You are on page 1of 6

PENGARUH PEMBERIAN POVIDONE IODINE 10% TERHADAP KECEPATAN

PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA IBU POSTPARTUM
DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI ANI MAHMUDAH
KABUPATEN LAMONGAN

INFLUENCE of POVIDONE IODINE 10% TO THE ACCELERATION of PERINEUM WOUND
HEALING ON POST PARTUM MOTHER IN BPM ANI MAHMUDAH LAMONGAN

Dian Nurafifah
Program Studi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan
email: diannurafifah66@yahoo.com

ABSTRAK
Perawatan perineum dilakukan untuk memulihkan kesehatan secara umum dan menjaga kebersihan luka
perineum setelah masa nifas. Perawatan luka perineum dilakukan secara rutin misalnya membasuh luka
dengan cairan antiseptik povidon iodine. Akan tetapi akhir-akhir ini penggunaan antiseptik povidon iodine
sering kali diabaikan dengan berbagai alas an, misalnya ibu tidak mengetahui tentang cara perawatan luka
perineum dengan cairan antiseptik povidon iodine, sehingga akan beresiko terjadinya perlambatan
penyembuhan luka yang dapat menyebabkan infeksi dan kematian. Penelitian yang dilakukan oleh Cris
valentine mengungkapkan bahwa banyak ibu pada masa nifas mengalami infeksi luka perineum (4 orang)
yang disebabkan karena cara perawatan luka perineum yang kurang tepat. Desain penelitian
menggunakan Quasy Experiment. Populasi adalah seluruh ibu nifas dengan persalinan pervaginam yang
mengalami laserasi derajat II. Pemilihan sampel dengan quota sampling. Variabel independen yaitu
pemberian povidon iodine 10% dan variabel dependen yaitu penyembuhan luka perineum. Pengambilan
data dengan wawancara dan observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan
tabulating, kemudian dianalisa menggunakan uji Chi Square dengan α = 0.05. Hasil penelitian
menunjukkan ibu post partum yang diberikan povidon iodine 10% mengalami penyembuhan luka yang
cepat (90%), sedangkan ibu post partum tanpa povidone iodine 10% sebagian besar mengalami
penyembuhan luka lambat (60%). Hasil uji Chi Square didapatkan nilai p = 0,019 (p < α) sehingga Ho
ditolak, artinya ada pengaruh pemberian povidon iodine 10% terhadap penyembuhan luka perineum pada
ibu post partum. Berdasarkan hasil penelitian maka perlu peningkatan peran petugas kesehatan dalam
memberikan informasi yang tepat tentang personal hygene setelah persalinan dengan pemberian povidon
iodine 10% agar mengoptimalkan penyembuhan dari luka perineum.

Kata kunci: povidon iodine 10%, perineum, post partum

ABSTRACT
Perineum care is done to recover health and keep cleanliness of perineum wound after post partum.
Perineum wound care is done routine by washing the wound using povidon iodine antiseptic. Lately the
use of povidone iodine antiseptic is being ignored with many reasons like the mother doesn’t know how to
treat the wound using povidon iodine antiseptic. So it will risk to the slow movement of wound healing,
infection, and death. Research done by Cris Valentine state that there are 4 post partum mother
experienced infection of perineum wound caused by the inappropriate wound care. Desain of this study
was Quasy experiment. The population was all post partum mothers pervaginam delivery experiencing
second-degree laceration. Sampel was taken using quota sampling. Independent variable was the use of
povidone iodine 10% and dependent variable was perineum wound healing. Data was taken using
interview and observation. Data was analized using Chi Square test with α = 0.05. Results showed that
past partum mothers being given povidone iodine 10% experiencing fast wound healing (90%) and post
partum mothers who are not given povidone iodine 10% experiencing slow wound healing (60%). Chi
47

