5/13/2015

TUJUAN
 UMUM
Meningkatkan akses, kualitas dan keamanan
pelayanan KB di Rumah Sakit
 KHUSUS
 Tersedianya
tatalaksana administrasi dan menajemen
pelayanan KB di Rumah Sakit
 Tersedianya
system pelayanan dan rujukan KB
termasuk Komunikasi Informasi Edukasi (KIE)

1

dsb. Fasilitas. sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelayanan KB Tersedianya panduan pola pembiayaan pelayanan KB. 2 . aborsi aman sesuai indikasi medis serta penanganan infertilitas sesuai dengan ketersediaan sumber daya RS seperti SDM. 5/13/2015 Terwujudnya Koordinasi dan Kerjasama dalam penyelenggaraan pelayanan KB Tersedianya panduan dalam penyediaan fasilitas. Sarana Prasarana. komplikasi dan kegagalan pelayanan kontrasepsi. RUANG LINGKUP PELAYANAN KB DI RUMAH SAKIT Semua jenis pelayanan kontrasepsi Penanganan efek samping.

POLRI dan Swasta Maka Strukturnya mengikuti kebijakan/Aturan Kepemilikan Rumah Sakit tsb. 5/13/2015 SASARAN Sasaran Program Pelayanan KB di RS: Pasangan usia subur Klien rujukan komplikasi dan efek samping Klien pasca persalinan dan pasca keguguran Pasangan yang infertile Masyarakat PENGORGANISASIAN  Untuk RS vertical Milik Depkes mengacu pada Kepmenkes No. TNI. 3 .1045 tahun 2006 tentang Pedoman Organisasi RS di Lingkungan Depkes. sedangkan untuk RS daerah.

Bedah Bag. bedah. 5/13/2015  Dalam pelaksanaan pelayanan KB di RS dilakukan secara terpadu oleh suatu tim/Pokja yang terdiri dari berbagai unsur/unit dalam RS seperti bagian kebidanan & Kandungan. Obsgyn Bag. farmasi dsb yang telah ditetapkan dengan SK Direktur RS. Lain Inst/Bag Farmasi TIM POKJA Distribusi Alokon PKBRS Penanggung Jawab Penanggung Jawab Medis Penanggung Jawab Admst Promosi KIE/ Konseling Poli KB Operatif Garis Koordinasi Ket : Garis Komando 4 . CONTOH STRUKTUR ORGANISASI PKBRS Direktur Utama Komite Medik Direktur Yanmed Direktur Direktur Inst Bag. penyakit dalam.

5/13/2015 CONTOH STRUKTUR ORGANISASI PKBRS Direktur Utama Komite Medik Direktur… Direktur Yanmed Direktur… Inst Bag. Suntik KB. Bagian Bagian Sub Komite Inst/Bag Farmasi Obsgyn Bedah Lain PKBRS Distribusi Alokon Penanggung Jawab Medis Penanggung Jawab KIE/ Konseling Poli KB Operatif Promosi Garis Koordinasi Ket : Garis Komando PELAYANAN KB DI RUMAH SAKIT Pelayanan KB terbagi menjadi beberapa Klasifikasi layanan yaitu:  Pelayanan KB Lengkap Adalah pel KB yg meliputi pelayanan Kontrasepsi Kondom.OG. Pil KB. Dokter Umum. AKDR/IUD. Sp. Bidan dan Perawat Terlatih 5 . Pasang/Cabut IMP. MOP (bagi yg memenuhi syarat) serta penanganan efek samping dan komplikasi pada tingkat tertentu sesuai dengan kemampuan dan fasilitas/sarana yg tersedia minimal tenaga yang tersedia : Sp.B terlatih.

Fer).OG. Sp. 5/13/2015  Pelayanan KB Sempurna Pelayanan KB Lengkap ditambah dengan MOW (bagi fasilitas yang memenuhi persyaratan).OG Konsultan (K) dan Sp.An. Sp.Og Konsultan Fertilitas (K.An. penanganan kegagalan dan pelayanan rujukan. Bidan dan perawat terlatih 6 .Androligi.B. penanganan infertilitas dan sebagai pusat rujukan. Sp. Sp. Minimal tenaga yg tersedia : Sp. Minimal tenaga yang tersedia: Sp. Sp.U. bidan dan perawat terlatih  Pelayanan KB Paripurna Pelayanan Kontrasepsi sempurna ditambah pelayanan rekonalisasi.

Konseling dengan ABPK Tidak SETUJU ya Informed Consent KIE ULANG Pemeriksaan Penunjang Tidak PERLU ya Dilakukan Pelayanan KB Pemantauan medis & pemberian nasehat pasca tindakan PENCATATAN & PELAPORAN  RS wajib melaksanakan pencatatan kegiatan pelayanan PKBRS Pencatatan pelaksanaan layanan KB di RS  Pencatatan dan pelaporan dengan menggunakan Formulir dari BKKBN dan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) 7 . 5/13/2015 Alur Pelayanan. Pasien Datang Sendiri/rujukan UGD Instalasi Rawat Jalan Unit Terkait Rawat Inap Unit Terkait KIE.

Pelaporan.  Rujukan dapat berlangsung secara vertical dan horizontal. SDM. Pertemuan/Rapat Koordinasi  Pemantauan internal dilakukan oleh Tim Jaga Mutu RS yang bersangkutan dengan Self assessment yang dapat dilakukan 4 kali setahun 8 . rujukan eksternal dan internal sesuai dengan fungsi koordinasi dan jenis kemampuan yang dimiliki. Pembiayaan. rujukan balik.  Pemantauan dilakukan melalui : Analisis hasil pencatatan dan pelaporan. 5/13/2015 SISTIM RUJUKAN  Rujukan penyelenggaraan pelayanan KB dapat dilakukan dari unit pelayanan KB di luar RS ke RS lain dengan kemampuan pelayanan KB lebih tinggi.  Rujukan internal berpedoman pada prosedur rujukan di dalam RS dan mekanisme kerja di bagian terkait MONITORING  Dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas/memperbaiki pelayanan kontrasepsi di Rumah Sakit. Fasilitas. yang mencakup: Pelayanan.

5/13/2015  Pemantauan esternal oleh Tim Jaga Mutu dilakukan di fasilitas pelayanan KB di Wilayah kerja tim jaga mutu tersebut yang meliputi: monitoring kulitas (4 kali/th). pertemuan koordinasi tim jaga mutu (2 kali/tahun) EVALUASI Evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan KB melalui pertemuan berkala atau sewaktu-waktu bila diperlukan (Audit Medik Teknis. Tolak ukur adalah kualitas pelayanan 9 . supervise fasilitatif (4 kali/tahun). audit medic pelayanan KB (berdasarkan kasus khusus dalam pelayanan KB). Rapat Kerja) dan melalui feed back pelaporan. Rapat Program.

5/13/2015 TERIMA KASIH…. 10 .