You are on page 1of 9

RINGKASAN

MATERI FISIKA
PEMANASAN GLOBAL

OLEH
NAMA : NI MADE GAYATRI
NO : 12
KELAS : XI MIPA 6

SMA NEGERI 1 GIANYAR
Tahun Ajaran 2016/2017

pada saat ini suhu di permukaan bumi sudah menunjukkan peningkatan yang sangat drastis yaitu sekitar 0. Penyebab Pemanasan Global (Global Warming) . GEJALA PEMANASAN GLOBAL Pengertian pemanasan global (global warming) banyak didefinisikan para ahli dimana proses. Gejala-gejala pemanasan global adalah pergantian musim yang sulit kita prediksi. A. Gejala Pemanasan Global 1. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuk jumlah gas rumah kaca yang menjadi perangkap glombang . Menurut para ahli bahwa pemanasan permukaan Bumi terjadi karena meningkatnya gas rumah kaca di atmosfer yang merangkap panas. tidak hanya itu. Kita semua tahu dampaknya sangat membahayakan bagi kesehatan bumi kita dan tentu berdampak bagi seluruh penghuni bumi. namun dampak pemanasan global sangat besar bagi Bumi dan kehidupan di Bumi. Efek rumah kaca Permukaan bumi akan menyerap sebagia panas dan memantulkan kembali sisa nya. dampak/akibat dan cara mengatasi merupakan hal yang paling penting dalam kajian seputar pemanasan global. sebagiam dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke luar angkasa. Dalam gejala-gejala atau tanda-tanda terjadinya pemanasan global dapat kita amati dan rasakan. Menurut berbagai penelitian.Banyak para ahli yang mengemukakan pendapat mengenai penyebab atau faktor-faktor terjadinya pemanasan global. sering terjadinya angin puting beliung. penyebab. Pemanasan Global (Global Warming) adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi.6°C yang terjadi dalam satu abad terakhir. dan banjir dan kekeringan di wilayah yang tidak biasa mengalaminya. Peningkatan yang terbilang dan terlihat kecil. terumbu karang yang memutih. ada banyak lagi penyebab terjadinya pemanasan global yang perlu teman-teman ketahui dalam memperbaiki dan menanggulangi hal tersebut.

termasuk lahan yang di ubah untuk merumput .hal ini terjadi berulang ulang ulang dan mengakibatkan suhu rata rata tahunan bumi terus meningkat. secara gelobal di hasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara ) dengan perincian sebagai berikut  36% dari industri (pembakit energi listrik / kilang minyak )  27% dari sektor transportasi  21% dari sektor industri  15% dari sektor ruamah tangga dan jasa  1% dari sektor lain lain 2. Emisi karbon Aktifitas yang menybab kan emisi karbon a. Secara alami. gas rumah kaca ini hanya sekitar 1 % dari seluruh atmosfer.tetapi memiliki peranan sangat signipikan sebagai “jaket” yang membunngkus dan menghangatkan bumi.seperti (CO2).efek rumah kaca secara alami terjadi dan memungkinkan kelangsungan hidup semua mahluk hidup di bumi.metana (CH4) atau di nitro oksida (N2O) suhu di permukaan bumi akan 33 derajat celcius Sumber sumber dari emisi karbondioksida yang merupakan komposisi terbasar dari gas rumah kaca.tanpa adanya gas rumah kaca.4 miliar ton CO2 per tahunya . Perternakan Berikut garis besar menurut FAO tentang sektor perternakan yang menjadi menyumbang emisi gas rumah kaca : 1. Emisi karbon dari pembuatan pakan ternak  Penggunaan bahan bakar fosil dalam pembuatan pupuk menyumbang 41 ton CO2 setiap tahunnya  Pengguanaan bahan bakar fosil di perternakan menyumbang 90 juta ton CO2 pertahunya  Alih funsi lahan yang di gunakan untuk perternakan menyumbeng 2. radiasi ini gas gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi glombang yang di pancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersipan di permukaan bumi .

