanan atau resistansi (resistor) dimana
nilai/ besar tahanannya berubah sesuai perubahan suhu. Disebut positif, karena nilai tahanannya akan naik jika
temperatur naik, dan turun jika temperatur turun.

Prinsip Kerja PTC :
• The PTC-elemen pemanas sensitif mengatur kekuatan sesuai dengan temperatur yang diperlukan. Para input daya
tergantung pada output yang diminta panas.
• Karena Perlawanan khusus suhu-karakteristik, ada suhu ada tambahan peraturan atau perangkat keselamatan
diperlukan sementara mencapai tinggi tingkat daya panas ketika menggunakan area resistansi rendah

>> NTC ( Negative Temperature Coefisient )
NTC memiliki karakteristik kebalikan PTC, tahanan NTC akan turun jika temperature naik dan sebaliknya.Bagaimana
NTC/PTC bisa berfungsi sebagai sensor? Dari nilai tahanannya. Biasanya aplikasinya dengan mengidentifikasikan
arus yang mengalir melalui PTC. Jika PTC diberi tegangan, maka akan mengalir arus. Jadi, besarnya arus ini akan
berubah2 sesuai perubahan tahanan PTC. Arus ini kemudian diukur sebagai identifikasi perubahan temperatur.
Satuan dari PTC dan NTC sendiri adalah Kelvin (K).

Prinsip Kerja NTC
• Resistansi NTC thermis - diterima oleh seluruh partisipan berkurang secara proporsional dengan peningkatan suhu.
• Resistansi-temperatur thermistorhubungan dapat diperkirakan oleh,
karakteristik

Berikut ini bentuk dari NTC :

// Source : http://electro-bee.blogspot.com/2013/02/pengertian-resistor-dan-jenis-jenis.html#projectbee3JI0KW3Gw

maka . yaitu Thermistor NTC (Negative Temperature Coefficient) dan Thermistor PTC (Positive Temperature Coefficient). pada suhu 100°C akan menjadi 0. Jika digambarkan. Thermistor merupakan singkatan dari “Thermal Resistor” yang artinya adalah Tahanan (Resistor) yang berkaitan dengan Panas (Thermal).976kΩ dan pada suhu 125°C akan menurun menjadi 0. Nilai Resistansi Thermistor NTC akan turun jika suhu di sekitar Thermistor NTC tersebut tinggi (berbanding terbalik / Negatif).388kΩ. NXFT15XH103). semakin tinggi pula nilai resistansinya (berbanding lurus / Positif) Berikut ini adalah Simbol dan Gambar Komponen Thermistor PTC dan NTC : Contoh perubahaan Nilai Resistansi Thermistor NTC saat terjadinya perubahan suhu disekitarnya (dikutip dari Data Sheet salah satu Produsen Thermistor MURATA Part No. Sedangkan untuk Thermistor PTC.532kΩ. Thermistor terdiri dari 2 jenis. Thermistor NTC tersebut bernilai 10kΩ pada suhu ruangan (25°C). tetapi akan berubah seiring perubahan suhu disekitarnya.Thermistor adalah salah satu jenis Resistoryang nilai resistansi atau nilai hambatannya dipengaruhi oleh Suhu (Temperature). Pada -40°C nilai resistansinya akan menjadi 197. semakin tinggi suhu disekitarnya. saat kondisi suhu di 0°C nilai resistansi NTC akan menurun menjadi 27.445kΩ. Seperti namanya.

Sensor suhu di Engine (Mesin) mobil. Handphone. Atur Posisi Saklar Multimeter pada posisi Ohm (Ω) 2. karena akan merusak bungkusan Thermistor). sensor suhu pada Komputer dan lain sebagainya. 4. Sensor suhu untuk Kulkas. Karakteristik Thermistor NTC tersebut adalah seperti dibawah ini : Pada umumnya Thermistor NTC dan Thermistor PTC adalah Komponen Elektronikayang berfungsi sebagai sensor pada rangkaian Elektronika yang berhubungan dengan Suhu (Temperature). Dekatkan Mata Solder (Soldering Tip) yang panas ke Thermistor (pastikan jangan menyentuh Thermistor. nilai Resistansinya akan naik sebanding dengan suhu tinggi disekitarnya. Suhu operasional Thermistor berbeda- beda tergantung pada Produsen Thermistor itu sendiri. Perhatikan Display Multimeter. Cara Mengukur Thermistor PTC dan NTC Kita dapat menggunakan Multimeter Digital maupun Multimeter Analog untuk mengukur atau menguji apakah sebuah Thermistor NTC maupun PTC dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Sensor untuk memantau suhu Inkubator. Laptop) saat Charging. Berikut ini adalah cara untuk mengukur Thermistor NTC dan PTC dengan menggunakan Multimeter : Mengukur Thermistor PTC (Positive Temperature Coefficient) 1. . Beberapa aplikasi Thermistor NTC dan PTC di kehidupan kita sehari-hari antara lain sebagai pendeteksi Kebakaran. tetapi pada umumnya berkisar diantara -90°C sampai 130°C. Hubungkan Probe pada Kaki Thermistor (Thermistor tidak memiliki Polaritas) 3. Sensor untuk memonitor suhu Battery Pack (Kamera.

