You are on page 1of 10

URAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION

)
BAGIAN PERSONALIA

1. Nama Jabatan : Kepala Bagian Personalia
2. Unit Kerja Atasan : Wakil Direktur Umum
3. Nama Jabatan Bawahan Langsung :
a. Sub Bag. Data dan Informasi Kepegawaian
b. Sub Bag. Administrasi dan Umum
4. Rumusan Tugas :
- Menyusun rencana dan program kerja,
- Mengelola data dan informasi kepegawaian
- Mengatur administrasi dan umum,
- Mengkoordinir dan menilai bawahann dilingkungan RSIA Annisa berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. RINCIAN TUGAS :
1. Menyusun rencana dan program kerja bagian sebagai pedoman kerja ;
2. Membagi tugas pelaksanaan pekerjaan kepada Kepala Sub Bagian sesuai dengan bidangnya ;
3. Memberi petunjuk dan arahan pekerjaan kepada Kepala sub bagian untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
4. Mengkoordinasikan Kepala Sub bagian dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik ;
5. Menilai prestasi kerja Kepala sub bagian sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier; Membagi tugas bawahan
sesuai dengan bidangnya;
6. Melaksanakan urusan surat menyurat, pengetikan, penggandaan ekspedisi dan kearsipan dibidang administrasi umum dan
administrasi kepegawaian
7. Menyusun konsep rencana pengadaan dan penghapusan barang perlengkapan sebagai bahan masukan atasan;
8. Melaksanakan urusan penyimpanan/distribusi dan perawatan barang perlengkapan untuk ketepatan dan keamanan
penggunaan barang ;
9. Melaksanakan inventarisasi terhadap barang inventaris untuk tertib administrasi
10. Melaksanakan urusan penerimaan tamu pimpinan, upacara resmi, pertemuan resmi, dan perjalanan dinas untuk ketertiban
dan kelancaran tugas pimpinan;
11. Memelihara kebersihan, keindahan dan keamanan ruang kantor, halaman, gedung, fasilitas umum dan pertemuan untuk
kenyamanan kerja ;
12. Menyusun rencana kebutuhan pegawai berdasarkan data dan informasi ;
13. Menyusun konsep mutasi pegawai sebagai bahan masukan untuk atasan sesuai dengan peraturan yang berlaku;
14. Menyusun konsep pengangkatan atau pemberhentian karyawan sesuai dengan kebutuhan;
15. Memproses permohonan izin, cuti pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku.
16. Mengajukan usul pembuatan kartu Jamsostek (Jaminan Kesejahteraan pegawai lainnya) berdasarkan ketentuan yang
berlaku;
17. Menyusun dan melaksanakan kegiatan administrasi mengenai Penggajian Pegawai Tetap maupun Pegawai Tidak Tetap;
18. Menyusun rencana penggunaan anggaran di lingkungan RSIA Annisa sesuai dengan kebutuhan;
19. Menyusun DUK Pegawai sesuai dengan ketentuan yang berlaku ;
20. Memonitor pelaksanaan penggunaan anggaran;
21. Menelaah peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang ketatausahaan ;
22. Mengonsep rencana dan program kerja RSIA Annisa sebagai bahan masukan bagi pimpinan;
23. Menyusun laporan bagian Tata Usaha sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan
tugas;
24. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan;

Keuangan RSIA Annisa Konsultasi 5. Ka. Humas RSIA Annisa Konsultasi 4. 3. Program dan Data Informasi. Saleh. Ka. Petunjuk pelaksana dan petunjuk Teknis dibidang administrasi umum. 7. Ka.Direktur M.6. Program dan Data Informasi. Logistik RSIA Annisa Konsultasi Jambi. Peraturan dibidang Administrasi umum. HUBUNGAN KERJA : No. Peraturan Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. Juli 2008 RSB Annisa An. PEDOMAN KERJA : 1. Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 3. Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. Direktur RSIA Annisa Konsultasi 2. SE Wadir Umum URAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION) .

Unit Kerja Atasan : Ka. Rumusan Tugas : . 6. Juli 2008 RSB Annisa An. Keuangan RSIA Annisa Konsultasi 5.Menjaga / merawat alat-alat kerja Cleaning service . 4. Direktur RSIA Annisa Konsultasi 2. Petunjuk pelaksana dan petunjuk Teknis Bagian Personalia. Membuang sampah yang ada di tong sampah ruangan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa pada tempat yang telah disediakan. Logistik RSIA Annisa Konsultasi Jambi. Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. Ka. Ka. Personalia RSIA Annisa Konsultasi 4. Membersihakan halaman depan dan halaman samping Rumah Sakit Bersalin Annisa. Menjaga kebersihan ruangan tangga di lantai 1 s / d 3 Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa. Personalia 3. Ka. Nama Jabatan : Cleaning Service 2. 7. HUBUNGAN KERJA : No.Membuat rencana kebutuhan alat-alat kerja cleaning service 5. 7. 2.Menjaga Kebersihan di lingkungan RSIA Annisa . Mebersihkan ruangan praktek dokter dan mengepel lantai praktek dokter. 8.Menyimpan Alat-alat kerja di gudang penyimpanan . - b. 6. Membersihkan dan mengepel lantai ruangan / lantai ruangan rawat inap di seluruh bagian Rumah Sakit Bersalin Annisa. RINCIAN TUGAS : 1. Membantu mendorong tandu pasien jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 3. Nama Jabatan Bawahan Langsung : a.Direktur URAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION) BAGIAN SECURITY . Membersihkan kaca jendela atau kaca pintu diseluruh bagian ruangan Rumah Sakit Bersalin Annisa. BAGIAN CLEANING SERVICE 1. 3. Membersihkan dan mengepel lantai ruangan adm / kasir. Peraturan Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. PEDOMAN KERJA : 1. - 4. 5.

Membuat rencana kebutuhan alat-alat kerja security jika diperlukan 5. Peraturan Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. Wakil Direktur.Menjaga kebersihan lingkungan Pos penjagaan. 5. Melakukan patroli keliling ruangan / Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa pada jam-jam tertentu. Direktur RSIA Annisa Konsultasi . 3. Petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis 7. 7. RINCIAN TUGAS : 1.Menjaga Keamanan dan Ketertiban di lingkungan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa . Menjamin bahwa tamu yang berkunjung tersebut mempunyai data / identitas yang jelas. Nama Jabatan Bawahan Langsung : a.Menjaga / merawat alat-alat kerja dan barang iventaris Security . Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. - 4.Memantau dan memonitoring setiap tamu yang keluar masuk Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa . Wajib mengutamakan kepuasan pasien / keluarga pasien yang datang ke RSIA Annisa 9.1. Rumusan Tugas : . Memberikan laporan ke atasan jika menemukan sesuatu keganjilan / kejanggalan yang menyangkut nama baik Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa dan nama baik karyawan. 6. Membantu mendorong tandu pasien dan membantu / mengatur parkir kendaraan yang keluar masuk halaman parkir RSIA Annisa. 8. 4. Unit Kerja Atasan : Direktur. Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. - b. Nama Jabatan : Security 2. 3. . Mendata setiap tamu yang berkunjung ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa atau setiap tamu yang ingin bertemu dengan pimpinan / atasan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa. PEDOMAN KERJA : 1. Petunjuk pelaksana dan petunjuk Teknis Bagian Personalia. Wajib menegur setiap tamu yang membuat keonaran / berprilaku yang tidak sopan yang berkunjung ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa. Wajib membuat dan mengisi buku kegiatan shif dan melaporkan keadaan situasi selama menjalankan jam dinas. HUBUNGAN KERJA : No.Personalia 3. 6.

