You are on page 1of 5

GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA

SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok : SD Kelas AWAL - Kelompok Kompetensi C
Kompetensi
Kompetensi : Pedagogik
Judul Modul : Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
Alokasi Waktu : 9 JP @ 45 menit = 405 menit
Deskripsi Singkat : Desain kurikulum merupakan suatu pengorganisasian tujuan, isi, serta proses belajar yang akan
diikuti peserta didik pada berbagai tahap perkembangan pendidikan. Dalam desain kurikulum, ada
dua dimensi penting, yaitu: (1) substansi, unsur-unsur serta organisasi dari dokumen tertulis
kurikulum, (2) model pengorganisasian dan bagian-bagian kurikulum terutama organisasi dan
proses pengajaran.
Kompetensi
a. Kompetensi Inti : Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
b. Kompetensi Guru : 1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
2. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI

ALAT ESTIM REFERENSI
INDIKATOR SUBMATERI BANTU / ASI
MATERI POKOK METODE
KEBERHASILAN POKOK MEDIA WAKT
U

1) Menjelaskan rasional a. RASIONAL 1) Rasional 1. Ceramah 1. Bahan 45” 1. Modul
pengembangan PENGEMBANG pengembanga 2. Pengamatan Bacaan Pelatihan Guru
Kurikulum AN KURIKULUM n Kurikulum . 2. Bahan Pembelajar
tayang, 2. Permendikb
2) Prinsip 3. Lembar 45” ud No. 57 Tahun

45” Dasar/Madrasah peranan 1. 57 Tahun . Diskusi tayang. Bahan Pembelajar karakteristik lima SEKOLAH dengan 3. Permendikb 3) Menjelaskan fungsi 2. Permendikb ud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.Mapel/Kelompok : SD Kelas AWAL . Diskusi Ibtidaiyah. Kerja Pendidikan karakteristik pada kelompok Menengah. Bahan 90” 1. 2. Diskusi 4. Modul pengalaman belajar BELAJAR belajar yang 2. Lemb No. 1) Mengindentifikasi b. 2. kurikulum Kelompok 3. Ceramah 1. Diskusi pada Pendidikan kurikulum Kelompok Dasar dan 4) Mengidentifikasi 2. LCD Sekolah kurikulum 3) Fungsi dan Proyektor. Permendikbud mata pelajaran SD/MI DASAR karakteristik Kelompok 3. 103 dan peranan Kelompok Tahun 2014 kurikulum tentang 4) Karakteristik 45” Pembelajaran pada tiap 1. Ceramah Kerja 2014 tentang prinsip n kurikulum 2. Alat Tulis Kurikulum 2013 pengembangan 5. PENGALAMAN 1) Pengalaman 1. Kerja ud No. tiap kurikulum 4.Kelompok Kompetensi C Kompetensi 2) Mengindentifikasi pengembanga 1. Pengamatan Bacaan Pelatihan Guru yang sesuai dengan PESERTA DIDIK sesuai .

Praktik Pembelajaran mata pada pelajaran Pendidikan SD/MI. 103 Tahun lima mata pelajaran mengacu Kelompok 2014 tentang SD/MI pada lima 3.Mapel/Kelompok : SD Kelas AWAL . Permendikbud yang mengacu pada belajar yang 2. 5. Diskusi Proyektor. Dasar dan Tematik Pendidikan Terpadu. LCD 135” Dasar/Madrasa 2) Menentukan 1. pengalaman belajar 2) Pengalaman Kelompok 3. Menengah. Permendikbud pembelajaran No.Kelompok Kompetensi C Kompetensi lima mata ar Kerja 2014 tentang pelajaran 4. Alat Kurikulum SD/MI Tulis 2013 Sekolah 5. Kerja No. . Peraturan menteri lain yang terkait. Model model 4. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. h Ibtidaiyah.

GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA SKENARIO DIKLAT Mapel .Kelompok Kompetensi C Kompetensi Kompetensi : Pedagogik Judul Modul : Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekola Alokasi Waktu : 9 JP @ 45 menit = 405 menit TAHAPAN WAK DESKRIPSI KEGIATAN KEGIATAN TU PERSIAPAN Mengecek kelengkapan alat pembelajaran. dan skenario kegiatan pembelajaran. 15” UAN Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif. seperti LCD Projector. tujuan. KEGIATAN Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta PENDAHUL diklat. alokasi waktu. Bisa dengan Ice breaking atau apersepsi yang menarik. Active Speaker. dan Laser 10” Pointer. atau media pembelajaran lainnya. File. Fasilitator menjelaskan kompetensi. KEGIATAN Brainstorming 25” INTI Membahas permasalahan kurikulum dan menggali pemahaman peserta tentang kurikulum yang pernah berlaku di indonseia. indikator. Mengkaji materi dan melakukan aktivitas yang 175 “ ada di modul  Mengkaji secara mendalam rasional pengembangan kurikulum dan mengerjakan lembar kerja yang disediakan secara berkelompok yang didalamnya terdiri dari : o Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum o Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum o Menjelaskan fungsi dan peranan kurikulum o Mengidentifikasi karakteristik pada tiap kurikulum  Mengkaji secara mendalam tentang pengalaman belajar siswa dan mengerjakan Lembar Kerja yang sudah disediakan secara berkelompok yang didalamnya terdiri dari: o Mengindentifikasi pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI .Kelompok : SD Kelas AWAL . Laptop.

TAHAPAN WAK DESKRIPSI KEGIATAN KEGIATAN TU o Menentukan pengalaman belajar yang mengacu pada lima mata pelajaran SD/MI Diskusi tanya jawab 45 “ Mendiskusikan hasil pengalaman belajar yang sudah dilalui bersama dan memberikan kesempatan peserta diklat untuk bertanya dalam rangka memperdalam pemahamannya. Latihan soal uji kompetensi 45 “ KEGIATAN Mereview kegiatan belajar 20 “ PENUTUP Refleksi dan umpan balik Fasilitator menutup kegiatan Jumlah alokasi waktu 405” . Diharapkan setiap kelompok kerja bisa mempresentasikan hasil dan di tanggapi oeh peserta lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Presentasi 90 “ Mempresentasikan hasil kerja yang sudah dilakukan.