You are on page 1of 9

BAB I

Pendahuluan
Latar Belakang
Energi listrik adalah suatu energy yang sangat dibutuhkan oleh Setiap Manusia dalam
kehidupan sehari-harinya. Energy listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik baik itu dari tenaga
mekanis, panas, dll.
Salah satu yang akan dibahas pada makalah ini adalah pembangkit listrik tenaga air
(PLTA) dengan menggunakan turbin yang dikaitkan ke generator dan turbin diputar oleh tenaga
air.

Rumusan Masalah :
 Apakah itu PLTA?
 Bagaimana Prinsip kerja dari PLTA?

Tujuan
 Dengan makalah ini kita bias mengerti dan memahami mengenai PLTA.
 Kita mampu memahami dan menjelaskan prinsip terciptanya listrik melalui PLTA

1

merupakan suatu keharusan untuk dimiliki. BAB II Pembahasan 1. PLTA dapat beroperasi sesuai dengan perancangan sebelumnya.beserta besar air yang tersedia dalam waduk/ dam dan perhitungan besar air yang akan dialirkan melalui pintu saluran air untuk menggerakkan turbin sebagai penggerak sumber listrik tersebut. 3. dengan demikian control terhadap air yang masuk maupun yang di distribusikan kepintusaluran air untuk menggerakkan turbin harus dilakukan dengan baik. 2. Jarak lokasi yang dapat dimanfaatkan terhadap adanya pusat-pusat beban atau jaringan transmisi. perhitungan keadaan air yang masuk pada waduk/ dam tempat penampungan air. bilamempunyai Daerah (DAS) yang potensial sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan dalam pengoperasian PLTA tersebut. walaupun pada musim kemarau panjang. Jumlah air yang tersedia. Pengertian PLTA Pengertian pembangkit listrik tenaga air (PLTA) bekerja dengan cara merubah energipotensial(dari damatauairterjun) menjadienergimekanik(dengan bantuanturbin air) dan dari energy mekanik menjadi energy listrik (dengan bantuan generator) Pembangkit listrik tenaga air konvensional bekerja dengan cara mengalirkan air dari dam keturbin setelah itu air dibuang. dapat beroperasi sepanjang tahun. sehingga PLTA tersebut. Pada saat beban puncak air dalam lower reservoir akan di pompa ke upper reservoir sehingga cadangan air pada waduk utama tetap stabil.sehingga dalam operasi PLTA tersebut. hal manatergantung dari topografi daerah tersebut. Tinggi terjun yang dapat dimanfaatkan. dapat dijadikan sebagai dasar tindakan pengaturan efisiensi penggunaan air maupun pengamanan seluruh sistem. Dalam penentuan pemanfaatan suatu poten sisumber tenaga air bagi pembangkitant anaga listrik ditentukan oleh tiga faktor yaitu: 1. Pada operasi PLTA tersebut. yang merupakan fungsi dari jatuh hujan dan atau salju. 2 .

2.8kg/m2) h:head(m) B.5m.harus melalui beberapa tahapan perubahan energi. g.v. Energi Potensial Energipotensial yaitu energy yang terjadi akibat adanya bedapotensial . Untuk bisa menghasilkan energy listrik dari air. Ek=0.yaitu jarak tinggi air (head) dan berapa besar jumlah air yang mengalir (debit). yang dirumuskan. h Dimana: Ep: EnergiPotensial m: massa(kg) g:gravitasi(9.Jumlah energilistrik yang bisa dibangkitkan dengan sumber daya air tergantung pada duahal. Prinsip PLTA dan konversi energi Pada prinsipnya PLTA mengolah energy potensial air diubah menjadi energy kinetis dengan Adanya head.yaitu akibat adanya Perbedaan ketinggian.yaitu: A. lalu energi mekanisini berubah menjadi energi listrik melalui perputaran rotor pada generator. Besarnya energy potensial yaitu: Ep=m. EnergiKinetis Energikinetis yaitu energi yang dihasilkan akibat adanya aliran air sehingga timbul air dengan kecepatan tertentu.v Dimana: Ek: Energikinetis m: massa(kg) v:kecepatan(m/s) 3 .lalu energikinetis ini berubah menjadi energy mekanis dengan adanya aliran air yang menggerakkan turbin.

