You are on page 1of 7

g.

Konsep stress; proses penilaian
kognitif, dan faktor yang
mempengaruhi penilaian.
h. Konsep adaptasi/koping:
pengertian, proses, tahapan,
dan sumber koping
i. Mekanisme koping dan
jenisnya.
j. Aplikasi dalam keperawatan

ADAPTIF. 1 Pendahuluan 1. STRES. MEKANISME KOPING TUGAS PSIKOSOSIAL DAN BUDAYA DALAM KEPERAWATAN oleh: KELOMPOK 12 1 Aisyah Chitra P.1 Latar Belakang . ( 162310101248 ) 2 ( 16231010 ) 3 ( 16231010 ) 4 ( 16231010 ) PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER 2017 BAB.

1.2 tujuan 1.3 .

nutrisi. 2.1. mencakup pengkajian oksigenasi.1 Konsep Sress 2.2 Faktor yang Mempengaruhi Koping Tingkat adaptasi seseorang sebagai system adaptasi dipengaruhii oleh perkembangan individu itu sendiri. dan respon terhadap situasi yang menjadi ancaman bagi diri individu (Keliat. 2) konsep diri. body image. prinsip serta ideal dirinya. Sedangakan menurut Laruz (1985) koping adalah perubahan kognitif dan perilaku secara constant dalam upaya untuk mengatasi tuntutan internal dan atau eksternal khusus yang melakukan aau meliebihi sumber individu. menghargai dan nilai. Penggunaan mekanisme koping yang maksimal mengembangkan tingkah adptasi sesorang dan meningkatkan rentan stimulus agar dapat berespon secara positif. serta hal yang spesifik dalam model ini adalah mementingkan yang lain dan mendukung. yaitu: fungsi fisiologi konsep diri. aktivitasi istrahat.2 Mekanisme Koping 2.1. mengatasi perubahan yang terjadi dan situasi yang mengancam baik secara kognitif maupun perilaku (Mustikasari. integritas fisik. Faktor factor yang mempengaruhi mekanisme koping.3 Mekanisme Koping Mekanisme kopingdiartikan sebagai cara yang diturunkan sejak lahir atau diperoleh untuk merespon terhadap perubahan lingkungan. BAB. 4) saling ketergantungan. Sebgaia kesimpulan satu atau lebih model adaptasi yang berhubungan. mengkaji kemampuan untuk mencintai dan menerima cinta. Mekanisme koping . Menurut teori ini bahwa ketidakmampuan beradaptasi dirumuskan dengan mengobservasi tingkah laku pasien terhadap pengaruh lingkunga. 1999). eliminasi. dan penggunaan mekanisme koping. Mekanisme koping adalah cara yang digunakan individu dalam menyelesaikan maslah. mencakup pengkajian terhadap keyakinan atau spiritual.1. 3) Role-function mengkaji bagaimana hubungan social pasien terhadap orang lain. Roy (1991) menguraikan bagaian adaptasi terdiri dari 4 model : 1) Fisiologis. 2006). 2 TELAAH LITERATUR 2. 2. keseimbangan cairan dan elektrolit. penyesuaian diri terhadap keinginan yang akan dicapai.1 Konsep Koping Koping adalah cara yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah. peran dan interindepensi.

2. Kategorinya adalah makan berlebihan atau tidak makan. reproduksi dan keunggulan. pertumbuhan. pertumbuhan. Jika menolak untuk makan selama satu hari tidak dapat menjadi ancaman serius untuk hidup. membantu mengembangkan berfikir fantasi yang kreatif. Aktifitas gerak. tidak dapat menerima peraturan keluarga dan sekolah tanpa bertanya. 2) Mekanisme koping maladaftif Adalah mekanisme koping yang menghambat fungsi integrasi. mekanisme koping berdasarka penggolongan dibagi menjadi dua yaitu : 1) Mekanisme koping adaptif Adalah mekanisme koping yang mendukung fungsi integrasi. Dapat mengancam kelangsungan kehidupan. pertumbuhan. Perilaku terkontrol. dalam situasi yang berlangsung atau jika terjadi terus melalui sepanjang waktu. reproduksi. memecahkan masalah secara efektif. dengan menyesuaikan diri remaja akan mendapatkan pengakuan dalam kelompok 3. atau keunggulan. 5. Kategorinya adalah berbicara dengan orang lain. remaja membutuhkan perubahan dalam hidupnya. dapat membantu mengalihkan perhatian dari stressor (yamin 2008) Menurut roy (1991) rentang respon mekanisme koping dibagi menjadi dua. Respon inefektif merupakan respon yang tidak mendukung integritas juga tidak membentu kepada tujuan adaptasi itulah sebabnya mereka mungkin. Memecahkan pertumbuhan. Menurut start dan Sunden (1995). Jenis-jenis koping yang memfokuskan pada pemecahan masalah berupa : . Respon adptif merupakan promosi integrasi seseorang dalam tujuan adaptasi yaitu untuk kelangusngan kehidupan. teknik relaksasi latihan seimbang dan aktifitas konstruktif. Fantasi. menurunkan otonomi dan cenderung menguasi lingkungan. belajar dan mencapai tujuan. dengan cara memperbaiki informasi atau pengetahuan dengan berbagi dan diskusi. yaitu adaptif dan respon inefektif. Tetapi jika berkelanjutan seperti puasa selama bertahun-bulan mungkin akan menjadi ancaman serius dan tidak efektif untuk kehidupan. Penyesuaian. bekerja berlebihan. 4.lahir atau innate adalah keturunan secara genetika. Mekanisme umum koping pada remaja antara lain : 1. Penguasaan kognitif merupakan usaha untuk belajar terhadap situasi atau stressor. mekanisme koping diperoleh atau acquired dapat dikembangkan melalui proses seperti belajar.

