You are on page 1of 6

TUGAS II

PENGELOLAAN LIMBAH B3

ELLA YULIANA SINESH (081211131003)
RACHMADITA LESTARI (081211133024)

PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN
DEPARTEMEN BIOLOGI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS AIRLANGGA
2015

Sedangkan dari kegiatan manusia antara lain: Limbah air proses electroplating. buangan limbah rumah tangga yang mengandung logam Zn seperti korosi pipa-pipa air dan produk-produk konsumer (misalnya. . Seng sedikit kurang padat daripada besi dan berstruktur kristal heksagonal. formula detergen) yang tidakdiperhatikan sarana pembuangannya. formula detergen) yang tidak diperhatikan sarana pembuangannya. dan massa atom relatif 65. smithsonit. industri pembuatan cat. willenit dan zinkit. p. Selain itu pemasukan logam ke dalam lingkungan berasal dari buangan limbah rumah tangga yang mengandung logam Zn seperti korosi pipa-pipa air dan produk-produk konsumen (misalnya. Menurut Connel dan Miller (1991) dalam Al-Harisi (2008). LEMBAR ISIAN TUGAS Bahan Pencemar : Zn (Seng) Sumber : Zinkum (seng) adalah unsur logam kimia dengan lambang kimia Zn. Seng juga mampu menghantarkan listrik. Secara alamiah merupakan hasil pelepasan dari sel-sel biota namun tidak diperoleh dengan bebas di alam. Sumber utama pemasukan logam ke dalam lingkungan berasal dari penggunaan pupuk kimia yang mengandung logam Cu dan Zn. nomor atom 30. 826 Logam ini keras dan rapuh pada kebanyakan suhu. dan soda kostik. namun menjadi dapat ditempa antara 100 sampai dengan 150 °C.39. berkilau (seng mutu komersial kebanyakan tidak berkilau). baterai. melainkan dalam bentuk terikat. limbah industri tekstil. Karakteristik :  Karakteristik Fisik Logam seng merupakan logam dengan karakteristik fisik berwarna putih kebiruan. logam ini kembali menjadi rapuh dan dapat dihancurkan menjadi bubuk dengan memukul-mukulnya. Titik lebur seng adalah (420 °C) dan tidik didih (900 °C) yang relatif rendah. Di atas 210 °C. dan bersifat diamagnetik. franklinit. Mineral yang mengandung seng di alam bebas antara lain kalamin.Lehto 1968. Seng terdapat di lingkungan secara alami dan akibat dari hasil kegiatan manusia.

hewan invertebrate. Dari segi kesehatan logam Zn sebenarnya tidak toksik. Seng tidak bisa hanya menjadi . hewan akan menyerap konsentrasi seng yang terlarut dalam tanah yang akan merusak kesehatan mereka dan mencemari air tanah. Ia juga akan membentuk senyawa kompleks dengan pendonor N. tetapi dalam keadaan sebagai ion Zn bebas memiliki toksisitas tinggi. Seng cenderung membentuk ikatan kovalen berderajat tinggi. yaitu tetracyclines dan quinolones bisa mengurangi absorpsi antibiotic sehingga daya sembuh berkurang(Widowati et al. Gejala toksisitas akut bisa berupa sakit lambung. diare. Sebagian pencemaran oleh seng juga dapat ditemukan di tanah.dan S-. Sifat kimiawi seng mirip dengan logam-logam transisi periode pertama seperti nikel dan tembaga. Efek : Dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran logam Zn (seng) besar terlihat bagi kesehatan makhluk hidup dan bagi lingkungan. Sedangkan bagi lingkungan pencemaran lingkungan oleh seng makin meningkat. dan muntah. Pada kehidupan biota air ditemukan beberapa ikan yang dalam tubuh mereka terakumulasi seng. seketika berkontak dengan karbon dioksida. Salah satunya aialah pencemaran air sungai oleh seng dari limbah industri. Dimana air limbah ini tidak dimurnikan dengan tepat dan kadar keasaman air semakin meningkat. Pemberian bersama suplemen Zn dan jenis antibiotik tertentu. Ketika tanah lahan pertanian yang tercemar dengan seng. 2008). Jari-jari ion seng dan magnesium juga hampir identik. Selain itu toksisitas akut Zn terjadi sebagai akibat dari tindakan mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi Zn dari wadah/panci yang dilapisi Zn. Zn5(OH)6CO3. Oleh karenanya. Ia bersifat diamagnetik dan hampir tak berwarna. membentuk lapisan seng karbonat. Ketika seng memasuki tubuh ikan ini ia mampu memperbesar resiko pencemaran logam Zn sampai rantai makanan. Ion Zn yang bebas dalam larutan bersifat sangat toksik bagi tanaman. Seng cukup reaktif dan merupakan reduktor kuat. Karakteristik Kimia Reaktivitas seng memiliki konfigurasi elektron [Ar]3d104s2 dan merupakan unsur golongan 12 tabel periodik. Permukaan logam seng murni akan dengan cepat mengusam. Lapisan ini membantu mencegah reaksi lebih lanjut dengan udara dan air. mual. garam kedua senyawa ini akan memiliki struktur kristal yang sama. Senyawa kompleks seng kebanyakan berkoordinasi 4 ataupun 6 walaupun koordinasi 5 juga diketahui ada. dan ikan.

