You are on page 1of 7

ANALISIS INFORMASI KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN:PENDAHULUAN

Oleh Kelompok :

I Gede Rikotama (1515351171)

I Nym. Toni Artana Putra (1515351174)

PROGRAM EKSTENSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS UDAYANA

DENPASAR

2017

1

perubahan teknologi.seperti resesi.1.3 Kesehatan Pemasok Perusahaan ingin memastikan bahwa pemasok tersebut sehat dan bisa bertahan terus.yang menjadi tujuan pokok adalah menilai kemampuan perusahan untuk mengembalikan pinjaman yang diberikan beserta bunga yang berkaitan dengan pinjaman tersebut.faktor-faktor industri seperti persaingan. Investor saham akan memperoleh tingkat keuntungan dari deviden yang dibagikan. Tantangan analisis bukan melakukan perhitungan semacam itu.ditambah perbedaan nilai perusahan pada waktu pertama kali investasi dengan nilai pada beberapa waktu kemudian (capital gain). Dengan kredit jangka pendek analis akan memfokuskan kemampuan perusahaan membayar kewajiban-kewajiban jangka panjang pada saat jatuh tempo. Dengan kemungkinan kerja sama yang terus menerus.inflasi. 2 . 1. 1. kemampuan untuk menghasilkan kas untuk memenuhi operasi sehari-harinya dan kemampuan membayar kewajibannya pada saat jatuh tempo.pembeli tersedianya barang-barang substitusi dan faktor-faktor dari perusahaan. melainkan melakukan analisis dan mengiterpretasikan rasio-rasio keuangan yang muncul. 1.1 Investasi pada Saham Investor atau calon investor akan tertarik pada tingkat keuntungan yang diharapkan untuk masa-masa mendatang relative terhadap risiko perusahaan tersebut.Analisis Laporan Keuangan Analisis terhadap laopran keuangan suatu perusahaan pada dasarnya karena ingin mengetahui tingkat profitabilitas dan tingkat resiko atau tingkat kesehatan suatu perusahaan.1.1 Beberapa Tujuan Analisis Keuangan 1.tetapi mempunyai tingkat resiko yang rendah. kondisi keuanagan.2 Pemberian Kredit Dalam analisis ini.kekuatan tawar menawardari supplier. Risiko yang berkaitan dengan investasi saham pada dasarnya sama dengan risiko yang berkaitan dengan perusahaan pada umumnya. Beberapa faktor tersebut adalah kondisi perekonomian. analis dari perusahaan akan berusaha menganalisis profitabilitas perusahaan pemasok.1. Yang paling menarik tentu saja adalah perusahaan yang mempuyai tingkat keuntungan yang tinggi.

8 Analisis Pesaing Kondisi keuangan pesaing bisa dianalisis oleh perusahaan untuk menetukan sejauh mana kekuatan keuangan pesaing.5 Kesehatan Perusahaan ditinjau dari Karyawan Karyawan atau calon karyawan barangkali akan tertarik menganalisis keuangan perusahaan untuk memastikan apakah perusahaan atau perusahaan yang akan dimasuki tersebut mempunyai prospek keuangan yang bagus.7 Analisis Internal Pihak internal perusahaan sendiri akan memerlukan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan untuk menentukan sejauh mana perkembangan perusahaan. jangka waktu kredit. Informasi ini bisa dipakai untuk menentukan besarnya ganti rugi yang dibayarkan ke perusahaan. besar kecilnya usaha pelanggan dan lain-lain.1. Bagi pihak manajemen. analisis keuangan bisa dipakai pihak asuransi untuk menentukan besarnya kerusakan yang dialami oleh perusahaan. Informasi semacam ini bisa dipakai untuk penentuan strategi perusahaan seperti strategi harga.4 Kesehatan Pelanggan Apabila perusahaan akan memberikan penjualan kredit kepada pelanggan maka perusahaan memerlukan informasi keuangan pelanggan. atau untuk mengevaluasi peubahan strategi. 1.1. menetukan tingkat keuntungan yang wajar bagi suatu industry dan untuk menentukan layak tidaknya perusahaan tersebut untuk go public. 1.1. Misalnya barang dagangan perusahaan mengalami kebakaran dan perusahaan mengasuransikan barang dagangan tersebut. strategi merebut pangsa pasar.1.9 Penilaian Kerusakan Kadangkala analisis keuangan juga bisa dipakai untuk menentukan besarnya kerusakan yang dialami oleh perusahaan. untuk perencanaan. terutama informasi mengenai kemampuan pelanggan memenuhi kewajiban jangka pendeknya. 1. 3 . jenis usaha pelanggan. 1. dan keputusan-keputusan lainnya.1. kondisi keuangan. Beberapa yang dianalisis yaitu profitabilitas.informasi keuangan tertentu bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. 1. Analisis yang dilakukan akan tergantung pada besarnya kredit.1.1. kemampuan menghasilkan dari perusahaan tersebut.6 Pemerintah Pemerintah bisa menganalisis keuangan perusahaan untuk menentukan besarnya pajak yang kan dibayarkan.

