Di bawah ini adalah arti yg sebenernya dari DIAL CAMSHAFT

:

* Menemukan durasi

* Menemukan angka buka-tutup

* menemukan angka LSA

* menemukan overlap

* mengetahui posisi klep terbuka ketika di berapa derajat

* mengetahui posisi tinggi MAX klep terbuka

okayyy kayaknya sih udah cukup pengenalan awal tentang mendial
camshaft, nah jadi udah pada ngeh kan ?? ayoooo yg masih beranggapan
“kalo motor udah di dial pasti kenceng” masih mau di simpen pendapat kaya
gitu ? atau mau di ganti sm “arti dial” yg di atas :pTAK KENAL MAKA TAK
SAYANG kaya nya kata kata pepatah itu tepet banget buat topik ini

okey yuk kita langsung praktek aja dengan cara yg sering saya pake, tapi
sebelumnya siapkan dlu special toolkit yaitu :

Dial Gauge bebas mau pake merk apa aja dan dari harga yg berapa aja,

tapi inget harga ga bohong kadang pake yg harga murah bikin
dobel proses kerja, dan inget juga PRESISI itu paling utama di DIAL,
recomended sih cari dial gauge yg merk MITUTOYO ga usah di tanyain lagi
deh kepresisian nya:D

usahain klo nyari dudukan dial cari yg dari bahan ALMUNIUM TEBAL dan jangan sekali kali beli dudukan dial dari almunium TIPIS karna rawan PATAH!!! dan ini dia alat yg paling penting dalam mendial adalah jreng jreng jrengggg KERTAS DAN PULPEN hahahah loh kok ini masuk ke alat penting ??? iya dong penting setiap kita mendial harus di catat karna catatan dial itu penting untuk seorang mekanik seperti pendekar yg di temani dengan golok sakti.ga lucu kan kita bikin motor dah kenceng tapi ketiban apes si motor jebol dan sialnya kita ga catet apa aja . jarang orang yg jual dan harus lari ke tukang bubut buat bikin ini dudukan. BUSUR 360 DERAJAT sama kaya busur yg sering kita pake di SD cuman bedanya yg ini mah bulet alias 360 derajat yang biasa kita di pake di SD kan cuman 180 derajat. ga percaya ??? search aja di google dengan keyword “dudukan dial” dan liat hasilnya berapa orang yg jualan hehe. jadi gini setiap kita melakukan dial camshaft lebih bagus untuk langsung di catat/di bubukan karna apa ? karna tiap tiap camshaft itu berbeda beda karakter power yg di dapatnya. dlu nyari alat ini susahnya setengah mati. jadi kita ga perlu bingung coba coba camshaft mana yg bagus untuk setingan yg kita perlukan. tapi sekarang udah banyak kok yg jual dudukan dial. ga nyambung wuuuu eheheh. jadi seorang mekanik harus MENCATAT apa saja yg sudah di rubah karna ini penting. recomended BUSUR yg bagus cari yg bahan nya stenless yg tebel dan cari busur yg CAT nya bagus ga gampang ngelupas Dudukan dial fungsinya untuk megang si dial ke head yg mau di dial.

data data perubahan si motor ??? ya otomatis mulai dari nol!!! nah makanya perlu di catet biar pas kita lagi apes kita bisa langsung contek ke buku catetan dan mengulang semua perakitan motor seusai dengan yg di catat di buku oke saya rasa udah cukup deh alat alat nya dan langsung kita praktek cara nge dialnya yah tapi sebelumnya kita rakit dlu alat alat di atas menjkadi seperti ini busur derajat di tempel ke bagian magnet dan dial gauge ada di bagian HEAD persis seperti gambar di atas. begitu si mesin udah dalam berada dalam posisi TOP maka busur kita tandai dengan mengunakan penanda yg di tempet di samping busur agar setiap gerakan derajt bisa di pantai melalui penanda busur seperti gambar di bawah ini untuk posisi DIAL GAUGE harus berada di antara RETAINER ga boleh di atas stelan klep dan posisi jarum dial harus berada di angka NOL seperti gambar di bawah ini . untuk posisi cam dan seher di dalam mesin harus berada dalam posisi TOP.

