You are on page 1of 6

KONSELING AGAMA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pak Mahbub yang saya hormati, ada hal yang ingin saya tanyakan. Kan kita itu dalam satu kelas
ada cewek dan cowok, kita sering bergaul dengan lawan jenis. Yang ingin saya tanyakan. Bagaimana adab
bergaul dalam ajaran Islam anatara alki-laki dan perempuan yang baik itu?
Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

#IKA.OV.WULANDARI (IX G)
Jawab :
Ika… Hukum dasar dari pergaulan antar cewek dan cowok harus bertempat sendiri, harus ada
satir atau pemisah diantara keduanya. Sebab kalo mengacu pada kitab Ta’limul muta’allim pembelajaran
yang peserta didiknya campur maka akan menambah kemaksiyatan, jiika kemaksiyatan berkelanjutan
maka bagi sisiwa akan sulit menerima pelajaran yang ia terima, karena tertutup oleh datangnya maksyiat.

Mengenai pertanyaan diatas, jika memungkinkan, ada pemisah antara cewek dan cowok, jita
tidak memungkinkan duduk jangan dicampur. (satu bangku tidak boleh cowok dan cewek), jika tidak
memungkinkan, minimal tidak saling bermain yang merimbul syahwat lawan jenis. Terus antar keduanya
harus memahami mana wilayah yang mengandung maksiat dan tidk, yang perlu diingat bahwa setiap
makhluk Allah yang bernafas (manusia) jika tidak mengekang hawa nafsu maka kema’rifatan
(mengetahui kebaikan)

Jawaban 2 :
Untuk wanita yang haid, seharusnya diawal haid harus mencatat awal keluarnya darah, kapan dan jam
berapa, sebab manusia itu dilengkapi sifat lupa.

00 pengumuman siap yang akn menjadi peserta JAMNAS X 2016. tubuhnya panas dingin. Tiba saatnya pada tanggal 10 Agustus 2016 melaksanakan karangtina dan tanggal 11 Agustus 2016 mereka berangkat ke Cibubur. JAMNAS tahun 2016 ini akan dilaksanakan di Buperta Cibubur. Hari itu Afie Adinnisa dan Izzunada yang akan mengikuti seleksi JAMNAS ini. Pada saat hari pertma ada beberpa tekni kepramukaan yang diujikan. Pada hari kedua meneruskan tes kemarin yang belum selesai. Calon peserta berasal dari berbagai sekolah dan berbeda-beda kecamatan salah satunya Madrasah kita yang berada di kecamatan Talun. Tapi sayangnya peserta laki-laki dari MTsN Jabung tidak hadir dikarenakan ia agak tidak berminat di bidang kepramukaan. LET’S GO JAMNAS X Salam Jomblo…!!! Jamboren… Jambore… Jambore… Keren… Gembira… Asyik… Pagi sobat Masekta? Saat itu Sabtu. Jantung dan hati gadis dari MTsN Jabung ini berdebar-debar. Jakarta. Selanjutnya pada saat latihan rutin 1 bulan 2 kali para calon penerus gerkan Pramuka ini diberi pemberlajaran tentang pionerring. Pemuda gerakan pramuka ini tidak sabar ingin mengikuti Jambore. Keesokan harinya libur panjang semester 1. termasuk tes bakat yang dimiliki peserta. serta tak lupa morse dan semapphore yang harus selalu dihafalkan. Di suasana gembira pada saat Karangtina teman-teman JAMNAS dari Kontingen Aro Blitar gagal mandi di stasiun karena banyaknya hehehe… . Mereka berangkat ke Kwarcab dengan ditemani salah 1 pembina Pramuka di MTsN Jabung. Tibalah saatnya pengumuman.. Sayang sekali Ya Sob! Di hari mingu tanggal 20 Desember 2016 tepatnya pukul 14. 19 Desember 2015. Jambore Nasional sering disingkat dengan sebutan JAMNAS. Apa sih Jambore Nasional itu? Jambore Nasional merupakan pesta besar para pramuka penggalang yang dilaksanakan 5 tahun sekali. Pada saat udah masuk sekolah smua teman-teman sekelasnya tau dan bangga atas kejelasannya dalam mengikuti seleksi itu selama 7 bulan para calon peserta JAMNAS dari Blitar di bina oleh kakak-kakak yang mahir dalam bidang kepramukaan. Pada urutan ke-7 cewek dari MTsN UKS ini disebutkan namanya dan lolos untuk mengikuti JAMNAS. Tak henti-hentinya mengucap syukur kepada Allah atas keberhasilannya dalam seleksi itu. Semua hati para peserta seleksi berebar dengan kencang. meski suasana cukup dingan dan jantung agak berdetak dengan kencang wakil dari MTsN Jabung pergi ke Kwarcab untuk mengikuti seleksi Jambore Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Seleksi JAMNAS dilaksanakan selama 2 hari. okoknya gemetaran gitu deh sob. memasakm mendirikan tenda pagar dan gapura. Hanya 32 anak yang ikut JAMNAS.