Selain itu secara kimia dapat melalui proses fotolisis. dan fungsi ekosistem.ancaman bagi ternak. volatilisasi. Tanaman sering memiliki serapan seng dimana sistem mereka tidak dapat menangani. komposisi komunitas.perubahan biokimiawi sampai dengan ekosistem menunjukkan adanya peningkatan waktu respon terhadap bahan kimi. Selanjutnya perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan fisiologi dan respon organisme. pencucian dan aliran cenderung meningkatkan konsentrasi bahan toksik (Connel dan Miller 1995). Pada tanah yang kaya seng hanya sejumlah terbatas tanaman memiliki kesempatan untuk bertahan hidup. karena akumulasi dari seng di tanah. pencucian dan jatuhan. penyerapan. Sehingga seng dapat mengganggu aktivitas dalam tanah. tetapi juga untuk spesies tanaman. Karena efek pada seng tanaman merupakan ancaman serius terhadap produksi lahan pertanian. perubahan populasi. hidrolisis dan reduksi. Penguapan akan menurunkan konsentrasi bahan toksik dalam air. Penyebaran bahan toksik di lingkungan perairan sangat dipengaruhi oleh sejumlah proses pengangkutan seperti evaporasi (penguapan). presipitasi. sedangkan presipitasi. sedangkan transformasi biologik berlangsung melalui proses biotransformasi (Mill 1980 dalam Connel dan Miller 1995). oksidasi. karena pengaruh negatif aktivitas microorganisme dan cacing tanah. Adanya bahan toksik dalam suatu lingkungan (ekosistem) dalam waktu singkat dapat menyebabkan perubahan biokimiawi suatu organisme. pengambilan biologik. aliran. peningkatan kesulitan untuk mengetahui hubungan respon dengan bahan kimia spesifik dan increasing importance. pencucian dan aliran. Transport : Transformasi atau perpindahan bahan toksik seperti logam Zn (seng) di lingkungan dapat terjadi secara fisik antara lain melalui proses: perpindahan meteorologik. Itulah sebabnya tidak ada banyak keanekaragaman tanaman di dekat pabrik-pabrik membuang limbah seng. .

selanjutnya mengalami proses distribusi dan transpor melalui daur atau siklus biogeokimia serta mengalami transformasi. Tubuh organisme. .Berdasarkan gambar di atas.2004). penabangan. Selanjutnya terjadi perubahan karakteristik dan dinamika populasi (reproduksi. dan pola aliran nutrien). Polutan tersebut kemudian dapat di uptake oleh organisme dan dapat enyebabkan efek lethal (kematian) dan sublethal. bahan polutan/ bahan toksik (Zn) di lepaskan dari sumber polutan ke dalam ekosistem. mortalitas). struktur dan fungsi komunitas (diversitas spesies. polutan dapat mengalami biotransformasi dan bioakumulasi. kecelakaan kapal). imigrasi. Secara alami dapat dari daur biogeokimia dan pelapukan batuan. Masuknya polutan/bahan toksik (Zn) ke dalam lingkungan terbagi 2 yaitu secara alami dan sumber dari aktivitas manusia. recruitment. pembuangan berbagai jenis limbah ke lingkungan secara sengaja maupun tidak sengaja dan aplikasi biocide dalam penanganan hama dan vector (Nugroho. sedangkan yang disebabkan aktivitas manusia dapat dari pelepasan unintended (kecelakaan nuklir. perubahan hubungan predator-prey). laju siklus nutrien. baik secara fisik atau biologis. dan fungsi ekosistem (respirasi terhadap rasio fotosintesis.

ketika mereka tinggal di seng-saluran air yang terkontaminasi. Akhirnya. mengendap. Kemampuan vegetasi mangrove dalam mengakumulasi logam berat bisa dijadikan alternatif perlindungan (Widowati et al. Karena efek pada seng tanaman merupakan ancaman serius terhadap produksi lahan pertanian. Pohon bakau mampu mengakumulasi tembaga (Cu). Jumlah besar seng dapat ditemukan di tanah. Larut dalam air seng yang terletak di tanah dapat mencemari air tanah. seng dapat mengganggu aktivitas dalam tanah.600 ppm. Pada tanah yang kaya seng hanya sejumlah terbatas tanaman memiliki kesempatan untuk bertahan hidup.Fate : Hasil interaksi bahan toksik (Zn) antara lain adalah seng dapat menguap. karena pengaruh negatif aktivitas microrganisms dan cacing tanah. Ketika seng memasuki tubuh ikan ini ia mampu bio memperbesar sampai rantai makanan. Rincian materi organik serius dapat memperlambat karena hal ini. Daunnya mampu mengakumulasi Zn sebesar 39. tetapi juga untuk spesies tanaman. Itulah sebabnya tidak ada banyak keanekaragaman tanaman di dekat pabrik-pabrik membuang seng. Beberapa ikan dapat terakumulasi seng dalam tubuh mereka. Tanaman sering memiliki serapan seng yang sistem mereka tidak dapat menangani. 2008). karena akumulasi dari seng di tanah. besi (Fe). Seng tidak bisa hanya menjadi ancaman bagi ternak. Ketika tanah lahan pertanian yang tercemar dengan seng. dan seng (Zn). Meskipun ini mengandung seng pupuk masih diterapkan. Tanaman sebagai hiperakumulator seng (Zn) adalah Thlaspi caerulescens. . terakumulasi dalam tubuh dan ternak. hewan akan menyerap konsentrasi yang merusak kesehatan mereka.