You are on page 1of 4

SATUAN ACARA PENYULUHAN

“HIV/AIDS”
Judul : HIV/AIDS
Pokok Bahasan : a. Pengertian HIV/AIDS
b. Penyebab HIV/AIDS
c. Penularan HIV/AIDS
d. Tanda dan gejala klinis penderita HIV/AIDS
e. Pencegahan HIV/AIDS
f. Penatalaksanaan HIV/AIDS
Hari/Tanggal : Sabtu, 29 Januari 2011
Waktu : 30 menit
Tempat : Puskesmas Tapen
Sasaran : Keluarga dan pasien Puskesmas Tapen

A. Tujuan Umum:
Setelah dilakukan penyuluhan, peserta mengerti tentang HIV/AIDS.

B. Tujuan Khusus:
Setelah dilakukan penyuluhan, peserta dapat mengetahui tentang:
1. Pengertian HIV/AIDS
2. Penyebab HIV/AIDS
3. Penularan HIV/AIDS
4. Tanda dan gejala klinis penderita HIV/AIDS
5. Pencegahan HIV/AIDS
6. Penatalaksanaan HIV/AIDS

C. Materi
1. Pengertian HIV/AIDS
2. Penyebab HIV/AIDS
3. Penularan HIV/AIDS
4. Tanda dan gejala klinis penderita HIV/AIDS
5. Pencegahan HIV/AIDS
6. Penatalaksanaan HIV/AIDS

D. Metode
a jawab.

E. Media

Menjelaskan Pencegahan HIV/AIDS Memperhatikan .Menjelaskan Penyebab HIV/AIDS Memperhatikan .Mengucapkan terimakasih atas peran Mendengarkan 2 menit serta peserta .Menjelaskan Tanda dan gejala klinis Memperhatikan penderita HIV/AIDS .Membagi leaflet. F. Evaluasi 1. Memperhatikan 2. Kegiatan Penyuluhan Kegiatan No Tahap/Waktu Kegiatan Penyuluhan sasaran 1.Menjelaskan Penatalaksanaan HIV/AIDS Memperhatikan 3. Pelaksanaan : . Pengorganisasian Pembawa acara : Ike Pustika Sari Pemberi materi : Nurus Syafa’ah Notulen : Ike Pustika Sari Observer : Suci Ayu Mulyani Fasilitator : Bayu Puspa Mahkotaningrat H. 4. Proses  Masing-masing mahasiswa bekerja sesuai dengan tugas  Peserta antusias terhadap materi penyuluhan .Memberi salam pembuka Menjawab salam 3 menit . lembar balik) 2. leaflet.Menjelaskan pokok bahasan dan Memperhatikan tujuan penyuluhan . dan pertanyaan memberi reinforcement kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan. Pembukaan : . Struktur dir ditempat penyuluhan garaan penyuluhan dilaksanakan di Puskesmas Tapen  Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan sebelumnya (SAP.Mengucapkan salam penutup Menjawab salam G.Menjelaskan Pengertian HIV/AIDS Memperhatikan 20 menit .Menjelaskan Penularan HIV/AIDS Memperhatikan . Terminasi : . Evaluasi : Menanyakan kepada peserta tentang Menjawab 5 menit materi yang telah diberikan.Memperkenalkan diri Memperhatikan .

bersentuhan. 1. B. gigitan nyamuk. Demam berkepanjangan lebih dari1 bulan 4. Tidak ada peserta yang meninggalkan tempat penyuluhan  Peserta mengajukan pertanyaan dan mahasiswa menjawab pertanyaan secara benar 3. Orang yang berperilaku seksual dengan berganti-ganti pasangan 2. oral. Menggunakan kondom pada setiap hubungan seks berisiko. kolam renang. Bayi yang ibunya positif HIV C. Tanda dan gejala klinis penderita HIV/AIDS 1. D. penggunaan peralatan makan dan minum. Penyebab HIV/AIDS HIV dan AIDS dapat menyerang siapa saja. berpelukan. Pasangan seksual pengguna narkoba suntik 4. Dimensia/HIV ensefalopati 6. yaitu : 1. 2. Berat badan menurun lebih dari 10 % dalam 1 bulan 2. Mendapatkan transfusi darah yang mengandung virus HIV 4. Hasil  Para peserta mengerti penjelasan yang telah diberikan MATERI PENYULUHAN “HIV/AIDS” A. Penurunan kesadaran dan gangguan-gangguan neurologis 5. Namun pada kelompok rawan mempunyai risiko besar tertular HIV penyebab AIDS. vaginal) yang tidak terlindungi (tanpa kondom) dengan orang yang telah terinfeksi HIV. yaitu . Penularan HIV/AIDS 1. Ibu penderita HIV Positif kepada bayinya ketika dalam kandungan. Hubungan seksual (anal. HIV merupakan penyebab dasar AIDS. 2. Jarum suntik/tindik/tato yang tidak steril dan dipakai bergantian 3. penggunaan kamar mandi atau WC/Jamban yang sama atau tinggal serumah bersama Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Pengguna narkoba suntik 3. berciuman biasa. Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan 3. saat melahirkan atau melalui air susu ibu (ASI) HIV tidak ditularkan melalui hubungan sosial yang biasa seperti jabatan tangan. Tidak menggunakan jarum suntik secara bersam-sama . Pengertian HIV/AIDS AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus yang menyebabkan kekurangan imun. Pencegahan HIV/AIDS HIV dapat dicegah dengan memutus rantai penularan. Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita E.

http://www.go.go. .id/.F.org/.depkes. Fakta Tentang HIV dan AIDS.id/.depkes.hivtest. Obat ini harus diminum sepanjang hidup DAFTAR PUSTAKA http://www. tetapi yang ada adalah obat untuk menekan perkembangan virus HIV sehingga kualitas hidup ODHA tersebut meningkat. Frequently Asked Question on HIV/AIDS. Kumulatif Kasus HIV/AIDS di Indonesia. Penatalaksanaan HIV/AIDS Sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengobati AIDS. http://www.