dengan kesehatan individu sehingga mencegah berbagai alasan misalnya.2%). menyebabkan timbulnya infeksi pada perineum.019 (p < α) so Ho was rejected. ambulasi.1%). makanan yang diberikan bermutu tinggi dan cukup kalori yang mengandung Faktor-faktor yang mempengaruhi protein. infeksi luka perineum 4 pembalut dengan teratur. Personal Salah satu antiseptic yang digunakan hygiene merupakan suatu tindakan untuk misalnya povidon iodine.1%). Keyword: povidon iodine 10%. ke-5 sampai 7 hari dengan luka perineum yang terlihat kering. dan kematian. memelihara kebersihan dan menciptakan akhir ini penggunaan antiseptic povidon keindahan. post partum PENDAHULUAN Penelitian yang dilakukan oleh Cris Perawatan perineum dilakukan untuk valentine dalam mengungkapkan bahwa memulihkan kesehatan secara umum dan banyak ibu pada masa nifas mengalami menjaga kebersihan luka perineum setelah infeksi tromboplebitis (1. menjaga daerah orang (0. Dalam penyembuhan luka perineum dengan cairan antiseptic povidon perineum diperlukan perawatan dalam iodine. Munculnya infeksi pada perineum 48 . nutrisi. personal hygiene. 2009). infeksi septicemia 2 orang (0.Square test resulted p value = 0.4%) yang disebabkan karena cara perineum agar tak lembab. infeksi payudara dilakukan secara rutin misalnya. dan istirahat (Bahiyatun. area atau luka penyembuhan luka diperlukan nutrisi yang membutuhkan waktu untuk sembuh.5%). yaitu 7 adekuat yaitu peningkatan intake protein hari (Bahiyatun. mandi secara perawatan luka perineum yang kurang tepat. serta meningkatkan derajat iodine sering kali diabaikan. teratur. it means that there is influens of povidone iodine to the acceleration of perineum wound healing on post partum mothers. Seperti menyebabkan infeksi. Nutrisi. Perawatan luka perineum abdominal 5 orang (0. perineum. infeksi luka masa nifas. 2009). akan tetapi akhir. Pada saat penyembuhan Kondisi perineum yang terkena lokhea dan luka perineum biasanya ada gejala lembab akan sangat menunjang diantaranya gatal sehingga mengganggu perkembangbiakan bakteri yang dapat proses buang air kecil. yang diperlukan untuk pertumbuhan Menurut Rohani (2011) pada perawatan luka jaringan kolagen dan vitamin C yang perineum dengan cairan antiseptik povidon membantu pembentukan kolagen dan iodine mengalami penyembuhan pada hari mempertahankan integritas dinding kapiler. dan membasuh luka dengan cairan penyembuhan luka perineum diantaranya: antiseptic (Bahiyatun. mengganti 1 orang (0. 2009). It is expected that there is improving of the role of health worker in giving proper information about personal hygiene after labour by giving povidone iodine 10% to optimize perineum wound healing. ibu tidak timbulnya penyakit pada diri sendiri maupu mengetahui tentang cara perawatan luka orang lain. sehingga akan beresiko terjadinya personal hygiene sehingga dapat mencegah perlambatan penyembuhan luka yang dapat adanya mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi. untuk semua luka baru.