diantaranya sudu(runner).C. rumah turbin (spiral chasing).I.sedangkan turbin impuls bekerja karena kecepatan air yang menghantam sudu. ω. katup utama(inletvalve). poros. dirumuskan: Em=T.dan distributorlistrik. Turbin reaksi bekerja karena adanya tekanan air. Energi Mekanis Energi mekanis yaitu energy yang timbul akibat adanya pergerakan turbin.pipalepas (drafttube). bantalan(bearing). t Dimana: El: EnergiListrik V: tegangan (Volt) I :Arus(Ampere) t :waktu(s) 3. posisi sudunya tetap (tidak bisadigerakkan). Komponen dasar PLTA Turbin merupakan peralatan yang tersusun danterdiri dari beberapa peralatan suplaiair masuk turbin. pipapesat (penstock).Besarnya energy mekanis. Menurut momentum air turbin dibedakan menjadi dua kelompok yaitu turbin reaksi danturbin impuls. t Dimana: Em:Energimekanis T: torsi ω: sudutputar t :waktu(s) D. EnergiListrik Ketikaturbin berputar maker otor juga berputar sehingga menghasilkan energilistrik sesuai pe rsamaan: El=V. Besarnya energi mekanis tergantung dari besarnya energy potensial dan energikinetis.Sedangkan sudu- 4 . PrinsipKerjaTurbin Reaksi yaitu Sudu-sudu(runner) pada turbin francis dan propeller berfung sisebagai sudu-sudujalan. alat pengaman.

Air yang digunakan untuk membangkitkan listrik bisa berasal dari bendungan yang dibangun diatas gunung yang tinggi. Agargeneratorbisamenghasilkanlistrik. A. Dalamhal ini proses penurunan tekanan airterutama terjadi didalam sudu-sudu aturnya saja (nosel) dan sedikit sekali (dapat diabaikan) terjadi pada sudu-sudu jalan (mangkok mangkok runner). ada tiga hal yang harus diperhatikan. makaturbin air didesain sesuai dengan karakteristik dan jumlah aliran airnya. atau dari aliran sungai bawah tanah.yaitu rotor dan stator. Magnet yang berputar memproduksi tegangan dikawat setiap kali sebuah kutub melewati“coil” yang terletak di stator. Jika kutub ini dialiri arus eksitasi dari Automatic Voltage Regulator (AVR). Generator Generator listrik adalah sebuah alat yang memproduksi energilistrik dari sumber energy mekanis. f/ P dimana: η:putaran f :frekuensi P: jumlah pasangkutub 5 . posisinya tetap (tidak bisa digerakkan). sesuai dengan persamaan: η=60. Generatorterdiri dari dua bagian utama.yaitu: 1. Berikutini merupakan berbagai jenis turbin yang biasa digunakan untuk PLTA. sehingga jika turbin berputar maka rotor juga ikut berputar. Karena sumber air yang bervariasi. Lalu tegangan inilah yang kemudian menjadilistrik.sudu pada turbin kaplan berfungsi sebagai sudu-sudu jalan.Proses penurunan tekanan air terjadi baik pada sudu sudu atur maupun pada sudu-sudujalan (runner blade). Prinsip Terja Turbin Pelton berbeda dengan turbin rekasi Sudu-sudu yang berbentuk mangkok berfungsi sebagai sudu-sudu jalan. posisi sudunya bisa digerakkan (pada sumbunya) yang diatur oleh servomotor dengancara manual atau otomatis Sesuai dengan pembukaan suduatur.Rotor terdiri dari18 buah besi yang dililit oleh kawat dan dipasang secara melingkar sehingga membentuk 9pasang kutub utara dan selatan. maka akan timbul magnet. Rotor terletak satu poros dengan turbin.Putaran Putaran rotor dipengaruhi oleh frekuensi dan jumlah pasangkutub pada rotor.