Hubungkan Probe pada Kaki Thermistor (Thermistor tidak memiliki Polaritas) 3. 4. Dekatkan Mata Solder (Soldering Tip) yang panas ke Thermistor (pastikan jangan menyentuh Thermistor. * Kita juga dapat menggunakan Hair Dryer atau pemanas lainnya untuk menaikkan suhu disekitar Thermistor. nilai Resistansi akan turun sebanding dengan suhu tinggi disekitarnya. Atur Posisi Saklar Multimeter pada posisi Ohm (Ω) 2. karena akan merusak bungkusan Thermistor). Perhatikan Display pada Multimeter. . Mengukur Thermistor NTC (Negative Temperature Coefficient) 1.

Nilai pada Multimeter selalu berada di posisi “Tak terhingga / infinity” saat diukur. http://www.produksielektronik. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. 2. hal ini artinya Thermistor tersebut “Open” atau “Putus”. * Kita juga dapat menggunakan Hair Dryer atau pemanas lainnya untuk menaikkan suhu disekitar Thermistor. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω(Omega). . Nilai pada Multimeter selalu berada di posisi “0” saat diukur. Nilai pada Multimeter tidak stabil atau menunjukan pada nilai tertentu tetapi tidak turun ataupun naik maka Thermistor tersebut juga dalam kondisi Rusak. hal ini artinya Thermistor tersebut “Short”. arus listrik dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan. 3. Thermistor dinyatakan Rusak atau tidak dapat berfungsi sebagai mestinya apabila saat pengukuran terjadi kondisi seperti dibawah ini : 1. Dengan resistor. Untuk lebih tepat dan jelas mengetahui karakteristik dari Thermistor kita dapat membaca data sheet yang disediakan oleh Produsennya dengan men-download data sheet tersebut dari situs produsennya.com/2013/10/fungsi-thermistor-ptc-ntc-serta-cara- mengukur-simbol-thermistor/ Resistor adalah komponen dasar elektronika yang selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena bisa ber-fungsi sebagai pengatur atau untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.

Menurunkan tegangan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rangkaian elektronika. Resistor Tetap (Fixed Resistor) Yaitu resistor yang nilainya tidak dapat berubah. NTC (Negative Temperature Coefficient). 3.Berfungsi sebagai pengatur volume (mengatur besar kecilnya arus). . Resistor Tidak Tetap (variable resistor) Yaitu resistor yang nilainya dapat berubah-ubah dengan jalan menggeser atau memutar toggle pada alat tersebut. 3. Jadi resistor ber-fungsi sebagai: 1. 2. Menahan sebagian arus listrik agar sesuai dengan kebutuhan suatu rangkaian elektronika. makin kecil arus listrik dan tegangan yang melaluinya. Dilihat dari fungsi-nya. Resistor adalah suatu komponen elektronika yang dapat menghambat arus listrik. yaitu resistor yang nilainya akan bertambah kecil bila terkena suhu panas. Berfungsi sebagai pembagi tegangan. Sedangkan PTC (Positive Temperature Coefficient). sehingga nilai resistor dapat kita tetapkan sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula kejadian ini dapat diterapkan dalam pelajaran elektronika.pengatur tinggi rendahnya nada (bass/treble) serta berfungsi sebagai pembagi tegangan arus dan tegangan. Resistor ini biasanya dibuat dari nikelin atau karbon. maka arus air dapat terhambat alirannya. Dengan memakai tahanan papan ini. yaitu resistor yang nilainya akan bertambah besar bila temperaturnya menjadi dingin. Membagi tegangan. Resistor NTC dan PTC.tone control pada sound system. 2. Makin besar papan yang dipergunakan untuk menahan arit parit. Bekerja sama dengan transistor dan kondensator dalam suatu rangkaian untuk membangkitkan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah. makin kecil air yang mengalir. resistor dapat dibagi menjadi : 1. jadi selalu tetap (konstan). Makin besar resistansi (tahanan). Fungsi resistor dapat digambarkan sebagai sekeping papan yang dipergunakan untuk menahan aliran air yang deras di selokan/parit kecil. mengatur atau membatasi arus pada suatu rangkaian serta memperbesar dan memperkecil tegangan. 4.