Bentuk penelitian ini IRT 28 70 adalah Non Equivalent Control Group yaitu Swasta/Wiraswasta 8 20 membandingkan hasil intervensi dengan PNS 4 10 Paritas 49 . 0. dan mencegah infeksi seperti diketahui iodine mempunyai sifat antiseptic Karakteristik Responden (membunuh kuman) baik bakteri gram positif maupun negative. mobilisasi dini selain itu Variable independen yaitu pemberian juga dengan menggunakan antiseptic povidon iodine 10% dan variable dependen povidon iodine. berakibat pada munculnya komplikasi yang dapat menyebabkan terjadinya kematian Populasi adalah seluruh ibu nifas dengan pada ibu post partum mengingat kondisi persalinan pervaginam yang mengalami fisik ibu post partum masih lemah lacerasi derajat II. jauh lebih efektif Square (X2 ) untuk melihat ada tidaknya dibandingkan dengan iodium. yaitu penyembuhan luka perineum. selain factor-faktor diatas ada juga cara yang Data diambil dengan wawancara dan digunakan untuk penyembuhan luka observasi. dan Paritas METODE Karakteristik n % Desain dalam penelitian ini adalah Quasy Kelompok Umur (tahun) < 20 4 10 Experiment yaitu bentuk penelitian 20 – 35 30 75 eksperimen yang menggunakan kelompok > 35 6 15 control tetapi kelompok kontrolnya tidak Pendidikan dapat berfungsi sepenuhnya mengontrol SD 2 5 variabel-variabel luar yang dapat SMP 6 15 mempengaruhi karena pembagian kelompok SMA 28 70 PT 4 10 tidak dilakukan secara random (Hidayat. Pekerjaan A. bersifat asosiasi antara dua variabel dengan α = spectrum luas. untuk irigasi daerah-daerah tubuh yang HASIL PENELITIAN terinfeksi. 2009) untuk kelompok perlakuan diantaranya dengan menjaga kebersihan 20 orang dan kelompok kotrol 20 orang. (Luknis. daerah luka. serta untuk mencuci luka kotor. Menurut Sinclair (2010). nutrisi. mukosa. Pendidikan.dapat memperlambat pada saluran kandung suatu kelompok kontrol yang serupa kemih ataupun jalan lahir yang dapat (Soekidjo Notoatmodjo. Akan tetapi iodine Tabel 1 Distribusi Responden bersifat iritatif dan toksik bila masuk ke Berdasarkan Karakteristik Umur. 2008). 2010). Data yang telah kegunaan antiseptic untuk semua kulit dan terkumpul dihitung dengan bantuan SPSS. 2010).Aziz Alimul. Pengolahan data menggunakan perineum yaitu antiseptic Povidon iodine editing. Pemilihan sampel dengan quota sampling yaitu memilih sampel Pencegahan infeksi pada luka perineum dengan cara menentukan quota (Budiman dibutuhkan perawatan yang tepat Chandra. scoring dan tabulating yang merupakan ikatan antara iodine dengan kemudian dianalisa menggunakan uji Chi polynyl pyrolidone.05. coding. pembuluh darah. Pekerjaan. tidak menimbulkan iritasi.

1 10 25 dimana p < α sehingga Ho ditolak yang 2 20 50 artinya ada pengaruh penggunaan povidone >2 10 25 iodine 10% terhadap kecepatan penyembuhan luka perineum pada ibu post Karakteristik umum responden dapat dilihat partum.019 2008). berdasarkan paritas sebagian besar kondisi sebelum hamil. didapatkan nilai p = 0. 2004). disertai dengan penyembuhan pada tempat plasenta (luka HASIL yang luas) termasuk iskemia dan autolysis. sedangkan derajat dua perlu dilakukan penjahitan. ibu post partum yang tidak diberikan derajat tiga dan empat bidan sebagai povidone iodine 10% sebagian besar penolong APN tidak dibekali ketrampilan mengalami penyembuhan luka lambat untuk reparasi laserasi perineum derajat tiga (60%). penyembuhan luka cepat (90%). pada tabel 1 yang menunjukkan bahwa PEMBAHASAN distribusi responden berdasarkan umur sebagian besar berumur 20 – 35 tahun dan Penyembuhan luka adalah proses sebagian kecil berumur < 20 tahun. 2013). 2008). I.019 penunjang superficial sampai ke otot.05. penggantian dan perbaikan fungsi jaringan berdasarkan pendidikan sebagian besar yang rusak (Boyle. masa nifas cenderung berkaitan sebagai IRT dan sebagian kecil sebagai dengan proses pengembalian tubuh ibu PNS. post partum yang diberikan povidone iodine Laserasi derajat satu tidak perlu dijahit jika 10% sebagian besar mengalami tidak ada perdarahan dan posisi luka baik. dengan α = 0. iodine 10% derajat tiga robekan berlanjut k eotot spinter ani. Pada pekerjaan sebagian besar memiliki pekerjaan umumnya. derajat empat robekan sampai mencapai Berdasarkan tabel 2 diketahui bahwa ibu dinding rectum anterior (Bobak. kulit. dan banyak proses di memiliki paritas 2 dan sebagian kecil antaranya yang berkenaan dengan proses memiliki paritas 1 dan lebih dari 2 involusi uterus. Derajat pertama Povidone 18 90 2 10 20 100 robekan mencapai kulit dan jaringan Iodine 10% 0. dan empat sehingga dianjurkan untuk segera Berdasarkan hasil uji Chi Square (X2 ) merujuk ke fasilitas rujukan (JNPKKR. penyembuhan luka perineum (Sukarni. 50 . dan jaringan iodine 10% terhadap kecepatan yang ada diantara kelamin dan anus. derajat T anpa povidone 8 40 12 60 20 100 dua robekan mencapai otot-otot perineum. berdasarkan yang membutuhkan penyembuhan. Laserasi pada perineum T indakan Penyembuhan luka Jumlah p dapat terjadi sewaktu kepala janin dilahirkan Cepat Lambat value n % n % n % yang terdiri dari 4 derajat. Pada ibu yang memiliki pendidikan SMA dan sebagian baru melahirkan banyak komponen fisik kecil memiliki pendidikan SD. Tabel 1 Pengaruh pemberian povidon Perineum adalah otot.