yang bernilai tetap adalah putaran rotor dan kumparan. Jika lilitan tersebut dialiri arus eksitasi dari AVR maka akan timbul magnet dari rotor. 2.Jenis Payung (Umbrella Generator)thrust bearing dan satuguide bearing diletakkan dibawah rotor. dengan frekuensi system sebesar 50Hertz.V. Makin besar arus yang masuk.yaitu: 1. maka didapat nilai putaran rotor sebesar 333rpm.makin besar pula nilai kemagnetannya. Menurut jenis penempatan thrust bearingnya. 6 .sehingga agar beban yang dihasilkan sesuai.Jumlah kutub pada rotor di PLTA Sagulingse banyak 9 pasang. L Dimana: E: Gayaelektromagnet B: Kuatmedanmagnet V: Kecepatanputar L:Panjangpenghantar Dari ketiga hal tersebut. Magnet Magnet yang ada pada generator bukan magnet permanen. sedangkan makinkecil arus yang masuk.Jenis biasa thrust bearing diletakkan diatas generator dengan dua guidebearing. 3.generator dibedakan menjadi empat.yaitu dengan mengatur jumlah arus yang masuk.makinkecil pula nilai kemagnetannya.Jenis setengah payung(Semi Umbrella Generator) kombinasi guide dan thrust bearing diletakkan dibawah rotor dan secondguide bearing diletakkan di atas rotor. 2. melainkan dihasilkan dari besi yang dililit kawat. Sehingga didapat persamaan: E=B. Kumparan Banyak dan besarnya jumlah kumparan pada stator mempengaruhi besar nya daya listrik yang bisa dihasilkan oleh pembangkitiii.maka yang bisa diatur adalah sifat kemagnetannya.

PLTA jenis terusan air (waterway) Adalah pusat listrik yang mempunyai tempat ambil air (intake) di hulu sungai dan mengalirkanair ke hilir melalui terusan air dengan kemiringan (gradient) yang agak kecil. atautempat rekreasi. waduk. danau. Jenis bendungan antara lain: I. Bendungan Urugan Batu 2. 3. Generator yang digunakan diSaguling adalah jenis Setengah Payung.Bendungan Gravitasi 2.Bendungan Tanah III. Bendungan Kerangka Baja IV. Bendungan Urugan 1. Jenis Penunjang Bawah thrust bearing diletakkan dibawah coupling.Bendungan Rongga II. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan. JENIS PEMBANGKIT I. 7 .Tenaga listrik dibangkitkan dengan cara memanfaatkantinggi terjun dan kemiringan sungai.Bendungan Busur 3. Bendungan Beton 1. Bendungan Kayu B. Bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pusat Listrik Tenaga Air.

WADUK Waduk adalah kolam besar tempat menyimpan air sediaan untuk berbagai kebutuhan.dan dapat diklasifikasikan menurut struktur . PLTA jenis DAM/ bendungan Adalah pembangkit listrik dengan bendungan yang melintang disungai. Canberra Australia. Contohnya adalah bendungan Scrivener. Waduk buatan dibangun dengan cara membuat bendungan yang lalu dialiri air sampai Wadu tersebut penuh. Turbin Francis c.tujuan atau ketinggian.j adi energy potensial yang diperoleh dar ibendungan dan terusan.II. Pengembangan PLTA dapat dibagiatas 2jenis yaitu: tipe waduk dan tipe aliran langsung. PLTA jenis terusan danDAM(campuran) Adalah pusat listrik yang menggunakan gabungan dari dua jenis sebelumnya. Tipe waduk dapat berupa bendungan (reservoir) dan keluaran danau(lake outlet). Turbin Kaplan b. pembuatan bendungan ini dimaksudkan untuk menaikkan permukaan air dibagian hulu sungai guna membangkitkan energy potensial yang lebih besar sebagai pembangkit listrik. Jenis Turbin Air a. Turbin Pelton 8 . III. C. dibangun untuk mengatasi banjir 5000-tahunan. sedangkan tipe aliran langsung dapat berupa aliran langsung s ungai(run-off river) dan aliran langsung dengan bendungan pendek (run-off river withlow headdam).

Sebelum listrik kita pakai tegangannya diturunkan lagi dengan travo stepdown. Generator dihubungkan keturbin dengan bantuan poros dangea rbox. Transmisi berguna untuk mengalirkan listrik dari PLTA kerumah –rumah atau industri. 9 . Perputaran turbin ini dihubungkan kegenerator.Pelton. Travo yang digunakan adalah travo stepup. dengan menggantikan fungsi dorongan angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin.dll. BAB III Kesimpulan Turbin berfungsi untuk mengubah energy potensial menjadi energy mekanik . Turbinterdiri dari berbagai jenis seperti turbin Francis. Travo digunakan untuk menaikan tegangan arus bolak balik (AC) agar listrik tidak Banyak terbuang saat dialirkan melalui transmisi. Turbin air kebanyakan seperti Kincir angin. Memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet di dalam generator sehingga terjadi pergerakan electron yang membangkit kanarus AC.Kaplan. gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar.