Inisisasi menyusu dini

IMD yg dianjurkan

1. Begitu lahir, bayi diletakan di
perut ibu
2. Keringkan seluruh tubuh bayi,
kecuali kedua tangnnya
3. Tali pusat di potong lalu diikat
4. Vernix (zat lemak putih) yang
melekat di tubbh bayi tidak
dibersihkan
5. Ditengkurapkan di dada atau
perut ibu dengan kontak kulit bayi
dan kulit ibu

IMD yyg kurang tepat

Bayi dibwah ke kamar transisi atau kamar pemulihan Pengertian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan cara . Dibedong dengan selimut bayi 4. Bayi segera dikeringkan 3.1. Memasukan putting susu ibu ke mulut bayi 5. Begitu lahir bayi sudah dialasi dengan kain kering 2.

atau upaya untuk membiarkan bayi yang baru lahir untuk mencari payudara ibu sendiri segera setelah lahir. terus menerus tanpa terputus . 40– 60 menit setelah lahir dengan kontak kulit dengan kulit. 30-40 menit pertama bayi beristirahat dan melihat/membuka mata 2. Manfaat Mencegah hipotermiia Bayi dan ibu menjadi lebih tenang Imunisasi dini Mempercepat hubungan ikatan ibu dan anak Merangsang pengeluaran hormone oksitosin Mendapatkan ASI kolostrum Meningkatkan angka keselamatan hidup bayi Perkembangan psikomotorik lebih cepat Menunjang perkembangan kognitif Mencegah perdarahan pada ibu Tahapan IMD 1.

Dapat dilakukan pada bayi dilahirkan normal ataupun operasi sesar. Bayi diletakkan telanjang didada ibuyang juga telanjang dengan posisi tengkurap menghadap ibu 5. dalam fase 1 jam setelah kelahiran 2.3. menggerakan kaki. bahu. Bayi menendang. Bayi meletakan mulutnya ke putting susu ibu WAKTU PEMBERIAN IMD 1. Sesudah tali pusar dilap dengan kain hangat 4. Setelah bayi lahir dalam keadaan sehat dan menangis 3. Bayi mendecakkan bibir dan membawa jarinya ke mulut 4. lengan dan badannya ke arah dad ibu dengan mengandalkan indera penciumnya 6. Bayi dibiarkan sendiri mencari puting susu ibu 6. Bayi mengeluarkan air liur 5. Waktu dilakukan IMD .