adalah tindakan atau pengingkaran terhadap suatu masalah b. Religious. 2. Mencari dukungan sosial. sikap.1. dan spiritual. Kontrol diri. (chitty 1997) menekankan nilai keperawatan ada tiga unsur yaitu : holistic. humanistic dan care dengan menekannkan upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia yang sehat maupun sakit. adalah suatu situasi yang penuh dengan tekanan sehingga keadaan ini memaksanya untuk mengatasi masalah tersebut. 2. yaitu berupa : a. c. memikirkan tentang langkah apa yang diperlukan dalam menangani suatu masalah.3 aplikasi ilmu keperawatan Ilmu keperawatan sebagai ilmu yang aplikasinya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah sesuai kaidah dan nilai-nilai keperawatan. social. 3. adalah sikap individu untuk menenagkan masalah secara keagamaan. adalah memikirkan tentang bagaimana mengatasi penyebab stress. Pelayanan yang diberikan oleh perawat harus dapat mengatasi masaalah fisik psikis dan social spiritual pada klien dengan focus utama merubah perilaku klien (pengetahuan. dan pengertian. Peran utama profesioanl perawat adalah memberikan asuhan keperawatan kepada manusia (sebagai objek utama kajian filsafat ilmu keperawatan ontologis yang meliputi : a. 4. Penarimaan diri. dan ketrampilan) d alam mengatasi masalah kesehatan paien hingga mandiri . c. adalah mencari nasehat. b. 1. Perawat menggunakan proses ke[erawatan untuk mengidentifikasi masalah keperawatan mulai dari pemeriksaan fisik. empati. contohnya dengan membuat strategi untuk bertindak. Memerhatikaan individu dalam konteks sesuai kehidupan dan kebutuhan. psikis. Sedangkan koping yang memfokuskan pada emosi. adalah suatu tindakan yang mencoba menghilangkan atau mengelabuhi penyebab stress atau untuk memperbaiki akibat yang ditimbulkan dengan kata lain bertambahnya usaha seseorang untuk melakukan koping antara lain dengan bertindak langsung. Perencanaan. keaktifan diri. adalah indifidu membatasi keterlibatannya dalam aktifitas kompitisi atau persaingan dan tidak bertindak terburu-buru. informasi dukungan moral. Mengingkari. pertolongan. menunggu sehingga layak untuk melakukan suatu tindakan dengan mencari alternative lain.

anak tersebut akan mengalami stress fisik akibat keluhan sakitnya..pdf (diakses pada tanggal 15 februari) Nursalam. Jakarta: salemba medika https://books.ac. Bukan justru menambha rasa stress dengan suasana lingkungan yang menakutkan dan petugas yang bersikap kurang ramah.google.uinsby. http://digilib. dian ninuk. Ilmu keperawatan yang ada harus dapat memfasilitasi nbagaimana anak tersebut dapat merasa seeprti dirumah.co.pdf ( diakses pada tanggal 15 februari) http://digilib.id/files/disk1/104/jtptunimus-gdl-fetrinaris- 5198-3-babii. keadaan tersebutjustru akan memperlambat kesemimbangan kien. kurniawati. : Salemba medika Nursalam. Misalkan jika klien anak dengan asma bornkial dirawat di rumah sakit dengan konsisi sedang deiberi infuus dan tidak boleh bergerak kemana mana.id/11048/5/bab%202. 2010. dan merasa diperhatikan oleh orang terdekat. maka.ac. Konsep dan penerapan metodologi penilitian ilmu keperawatan. Asuhan keperawatan pada pasien terinfeksi HIV/AIDS. Stress psikis yang terjadi akan berdampak terhadap koping anak tersebut sehingga menurunkan imunitas.unimus. 2008.id/books? id=62jmbdySq2cC&pg=PA16&dq=aplikasi+stres+adaptasi+dan+mek anisme+koping+dalam+keperawatan&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=o nepage&q=aplikasi%20stres%20adaptasi%20dan%20mekanisme %20koping%20dalam%20keperawatan&f=false . tidak merasantertekan..