You are on page 1of 18

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA

TN. A DAN NY. F (PASANGAN BARU MENIKAH)
DI DUSUN GELAP

Oleh:
Agus Imam Tauhid

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS
STIKES NGUDI WALUYO
2016

Komposisi keluarga No Nama JK Hub dgn KK Umur Pendidikan Agam Pekerjaan a 1 Ny. Tahap perkembangan keluarga saat ini: Keluarga dengan pasangan baru 2. Agama : Islam 7. A 2. Genogram 10. A sebagai keluarga baru belum memiliki anak dan rencana untuk memiliki anak menurut Ny. Aktifitas rekreasi keluarga : Keluarga tidak pernah rekreasi secara khusus atau rutin. Alamat : RT 04 Dusun Gelap 4. II. RIWAYAT TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA 1. Umur : 22 tahun 3. F P Isteri 20 thn SMA Islam Swasta 9. Tipe keluarga : Keluarga Inti 11. Pekerjaan Kepala Keluarga : Perajin Bambu 5. F dan Tn. Pendidikan Kepala Keluarga : SMK 6. Status sosial ekonomi keluarga : Cukup 12. DATA UMUM Tanggal pengkajian: 15 Maret 2016 1. PENGKAJIAN KELUARGA I. F nanti setelah satu tahun menikah. hanya kadang-kadang saja jika ada acara. berapa jumlah anak yang diinginkan belum pernah 2 . Nama Kepala Keluarga : Tn. Suku bangsa : Jawa 8. Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi: Saat ini keluarga Ny. A.

Riwayat keluarga inti : Ny F : Menurut Ny F pernah mengalami sakit ISK dan sudah beberapa kali berobat ke dokter. F pula bahwa dirinya dan suaminya mau bekerja mencari uang dulu baru merencanakan punya anak. Ruang makan 2. teman dan masyarakat sekitar. 3. Ruang Tamu 5. Menurut Ny. Dapur 3. LINGKUNGAN 1. Dari riwayat kesehatan keluarga Tn A tidak ada yang memiliki penyakit kronis maupuan penyakit keturunan. F. tidak pernah mengalami sakit berat yang memerlukan perawaatn di Rumah Sakit ataupun perawatan di rumah yang lama. Saat ini keluarga Ny. KM/WC 3 . Teras 4. Karakteristik rumah : a.. Menurut Ny. dibicarakan dengan suaminya. F saat ini dia dengan suaminya berusaha untuk membina hubungan intim yang memuaskan dan membina hubungan dengan keluarga lain. Kamar tidur 6. Sekaramg dinyatakan sudah sembuh. Riwayat keluarga sebelumnya: Menurut pengakuan keluarga. III. Denah rumah : 1 3 4 5 2 3 3 6 Keterangan: 1. F dan Tn A masih menumpang di rumah orang tuanya Tn A dan belum ada rencana untuk memiliki rumah sendiri dan rencananya akan tinggal dengan keluarga Ny. 4. Tn A: Menurutnya selama ini dirinya jarang sakit dan hanya batuk pilek biasa saja.