Struktur modal akan ditentukan oleh beberapa faktor seperti agresivitas manajemen. 1. peraturan pemerintah. 1. kreditr. utang dan modal pemilik. pemerintah.2. 1. Fakto-faktor dalam industri yang bisa mempengaruhi perusahaan antara lain: persaingan. supplier.biaya rendah dan focus. karyawan.dan kekuatan tawar menawar dengan supplier atau pembeli. Melalui kegiatan operasonal inilah perusahaan berusaha mencapai tujuan pokoknya. A. Manfaat ekonomis masa mendatang bisa diuukur.2 Kegiatan Perusahaan 1.3.3 Laporan Keuangan Pokok 1. Tetapi pada umumya tujuan perusahaan mempunyai tujuan yang bersifat ekonomis dan non ekonomis.2. Faktor-faktor dalam lingkungan makro yang menentukan perusahaan antara lain: kondisi perekonomian secara keseluruhan. yaitu meningkatkan nilai perusahaan yang berarti meningkatkan kemakmuran pemegang saham.1 Neraca Neraca digunakan untuk mengambarkan kondisi keuangan perusahaan yang meliputi asset. GNP. bisa dikuantifikasikan dengan tingkat ketepatan yang memadai 4 . 1.dan reputasi perusahaan.Kondisi internal perusahaan juga akan menentukan perusahaan seperti manajemen.2.1.teknologi. tingkat bunga tingkat pengangguran. inflasi.2. Strategi perusahaan dapat diklasifikasikan dengan beberapa cara misalnya diferensiasi.4 Operasi Kegiatan-kegiatan investasi dan pendanaan di atas kemudian diterjemahkan e dalam kegiatan operasional perusahaan. Penilaian dan Klasifikasi Aset Sumber daya yang diakui sebagai asset apabila: 1.2 Tujuan dan Strategi Perusahaan Tujuan Perusahaan tergantung dari misi perusahaan.karyawan. Perusahaan memperoleh hak penggunaan asset tersebut sebagai hasil transaksi atau pertukaran pada masa lalu 2.3 Kegiatan Investasi dan Pendanaan Perusahaan memperoleh pendanaannya dari berbagai sumber: pemilik saham. Pengakuan.1 Lingkungan Perusahaan Lingkungan eksternal perusahaan bisa dikelompokkan ke dalam lingkungan makro dan lingkungan industri di mana perusahaan beroperasi.tingkat pajak perusahaan dan tingkat leverage.

