You are on page 1of 8

UNIT PELAYANAN RESIKO ANALISA UPAYA MINIMALISIR UPAYA

RESIKO PENANGANAN
JIKA TERJADI
RESIKO
Ruang Tindakan Kesalahan pemberian Kesalahan identifikasi
terapi pasien
Kesalahan tindakan Belum memiliki prosedur
yang menimbulkan
perlukaan
Tertusuk jarum Belum memiliki prosedur
Limbah medis Kepatuhan buang limbah
berceceran medis
Paparan dengan luka Terpercik cairan/darah ke
terbuka atau cairan tubuh
tubuh pasien
Tidak menggunakan Kelengkapan peralatan dan
Alat Pelindung Diri kepatuhan petugas
Infeksi nosokomial Penggunaan alat tidak
steril
Unit Laboratorium Kesalahan Tertukarnya lembar
pengambilan permintaan pemeriksaan
sample
Kerusakan alat Kesalahan pengoperasian
alat, alat terjatuh dari
tempatnya
kesalahan Tertukarnya reagen,
pencampuran reagen peletakan reagen tidak
pada tempatnya
Terkena darah Terpercik darah ke tubuh
Gangguan mata Terpercik cairan berbahaya
di mata

Memberikan Umum/Gigi /KIA-KB double check pada double penjelasan pasien check kepada pasien 2. Melakukan 1. Kesalahan edukasi cara petugas di farmasi bukan minum/pemakaian obat paramedis Pemberian obat Tidak terpantaunya masa kadaluwarsa expire obat Kesalahan penulisan label Pemberian obat rusak Tidak terpantaunya kondisi obat. kemiripan nama obat Unit Pengobatan identifikasi pasien 1. Terinfeksi Kulit (bagian tubuh) yang terluka mengenai sampel yang patogen Sengatan listrik Tangan basah saat menyentuh kontak arus listrik Kesalahan penulisan Kesalahan identiikasi hasil pemeriksaan pasien laboratorium Unit Farmasi Kesalahan membaca Tulisan dokter tidak jelas resep Kesalahan pemberian Kesalahan identifikasi obat pasien Kesalahan Tidak terbacanya tulisan dosis/formula obat resep. penyimpanan obat salah Kesalahan pengambilan Tidak ada etiket nama obat obat. Belum dilakukan 1. melakukan ramai identitas pemeriksaan . Jumlah pasien yang terhadap 2.

Memperb 1. Menyediakan 1. Menyiapkan yang baik kondisi yang antar tenaga kondusif untuk kesehatan pasien dengan pasien Ketidak pahaman alur Pemahaman pasien yang 1. Menambah pasien hingga jumlah tenaga pasien habis kesehatan Ketidak nyamanan Keterbatasan tempat 1. identitas pasien yang pasien ulang serupa 2. keterbatasan tempat tenaga kepada pasien dalam melakukan kesehatan 2. menambah jumlah tenaga kesehatan keterlambatan 1. Memberikan penanganan ramai n kinerja penjelasan 2. jumlah pasien yang 1. Menjelask registrasi kurang terhadap alur banner yang an kepada registrasi pasien baru atau berisikan pasien dengan lama informasi jelas tentang alur bagaimana registrasi alur registrasi Kehilangan status Penyimpanan buku rekam 1. Menjalin bagi pasien hubungan 2. Memberikan anamnesis . 3. Melakukan 2. Menyediaka 1. membuat rekam medis medis yang kurang baik aiki proses status rekam penyimpanan medis yang status rekam baru medis 2. Tetap melayani pemeriksaan 2. Memberika dalam pemeriksaan pemeriksaan n tempat n pengertian pemeriksaan kepada pasien yang layak 2. Meningkatka 1.

