You are on page 1of 5

Karakter yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Teknik

Karakter merupakan sebuah wujud dari sebuah landasan pemikiran, sikap, dan perilaku
seseorang yang berdasarkan pada tata nilai dan sistem daya dorong. Karakter dapat diperoleh
atau terbentuk oleh berbagai macam hal yang telah dialami oleh pribadi seseorang. Hal tersebut
dapat berupa pengalaman, pengorbanan, pendidikan, percobaan, dan lingkungan yang menjadi
nilai intristik yang melandasi sikap dan tingkah laku seseorang. Karakter juga merupakan sebuah
hal yang dapat dibentuk, hal tersebut disebut dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter
adalah kegiatan pengajaran yang membantu seseorang untuk mengenali nilai-nilai universal serta
nilai yang melandasinya untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip kebaikan yang
dianut oleh lingkungannya. Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting bagi
kemajuan bangsa karena dengan pendidikan karakter, maka rasa kebangsaan dan pengetahuan
juga ikut terbangun. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa khususnya mahasiswa teknik harus
mampu membentuk karakter yang sesuai demi kemajuan bangsa. Mahasiswa teknik merupakan
calon pelaku atau pelaku pada proses kemajuan sebuah bangsa. Karakter yang dimiliki oleh
mahasiswa teknik sangatlah penting, sehingga kemajuan bangsa lebih baik lagi.

Sebuah karakter adalah internalisasi nilai – nilai yang berasal dari lingkungan menjadi
bagian dari kepribadiannya. Mahasiswa harus memiliki karakter yang berdasarkan pada definisi
tersebut. Seorang mahasiswa harus mampu beradaptasi pada berbagai macam situasi karena
dengan kemampuan tersebut, mahasiswa dapat membentuk karakter yang dibutuhkan pada
berbagai macam situasi. Karakter sendiri terdiri dari tiga level komponen pada identifikasinya,
yaitu keutamaan, kekuatan, dan tema situasional.

Tema situasional merupakan sebuah perilaku atau sikap yang muncul dari seseorang
ketika menghadapi suatu situasi. Tema situasional merupakan hal yang paling mendasar dari
identifikasi karakter. Seorang mahasiswa teknik harus mampu membaca tema situasional rekan
kerjanya dan dirinya sendiri. Hal tersebut dapat membantu seorang mahasiswa teknik untuk
beradaptasi dan menentukan kekuatan yang dimiliki oleh dirinya atau rekan kerjanya tersebut.
Tema situasional juga sangat dibutuhkan pada sebuah karakter karena hal tersebut membantu
seseorang mendefinisikan dirinya ketika berada pada berbagai macam situasi. Perilaku yang
muncul, sikap yang dipilih, serta pilihan pilihan yang ia lakukan merupakan sebuah wujud
definisi dari tema situasional pada diri seseorang.