chatingan dengan teman/keluarga dirumah. langsung saja semua barang untuk JAMNAS di masukkan di dalam bagasi bis. Akhirnya ada yang mandi di Mushola sebelah kwarcab dan ada juga yang mandi Kwarcab. Giat air. Perjalan di tempuh selama 24 jam. Suasana upacara pelepasan diselimuti dengan wajah sedih dan gembira. Pukul 07. semua teman-teman JAMNAS gembira ria.00 tiba di Cibubur. Selama di perjalanan ada yang karaoke. Kontingan Blitar berada di SUBKEM Tjut Nyak Dhien dan diapit olej kontingen dari Kalimantan Utara dan Kontingen Lampung. Scout & skill. Pukul 04. CJR dan Nidji. Hari-hari setelah tanggal 15 agustus semakin padat kegiatan. Pukul 08. Upacara bersama-sama anak penggalng se Indoneis seperti dalam mimpi. 17 Agustus hari yang dinanti-nati. Setelah selesai teman-teman JAMNAS menyiapkan barang- barang yang akan dibawa ke Buperta CIbubur.15 calon peserta JAMNAS berangkat ke Pendopo Agung Kabupaten Blitar. Selama disana. Malamnya ada sedikit pembekalan dari Alumni JAMNAS 2011. Semua peserta JAMNAS memakai baju adat. Kebun Raya dan Gedung Sate. Pembukaan Jambore bertepatan dengan peringatan hari Pramuka. bernyanyi bersama. berhenti di rumah makan untuk . Berbagai kegiatan wawasan diikuti oleh peserta JAMNAS seperti GDV. Saat itu.00 Kontingen Aryo Blitar otw ke Cibubur. Karnaval berbagai adat dilaksanakan setelah upacara dengan mengelilingi SUBEKEM-SUBEKEM yang ada pada SUBKEMPA CilikTIWUTdan SUBKEMPI TjutnyakDhien. Bismillah OTW wisata. Ketrampilan.80 semua bangun untuk melaksanakan sholat subuh dan mandi. Dalam perjalana pulang semua tertidur lelap karna capek. gapura dan pagar di SUBKEM yang telah di tentukan. dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.00 tepat semua peserta wajib kumpul di lapangan SUBKEM. Pada malam harinya ada pentas seni peserta JAMNAS yang dihadiri oleh bintang tamu yatu Kak Raisa. Tanggal 15 Agustus kegiatan pengenalan wisata yang dilaksanakan di tempat wisata TMMI. Alhamdulillah pada tanggal 12 Agustus 2016 pukul 12. siang dan malam mampir dirumah. Rasa senang. Pukul 21. tidur karena ingin hemat energi. Setelah sampai mendirikan tenda.00 udah diwajibkan tidur sob!!! Karena takut kalo besoknya bangun terlambat. Tidak lama kemudian bis yang akan mengantar ke Cibubur sudah datang. Tepat pukul 13. Setelah selesai meminta restu pada orang tua dan kamabigus Kontingen Aryo Blitar siap meluncur ke Buperta Cibubur. Setelah selesai pengarahan diperbolehkan masuk ke Bis yang telah ditentukan. Oh ya Guys kegiatan JAMNAS masih berlanjut sampai tanggal 20 Agustus. Monas. Kan tanggal 11 Agustus ada upacara pemberangkatan di Pendopo Agung Kantor Kabupaten yang lama. Tanggal 20 Agustus Kontingen dari Blitar Packing dan malamnya otw pulang. Pada saat itu makan pagi. Berada di Cibubur rasanya bingung tidak tau arah. pesta kuliner dan kegiatan terakhir upacara penutupan JAMBORE NASIONAL 2016. Sesampainya di pekalongan. Let’s Go!. selfie bersama dan juga makan bersama. gembira berada di perkemahan menyelimuti kami. Berbagai macam kegiatan seperti petualangan di Jungle land Bogor. Berwajah sedih karen akan berpisah dengan orang tua selama 10 hari.

Sesampainya di Ngawi berhenti di Supermarket dan semuanya turun membeli Es Krim. Semoga menjadi motivasi buat kita semua dan pastinya Elang Scout makin jaya ke depannya By : Afie Adinnisa (PDCI 2) .makan pagi.30 Kontingen Blitar telah sampai di Kwarcab yang telah dinanti orang tua. Setelah selesai perjalan dilanjutkan kembali. Alhamdulillah pada pukul 23. saat H-3 tidak boleh membeli es krim takutnya saat hari kondisinya drop. Akhirnya semua berpisah dengan raut muka sedih. Nah itu sob sekedar cerita singkat saat Afie berada di Cibubur.

Wah… Hebat banget. Di sini kami baru bisa mendapatkan bahan pidato sehari sebelum perlombaan dimulai guys. yang pastinya dijamin bakalan seru banget. Saat berada di kelas kami sempat kebingungan dalam berlatih karena disamping itu kami berenam harus menata kelas yang nantinya akan dilombakan. Yang pertama berawl dari pidato 3 bahsa nih guys. Pastinya kalian semua pengen ikutan kan? Tapi adain aja sendiri dirumah… heheh bercanda kok sobat Masekta.. Meskipun nerveous menghapiri. Dan ternyata guys. tambah maju dan pastinya tetap meraih banyak prestasi ya… Amin… Oh iya sobat Masekta. Dan dibalik perlombaan tersebut ada suka duka yang pastinya kami hadapi sobat Masekta. kami semua masih bisa mengikuti Milad Madrasah tercinta dan sekaligus berpartisipasi dalam banyak perlombaan yang dijamin seru dan pastinya kece abis. Madrasah kita yang tercinta mengadakan banyak perlombaan lho guys. Merek menyurh kami agar fokus dalam perlombaan. tuturku dalam hati. kaligrafi. balap karung. Kalian pasti penasaran kan gimana usaha-usaha mereka. kamipun berusaha menampilkan yang terbaik meski[pun sempat nerveous. tenis meja dan MTQ. Langsung aja… Ini dia… Dari sini kelas kami PDCI 2 memiliki kesempatan yang sangat baik.Selamat Ulang tahun… Selamat Ulang tahun… Selamat Ulang tahun Madsaneja… Selamat Ulang tahun… Halo sobat Masekta? How are you today? Pastinya baik-baik aja kan? Alhamdulillah deh kalau gitu. Akhirnya kamipun berhail menyelesaikan tugas kami berenam dengan lancar. kami yakin dari usaha yang telah kami lakukan. Kalian tau nggak? Untumk merayakan miladnya yang ke-46. . bulu tangkis. Yang dari perayaan Milad. kelas ini berhasil menyambet 8 kejuaraan lho guys. eh… sobat Masekta by the way ada yang baru ulang tahun lho? Siap coba? Ya pastinya MTsN Jabung tercinta yang kemarin tepatnya tanggal 19 September 2016 baru aja merayakan Miladnya lho sobat Masekta. Dan akhirnya hari H pun telah datang. Wah… Semoga tambah keren. Kami berenampun merasa kebingungan dan terpojok dalam keadaan ini. Alhamdulillah semoga dapat hasil yang terbaik. karena ternyta oh ternya guys saingan berat-berat dan tak kalah hebatnya dari kami. Allah pasti memberikan yang terbaik. disamping itu teman yang lain bisa mengerti kesulitan kami. kekompakan mereka dan pastinya keseruan yang diciptakan dari kelas PDCI 2. Eh. karena dari kesibukan kelas kami pada pelajaran. Selain itu disini ada cerita menarik dan sangat berkesan lho sobat Masekta. agar kami berenam dapat menampilka yang terbaik dan membuat mereka bangga atas keberhasilan kami nanti. Kami berenampun sangat gelisah guys karena belum ada teks yang bisa kami fahami dan hafalkan dengan baik. sendok kelereng. Disini kami berkesempatan mengikuti 7 perlombaan diantaranya pidato 3 bahasa. yaitu dri kelas PDCI 2. kebingungan kami dan kegelisahan yang kmai hadapi saat itu. Oke kita akan kupas satu prsatu nih guys. menggiring balon dengan kipas.

akan tetapi karena minat teman sekelas kami dia berhasil mewakili kelas PDCI masuk ke partai final tunggal putri guys. pastinya pengen kaya gitukan? Tingkatkan lagi ya usaha-usahanya oh iya da sedikit pesan nih dari PDCI 2 buat sobat Masekta semuanya. Selalu jga kekompakan ya dan tak lupa tetaplah tersenyum. senin pagi tanggal 19 September 2016. karena sikap kami tang terlalu egois dan ditambah teman-teman yang ingin mengikuti 2 perlombaan dalam waktu yang bersamaan. dan ternnyata cabang bulu tangkis yang tadinya tidak ada perwakilan. Kini saaatnya waktu yang kami tunggu- tunggu. yaitu: “Jangan pernah menyerah ya buat sobat masekta. . Aku pun sebagai ketua kelas sempat melarang. namun itu bukanlah penghalang dalam kita meraih cita. wajah semakin merah merona pertanda kebanggaan dari kami semua. sobat Masekta setelah 7 perlombaan kami jalani. kita lanjut ke 6 perlombaan yang tersisi. Kata syukur tak henti-hentinya kami ucapkan guys. Namun itu adalah pemicu untuk kita lebih tawakal dan ihktiar dalam meraihnya. Oke gusy kita tinggal dulu ya untuk pidato 3 bahasa. akan tetapi minat mereka terhadap perlombaan tersebut tidak bisa dipungkiri akhirnya aku pun meizinkan merek aguys. wajah kami memucat dan sempat terlintas pula difikirkan kami apakah bisa kami jadi pemenang? Akhirnya satu persatu cabang perlombaan disebutkan dan ternyata oh ternyata terdengar nama-nama anak PDCI 2 kelar sebagai pemenang pada 4 liga dan berhasil menyabet 7 kejuaraan dari 4 liga tersebut. meski cobaan menghadang kita. Di 6 perlombaan ini kami satu kelas sempat bentrok nih sobat Masekta. Hebat ya… Nah. Sobat Masekta. Hati kami berdetak guys dag-dig-dug.