Kewajiban yang harus dipenuhi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun atau dalam jangka siklus bisnis perusahaan. Pendapatan mengukur aliran masuk asset bersih setelah dikurangi utang dari penjualan barang atau jasa.2 Laporan Laba Rugi Laporan laba rugi merupakan laporan prestasi perusahaan selama jangka waktu tertentu.3. Penilaian dan Pelaporan Modal Saham Saham merupakan klaim paling akhir urutannya atau haknya. Dalam klasifikasi asset dalam laporan keuangan cukup beragam. jumlah yang harus dikeluarkan apabila perusahaan ingin memperoleh asset tersebut saat ini. tetapi pada dasarnya klasifikasi tersebut mencakup beberapa jenis asset yaitu : 1.komitmen untuk melakukan pembelian tidak diakui sebagai utang karena manfaat akan diterima pada masa mendatang. bangunan. Aset bisa berupa asset moneter dan asset non moneter. Kewajiban yang harus dipenuhi lebih dari satu tahun biasanya dimasukkan dalam utang jangka panjang. Penilaian dan Klasifikasi Utang Kesulitan yang mungkin timbul dalam pengakuan utang adalah manfaat atau jasa yang diterima perusahaan tidak mesti terjadi pada masa yang lalu. dikelompokkan dalam utang lancar. jumlah yang diperoleh saat ini apabila asset tersebut dijual dan present value dari aliran kas yang bisa dihasilkan oleh asset tersebut pada masa-masa mendatang. maka kas yang ada dipakai untuk melunasi utang terlebih dulu. baru kemudian kalau ada sisanya. 1. Bila perusahaan mengalami kebangkrutan. Sedangkan asset non moneter untuk menetapkan nilainya dengan cara seperti jumlah yang dikeluarkan untuk memperoleh asset tersebut.pabrik dan peralatan 3. bukan telah diterima pada masa lalu. C. Pengakuan. Tujuan pokok dari laporan laba rugi adalah melaporkan kemampuan perusahaan yang sebenarnya untuk 5 . Laba ersih merupakan selisih antara total pendapatan dikurangi dengan total biaya. investasi 4. aktiva lancar 2.perjanjian leasing. J ika jangka waktu klaim lebih dari satu tahun maka asset moneter dinyatakan dalam present value dari aliran kas pada masa mendatang. Biaya mengukur aliran keluar asset bersih karena digunakan atau dikonsumsi untuk memperoleh pendapatan.Total modal sendiri terdiri dari jumlah yang disetor oleh pemegang sahamditambah dengan laba ditahan. aktiva tak berwujud B. Sebagai contoh. kas tersebut digunakan untuk membayar pemegang saham.

pabrik dan pabrik. = penjualan barang dan operasi operasi perusahaan jasa +/- Investasi Kas diterima dari Kas dibayarkan untuk Aliran kas bersih dari penjualan investasi .bangunan. hasil dari tiga kegiatan pokok perusahaan yaitu operasi. Laba dari penjualan pabrik (perusahaan retailing) b.pera peralatan latan +/- Pendanaan Kas diterima dari Kas dibayarkan untuk Aliran kas dari utang (obligasi) emisi .akuisisi = investasi bangunan. Laba dari perubahan metode akuntansi Infomasi kemudian akan dipakain untuk memprediksi kemampuan perusahaan pada masa mendatang.3. Pendapatan operasional b. Berikut ini contoh laba tersebut: a. Laba (Rugi) luar biasa d. memperoleh untung. Komponen Laporan arus kas Operasi Kas diterima dari Kas dibayarkan untuk Aliran kas dari . investasi. Rugi karena pabrik perusahaan tersebut terbakar c. Standar Akuntansi mengharuskan laporan keuangan mengelompokkan pendapatan atau rugi ke dalam empat klasifikasi: a. Laba (Rugi) dari pemberhentian operasi cabang bisnis c. Kadang-kadang perusahaan memperoleh laba pada situasi yang tidak normal.3 Laporan Aliran Kas Laporan ini menyajikan informasi aliran kas masuk atau keluar bersih pada suatu periode.investasi.pendanaan. pembayaran utang = Aliran kas bersih untuk periode tertentu 6 .pembelian = pendanaan saham saham kembali. = deviden. Laba (Rugi) karena perubahan prinsip atau metode akuntansi 1.

Abdul halim dkk. Analisis Laporan Keuangan. YKPN 7 . DAFTAR PUSTAKA Mahmud. 2016. Yogyakarta.