Resistor LDR LDR (Light Dependent Resistor) yaitu jenis resistor yang berubah hambatannya karena pengaruh cahaya.com/2010/04/resistor-kondensator-dioda. yaitu resistor tetap (fixed resistor) dan resistor variabel (variable resistor).2 watt.4. tegangan maksimum 300 volt . Resistor adalah komponen elektronik yang berfungsi menahan arus litrik. 5. memiliki nilai resistansi antara 0 (nol) ohm hingga 10x10-3 ohm. Bila terkena cahaya gelap nilai tahanannya semakin besar. tetapi jika hanya disebut resistor saja maka resistor yang dimaksud adalah resistor tetap (fixed resistor) atau biasa disebut juga dengan hambatan atau tahanan.1ohm . 6.10 giga ohm dengan toleransi ±2 .Resistor ohm rendah (low-ohmic resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari logam. tegangan maksimum 3 kilo volt . dengan arus maksimum 3 Ampre.Resistor ohm tinggi (high-ohmic resistor) adalah resistor yang memiliki nilai resistansi antara 1mega ohm . tersedia dalam daya 1 . tegangan maksimum 300 volt .6 watt. tegangan listrik dan resistor menurut hukum Ohm adalah : .2. sehingga jika suatu tegangan listrik dilewatkan pada resistor maka akan terjadi penurunan pada tegangan tersebut.info/fungsi-dan-jenis-jenis-resistor/ 4.blogspot. dan karena arus listrik berhubungan dengan tegangan listrik.Resistor nol ohm (zero-ohmic resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari logam. tersedia dalam daya 1 .20%. memiliki nilai resistansi antara 0.html Resistor Resistor secara umum dibagi menjadi dua jenis.2 ohm dengan toleransi ±5 . http://sudiav. http://rangkaianelektronika. Hubungan antara arus listrik. sedangkan bila terkena cahaya terang nilainya menjadi semakin kecil.20%.

2. memiliki nilai resistansi antara 0. tegangan maksimum 750 volt . memiliki nilai resistansi antara 1 ohm . memiliki nilai resistansi antara 1 ohm . tegangan maksimum 300 volt .10 giga ohm dengan toleransi ±2 . Resistor nol ohm (zero-ohmic resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari logam. tegangan maksimum 300 volt . Resistor ohm rendah (low-ohmic resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari logam. tegangan maksimum 300 volt . tersedia dalam daya 1 . tersedia dalam daya 1 . Resistor metaloxide (metaloxide film resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari logam oxida. Resistor lilitan kawat wadah keramik (ceramic wire-wound resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari lilitan kawat yang terbungkus dalam wadah dari bahan keramik dengan bentuk vertikal maupun horisontal.1ohm .5 . dengan arus maksimum 3 Ampre. 3. memiliki nilai resistansi antara 1ohm .56 kilo ohm dengan toleransi ±5 .20%.l : 1. Resistor karbon(carbon film resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari karbon. 6. tegangan maksimum 500 volt . tegangan maksimum 500 volt . tersedia dalam daya 0.6 watt. 2.20 watt. tersedia dalam daya 5 .2 ohm dengan toleransi ±5 .56 kilo ohm dengan toleransi ±5 . Macam-macam resistor Ada bermacam-macam resistor. memiliki nilai . besar-kecilnya nilai hambatan ditentukan oleh tebal dan panjangnya lintasan karbon.10 Mega ohm dengan toleransi ±5 .10%. Resistor daya (wire-wound power resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari lilitan kawat biasanya digunakan pada industri listrik.Dimana I dalam Ampere. 5. memiliki nilai resistansi antara 0. logam atau lilitan kawat tersebut.20%. Rumah resistor biasanya dibuat dari keramik / semen dimana bahan yang berfungsi sebagai hambatanya biasanya dari karbon.1 ohm .1 watt.6 watt. tersedia dalam daya 0.2 watt.1 watt. tetapi yang umum tersedia dipasaran a.1 Mega ohm dengan toleransi ±5 .10%. tegangan maksimum 3 kilo volt .20%. tersedia dalam daya 1 . Resistor lilitan kawat (wire-wound resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari lilitan kawat.10 Mega ohm dengan toleransi ±1-5%. 7. tegangan maksimum 1000 volt . Resistor metal film (metal film resistor) adalah resistor yang bahan resistansinya dari logam. 8. V dalam Volt dan R dalam Ohm. tersedia dalam daya 1 . memiliki nilai resistansi antara 0 (nol) ohm hingga 10x10-3 ohm.15 watt. logam atau lilitan kawat. Resistor ohm tinggi (high-ohmic resistor) adalah resistor yang memiliki nilai resistansi antara 1mega ohm .25 . 4. memiliki nilai resistansi antara 1ohm .10%. 9.