Masa penyembuhan Bagian yang paling penting dari pencegahan luka perineum cepat yaitu penyembuhan sepsis terletak pada penatalaksanaan luka luka sampai terbentuk jaringan granulasi dan teknik bedah yang sangat cermat. pembalut sesering mungkin. menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penyembuhan luka. jika luka perineum diperlukan perawatan yang benar. Personal hygiene perineum. Luka membaiknya luka perineum dengan perineum akibat Episiotomy. panas. perineum menutup. bengkak. vagina berada dekat Penggunaan antiseptic ini dilakukan setiap 2 dengan saluran buang air kecil dan buang air kali sehari pada saat mandi dengan besar yang tiap hari dilakukan. 2011). serta untuk mencuci luka kotor. (misalnya povidon iodine) karena dapat perineum menutup/ membuka dan ada memulihkan kesehatan secara umum dan tanda-tanda infeksi (merah. dan mencegah infeksi. (3) Buruk. luka membengkak. fungsioleosa). ibu akan dilatih dan dianjurkan untuk memulai duduk dan latihan infeksi (merah. dan dilakukan pemberian antiseptic fingsioleosa). mencegah infeksi. menjaga kebersihan luka perineum. sedangkan itu kebersihan dan desinfeksi lingkungan penyembuhan luka perineum lambat juga penting. Kriteria penilaian luka menurut Untuk mempercepat pemulihan luka Hamilton (2002) adalah: (1) Baik. nyeri. panas. Adanya luka menggunakan kasa steril yang diberi didaerah perineum yang bila terkena kuman antiseptic kemudian diolesi pada daerah luka dapat menjadi infeksi. Frekuensi nadi dan suhu tubuh menunjang perkembangbiakan bakteri yang meningkat.Penyembuhan luka perineum adalah mulai kemudian menjalar ke rahim. perineum menutup dan tidak ada sesegera setelah melahirkan serta ganti infeksi (merah. Selain minimal dalam waktu 7 hari. kering. Povidon iodine 10% dapat organ terbuka yang mudah dimasuki kuman mempercepat penyembuan luka perineum 51 . bengkak. tidak ada tanda-tanda dari persalinan normal. mukosa. (2) Sedang. sehingga proses Faktor resiko yang menunjang sepsis luka penyembuhannya tidak memakan waktu salah satunya adalah kontaminasi luka. nyeri. post partm. terjaga akan menyebabkan adanya infeksi Kegunaan antiseptic untuk semua kulit dan sehingga memperlambat penyembuhan. hangat. 2002). berjalan. panas. Bila terjadi proses inflamatori penyembuhannya lebih dari 7 hari dengan bisa menyebabkan gejala dalam 36 sampai luka masih lembab yang akan sangat 48 jam. rupture atau terbentuknya jaringan baru yang menutupi lacerasi merupakan daerah yang tidak luka perineum dalam jangka waktu 6-7 hari mudah dijaga agar tetap bersih dan kering. serta nyeri. vagina merupakan (Darmadi. Kebersihan vagina pada masa nifas perlu untuk irigasi daerah-daerah tubuh yang dijaga karena banyak darah atau lokhea yang terinfeksi. Jika Antiseptik Povidon iodine merupakan ikatan kebersihan diri pada ibu postpartum kurang antara iodine dengan polyvinyl pyrolidone. lama (Romana. keluar dari vagina. jika luka basah. bengkak. 2008). jika luka basah. Setelah 6 jam fungsioleosa). dan menyababkan timbulnya infeksi pada nyeri. (Smeltzer.