Menyediakan 1. jumlah pasien 1. Melakuka 1. Menyediakan 1. tidak dilakukan check kepada kepada pasien double check kepada pasien pasien 2. Merujuk ke medis yang kurang alat dasar yang rumah sakit digunakan untuk terdekat mendiagnosis pasien tertukarnya resep obat 1.sejelasnya rujukan . Memberik sistem rujukan rumah sakit banner yang an penjelasan yang akan dituju berisikan kepada pasien informasi dengan sejelas tentang sistem . Merujuk ke pemeriksaan penunjang alat medis rumah sakit penunjang terutama untuk terdekat deteksi dini penyakit - penyakit terttentu masalah sistem rujukan Pasien kurang paham alur 1. Memberi yang terlalu ramai n double penjelasan 2. identitas yang ulang kepada lengkap pada pasien setiap status rekam medis 3. Membuat system ekspedisi keterbatasan alat Penyediaan alat medis 1. Melengkapi identitas di lembar resep keterbatasan Penyediaan pemeriksaan 1. Menyediakan 1.

Menggun 1. Mengonsu yang terkontaminasi n sterilisasi msi antibiotik 2. kebersihan tangan dengan melakukan cuci tangan 6 langkah pada 5 keadaan Ketidak tepatan waktu Keterlambatan petugas 1.menjaga kebersihan . Penggunaan masker pada pasien antibiotik yang kurang pada 2. - Membuang bahan habis pakai ke tempat yang telah di sediakan 3. Evaluasi penyebab keterlambatan Terinfeksinya petugas 1.Infeksi nosocomial pada 1. Melakuka 1. Mengatur dalam memulai dalam memulai pelayanan waktu dalam kondisi agar pelayanan memulai pelayanan pelayanan tetap dapat berjalan sesuai dengan pelaksanaanya 2. Lebih tepat 1. menjaga pasien. Alat dan ruangan 1. . Alat dan ruangan 1. Penggunaan alat alat dan pelindunng diri yang ruang kurang 2. Memberik pasien yang terkontaminasi akan APD an obat 2.

memberika dalam pemeriksaan pemeriksaan kan tempat n pengertian pemeriksaan kepada pasien yang layak 2. Menyediakan 1. menyiapkan yang baik kondisi yang antar tenaga kondusif untuk kesehatan pasien dengan pasien ketidak tepatan Kurangnya alat 1. Memanfaa dokter untuk pemeriksaan tkan waktu pemeriksaan dengan efektif pemeriksaan dan tepat sebaik - 2. Mengajukan baiknya penambahan tenaga dokter kurang lengkapnya Karena keterbatasan 1. Mencatat 1. Menyedia 1. menjalin bagi pasien hubungan 2. Monev buku rekam kelengkapan medis rekam medis ketidaknyamanan Keterbatasan tempat 1. Menjelask mendiagnosis pemeriksaan alat dasar yang an kepada digunakan untuk pasien dan mendiagnosis menyarankan pasien untuk di rujuk . Melakukan 1. tangan dengan melakukan cuci tangan 6 langkah pada 5 keadaan keterbatasan waktu Jumlah pasien yang ramai 1. Menggali pencatatan rekam waktu dalam segala informasi informasi dari medis pemeriksaan terkait dengan pasien dan Jumlah pasien yang terlalu kondisi pasien melengkapi di banyak 2.

2. Mengatur dalam memulai dalam memulai pelayanan awal untuk kondisi agar pelayanan memulai pelayanan pelayanan tepat tetap dapat waktu berjalan sesuai dengan pelaksanaanya Unit Pengobatan Pasien gigi anak-anak Kecemasan pasien karena Memasang atau 1. Penambahan 1. Datang lebih 1. Memberi kesempat an pasien untuk berkunjun g lagi di lain waktu dan memastik an tidak takut dilakukan perawatan gigi Infeksi nosocomial Keterbatasan jumlah tang 1. Memberi . Menerang Gigi menangis tidak mau takut dilakukan perawatan menyiapkan kan dilakukan perawatan gigi mainan untuk kepada gigi membujuk pasien pasien agar mau dan agar mau tidak cemas dilakukan dilakukan perawatan perawatan gigi . ke rumah sakit terdekat Ketidak tepatan waktu Keterlambatan petugas 1.

Pengadaan alat- alat gigi. IDENTIFIKASI MANAJEMEN RESIKO UKP . kepada pasien cabut gigi untuk tindakan jumlah tang antibiotik pencabutan gigi cabut gigi 2.