resistansi antara 1 ohm . Cara membaca yang lebih mudah adalah: pita pertama. kuning. 11. sehingga keduanya dihitung sebagai 47. Pita ketiga. sedangkan pita keempat. yang berarti menambahkan empat nol dibelakang angka 47. Resistor SMD Jaringan (surface mount device network resistor) adalah resistor yang cara memasangnya ditempelkan pada permukaan PCB tetapi dalam satu kemasan terdapat lebih dari satu resistor. kemasan resistor tersebut biasanya diwarnai dengan warna cokelat muda. Ini terdiri dari empat pita warna yang dicetak mengelilingi badan resistor. tegangan maksimum 2000 volt .1 Mega ohm dengan toleransi ±1 . cokelat. Resistor SMD (surface mount device resistor) adalah resistor yang cara memasangnya ditempelkan pada permukaan PCB. emas. meskipun tidak menutup kemungkinan digunakannya warna lain. kuning. mempunyai harga 7. Sedangkan resistor jenis lainya termasuk resistor pasang-permukaan atau resistor tempel (SMD) ditandai secara numerik jika cukup besar untuk dapat ditandai. memiliki nilai resistansi antara 0 ohm . tegangan maksimum 100 volt . Membaca nilai resistor empat pita Penandaan nilai resistor dengan menggunakan empat pita adalah skema kode warna yang paling sering digunakan. tersedia dalam daya 20 . memiliki nilai resistansi antara 0 ohm - 1 Mega ohm dengan toleransi ±1 . merupakan kode untuk toleransi ±5%.39 kilo ohm dengan toleransi ±5 .25 .20%. pita ketiga merupakan pengali (lebih mudahnya adalah merupakan jumlah nol yang ditambahkan setelah dua digit resistansi) dan pita keempat merupakan toleransi dari harga resistansi.10%. tegangan maksimum 100 volt . tetapi ini harus dibedakan dengan sistem lima warna sejati yang menggunakan tiga digit resistansi seperti yang diterapkan pada resistor presisi tinggi seperti jenis metaloxide-film resistor atau yang biasa disebut dengan resistor metal-film Sebagai contoh pembacaan nilai sebuah resistor yang memiliki pita warna : kuning-ungu- kuning-emas adalah bernilai . seperti merah tua atau abu-abu.20%. Resistor Jaringan (network resistor) adalah resistor yang dalam satu kemasan terdapat lebih dari satu resistor. Dua pita pertama merupakan informasi dua digit harga resistansi. mempunyai harga 4 dan pita kedua.100 watt. atau hijau. tetapi resistor SMD yang sekarang banyak digunakan terlalu kecil untuk dapat ditandai maka biasanya dibiarkan polos. 12. tegangan maksimum 100 volt . 10. Penandaan Resistor Resistor karbon atau metal-film dengan daya 0. memiliki nilai resistansi antara 0 ohm . Secara keseluruhan skema warna kuning-ungu- .1 Mega ohm dengan toleransi ±1 .3 watt biasanya menggunakan pita warna atau gelang warna sebagai penanda nilai resistansinya. biru. ungu. mempunyai harga 10 4.20%. Kadang-kadang ditambahkan pita kelima yang menunjukkan koefisien suhu.