Jakarta: EGC DAFTAR PUSTAKA Soekidjo Notoatmodjo. 2002. Biostatistik untuk teori Darmadi (2008) yang menyatakan kedokteran & kesehatan. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Suzanne C. Jaringan Nasional Pelatihan Klinik Kesehatan Reproduksi. Metode antiseptic Povidon iodine sendiri adalah Penelitian Kesehatan: Paradigma antiseptic yang dapat berperan dalam Kuantitatif. Surabaya: Health Book Publishing membunuh atau menghambat pertumbuhan kuman. 2010. Asuhan Kebidanan Pada cepat dari pada ibu post partum yang tidak Masa Persalinan. SIMPULAN DAN SARAN Asuhan Persalinan Normal Dan Inisiasi Menyusu Dini. Normal. 2010. 2009. Romana. Infeksi Nosokomial. Buku Ajar dari luka perineum. Perawatan Luka Jaitan Setelah Melahirkan Oleh Kesehatan Perlu adanya peningkatan peran petugas Wanita. 2004. 2011.http://Perawatanluka. Jakarta: EGC 52 . 2011. 2011. bakteri atau jamur yang berada dekat pada Jakarta: EGC luka. 2008.2009. Sedangkan Hidayat. Pemulihan luka. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Budiman Chandra. Membasuh Luka Dengan Penelitian Kesehatan. 2008. memperlambat atau Darmadi. Buku Saku Kebidanan.com Sukarni. Jakarta: partum yang menggunakan povidone iodine Rajawali pers 10% dalam merawat luka perineum akan mengalami penyembuhan luka yang lebih Rohani. Buku Ajar Bahiyatun.dengan menghambat perkembangbiakan dari Boyle. 2010. Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth.http://perawatanluka.Aziz Alimul. Jakarta: bahwa antiseptic merupakan bahan kimia EGC yang mencegah. Metodologi Aline.Jakarta : EGC Yogyakarta: Nuha Medika Bobak. 2013. 2008. 2008. Jakarta: Berdasarkan hasil penelitian dapat JNPKKR/POGI dan IDAI disimpulkan bahwa sebagian besar ibu post Luknis. Jember: menghentikan pertumbuhan mikroorganisme Salemba Medika. persalinan dengan pemberian povidon iodine Jakarta : EGC 10% agar mengoptimalkan penyembuhan Smeltzer.com kesehatan dalam memberikan informasi yang tepat tentang personal hygene setelah Sinclair. A. Statistik Kesehatan. Icemi. (kuman) pada permukaan luar tubuh dan membantu mencegah infeksi. Mauren. dkk. Salemba Medika menggunakan povidone iodine 10%. Asuhan Kebidanan Nifas Keperawatan Maternitas. Jakarta: Cairan Rineka Cipta Antiseptic.