You are on page 1of 4

PEMERINTAH KOTA SURABAYA

DINAS KESEHATAN
UPTD PUSKESMAS BALONGSARI
Jalan Balongsari Tama No.1 Telp. (031) 7417104
SURABAYA

KERANGKA ACUAN KEGIATAN
DEMO TOGA
PUSKESMAS BALONGSARI TAHUN 2016

I. Pendahuluan
Puskesmas Balongsari sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat
memiliki program kegiatan yang harus dilaksanakan. Kegiatan di Puskesmas
Balongsari dijalankan untuk mewujudkan visi yang ditetapkan. Sebagaimana
dijabarkan dalam misi Puskesmas yaitu: memberdayakan masyarakat di
bidang; kesehatan, dan menjadi pusat informasi kesehatan, maka kegiatan
yang dilakukan perlu kerangka acuan, komunikasi lintas sektor yang baik
sehingga dihasilkan pelayanan yang bermutu berbasis keselamatan pasien dan
sasaran program.
Kerangka acuan ini, akan mengatur tekhnis pelaksanaan, sasaran, jadwal,
peran lintas sektor dan lintas program serta cara monitoring evaluasi kegiatan.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan harus dilakukan sesuai tata nilai Puskesmas
yaitu: Bertaqwa, Disiplin, Tanggung Jawab, Jujur, Ikhlas dan Ramah Tamah.
II. Latar Belakang
Dalam rangka peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan
masyarakat, obat tradisional perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Untuk lebih meningkatkan penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang
semakin luas dan kompleks dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.
99a/Menkes/SK/III/1982 tanggal 2 Maret 1982 telah di tetapkan Sistem
Kesehatan Nasional yang merupakan penjabaran pola Pembangunan Nasional
dan sebagai petunjuk pelaksanaan pembangunan dibidang kesehatan.
Sistem Kesehatan Nasional adalah suatu tatanan yang mencerminkan
upaya bangsa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mencapai derajat
kesehatan yang optimal sebagai perwujudan kesejahteraan umum. Flora dan
fauna serta mineral yang berkhasiat sebagai obat harus dikembangkan dan
disebar luaskan agar semaksimal mungkin dapat dimanfaatkan dalam upaya-
upaya kesehatan masyarakat. Tanaman obat keluarga biasa dikenal dengan

dilaksanakan 1 bulan 2x . IV. istilah TOGA merupakan salah satu proses pengenalan serta pemanfaatan tanaman sebagai sarana kesehatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat. khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Waktu Pelaksanaan No Kegiat Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des an Demo TOGA 1 x x x x x x x x x x minggu ke-1 Demo TOGA 2 x x x x x x x x x x minggu ke-2 Keterangan : 1. Tujuan a. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pemanfaatan Tanaman obat keluarga sebagai obat tradisional. Memberdayakan masyarakat dalam pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga yang bernilai guna. Sasaran Program : Dilaksanakan 2x dalam 1 bulan di RW yang ditentukan b. Sasaran Kegiatan : Kader dan warga yang ada di RW Binaan c. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah. Demo toga dilakukan pada tanggal 9 dan tanggal 10. kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. TOGA merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Sasaran dan Waktu Pelaksanaan a. b. III. Lokasi RW Binaan batra yang ada di wilayah kerja Puskesmas Balongsari V. baik di halaman rumah.

Peran Lintas Sektor 1. 3. Petugas memaparkan materi 7. Petugas memberikan sesi tanya jawab 10. Tokoh Masyarakat ( TOMA ) Memotivasi masyarakat untuk menghadiri semua kegiatan program batra. jamu atau minuman kesegaran VIII. Berperan serta dalam memotivasi masyarakat untuk menghadiri semua kegiatan program batra. Bidan Kelurahan (Bikel) Ikut serta dalam kegiatan demo toga dan membantu pelaksanaan kegiatan 3. Langkah-langkah Pelaksanaan 1. Petugas menyebutkan bahan dan alat yang akan digunakan 8. Petugas mempersilahkan undangan mengisi daftar hadir 6. membantu dalam pembuatan leaflet 2. . RT dan RW a. Petugas membuat jadwal demo toga 2. Menyediakan tempat dan memfasilitasi semua kegiatan batra. b. GIZI Bekerjasama dalam mewujudkan inovasi pengolahan tanaman obat menjadi masakan. kudapan. Cleaning Service (CS) Membantu membawakan barang-barang keperluan kegiatan di tempat yang sudah ditetapkan 4. PROMKES Membantu dalam memperkenalkan program-program batra kepada masyarakat. Petugas menjelaskan langkah-langkah cara mengolah tanaman toga 9. Petugas membuat surat undangan demo toga dan meminta persetujuan Kepala Puskesmas 3. Peran Lintas Program 1. Menyiapkan sarana dan prasarana 5.VI. Petugas melakukan pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan demo toga VII. Petugas meminta nomor surat ke ruang TU dan membagikan undangan kepada para kader toga untuk diberikan kepada warga 4. Lurah dan Camat Memfasilitasi kegiatan seperti tempat untuk kegiatan. 2.

X. A. Pencatatan. IX. Batra NIP 19621214 200501 2 006 . pelaporan dan evaluasi kegiatan Petugas batra menyampaikan laporan setiap 1 bulan 1x kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya melalui Puskesmas.Md. Kerangka Acuan Kegiatan ini dibuat. Demikian. atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih Mengetahui Kepala Puskesmas Balongsari Penanggungjawab Program dr. Evaluasi program serta pencatatan dan pelaporan Laporan evaluasi demo toga disampaikan kepada Kepala Puskesmas oleh penanggungjawab kegiatan. Petugas batra telah menyerahkan bukti-bukti pengeluaran yang sah dan benar kepada Dinas Kesehatan Kota Surabaya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Sri Hawati Busrah Hamidah.