Pita Pita Pita Pita Pita ketiga keempat kelima Warna pertam kedu (pengali (tolerans (koefisie a a ) i) n suhu) Hitam 0 0 ×100 Cokela 1 1 ×101 ±1% (F) 100 ppm t Merah 2 2 ×102 ±2% (G) 50 ppm Orany 3 3 ×103 15 ppm e Kuning 4 4 ×104 25 ppm ±0.05% 8 8 ×108 abu (A) Putih 9 9 ×109 Emas ×10-1 ±5% (J) Perak ×10-2 ±10% (K) Koson ±20% (M) g .kuning-emas memberikan nilai 470.25% Biru 6 6 ×106 (C) Ungu 7 7 ×107 ±0.1% (B) Abu.000Ω pada keakuratan ±5%. ±0.5% Hijau 5 5 ×105 (D) ±0. Dibawah ini adalah tabel warna untuk skema empat warna yang dapat digunakan sebagai acuan.

1% (B) Abu. pita keempat adalah pengali. 0.1%).5%. Tiga pita pertama menunjukkan harga resistansi.25% Biru 6 6 6 ×106 (C) Ungu 7 7 7 ×107 ±0. Dibawah ini adalah tabel warna untuk skema lima warna yang dapat digunakan sebagai acuan. 0. dan yang kelima adalah toleransi. Pita Pita Pita Pita Pita keempa kelima Warna pertam kedu ketig t (toleransi a a a (pengali ) ) Hitam 0 0 0 ×100 Cokela 1 1 1 ×101 ±1% (F) t Merah 2 2 2 ×102 ±2% (G) Oranye 3 3 3 ×103 15 ppm Kuning 4 4 4 ×104 25 ppm Hijau 5 5 5 ×105 ±0.05% 8 8 8 ×108 abu (A) Putih 9 9 9 ×109 Emas ×10-1 ±5% (J) Perak ×10-2 ±10% (K) Koson g . ±0.5% (D) ±0.25%. 0.Membaca nilai resistor lima pita Penandaan nilai resistor dengan menggunakan lima pita digunakan pada resistor presisi tinggi (toleransi 1%.

2 Kilo Ohm = 2. Contoh: "4R7" = 4. Contoh: "1001" = 100 × 10 ohm = 1 kohm "4992" = 499 × 100 ohm = 49.200 ohm = 2. dimana dua digit pertama merupakan informasi dua nilai / harga resistansi.7 ohm "0R22" = 0. dan digit ketiga merupakan pengali (lebih mudahnya adalah merupakan jumlah nol yang ditambahkan setelah dua digit resistansi).000 ohm = 1 Mega Ohm = 1M Resistansi kurang dari 10 ohm menggunakan 'R' untuk menunjukkan letak titik desimal.000 ohm =330 Kilo Ohm = 330K "222" = 22 × 100 ohm = 2. Dimana tiga digit pertama menunjukkan harga resistansi dan digit keempat adalah pengali.2K = 2K2 "473" = 47 × 1.01 ohm Sedangkan untik resistor SMD presisi tinggi ditandai dengan kode empat digit. Resistor toleransi standar ditandai dengan kode tiga digit.000 ohm = 47.22 ohm "0R01" = 0. Contoh: "330" = 33 Ohm Bukan 330 Ohm "221" = 22 x 10 ohm = 220 ohm "334" = 33 × 10.000 ohm = 330.000 ohm = 1000.Resistor SMD Resistor SMD (Surface Mount Device) atau resistor pasang-permukaan atau biasa juga disebut dengan resistor tempel penandaan nilai resistansinya dicetak dengan harga numerik dengan kode yang mirip dengan kondensator kecil.000 ohm = 47 Kilo Ohm = 47K "105" = 10 × 100.9 kohm =49K9 "1000" = 100 × 1 ohm = 100 ohm "000" dan "0000" kadang-kadang muncul bebagai harga untuk resistor nol ohm yang berarti jumper .

