LAPORAN PELAKSANAAN

PROGRAM INDIVIDU PADA KULIAH KERJA NYATA
SERVIS GRATIS
Di
Dusun : Basen
Kelurahan : Purbayan
Kecamatan : Kotagede
Kabupaten : Yogyakarta
Propinsi : Daerah Istimewa Yogyakarta

Disusun Oleh:

Hardias Syantanu (121.03.1160)

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND
YOGYAKARTA
2015

Kecamatan Kotagede.I. Yuliana Rachmawati K. D.T. Juni 2015 Dosen Pembimbing Lapangan Ketua Kelompok Rr. Kelurahan Purbayan.M. Yogyakarta Disusun oleh: No Nama Mahasiswa NIM Tanda Tangan 1 Hardias Syantanu 121. Kabupaten Yogyakarta. Hardias Syantanu S. NIM 121.03.1160 Yogyakarta.04. HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM INDIVIDU PADA KULIAH KERJA NYATA SERVIS GRATIS Dusun Basen..Kom.1030 NIK .

1. Dalam hal ini pengadaan program servis gratis kami harap sangat membantu bagi masyarakat dusun Basen. Penyampaian ilmu pengetahuan dari mahasiswa diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat sehingga terbentuk suatu lingkungan yang kondusif. Kelurahan Purbayan untuk servis kendaranya. BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Kurangnya rasa kepedulian warga dan masyarakat dengan kendaraan sepeda motor khususnya para pemuda yang menyebabkan terbengkalainya kendaraan dan mengakibatkan terbengkalai semua aktivitas di karenakan rusaknya kendaran tersebut. 2.sebagai berikut: 1. 1.yang mana untuk membantu dan merubah kebiasaan warga dusun Basen agar melakukan servis pada sepeda motor mereka setiap bulannya.Adapun Servis merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang memiliki sepeda motor. Setelah melakukan observasi dan interview dengan sebagian masyarakat kampung Basen. Dalam hal ini kegiatan servis gratis dilakukan secara swadaya. 1. Membantu meringankan Biaya masyarakat Dusun Basen. untuk membantu dan merubah kebiasaan warga Dusun Basen agar melakukan servis pada sepeda motornya setiap bulannya.3 Tujuan Pelaksanan program servis gratis ini memiliki tujuan.4 Tinjauan Pustaka .2 Rumusan Masalah Kurangnya kepedulian warga Basen terhadap kendaraan (motor) yang menyebabkan terbengkalainya kendaraan dan aktivitas yang terganggu. maka program individu yang akan saya laksanakan meliputi penyuluhan perawatan motor dan servis gratis ringan motor. Melalui program-program kegiatan tersebut diharapkan terbentuk sinergi yang baik bagi kedua belah pihak yaitu elemen masyarakat dan mahasiswa.

. maka akan diperoleh Kesadaran masyarakat Dusun Basen agar mempunyai perhatian terhadap kendaraan mereka agar melakukan servis berkala. Dalam plaksanan servis gratis tersebut. ada beberapa kegiatan yang di lakukan pada saat servis gratis ini meliputi:  Persiapan alat-alat untuk servis gratis  Persiapan tempat untuk stan servis gratis Diharapakan dengan dilakukannya pengadaan sevis gratis.

50. 05 September 2015. 200.- Jumlah Rp.1 Bidang Kegiatan Pada pelaksanaan Program Kerja Individu adalah bidang Perbaikan dan perawatan 2.- 4 Tenda Rp. 05 September 2015.- 2 Pembelian Bensin Rp.- BAB III PEMBAHASAN 3. - 3 Snack Rp. Kelurahan Purbayan. 05 September 2015 dilaksanakan servis gratis di halaman depan kantor RW 04 Dusun Basen.3 Lokasi Kegiatan Kegiatan ini dilakukan di Dusun Basen . 2.2 Obyek Kegiatan Obyek yang merupakan tujuan dari program kami adalah melakukan perbaikan dan servis gratis pada sepeda motor untuk menambah ilmu wawasan tentang peduli lingkungan dengan motor sehat sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat.000.180. 08. Kelurahan Purbayan guna membantu masyarakat agar lebih peduli terhadap kendaraan sepeda motor dan mengerti cara merawat sepeda motor. Program ini kami laksanakan mulai dari hari Sabtu.5 Pendanaan Pengeluaran dalam program servis gratis: No Keperluan Biaya 1 Perlengkapan Rp.I Yogyakarta 2.00 yaitu mulai dari persiapan tempat dan pengambilan alat-alat servis.1 Program Individu . Kemudian dengan partisipasi teman- teman kelompok KKN IST AKPRIND.- 2 Upah Montir Rp.000. Kabupaten Yogyakarta. Provinsi D.4 Jenis Kegiatan dan Waktu Kegiatan ini merupakan program individu kami karena servis pada kendaraan sepeda motor sangat dibutuhkan oleh masyarakat Dusun Basen. 2. - 5 Jasa Angkut Rp. 480.00 sampai hari Sabtu.000. BAB II PELAKSANAAN PROGRAM 2.000. Kecamatan Kotagede. 50. 15. sehingga pada hari Sabtu.000.

