PROGRAM

KESELAMATAN DAN KEAMANAN
FASILITAS FISIK

2016

PT. NUSANTARA SEBELAS MEDIKA
RUMAH SAKIT ELIZABETH
SITUBONDO

TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS a. maka perlu dilakukan upaya- upaya dalam rangka menyediakan fasilitas keselamatan dan keamanan bagi pasien. pengunjung dan karyawan di Rumah Sakit Elizabeth Situbondo. Untuk mewujudkan upaya tersebut agar dapat dilaksanakan secara terstruktur dan menghasilkan upaya yang memberikan kepuasan bagi semua pengguna sarana fasilitan maka dibuatlah progran keselamatan dan keamanan pasien. pengunjung dan karyawan dirumah sakit. Rumah Sakit Elizabeth Situbondo sebagai suatu area umum tempat orang berkumpul untuk suatu keperluan tertentu. Tujuan Umum Meningkatkan mutu pelayanan secara profesional yang diberikan kepada pasien b. PENDAHULUAN Untuk meningkatkan mutu pelayanan rumahn skit dalam bidang keselamatan dan sehatan kerja(K3 RS). II. pasien dan pengunjung rumah sakit.I. LATAR BELAKANG Keselamatan dan keamanan fasilitas rumah sakit merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut keselamatan dan keamanan seseorang. III. Banyak orang ini tentunya memerlukan suatu fasilitas untuk memenuhi kebutuhan- kebutan hidup sebagai manusia. Terlaksananya pemeliharaan peralatan sesuai persyaratan mutu  sehingga keselamatan dan keamanan fasilitas fisik tercapai. Tujuan Khusus 1. Sebagai suatu publik area Rumah Sakit Elizabeth Situbondo melakukan upaya menyediakan suatu fasilitas keamanan yang memenuhi standart keamanan yang tertinggi guna memenuhi kebutuhan ketersediaan perlengkapan keamanan untuk para karyawan. Dengan terjaminnya keselamatan dan keamanan setiap orang maka akan meningkatkan kepercayaan pasien dan pengunjung untuk berkunjung dan mendapatkan fasilitan kesehatan dengan baik. 1 .

RINCIAN KEGIATAN 1. 5. 2. pedagang atau vendor. kondisi seluruh fasilitas fisik yang selalu dalam kondisi laik pakai dan dapat difungsikan dengan baik   3. IV. Penganggaran untuk mengganti system perbaikan fasilitas yang rusak. 6. Identifikasi semua staf. Pelaporan dan pelaksanaan kegiatan dan rencana tindak lanjut. Pemeriksaan fasilitas fisik secara komprehensif. 9. 10. Perbaikan fasilitas yang beresiko menimbulkan cedera 12. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN Melaksanakan program keselamatan dan keamanan fasilitas fisik di Rumah Sakit Elizabeth Situbondo. Monitoring kepatuhan unit independen (penyewa lahan) terhadap keselamatan dan keamanan. Edukasi staf terkait dengan keselamatan dan keamanan 11. 2. Monitoring pelaksanaan program perbaikan fasilitas V. pengunjung. 8. 7. Melakukan monitoring area yang beresiko terjadinya masalah di area keselamatan dan keamanan. 4. Keselamatan pasien dapat terjamin. 3. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN 2 . Pencatat dan pelaporan insiden atau cedera akibat fasilitas yang tidak memberikan keamanan dan keselamatan. Asesmen resiko keamanan dan keselamatan selama masa renovasi. Identifikasi area di Rumah Sakit Elizabeth yang beresiko dalam keamanan dan keselamatan.

Melakukan asesmen resiko keamanan dan keselamatan selama masa renovasi 5. 1.kipas angin. pengunjung. f. g. b. Incinerator 2x/ tahun d. pedagang atau vendor dengan: 1) memasang badge name sementara atau tetap (tanda pengenal). APD 4x/tahun. Mengidentifikasi area di Rumah Sakit Elizabeth yang beresiko dalam keamanan dan keselamatan. Kompor gas LPG 3x/tahun. Peralatan linen (mesin cuci. 3) Kegiatan patroli keliling oleh satpam. Kursi roda 4x/tahun. Titik-titik air (kran air.kulkas. 4.blower. dilakukan jika ada tamu melaporkan diri pada pos satpam depan TPP. 2) Instalasi Air Bersih Pemeliharaan instalasi air bersih dilakukan dalam bentuk pengontrolan fisik dan fungsi terhadap a. Pemeriksaan fasilitas fisik (peralatan) secara komprehensif 1) Peralatan Non Medis a. Alat pendingin (ac. c. freezer. 2) Pengisian buku tamu dan penggunaan ID Card untuk tamu. shower) 3 . Melakukan identifikasi semua staf. Bel ruangan 3x/tahun. kran wastafel. Pompa air Pengecekan fisik dan fungsi pompa air dilakukan 2x/tahun b.. 2. mesin strika) 2 x/ tahun h. i. dilakukan setiap hari 4) Menempatkan satpam di daerah beresiko keamanan (pos depan TPP) 3. mesin pengering. Tempat tidur 4x/tahun. Sentral gas medis. 3x/tahun. e.) 4x/tahun. Melakukan monitoring area yang beresiko terjadi masalah keselamatan dan keamanan 1) Pemasangan kamera CCTV di daerah terpencil dan daerah resiko keamanan 2) Pemantauan CCTV (sentral dan di pos satpam) oleh Satuan Pengaman setiap shift secara bergiliran.