kesatriaan. Mahasiswa yang menghadapi berbagai macam situasi. dapat dikenali dan dievaluasi oleh mahasiswa itu sendiri dan orang lain. dapat mengidentifikasi kekuatan yang dimilikinya. Terdapat berbagai macam keutamaan yang dapat dimiliki oleh seseorang. rasa ingin tahu terhadap hal baru. dan sudut pandang yang berbeda dalam memahami sebuah situasi. mahasiswa juga dapat mengetahui kekuatan dari rekannya. Mahasiswa teknik harus memiliki kebijaksanaan pada karakternya. Mahasiswa membutuhkan kreativitas untuk menemukan inovasi baru sehingga pekerjaan yang dilakukannya dapat diselesaikan dengan efektif. Selain itu. Hal tersebut dapat terjadi karena seseorang memiliki kekuatan karakter yang merupakan respon dari berbagai macam situasi yang didefinisikan dengan tingkah laku dan sikap seseorang. Kebijaksanaan tersebut dapat digunakan oeh mahasiswa teknik ketika mereka harus mengambil sebuah keputusan. keadilan. Tingkah laku dan sikap yang konstan dan muncul pada berbaagai macam situasi merupakan kekuatan dari sebuah karakter. kekuatan yang tercakup di dalamnya adalah kreativitas dan kecerdasan praktis. dan transendensi. Kebijaksanaan akan mengarahkan kepada keputusan yang dipilih berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut. pikiran yang kritis. Kekuatan karakter tersebut akan membawa seseorang untuk mengetahui keutamaan dari karakternya. membatasi. yaitu fungsi yang berhubungan dengan bagaimana mendapatkan pengetahuan dan menggunakan pengetahuan tersebut. Kekuatan karakter yang kerap muncul tersebut. antara lain kebijaksanaan. cinta akan pembelajaran. Dalam kebijaksanaan tersebut. Keutamaan karakter adalah karakteristik utama dari karakter dan dasar dari tindakan yang baik. Hal tersebut dibutuhkan karena kebijakasanaan berkaitan dengan fungsi kognisi. Tentunya. pengelolaan diri. Kekuatan merupakan sebuah definisi dari keutamaan karakter. kemanusiaan. Dalam usaha membentuk karakter. atau menghambat orang lain di sekitarnya. Kreativitas tersebut juga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari hari mahasiswa teknik dalam menghadapi berbagai macam . diperlukan pemahaman mengenai apa saja keutamaan dan kekuatan karakter yang sejauh ini sudah dikembangkan oleh manusia. kekuatan karakter tidak mengganggu. Keenam hal tersebut merupakan kategori dari keutamaan karakter yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mencapai keutamaan karakter yang baik. Kekuatan pada karakter harus dimiliki oleh mahasiswa teknik sebagai kemampuan mereka dalam berada di berbagai macam situasi.

perasaan mau membantu. Mahasiswa yang memiliki karakter baik merupakan mahasiswa yang memiliki pikiran terbuka. Bukti bukti yang memadai tersebut dapat diperoleh apabila mahasiswa juga memiliki kekuatan terhadap rasa cinta pembelajaran. topik. Dengan adanya rasa ingin tahu seorang mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan pengetahuan. diharapkan mahasiswa dapat menentukan pilihan yang paling baik. Mahasiswa teknik akan bekerja sama dengan rekan rekan mahasiswa teknik lainnya. Kemampuan seseorang untuk melihat dari berbagai sudut pandang membuat seseorang tersebut dapat menemukan benang merah yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Keutamaan karakter berikutnya yang harus dimiliki oleh mahasiswa teknik adalah rasa kemanusiaan. Adanya rasa cinta pembelajaran terhadap suatu hal membuat mahasiswa teknik mampu untuk menguasai keterampilan. Keutamaan karakter kemanusiaan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa teknik untuk mencapai kerja sama yang baik dan rasa saling menghargai sesama manusia. mahasiswa teknik dapat menambah pengetahuan yang dapat digunakan untuk menentukan keputusan pada sebuah situasi. Seorang mahasiswa dapat menjudge sebuah situasi dari berbagai macam sudut pandang untuk mendapatkan keputusan terbaik. Adanya rasa ingin tahu. membuat seorang mahasiswa teknik ingin terus belajar. dan pengetahuan baru dengan cara belajar sendiri atau dengan lembaga pendidikan tertentu. Namun segala hal dari kekuatan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila seseorang memiliki kekuatan perspektif.situasi. Mahasiswa yang memiliki pikiran terbuka akan memahami berbagai macam situasi dan mampu mengkritisi apabila tidak sesuai dengan norma yang berlaku. akan menerka keputusan dari berbagai sisi dan menimbang segala bukti yang memadai. Kekuatan yang terkandung dalam keutamaan karakter adalah baik dan murah hati. Kekuatan karakter yang baik . Dengan pembelajaran yang dilakukan. sehingga pengetahuan mahasiswa tersebut menjadi lebih luas dan terbuka. Pikiran terbuka tersebut dapat diraih dengan banyaknya pengetahuan yang ia miliki. Keutamaan karakter kemanusiaan adalah kekuatan interpersonal yang melibatkan kecenderungan dekat dan berteman dengan orang lain. Mahasiswa yang open minded. Berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Rasa ingin tahu merupakan sebuah kekuatan yang harus dimiliki oleh mahasiswa teknik. Mahasiswa yang cinta pembelajaran akan terus bertambah pengetahuannya karena ia selalu ingin mengembangkan dirinya. dan kecerdasan sosial. diharapkan mampu menentukan keputusan yang bijaksana sehingga dapat meraih hasil yang terbaik. Dengan melakukan hal tersebut. Kekuatan dari kebijaksanaan sangat terlihat pada kekuatan perspektif.