Program individu kami adalah servis gratis.00 sampai hari 05 September 2015. dimana program ini adalah inisiatif dari analisis mahasiswa terhadap lingkungan sekitar warga masyarakat Dusun Basen.00. khususnya warga masyarakat Dusun Basen. dan program tersebut adalah program individu. Hal inilah yang menjadi pertimbangan mahasiswa KKN mandiri kelompok 1 untuk mengadakan program servis gratis dengan tujuan dapat membantu masyarakat dan semua orang untuk memperbaiki kendaraan sepeda motor yang mengalami kerusakan ataupun masalah pada sepeda motor. 08. Kelurahan Purbayan tentang kendaraan sepeda motor khususnya para pemuda yang menyebabkan terbengkalainya kendaraan dan aktivitas. Servis merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang memiliki sepeda motor. Kelurahan Purbayan. 15. Kelurahan Purbayan . Kelurahan Purbayan yang dikerjakan pada tanggal 05 September 2015. Kelurahan Purbayan agar melakukan servis pada sepeda motor mereka setiap bulannya.Rumah Nama Pemilik Jenis Motor Kerusakan Motor Solusi . . DAFTAR PEMILIK MOTOR YANG DISERVIS No RT No. Sehingga diharapkan program pengabdian masyarakat ini dapat tercapai dan bermanfaat bagi warga Dusun Basen. Pelaksanaan program servis gratis di Dusun Basen. Dalam hal ini pengadaan servis gratis yang dilakukan adalah untuk melakukan perubahan kebiasaan warga Dusun Basen. Dalam hal ini kegiatan servis gratis dilakukan secara swadaya oleh mahasiswa KKN Mandiri kelompok 1. Kelurahan Purbayan. Di dalam program ini mahasiswa KKN dituntut untuk dapat terjun langsung dan berbaur serta mampu berkomunikasi kepada masyarakat. Program yang diajukan sebagai program individu mahasiswa ini merupakan salah satu aplikasi dari program Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pada subtansi pengabdian pada masyarakat. Pemilihan program individu didasarkan pada kebutuhan warga Dusun Basen. Kurangnya rasa kepedulian warga Dusun Basen. Keluraha Purbayan.

Budi Waluyo Yamaha Servis Mio 115 cc Kerusakan Ganti Oli 7 12 KG III/200 Bpk. Kusmaryono Honda Servis Astrea 100 cc Kerusakan - 6 14 KG III/258A Bpk. Siswanto Yamaha Servis Mio 110 cc Ganti Oli Kerusakan . Edi Guntoro Suzuki Servis Smash 115 cc - Kerusakan 8 12 KG III/206 Bpk. Suhadi Broto Yamaha Servis Mio 110 cc Ganti Oli Kerusakan 4 11 KG III/177R Bpk.1 16 404 Bpk. Basuki Rahmat Honda Servis Supra X Kerusakan 125 cc - 5 13 367 Bpk. Suparman Honda Servis Beat 110 cc - Kerusakan 3 10 KG III/010/04 Bpk. Wahyono Iriandi Honda Servis Karisma Busi & Ganti Oli Kerusakan 125 cc 2 16 386A Bpk.

Lampiran 1 DOKUMENTASI KEGIATAN . terutama bagi kendaraan sepeda motor yang sudah digunakan lebih dari 3 tahun. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4.2 Saran  Servis sepeda motor yang dianggap sepele sebenarnya sangat penting.1 Kesimpulan Dengan adanya program servis gratis diharapkan dapat membantu warga masyarat Dusun Kembang Basen khususnya untuk lebih mengerti pentingnya merawat kendaraan sepeda motor dan agar lebih peduli terhadap kendaraan bermotor. Maka dari itu diharapkan sepeda motor tersebut selalu dirawat.  Keterampilan dan pengetahuan tentang mesin sangat diperlukan oleh pemilik kendaraan sepeda motor agar dapat menganalisa kerusakan yang terjadi pada kendaraan sepeda motor tanpa harus pergi ke bengkel. 4.  Agar sepeda motor tetap nyaman dipakai sebaiknya dilakukan servis dan penggantian oli rutin setiap 2000 KM atau 2 bulan.