Dalam pengelolaan sampah rumah tangga keluarganya memiliki tempat penampungan berupa lobang yang terdapat di pekarangan samping rumah dan jika sudah penuh biasanya di bakar. Kebersihan pekarangan secara umum baik. hanya penataan perabotan rumah yang kurang teratur terutama untuk bagian dalam rumah dan dapur. Keluarga memiliki kamar mandi dengan saluran pembuangan ke kebun di sebelah rumahnya dan hanya dialirkan begitu saja. Menurut Ny F karena mereka sering keluar kerja sampe sore jadi jendela jarang dibuka. Kebersihan kamar mandi dan jamban cukup. dapur. Luas rumah kurang lebih 80 m2. Secara umum kebersihan rumah cukup. ruang tamu cukup gelap karena jendela-jendelanya tidak dibuka setiap hari.b. Lantai rumah menggunakan plester kecuali dapur yang masih menggunakan tanah. Rumah memiliki ventilasi tetapi jarang dibuka. 4 . Secara umum ventilasi dan pencahayaan di dalam rumah kurang akibat ventilasi yang tidak dimanfaatkan secara optimal. karena jaraknya cukup jauh dari kamar mandi di alirkan menggunakan pipa melewati jalan kearah kebun. Keluarga juga telah memiliki jamban jenis leher angsa yang dipergunakan setiap hari dengan septic tank di ujung rumah dengan jarak lebih dari 10 meter dari sumur gali. Keadaan lingkungan dalam rumah: Rumah Keluarga Ny F dan Tn A masih menumpang di rumah orang tua Tn A. Secara umum kebersihan rumah baik. hanya waktu-waktu tertentu saja jika ada orang dirumah. Lobang dalam keadaan terbuka. pada ruangan dalam rumah seperti kamar. c. Keadaan lingkungan di luar rumah: Rumah memiliki pekarangan yang cukup luas dan ditanami pohon mangga dan rambutan. Penerangan dimalam hari menggunakan listrik dan kadang dipergunakan juga untuk siang hari karena dalam ruangan tampak gelap. Keluarga memnafaatkan sumur gali dengan pompa listrik untuk sumber air bersih dan air minum. Rumah merupakan rumah permanen dengan status kepemilikan milik pribadi orang tua Tn A.

Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat : Menurut Ny F dalam keluarganya ataupun keluarga suaminya tidak terdapat perkumpulan atau pertemuan-pertemuan khusus dan biasanya berkumpul hanya di waktu- waktu tertentu seperti lebaran atau seperti acara pernikahannya kemarin semua keluarga berkumpul. 2. 3. Struktur kekuatan keluarga: Sampai saat ini dalam keluarganya suaminya yang berperan sebagai kepala rumah tangga. F di Wilayah RT 04 ini juga memiliki kegiatan seperti Arisan RT. Apalagi menurut Ny. 4. Tn A sebagai kepala keluarga berkewajiban mencari nafkah untuk keluarga dan dibantu oleh Ny F yang turut bekerja membantu suaminya 5 . hubungan satu anggota keluarga dengan yang lainnya cukup baik dan sudah terbiasa saling tolong menolong. Ny F dan Tn A belum mengikuti kegiatan lain di masyarakat karena kesibukannya bekerja. STRUKTUR KELUARGA 1. Keluarga Ny F dan Tn A sendiri belum banyak bersosialisasi dengan masyarakat hanya tetangga-tetangga yang dekat rumah saja. pengajian dan kegiatan lain seperti PKK. 5. Menurut Ny. Pola komunikasi keluarga : Menurut Ny F dalam keluarganya berkomunikasi biasa menggunakan bahasa jawa. 3. menurut Ny F dirinya juga cepat akrab dengan keluarga suaminya. Ny F dan Tn A sebagai pasangan baru menurutnya belum mengikuti arisan RT. Sistem pendukung keluarga: Saat ini dalam keluarga tidak terdapat anggota keluarga yang sakit. Mobilitas geografis keluarga: Menurut Ny F selama ini keluarganya sejak menikah (8 bulan menikah) sering ke tempat ibunya saja. Interaksi keluarga besarnya dengan masyarakat sekitar cukup baik sehingga saat pernikahannyapun banyak tetangga yang membantu dan di wilayahnya sudah menjadi kebiasaan untuk saling membantu. F dirinya termasuk orang baru dilingkungan RTnya sehingga kadang Cuma ke tetangga saja. 2. IV. Karakteristik tetangga dan komunitas: Di wilayah sekitar rumah keluarga Tn A dan Ny F jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya cukup dekat. Struktur peran (formal dan informal): Dalam keluarga Ny F.