Juli 2008 RAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION) BAGIAN REKAM MEDIS 1. 5. Peraturan Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2.Membuat laporan keuangan dengan baik . . HUBUNGAN KERJA : No. Ka. 3. RINCIAN TUGAS : 1. Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 3. Personalia RSIA Annisa Konsultasi 4. Wakil Direktur. 6. Wajjb melaporkan ke atasan jika terdapat penyimpangan pada laporan keuangan yang dibuat. Ka. PEDOMAN KERJA : 1. Nama Jabatan Bawahan Langsung : a. Petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis 7. Melaporkan transaksi pemakaian alat-alat medis dan alat-alat non medis. Rumusan Tugas : . 2.Membuat rencana kebutuhan alat-alat kerja jika diperlukan 5. Unit Kerja Atasan : Direktur.benar dan tepat . Melaporkan seluruh transaksi keuangan tentang pasien yang berobat 3. Bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan jumlah uang yang ada di meja kasir.Ka.Menjaga kerahasiaan laporan keuangan yang dibuat. Rekam Medis 3. Nama Jabatan : Rekam Medis 2. Jambi. 6. Keuangan 3. Petunjuk pelaksana dan petunjuk Teknis Bagian Personalia. URAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION) BAGIAN KEUANGAN 1. - 4. 5. Wakil Direktur. Unit Kerja Atasan : Direktur. - b. Nama Jabatan : Keuangan / Kasir 2. Menginput semua transaksi keuangan pada laporan keuangan dengan tepat dan benar .Menjaga laporan keuangan yang dibuat tersimpan dengan baik dan aman . Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. Keuangan RSIA Annisa Konsultasi 4. Melaporkan transaksi pemakaian kupon makan dengan benar dan tepat. 4. 2. Koord. 5. Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 3. Direktur RSIA Annisa Konsultasi 2. Nama Jabatan Bawahan Langsung : .

RM RSIA Annisa Konsultasi 4. Wakil Direktur. 4. ) sesuai dengan kebutuhan pasien. .Direktur M. - 4. HUBUNGAN KERJA : No.Personalia RSIA Annisa Konsultasi Jambi. SE Wadir Umum URAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION) DRIVER 1. RM. Nama Jabatan : DRIVER 2. Peraturan Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. RINCIAN TUGAS : 1. Direktur RSIA Annisa Konsultasi 2. Koord. Memberikan informasi yang jelas kepada pasien / pengunjung yang akan berobat tentang cara pendaftaran pasien ( fungsi operator telpon ). Mengisi laporan Rekam Medis ( menginput kartu berobat. 3.Menjamin seratus persen laporan rekam medis yang dibuat benar dan tepat . Mengarsifkan berkas rekam medis ke rak file / rak penyimpanan yang sudah disediakan berdasarkan penomoran. Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. Petunjuk pelaksana dan petunjuk ………………… 7. PEDOMAN KERJA : 1. Menginput data-data pasien ke aplikasi RSIA Annisa.Menjamin bahwa laporan rekam medis yang dibuat tersimpan dengan baik dan aman . Humas . Menjamin bahwa berkas rekam medis yang dibuat tersimpan dengan baik dan aman. 2. 6. 5. Ka Logistik . Petunjuk pelaksana dan petunjuk Teknis Bagian Personalia. Menjaga kerahasiaan laporan rekam medis yang dibuat. Membuat rekap laporan rekam medis ( harian. Ka. Rumusan Tugas : . Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 3.Saleh. Personalia.01/ rawat darurat dan rawat inap. Ka.Membuat rencana kebutuhan alat-alat kerja jika diperlukan 5.berkas rawat jalan. Ka. 6. a. - b.Humas RSIA Annisa Konsultasi 5. bulanan dan tahunan). Juli 2008 RSB Annisa An.Menjaga kerahasiaan laporan rekam medis yang dibuat. 7. 3. berkas rawat inap. Unit Kerja Atasan : Direktur.Ka.

HUBUNGAN KERJA : No. Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. Ka. Bertanggung jawab terhadap Preventive Maintenance / perawatan kendaraan Operasional 5. Bertanggung jawab terhadap alat-alat / peralatan kendaraan operasional 6. - b. Ka. Peraturan Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. Personalia RSIA Annisa Konsultasi 4. PEDOMAN KERJA : 1. 6. melaporkan jika ada perbaikan / perawatan atau kerusakan pada kendaraan operasional. - 4. Humas RSIA Annisa Konsultasi 5. RINCIAN TUGAS : 1. Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 3. Nama Jabatan Bawahan Langsung : a. Bertanggung jawab terhadap keamanan kendaraan operasional. Petunjuk pelaksana dan petunjuk ………………… 7. Direktur RSIA Annisa Konsultasi 2. Bertanggung jawab terhadap kelancaran transportasi pasien yang membutuhkan kendaraan RSIA Annisa 3. 4. Bertanggung jawab terhadap kelancaran transportasi atasan / pimpinan 2. Ka. Logistik RSIA Annisa Konsultasi Ja . Melaksanakn tugas-tugas umum lainnya disamping tugas pokok sebagai Driver 7. Petunjuk pelaksana dan petunjuk Teknis Bagian Personalia. Membuat.3.Menjamin bahwa kendaraan operasional bisa dioperasikan denga baik - 5. 3. Rumusan Tugas : .