Dengan mengetahui mana yang salah dan mana yang benar secara tegas. Mahasiswa yang mampu menyatakan perbuatan yang benar pasti memiliki kekuatan yang tegas. Kejujuran akan membawa mahasiswa pada kebaikan. perbuatan tersebut tidak mencerminkan kecerdasan sosial walaupun melakukan keutamaan karakter kemanusiaan. Selain itu. Kecerdasan sosial dibutuhkan oleh mahasiswa teknik untuk tetap berada pada norma yang berlaku walaupun bertujuan baik dan ingin membantu orang lain. Keutamaan kesatriaan (courage) merupakan kekuatan emosional yang melibatkan kemauan kuat untuk mencapai suatu tujuan meskipun mendapat halangan atau tentangan. Namun disayangkan karena kejujuran pada masa kini sering dianggap ‘inferior’ terhadap jalan cepat. Kebaikan hati tersebut dapat didefinisikan dengan perilaku membantu sesama. mahasiswa teknik juga harus jujur dalam melakukan perbuatannya. Hal tersebut membawa kekuatan lain yang harus dimiliki mahasiswa teknik yaitu semangat. baik eksternal maupun internal. ketabahan dan gigih. Perilaku baik hati dan rasa ingin membantu. Adanaya rasa baik hati terhadap mahasiswa teknik lainnya tentu mampu membuat pekerjaan terasa lebih mudah. mahasiswa teknik harus memiliki empat kekuatan diantaranya berani menyatakan kebenaran. Pada keutamaan karakter ini. Karakter kemanusiaan yang terakhir adalah kecerdasan sosial. mahasiswa tersebut secara tidak langsung juga memiliki kekuatan karakter tegas. Mahasiswa yang memberi tahu kesalahan tersebut dapat memperbaiki keadaan atau situasi sekitarnya sehingga mahasiswa tersebut akan tergolong sebagai mahasiswa yang memiliki karakter yang baik. Mahasiswa harus mau menyatakan kebenaran apabila mengetahui bahwa suatu hal merupakan kesalahan. Kedua karakter tersebut dibutuhkan oleh mahasiswa teknik karena mahasiswa teknik memiliki tujuan untuk menyelesaikan permasalahan. Mahasiswa teknik juga harus memiliki kecerdasan sosial dalam melakukan kekuatan kemanusiaan tersebut. serta semangat. Hal tersebut dapat terjadi ketika mahasiswa membantu temannya yang kesulitan saat ujian. Dengan menyatakan salah. Selain perasaan baik hati. mahasiswa teknik dapat mencapai tujuannya dengan baik. Semangat dalam . tegas. mahasiswa teknik juga harus memiliki rasa ingin membantu. Rasa tersebut dibutuhkan karena mahasiswa teknik tidak dapat bekerja sendiri dan harus mampu bekerja sama.hati dibutuhkan oleh mahasiswa teknik untuk menumbunkan tenggang rasa terhadap sesama mahasiswa teknik. dilakukan pada perbuatan yang tepat dan sesuai dengan norma yang berlaku. Keutamaan karakter yang harus dimiliki mahasiswa berikutnya adalah keberanian atau kesatriaan. Hal tersebut akan membuat mahasiswa teknik memiliki karakter kemanusiaan yang baik.

Mahaiswa teknik juga harus memiliki keutamaan karakter keadilan. Dimana keutamaan keadilan adalah dasar dari kehidupan yang sehat bersama masyarakat. mahasiswa teknik dapat menentukan mana yang benar dengan tegas dan kejujuran. Diantaranya adalah arbieha@gmail.com .menjalankan tugasnya merupakan poin utama dari keutamaan karakter kesatriaan. Dengan semangat tersebut. Tiga kekuatan pada karakter keadilan melengkapi kebutuhan karakter mahasiswa teknik.