Transportasi . Sumber yang paling utam nya yaitu pada pembukaan lahan dan pengerjaan tanah e.atau pembukaan hutan untuk lahan perternakan  Karbon yang telepas dari pengoalhan tanah pertanian utuk pakan ternak dapat mencapai 28 juta CO2 per tahunya  Karbon yang terlepas dari padang rumput karna terkikis menjadi gurun menyumbang 100 juta ton CO2 pertahunya 2.5%. Pembangkit energi Sumbangan sektor energi terhadap emisi gas rumah kaca mencapai 25.9% c. ternak. Emisi karbon dari sistem percernaan hewan  Metana yang di lepaskan dalam proses pencernaan hewan dapat mencapai 86 juta pertahunya  Metna yang terlepas dari pupuk kotoran hewan dapat mencapai 18 juta ton per tahunnya 3. Pertaian Sumbangan sektor pertanian terhadap emisi gas ruamh kaca mencapai 13.8 juta ton per tahunnya b. lahan yang diubah untuk menanam kacang kedelai sebagai pakan ternak. Industri Sumbangan sektor industri terhadap emisi gas ruamh kaca mencapai 19.4% Sektor industri ini banyak menyumbangkan gas emisi ya dari peroses pembakaran fosil untuk menghasilkan listrik atau produksi lainnya d. Emisi karbon dari pengolahan dan pengangkutan daging hewan ternak ke konsumen  Emisi CO2 dan pengolahan daging dapat mencapai puluhan juta ton pertahunnya  Emisi CO2 dari pengangkutan peroduk hewa ternak dapat mencapai lebih dari 0.

Sampah Limabah sampah menyumbang 3. sumbangan paling tebesar adalah dari teransportasi darat 79. terutama kehidupan manusia.6% B. 7) Menyebabkan kekeringan di wilayah pertanian sehingga tanaman akan rusak .4% g.Pemanasan global mempunyai dampak/ akibat yang sangat luas yang tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan di bumi.9% h. Hunian dan bangunan komersial Sektor ini menyumbang 7. banjir dan pulau-pulau akan tenggelam.1%.5% di susul teransportasi udara 13% transportsi laut 7% dan kerata api 0.5 % f. Dampak pemanasan global adalah sebagai berikut: 1) Gunung-gunung es akan mencair 2) Curah hujan akan meningkat dan badai akan sering terjadi 3) Air tanah cepat menguap yang akan menyebabkan kekeringan 4) Angin akan bertiup lebih kencang dengan pola yang berbeda-beda yang dapat membentuk angin puting beliung 5) Cuaca menjadi sulit diprediksi dan lebih ekstrem. Alih punsi dan pembabatan hutan Umbangan sektor ini mencapai 17. Sumbangan seluruh sektor transportsi terhadap emisi gas ruamh kaca mencapai 13. baik itu hujan ekstrem atau kekeringan ekstrem 6) Kenaikan permukaan laut yang sangat banyak akan menyebabkan Tsunami. Dampak pemanasan global Dampak Pemanasan Global (Global Warming) .

. Pada tahun 2009 jumlah uranium yang di hasilkan dunia secara keseluruhan mencapai 50. mengurangi pemanasan global adalah salah satu hal yang wajib di lakukan. Efisiensi penggunaan energi merupakan solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan kerusakan lingkunngan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memanpaatkan energi secar efisien antara lain sebagai berikut 1. dehidrasi.australia merupakan negara dengan cadangan uranium terbesar di dunia dengan kandungan 23% dari jumlah ke seluruhan uranium didunia yang di ikuti oleh kazakhstan sebesar 7%. dan stress. malaria. stroke. Pengendalian Pemanasan GlobaL Pemanasan global merupakan salah satu penyebab tidak nyaman nya lingkungan yang ada saat ini untuk di tinggali. 3. Dari data redbook yang di keluarkan oleh IAEA (internasional energy agency).000 ton. 8) Dapat mengakibatkan gagal panen akibat dari cuaca yang ekstem dengan terjadi banjir yang mengakibatkan tanaman pertanian akan terendam 9) Meningkatnya hama pangan akibat dari perubahan iklim 10) Populasi hewan dan tumbuhan akan menurun 11) Meluasnya berbagai penyakit yang dapat menyerang manusia seperti DBD. Mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar b. Menggunkan pemanas air dengan tenaga surya 4. Energi nuklir sebagai energi alternatif Energi nuklir telah menjadi salah satu alternatif energi yang cukup di minati dan banyak di gunakan. 12) Meningkatnya kasus orang meninggal akibat dari cuaca yang panas seperti jantung. Tidak membiarkan peralatan elektronik dalam keadaan stand by. C. Oleh karena itu. Menggunakan lampu hemat energi 2. Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi pemanasan global a.