Mengantar Cleaning Servis membuang sampah RSIA Annisa setiap pagi atau sore di lokasi pembuangan sampah 2. Tugas-tugas lain : Jika Sedang tidak mengantar Pimpinan / Stand By bertugas : 1. Membantu mengetap solar untuk keperluan genset dan mengantar pembelian minyak tanah untuk incenerator. Direktur Dr.Rincian tugas Driver Tugas Pokok : 1. Menjaga kebersihan kendaraan operasional RSIA Annisa 6. Mengantar / menjemput karyawan yang berhubungan dengan tugas operasional Rumah sakit 5. Mengantar / menjemput pimpinan pada saat jam dinas atau di luar dinas 2. Membantu mobilisasi pasien keluar masuk RSIA Annisa 4. H. Bertanggung jawab terhadap perawatan / servis berkala kendaraan operasional 7. Maulana . Membuat laporan kegiatan pengoperasiaan kendaraan operasional. Januari 2009 An. Mengantar / menjemput pasien jika ada permintaan baik untuk pasien rawat jalan maupun rawat inap 4. Antar jemput anak Direktur saat sekolah atau les 3. 3. Bekerjasama dengan bagian-bagian lainnya untuk meningkatkan kenyamanan pasien yang berkunjung ke RSIA Annisa Jambi.

Menyediakan obat-obatan yang diperlukan oleh rumah sakit. Melakukan pengecekan BHP yang ada di logistic setiap hari. 9.Mengatur Pendistribusian Barang Medis Dan Non Medis . 6. 11. Mendata semua barang milik RSIA Annisa.Menyusun Rencana Dan Program Kerja Logistik . Melakukan pengorderan barang yang di butuhkan jika stok di logistic tidak ada. Staff Logistik b. Memberi petunjuk dan arahan pekerjaan kepada kepala ruangan untuk kelancaran pengamprahan barang medis dan non medis. Nama Jabatan Bawahan Langsung : a. Bag. . 12. Rincian Tugas : 1. 10. Melakukan pengecekan BHP di setiap ruangan setiap hari. Unit Kerja Atasan : Direktur.Melakuakan Pengecekan Pada Semua Barang Infentaris Milik RSIA Annisa 5. Wakil Direktur 3. 7. Bag. 4. Rumusan Tugas : . 8. Membuat rekap pemesanan BHP. dll. 5. 2. Melapor/memberitahu ke pihak keuangan jika melakukan pengorderan BHP. URAIAN JABATAN (JOB DESCRIPTION) BAGIAN LOGISTIK 1. genset. Membuat daftar harga BHP yang digunakan sesuai dengan persetujuan direktur atau wakil direktur RSIA Annisa. 3.Memelihara semua fasilitas RSIA Annisa . Menjaga Hubungan Baik Dengan Seluruh Karyawan RSIA Annisa. IPRS c. Nama Jabatan : Kepala Bagian Logistik 2. Berkoordinasi dengan IPRS mengenai perawatan dan perbaikan gedung dan alat milik RSIA Annisa seperti insenerator. Selalu kordinasi dengan staf logistik mengenai pekerjaan yang dilakukan. Melakukan pengecekan barang infentaris bulanan di tiap ruangan. 13. Umum 4.

Program kerja Logistik 7. Humas RSIA Annisa Pekerjaan 5. Hubungan Kerja : No. Ka. Wadir Umum RSIA Annisa Konsultasi 4 Ka. SE . Ka. Juli 2008 RSB Annisa Wadir Umum M. Peraturan Dan Tatatertib Perusahaan Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa 2. Seluruh Karyawan RSIA Annisa Pekerjaan Jambi. Pedoman Kerja : 1. Protap Tentang Pendistribusian obat-obat Logistik 3. Nama Jabatan Unit Kerja Dalam Hal 1. Keuangan RSIA Annisa Pekerjaan 6.6. Wadir Pelayanan RSIA Annisa Konsultasi 3. Personalia RSIA Annisa Pekerjaan 6. Saleh. Direktur RSIA Annisa Konsultasi 2.