Monitoring perlaksanaan program perbaikan fasilitas 4 . Pengecekan fisik gedung (Plafon. Pegecekan dilakukan per-ruangan setiap 4x/tahun 3) Instalasi Listrik a. Melaporkan dan melaksanakan kegiatan dan rencana tindak lanjutnya 12. Pengecekan kamar mandi seminggu sekali 5) Instalasi Pemadam Kebakaran a. Menganggarkan untuk mengganti sistem perbaikan fasilitas yang rusak 7. lemari. Instalasi lampu dan saklar Cek fungsinya 2x/tahun 4) Gedung dan Perlengkapannya a. kusen. Pengecatan fisik gedung setiap 2 tahun sekali c. Edukasi staf terkait dengan keselamatan dan keamanan 1) Pendidikan dan pelatihan satpam 10. Mencatat dan melaporkan insiden atau cidera akibat fasilitas yang tidak memberikan keamanan dan keselamatan. Memperbaiki fasilitas yang beresiko menimbulkan cedera. Panel-panel listrik Cek koneksinya 3x/tahun c. jendela tiap 4x/tahun e. kursi ) 2 bln sekali f. Dinding dan Lantai ) setiap hari b. 9. Genset Cek fisik dan fungsinya 4x/tahun Cek fungsi dengan menghidupkan Genset seminggu sekali b. 11. Tabung pemadam Pengecekan fisik dilakukan setiap 2x/tahun Uji kelayakan ulang dan labelisasi dilakukan oleh dinas PMK setahun sekali 6. meja. Pengecekan atap dan talang tiap 2x/tahun d. Pengecekan Pintu. Pengecekan perabot (kunci. 8. Monitoring kepatuhan unit independen (penyewa lahan) terhadap keselamatan dan keamanan dengan mencantumkan klausul bahwa penyewa lahan patuh terhadap MFK di dalam MOU.

SKEDUL (JADWAL) PELAKSANAAN KEGIATAN Tribulan Tahu N Unit n o JENIS KEGIATAN I II III IV Terkait Keselamatan dan Keamanan fasilitas fisik Mengidentifikasi area di Rumah Sakit SDM & Elizabeth yang beresiko dalam keamanan Umum 1 dan keselamatan 2016 Melakukan monitoring area yang beresiko SDM & terjadi masalah keselamatan dan Umum 2 keamanan. 2016 SDM & 3 pengunjung. Umum Mencatat dan melaporkan insiden atau 2016 cidera akibat fasilitas yang tidak SDM & 7 memberikan keamanan dan keselamatan Umum Monitoring kepatuhan unit independen 2016 (penyewa lahan) terhadap keselamatan dan keamanan dengan mencantumkan klausul bahwa penyewa lahan patuh terhadap MFK 8 di dalam MOU. Pendidikan dan pelatihan satpam 2016 SDM & 9 Umum 5 . VI. Seluruh pasien Rumah Sakit . SASARAN . pedagang atau vendor Umum Melakukan asesmen resiko keamanan dan 2016 4 keselamatan selama masa renovasi TIM K3. Seluruh penyewa lahan rumah sakit VII. PPI Pemeriksaan fasilitas fisik (peralatan) 2016 SDM & 5 secara komprehensif Umum Menganggarkan untuk mengganti sistem 2016 SDM & 6 perbaikan fasilitas yang rusak. Seluruh Karyawan . Petugas IPSRS . 2016 Jadwal terlampir Melakukan identifikasi semua staf.

IX. PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN Setelah pelaksanaan kegiatan program di monitoring dan di evaluasi selanjutnya hasilnya dilaporkan kepada Kepala Rumah Sakit Elizabeth untuk mendapat rekomendasi untuk program yang sudah berjalan maupun yang belum berjalan Sebagian rencana dalam program yang belum terealisasi dan dijadikan rencana kerja untuk tahun-tahun berikutnya selain penambahan perencanaan program yang baru Mengetahui. Ida Ayu Putri Astiti) 6 . Setiap akhir pelaksanan program dilakukan evaluasi setelah program kerja dijalanankan. Hasil evaluasi akhir tetap dalam tanggung jawab Kepala IPSRS atau Ketua Tim K3 dan dilaporkan kepada Kepala Rumah Sakit.1 Memperbaiki fasilitas yang beresiko 2016 SDM & 0 menimbulkan cedera Umum 1 Melaporkan dan melaksanakan kegiatan 2016 1 dan rencana tindak lanjutnya TIM K3 1 Monitoring perlaksanaan program perbaikan 201+ 2 fasilitas TIM K3 VIII. 2. Kendala-kendala yang ada mengenai pelaksanan program kerja dilaporkan secara tertulis oleh Kepala IPSRS atau Ketua Tim K3 kepada Kepala Rumah Sakit 3. atau pada tiap bulannya/periodik. Evaluasi pelaksanaan program kerja dilakukan oleh kepala IPSRS atau Ketua Tim K3. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN 1. PENCATATAN. IPSRS TIM K3 RUMAH SAKIT ELIZABETH RUMAH SAKIT ELIZABETH (Taufik Suryawan) ( dr.