V. Keadaan emosi: Menurut Ny F karena mereka merupakan pasangan baru sampai sejauh ini belum pernah menemukan masalah dan selama mereka pacaranpun jarang sekali mengalami keributan-keributan. 4. suami terhadap istri. FUNGSI KELUARGA 1. Kebersihan perorangan: Keluarga memiliki kebiasaan mandi dua kali sehari. tapi biasanya bangun lebih pagi lagi karena mereka sering berangkat berdua untuk bekerja. karena siang hari suaminya kerja sampai sore. 6 . Pola makan: Menurut Ny F dalam keluarganya biasa makan 3 kali sehari dengan makanan beragam dan berganti-ganti. Keluarga tidak memiliki kebiasaan memanjangkan kuku dan kuku dalam keadaan pendek dan bersih. Menurutnya dirumah jarang masak karena cuma berdua sehingga sering membeli yang sudah jadi saja. Fungsi psikologis keluarga: a. 2. gosok gigi dua kali sehari. Menurutnya dalam setiap kali makan nasi. b. Selama ini dirinya dan suaminya makan bersama kalau malam hari. Nilai dan norma keluarga: Sebagai bagian dari masyarakat jawa dan beragama islam keluarga memiliki nilai-nilai dan norma yang dianut seperti sopan santu terhadap orang tua. Fungsi biologis keluarga : a. lauk dan sayur selalu ada tetapi buah hanya kadang-kadang saja. sedangkan susu sangat jarang sekali kecuali jika keadaan badan sedang kurang enak biasanya minum susu. c. Pola istirahat: Menurut Ny F secara umum keluarganya biasa istirahat dari jam 9 atau 10 sampai dengan jam 5 pagi. tetapi dirinya juga tetap melakukan perannya sebagai isteri yang harus menyiapkan semua keperluan suaminya di rumah. keramas setiap dua hari sekali.

b. Pengambilan keputusan: Sampai sejauh ini masih selalu dirembukan bersama. Mencari pelayanan kesehatan : Menuirut Ny F jika dirinya sakit biasanya berobat di puskesmas atau ke bidan terdekat. menunggu sampai usia pernikahan 1 tahun. b. 4. Fungsi spiritual: Menurutnya selama ini dirinya dan suaminya selalu berusaha menepati shalat 5 waktu tetapi belum mengikuti pengajian yang ada di wilayahnya setempat. tapi kalau memmang terjadi kehamilan kami siap menerima saja. Fungsi sosial keluarga: a. Hubungan dengan orang lain: Hubungan keluarga dengan orang lain baik terutama tetangga-tetangga terdekat. Fungsi reproduksi : Saat ini Ny F tidak menggunakan alat kontrasepsi. 3. Fungsi kultural: Menurut Ny F saat ini keluarganya memiliki tabu-tabu terutama untuk membicarakan masalah seksual. mereka sering menggunakan cara interuptus. perencanaan kapan akan memiliki anak dan berapa jumlah anak yang diinginkan belum ada. 6. Hubungan antar keluarga: Hubungan antara dirinya dengan suaminya sampai sejauh ini baik dan hubungan dengan keluarga besarnyapun baik. c. bagaimana menyiapkan 7 . 5. Aktifitas seksual cukup aktif dan menurut Ny F kadang-kadang merasa takut terjadi kehamilan karena merasa belum siap. Menurut Ny F Selama ini dia belum pernah membaca atau mencoba mempelajari tentang hubungan seksual dan bagaimana seharusnya sebagai seorang wanita dirinya belum tahu. Sebagai pasangan baru masih merasa malu dan mereka menurutnya tidak pernah membicarakannya ataupun mendiskusikan aktifitas seksual yang selama ini mereka lakukan. c. Kegiatan organisasi sosial: Belum ada kegiatan organisasi social kemasyarakatan yang diikuti oleh Ny F dan Tn A.