teknik jepang banyak di pakai oleh mekanik kita karna cara membaca dial gauge nya sangat amat mudah pencatatannya diawalai setelah klep baru membuka 1 mm dan berakhir 1 mm sebelum klep tertutup baru kita masukin MEMBACA BUKA TUTUP CAMSHAFT EXHAUST pertama kita gerakan busur searah rotasi mesin (ber lawanan jarum jam) dan pasti rotasi mesin itu KLEP OUT dlu yg bergerak pelan pelan aja jangan cepet takutnya jarum dial gauge ga ke kontrol sama kita. gerakin si busur sampai jarum busur bergerak 0. oke tahap awal perakitan busur dan dial gauge udah berhasilllll horeeee udah bisa uy. tar jadi ngawur ngitung durasinya :p pelan pelan aja santai sambil tangan gerakin busur searah jarum jam.1mm (bergerak dari nol ke nol) baru deh berenti dan kita liat si busur diem di angka berapa. klo format nulis saya sih seperti ini KLEP OUT . misalkan angka busur setelah dial gauge berenti 0.silahkan suruput dlu kopinya sm bakar rokoknya biar otak makin cerah dan semangat bertambah :D:D:D:D:D:D:D tapi coba cek ulang posisi BUSUR dan DIAL nya apa udah bener harus berada dalam posisi TOP untuk busur dan 0 untuk dial ? klo udah benar benar yakin kita maju ke proses yg sebenernya dalam mendial teknik membaca dial gauge sy pake teknik yg bermasyrakat saja dengan mekanik mekanik indonesia ya itu dengan teknik JEPANG.1mm berada dalam posisi 60 derajat langsung kita tulis ke kertas.

MEMBACA BUKA TUTUP CAMSHAFT INTAKE setelah kita dapat data buka tutup EXHAUST busur tepat berada di posisi overlap camshaft yg di mana klep OUT dan IN terbuka bersamaan. misalkan busur berada dalam posisi 30 derajat maka catet lagi seperti ini KLEP OUT buka out : 60 tutup out :30 ‘HOREE berhasil uy dapet angka buka tutup camshaft untuk EXHAUST alhamdulilah…. tapi bedanya seakrang yg kita liat dial yg berada di posisi klep IN.buka out : 60 tutup out :– setelah angka bukaan cam OUT di dapat dan sudah di catet di kertas. terus kita putar sampai jarum dial in terbuka 0.. kita lanjut lagi tangan kita puter searah rotasi mesin (berlawan jarum jam) dan tetap mata ngeliat jarum dial. misalkan angka busur berada di 30 derajat kita langsung catet lagi seperti ini KLEP IN buka in : 30 tutup in :– .1mm (jarum dial menunjukan nol ke nol) dan coba liat busur berada di angka berapa derajat. gerakin lagi si busur sesuai rotasi mesin (berlawanan jarum jam) sampai si dial gauge berenti bergerak(klep out menutup) kalo udah yakin si klep udah ga kebuka dengan cara melihat jarum dial berenti maka coba mundurkan kemabli si busur dengan cara searah jarum jam (berlawanan rotasi mesin) sampai si jarum terbuka kembali 0.1mm (posisi jarum nol ke nol) kalo udah yakin posisi dial terbuka 0.1mm kita liat angka di busut ada di berapa derajat.

misalkan angka tutup in berada dalam 60 derajat kita catat lagi seperti ini KLEP IN buka in : 30 tutup in : 60 sekrang data data durasi camshaft sudah kita dapatkan ALHAMDULILAH… selesai juga nih proses yg bikin agak bingung nah sekarang kita pakein rumus berhitung DURASI CAM : buka out + tutup out + 180 = DURASI OUT buka in + tutup in + 180 = DURASI OUT *180 adalah angka pasti(rotasi mesin ketika bergerak 1x kerja) kalo udah kia masukin aja angkanya ke rumus OUT : 60+30+180 = 270 (ini adalah durasi dari camshaft OUT) IN : 30=60+180=270 (ini adalah durasi dari camshaft IN) untuk mempermudah pencatatan bisa dengan format sepert ini KLEP OUT buka out : 60 .nah udah dapet nih angka bukaan in nya. kita gerakin lagi si busur searah rotasi mesin (berlawanan jarum jam) sampa si jarum dial berenti.1mm (dari nol k nol) dan langsung kita liat si busur berada di berapa derajat. setelah berenti kita mundurkan si busur berlawanan roatsai meisn (searah jarum jam sekarang) sampai jarum dial menunjukan membuka 0. sebentar lagi buat kita tau berapa durasi nokenas yg sebenernya. tapi sabai satu proses lagi belum selesai yaitu angka tutup in.

tutup out : 30 KLEP IN buka in : 30 tutup in : 60 durasi cam OUT : 60+30+180=270 durasi cam in : 30+60+180=270 .