Sedangkan penggunaan resistor sebagai jumper biasanya digunakan resistor dengan impedansi 0 Ohm.5 watt. Persamaan untuk menghitung nilai resistor setelah dihubungkan secara seri adalah : Sedangkan persamaan untuk menghitung nilai resistor setelah dihubungkan secara paralel adalah : Di bawah ini resistor yang dihubungkan secara seri dan paralel Kerusakan yang sering terjadi pada resistor  Resistansi membesar yang disebabkan oleh kelembaban atau panas. sedangkan penggunaan resistor sebagai sekring biasanya ditandai dengan kode RS. Penggunaan resistor sebagai jumper biasanya ditandai dengan kode RJ. Resistor Seri dan Paralel Jika resistor dihubungkan secara seri maka nilai reistansi akan semakin bertambah besar. resistor yang digunakan biasanya resistor dengan kemasan SMD. Fungsi Lain Resistor Selain secara standar digunakan untuk menahan arus listrik. tetapi jika resistor dihubungkan secara paralel maka nilai resistansinya akan semakin mengecil. resistor kadang juga digunakan sebagai jumper maupun sekring (fuse). . penggunaan resistor sebagai sekring pada pesawat televisi biasanya pada suply tegangan ic vertical output atau pada suply penguat audio. meskipun sebenarnya resistor yang digunakan sebagai sekring adalah resistor khusus dengan efek sekring (resistor with fuse effect / fuseable resistor) tetapi bisa juga digantikan dengan resistor karbon biasa yang berimpedansi antara 1-10 ohm dengan daya 0.

Pada pesawat televisi PTC biasanya digunakan untuk memberikan suplay tegangan pada kumparan degausing (degausing coil) 4. 3. Sedangkan jenis logaritmik skala penggeseran tuas (untuk yang model geser) atau besarnya sudut pemutaran tuas (untuk yang model putar) tidak berbanding lurus tetapi sesuai dengan grafik fungsi logaritmik (sesuai hukum logaritma) terhadap perubahan tahananya. tetapi saat suhu NTC semakin naik. karena potensiometer yang benar-benar logaritmik relatif sangat mahal. korosi pada plat sambungan. 2. potensiometer logaritmik dapat dibuat dari potensiometer linier ditambah dengan resistor eksternal. ini . NTC (Negative Temperatur Coefisien ) NTC juga termasuk jenis thermistor. atau pada penyetelan keseimbangan putih (white balance). atau jalur resistansi terkelupas. tetapi saat suhu PTC naik maka nilai hambatannya juga ikut naik. dan ditujukan untuk pemakai. penggunaan tuas dimaksudkan bahwa rangkaian yang menggunakan potensiometer ini sering dilakukan pengaturan. brightness. Resistor Variabel Resistor variabel (variable resistor atau varistor) adalah resistor yang nilai tahanannya dapat berubah atau dapat diubah. Pada televisi. contrast. rangkaian driver. tetapi NTC kebalikan dari PTC. potensiometer logaritmik lazim digunakan pada pengatur volume audio. maka nilai tahanannya akan semakin mengecil bahkan nol. pada pesawat televisi contoh bagian yang sering dilakukan pengaturan adalah bagian kontrol audio. Ada bermacam-macam resistor variabel antara lain : 1. dimana nilai tahanan NTC saat dingin sangat tinggi. bagian-bagian yang menggunakan trimpot berarti bagian tersebut tidak sering dilakukan penyetelan dan biasanya hanya ditujukan untuk maintenance. Trimpot (Trimmer Potentiometer) Adalah potensiometer yang cara mengubah nilai tahanannya dengan cara mentrim dengan menggunakan obeng trim. Potensiometer (Potentiometer) Adalah resistor tiga terminal yang nilai tahanannya dapat diubah dengan cara menggeser (untuk potensio jenis geser) atau memutar (untuk potensio jenis putar) tuasnya. PTC (Positive Temperatur Coefisien ) PTC termasuk jenis thermistor. Nilai hambatan PTC saat dingin adalah sangat rendah. Jenis potensiometer ada dua macam. trimpot biasanya digunakan untuk mengatur besaran arus pada rangkaian oscilator. dan color. Sirkuit terputus yang disebabkan oleh panas yang berlebihan. yaitu resistor yang nilai tahanannya dipengaruhi oleh suhu. Untuk jenis linier skala penggeseran tuas (untuk yang model geser) atau besarnya sudut pemutaran tuas (untuk yang model putar) proporsional atau berbanding lurus dengan perubahan tahananya. yaitu resistor yang nilai tahanannya dipengaruhi oleh suhu. Pada pesawat televisi NTC biasanya dipasang pada terminal masukan listrik. yaitu linier (lin) dan logaritmik (log).

sehingga efek yang ditimbulkan dari penambahan NTC ini adalah sebuah kondisi yang disebut sebagai "soft start".blogspot.html . 5.com/p/pengenalan-komponen-elektronika. LDR (Light Dependen Resistor) http://titl-smkn.dimaksudkan untuk mengurangi kejutan tegangan pada rangkaian power suply.