kehamilan juga dirinya belum tahu dan menurut Ny F dirinya juga belum tahu apa yang dimaksud dengan kesehatan reproduksi. Sementara ini penghasilan banyak dipergunakan untuk keperluan makan dan lain-lain. tetapi dari dirinya yang jadi stressor adalah adaptasi dengan rumahtangganya yang masih baru dan dirinya nanti berencana tinggal di rumah ibunya karena ibunya sudah sering sakit sakitan. tanda dan gejala. Tindakan apa yang dilakukan keluarga untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan: Menurut keluarga makan teratur dan istirahat yang cukup banyak membantu dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Apa yang dilakukan keluarga dalam menghadapi masalah kesehatan yang sedang dialami: Sejauh ini dirinya hanya bertanya pada teman- temannya.000 dan saat ini belum tahu pengelolaannya bagaimana karena masih baru dan belum ada kesepakatan-kesepakatan dalam pengelolaan keuangan nantinya. persepsi keluarga terhadap masalah): Menurut Ny F sebenarnya dalam keluarganya belum mengetahui tentang bagaimana mempersiapkan kehamilan dan bagaimana membina keintiman dengan suami b. Menurut keluarga. masalah kesehatan apa yang sedang dihadapi keluarga (pengertian. faktor penyebab.000 samapi dengan Rp. 300. 8 . Kemana keluarga meminta pertolongan apabila ada anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan: ke puskesmas atau bidan setempat. Fungsi perawatan kesehatan : a. c. STRES DAN KOPING KELUARGA Stresor jangka pendek dan jangka panjang: Menurut Ny F dirinya tidak tahu dari pihak suaminya apakah sedang mengalami beban pikiran atau tidak. Fungsi ekonomi: Dalam keluarganya yang menjadi tulang punggung adalah Tn A sebagai kepala rumah tangga. Penghasilan keluarga berdua sekitar Rp. 8. 200. d. 7. VI.

PEMERIKSAAN FISIK 1. Tekanan darah : 110/70 mmHg 4. HARAPAN KELUARGA Dengan adanya petugas kesehatan yang datang kerumahnya menurutnya mengharapkan supaya petugas kesehatan bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat dengan penyuluhan penyuluhan seperti saat ini diharapkan dapat membantu dirinya mempersiapkan bagaimana sebenarnya kesehatan dalam rumah tangga yang baru di bangunnya. menurut Ny F dirinya yakin perlakuan dari keluarga suaminya tergantung dari dirinya dan sekarang dirinya sedang berusaha belajar menjadi ibu rumah tangga yang baik dengan belajar memasak. Respirasi : 14 x/m VIII. Kemampuan keluarga berespon terhadap situasi/stressor : Baik. 9 . Berat badan : 42 kg 3. Nadi : 80 x/m 5. Strategi koping yang digunakan: Untuk mengahadapi stressor Ny F lebih banyak belajar pada orang tuanya tentang cara mengurus rumah tangga. mengurus suami dan rumah. VII. Tinggi badan : 155 cm 2.

10 . F mengatakan rencana punya anak nanti setelah usia pernikahan 1 tahun Data Objektif: a. Ny F mengatakan belum tahu tentang apa itu kesehatan reproduksi c. Ny F mengatakan belum tahu tentang sex yang sehat d. ANALISA DATA DATA TIPOLOGI KEMUNGKINAN MASALAH/ MASALAH PENYEBAB DIAGNOSIS Data Subjektif: Aktual Ketidakmampuan Kurang a. Usia pernikahan 8 bulan b. e. Ny F mengatakan belum tahu apa yang harus dipersiapkan untuk hamil. Ny. A. Ny. F 20 tahun dan Tn A 22 tahun. Usia Ny. F mengatakan belum keluarga mengenal pengetahuan merencanakan kapan akan masalah tugas tentang tugas punya anak dan berapa perkembangan perkembangan jumlah anak yang keluarga baru keluarga baru diinginkan menikah menikah b.