Energi nuklir sebagai sumber energi yang sedikit mengeluarkan gas rumah kaca menjadi salah satu pilihan guna mendukung upaya pelestarian lingkungan. pencegahan. Indonesia memiliki sumber energi nuklir yang lumayan besar namun belum di gunakan. a) Informasi ilmiah mengenai perubahan ikllim b) Dampak. tidak berpihak dan transparan mengenai informasi teknis . IPCC bersekretariat di Jenawa (Swiss) dan bertemu ussatu tahun sekali di sebuah rapat pleno yang membahas tiga hal utama berikut. dan kerentanan c) Mitigasi perubahan iklim 2. Tugasnya menyediakan data data ilmiah terkini yang menyeluruh. Protokol ini di sepakati pada konferensi para pihak ke tiga (COP 111) yang di selenggarkan di kyoto pada desember 1997. secar individu atau bersama sama. sekaligus menjawab tantangan pemanasan global D. IPCC ( Intergovernmental Panel On Climate Change ) IPCC adalah sebuah panel antar pemerintah yang terdiri dari ilmuan dan ahli dari berbagai di siplin ilmu di seluruh dunia.112 ton yang setara dengan 33. dan adaptasi. Pengguanaan uranium sebesar ini biasanya di guanakan pada pembangkit tenaga listrik yang menggantikan bahan bakar konvensional minyak.termasuk informasi mengenai sumber penyebab perubahan iklim. Indonesia memiliki sumberdaya uranium (dalam hal ini sebagai bahan bakar nuklir) sebanyak 24. Namun berkaca dari pengalaman terkini pemanpaatan energi nuklir. dampak yang di timbulka serta strategi yang perlu dilakukan dalam hal pengurangan emisi.0 GW yang sumbernya berasal dari gunung kalan. Kesepakatan Internasional Pengendalian Pemanasan Global 1. upaya peningkatan setandar keselamatan ofrasional pembangkit listrik tenaga nuklir tetp menjadi prioritas utama guna menjaga keselamatan lingkungan dan manusia.sosial dan ekonomi yang berkaitan dengan isu perubahan iklim . adaptasi. kalimantan barat. Protokol Kyoto Protokol kyoto adalah ke sepakatan yang mengatur upaya penurunan emisi gas rumah kaca oleh negara maju. Protokol kyoto merupakan saran teknis untuk .

Kesetaraan iklim global dan sistem iklim Dimiliki secaar adil dan setara oleh semua umat manusia. Tindakan ke hati hatian. c. Negar industri yang mempunyai emisi gas rumah kaca dibawah batas yang di ijinkan dapatmenjual kelebihan jatah emisinya ke negara industri lain yang tidak dapat memenuhi ke wajibannya. Perdagangan emisi (emisission rading). Tanggung jawab bersama tapi berbeda Semua negara pihak mempunyai tanggung jawab yang sama. b. a. Tujuannya adalh mensetabilkan konsentrasi gas rumah kaca di lapisan udara pad tingkat yang tidak membahayakan sistem ikim global. namun dalam tingkat yang berbeda dalam hal target pengurangan emisi gas ruamah kaca. Apabila ada ancaman ke rusakan yang serius. yaitu mekanisme penurunan emisi negar negara annex 1 ( negara negara yang telah menyumbngakn gas rumah kaca sejak tahun 1850 –an ) dapat mengalihkan pengurangan emisi melalui peroyek bersama dengan tujuan mengurangi emisi akibat kegiatan manusia atau yang meningkatkan peresapan gas rumah kaca. ini adalah mekanisme perdagangan emisi yang hanya dapat di lakukan antar negara industri untuk memudah kan mencapai target. mencapai tujuan konvensi perubahan ikim.prinsip dasar konverensi perubahan Iklim sebagai berikut. Mekanisme pembangunan bersih (clean depelovment mecanisme ) 3. Protokol kyoto mengatur mekanisme fleksibel berikut: a. Prinsip . c. Implementasi bersama (joint implementation). termasuk generasi mendatang b. ketidak adaan kepastian ilmiah tidak boleh di gunakan sebagai alasan untuk menunda . Konvensi perubahan iklim (UNFCCC) Konvensi perubahan iklim adalah kesepakatan internasional tentang penanganan perubahan iklim.

tindakan pencegahan. d. Pembangunan berkelanjutan. Dunia tidak bisa menunggu hasil kajian ilmiah yang mutlak tanpa melakuan sesuatu untuk mencegah dapak pemanasan global lebih lanjut. namun dapat di gambarkan sebagai”pembanguan yang memenuhi ke butuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka pula”. . Prinsip pembanguna masih sering di perdebatakan.