Ny F mengatakan malas keluarga pemeliharaan untuk membuka jendela melakukan rumah karena dirumah sering perawatan rumah tinggal sendiri. B. yang sehat Data Objektif: a. Data Subjektif: Aktual Ketidakmampuan Kerusakan a. Ruangan dalam rumah tampak gelap b. masalah dapat dukungan keluarga baik. c. SKORING Diagnosis: Kurang pengetahuan tentang tugas perkembangan keluarga baru menikah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah tugas perkembangan keluarga baru menikah NO KRITERIA BOBOT NILAI PEMBENARAN 1 Sifat Masalah : Tidak/kurang sehat 3 Ancaman kesehatan 2 Keadaan Sejahtera 1 2 Kemungkinan Sumber daya keluarga cukup. Jendela sebagian besar tertutup hanya pintu depan yang terbuka. diubah: 2 2/2x2=2 Mudah 2 Sebagian 1 Tidak Dapat 0 3 Potensi masalah untuk di cegah: Tinggi 3 11 . Penataan perabotan kurang teratur terutama bagian dalam rumah dan dapur.

Cukup 2 Rendah 1 4 Menonjolnya masalah: Masalah Berat harus segera di tangani 2 Ada masalah tetapi tidak perlu 1 ditangani Masalah tidak 0 dirasakan TOTAL NILAI Diagnosis: Kerusakan pemeliharaan rumah berhubungann dengan ketidakmampuan keluarga melakukan perawatan rumah yang sehat N KRITERIA BOBOT NILAI PEMBENARAN O 1 Sifat Masalah : Tidak/kurang sehat 3 Ancanaman kesehatan 2 Keadaan Sejahtera 1 2 Kemungkinan masalah Sumber daya keluarga dapat diubah: mendukung Mudah 2 2 2/2x2=2 Sebagian 1 Tidak Dapat 0 3 Potensi masalah untuk di cegah: Tinggi 3 Cukup 2 Rendah 1 4 Menonjolnya masalah: 1 1/2x1=1/2 Keluarga merasa tidak Masalah Berat harus 2 terlalu bermasalah. segera di tangani Ada masalah tetapi 1 tidak perlu ditangani Masalah tidak 0 12 .

D. PERENCANAAN No. Jelaskan tentang masalah tugas keluarga dapat: sex yang sehat dan membina perkembangan 1. Jelaskan tentang dengan Setelah dilakukan alat kontrasepsi yang sesuai ketidakmampuan Asuhan Keperawatan untuk pasangan muda keluarga mengenal selama 2 minggu 4. Jelaskan tentang tentang tugas tentang tugas tugas perkembangan keluarga perkembangan perkembangan baru menikah keluarga baru keluarga baru 2. dirasakan TOTAL NILAI C. Mengenal hubungan intim dengan keluarga baru masalah tugas pasangan menikah. Jelaskan tentang menikah menikah kesehatan reproduksi berhubungan Tupen: 3. Dx. Kerusakan pemeliharaan rumah berhubungann dengan ketidakmampuan keluarga melakukan perawatan rumah yang sehat. Keperawatan Tujuan Perencanaan Kurang Tupan : 1. perkembangan keluarga baru 13 . pengetahuan Keluarga memahami 1. Diagnosis Keperawatan berdasarkan prioritas: 1. Kurang pengetahuan tentang tugas perkembangan keluarga baru menikah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah tugas perkembangan keluarga baru menikah 2.

menikah dengan kriteria: a. membina hubungan intim dengan pasangan. Menyebutkan tugas perkembangan keluarga baru menikah b. Diskusikan keluarga: kapan dan dengan keluarga jumlah anak yang perencanaan keluarganya diinginkan 2. Menjelaskan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita c. Menjelaskan macam alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk menunda kehamilan jika diinginkan d. Membuat keputusan dalam perencanaan 1. Menjelaskan sex dan kesehatan. Bantu keluarga membuat keputusan kapan dan jumlah anak yang 14 .

Menjel asi sumber daya keluarga askan penyakit. Berikan reinforcement positif jika keluarga mampu membuat keputusan yang baik sesuai dengan sumber daya yang dimiliki keluarga. Jelaskna menunjang tentang efek rumah tidak kesehatan dengan sehat terhadp kesehatan kriteria: keluarga a. Menjel 3. Motivasi yang kurang baik keluarga untuk membuat terhadap keputusan perawatan rumah kesehatan yang lebih baik keluarga 5. Identifik c. diinginkan 3. Menjel lingkungan rumah yang askan efek kurang sehat perawatan rumah 4. Mengenal 1. Jelaskan masalah perawatan tentang rumah sehat rumah yang 2. pemeliharaan Pemeliharaan rumah rumah menunjang kesehatan berhubungann keluarga dengan Tupen: ketidakmampuan Setelah dilakukan keluarga asuhan selama 2 melakukan minggu keluarga perawatan rumah dapat: yang sehat. 1. Jelaskan askan rumah sehat penyakit-penyakit akibat b. untuk meningkatkan 15 . Kerusakan Tupan: 2.

Memutuskan untuk pemeliharaan rumah yang lebih baik E.30 tugas mengerti apa yang telah tentang tugas WIB perkembangan didiskusikan dan nanti perkembangan keluarga baru dia akan keluarga baru menikah membicarakannya menikah b. Memotivasi dengan suaminya untuk berhubungan keluarga untuk perencanaan keluarga dengan membuat kedepannya ketidakmampu perencanaan kapan O: Ny F aktif dalam an keluarga akan memiliki anak diskusi. Kurang 15-3-2016 a. PELAKSANAAN Diagnosis Tanggal Implementasi Evaluasi 1. dapat mengenal dan jumlah anak menjawab pertanyaan masalah tugas yang diinginkan evaluasi 16 . Diskusi tentang S: Ny F mengatakan pengetahuan Jam:15. penyakit yang perawatan rumah dapat muncul akibat lingkungan rumah yang tidak mendukung kesehatan 2.

Evaluasi perencanaan hanya berjalan begitu keluarga tentang saja tidak pernah waktu dan jumlah mengerti kalau anak yangdiinginkan kesehatan reproduksi itu harus dijaga dan dapat mempengaruhi keberhasilan dalam proses kehamilan dan persalinan -Ny F mengatakan setelah berdiskusi dengan suaminya mereka akan punya cukup dua anak saja.Ny F mengatakan Jam: 16. O: Ny F aktif dalam diskusi Ny F dapat menyebutkan 3 macam kontrasepsi yaitu pil. mengerti tapi suka rumah WIB penyakit penyakit malas untuk 17 . selama ini c. suntik dan IUD A: Masalah teratasi Diagnosis Tanggal Implementasi Evaluasi 2. Penyuluhan tentang S:. Penyuluhan tentang S: Ny F mengatakan pemeliharaan Jam: 15. perkembangan A: Masalah teratasi keluarga baru sebagain menikah.00 kesehatan reproduksi pengetahuannya tentang WIB b. Kerusakan 15-3-2016 a.30 rumah sehat. P: Evaluasi pada pertemuan berikutnya 15-3-2016 a. Penyuluhan tentang kesehatan wanita alat kontrasepsi bertambah.

menjawab pertanyaan evaluasi dengan benar A: Masalah teratasi P: Motivasi keluarga lebih intensif 18 .berhubungann yang dapat melakukannya tapi dengan ditimbulkan akibat nanti akan dicoba dan ketidakmampu lingkungan rumah dikomunikasikan an keluarga yang kurang sehat dengan suaminya melakukan O: Ny F tampak dapat perawatan menerima konsep rumah yang dengan baik dengan sehat.