You are on page 1of 4

Seorang anak memegang serokan saat bermain air Sungai Cikapundung yang kotor di atas pipa PDAM untuk

warga kota di
Kampung Manteos, Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat, 28 Juli 2015. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Bandung - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta
Wening Kota Bandung akan menghentikan sementara pasokan air baku
ke pelanggan, Senin, 16 Mei dan 23 Mei 2016. Kepala Sub Bidang
Hubungan Masyarakat PDAM Kota Bandung, Tarsum mengatakan,
sekitar 30 ribu pelanggan akan terkena dampak penghentian pasokan
itu, khususnya yang berada di kawasan Bandung utara.

Penghentian suplai air itu direncanakan berlangsung sehari, mulai dari
pukul 06.00-18.00 WIB. Gangguan tersebut terkait rencana pengurasan
kolam tando (penampungan) milik PT PLN yang airnya ikut dipakai
PDAM di Dago Pakar.

Selain itu, PDAM melakukan pengerukan berkala tiga bulan sekali di
bendungan intake (penangkap air) di daerah Bantar Awi. “Sedimentasi
menghambat aliran air,” kata Tarsum, Ahad, 15 Mei 2016.

Sebenarnya, kata Tarsum, pengerjaan kegiatan pemeliharaan itu
berlangsung 10 jam. Selebihnya proses pengaliran air ke pipa yang
sebelumnya kosong dan terisi udara.

Kawasan atau daerah pelanggan yang terkena dampak penghentian air
baku PDAM itu meliputi Dago, Cigadung, Ciumbuleuit, Hegarmanah,
Pasteur, Sukajadi, Cipaganti, termasuk beberapa rumah sakit seperti
Hasan Sadikin dan Santo Borromeus.

Adapun wilayah lain yang airnya berasal dari pengolahan air di PDAM
Jalan Badak Singa, kata Tarsum, tetap normal pasokannya. Total

"Di daerah timur masih belum banyak terlayani. Saat ini mencapai 1.  Baca Juga :  Musim Kemarau di Sumut Diprediksi Hingga Agustus  Kemarau Singkat.com. Jawa Barat. terutama di kawasan Bandung Timur." imbuh dia. Bandung: Musim kemarau panjang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.800 meter kubik. Kekeringan Melanda Jatim saat Ramadan  Brandconnect5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Produk Elektronik Namun. Karena sumber mata air yang sulit dan juga debit air dari Cipanjalu yang mengalir ke sana saat ini mulai surut. memastikan pasokan air minum untuk warga hingga tiga bulan kedepan aman. Jawa Barat. Iming mengakui hingga saat ini belum semua masyarakat dapat menikmati air bersih dari PDAM. di kantor PDAM Kota Bandung. Untuk menanggulangani masalah itu." pungkasnya. Jalan Badak Singa. Kita sediakan dengan gratis dengan syarat ada luas tanah 14 meter kubik. Sedangkan kalau untuk memasang pipa itu panjang sekali. Metrotvnews. Menurutnya di kawasan itu cukup sulit mendapatkan sumber mata air khususnya di Gedebage. "Sudah ada 103 RW yang berminat disediakan terminal air minum atau keran umum dengan cara membuat tanki yang nantinya disimpan di sana. Jumat (7/8/2015)." kata Pejabat sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Kota Bandung Iming Ahmad. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung. Waspadai Kekeringan & Kebakaran Hutan  Diperkirakan. 2016In: Jabar Raya . Saat ini sudah ada 103 rukun warga (RW) yang menyatakan siap untuk dibangun terminal air minum. "Sampai 3 bulan kedepan ketersediaan air minum masih aman. PDAM akan membangun terminal air minum di sejumlah kawasan yang belum terlayani.pelanggan air baku PDAM Kota Bandung berjumlah sekitar 150 ribu orang. Ini Upaya PDAM Tirtawening Tingkatkan Pelayanan Posted date: Januari 12.

“Untuk saat ini. debit air dari sumber mata air Cikareo bisa bertambah 50 liter per detik dari sebelumnya yang hanya 100 liter per detik menjadi 150 liter per detik. air dari Cileunca tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin air PLN dan kemudian disalurkan ke pengolahan air milik PDAM Tirtawening. Pasalnya.JMOL. pihaknya pun akan mengoptimalkan pasokan air dari sumber mata air Cileunca. FOKUSJabar. Selasa (12/1/2016). Selain dari sumber mata air Cikareo. jumlah kebutuhan air di masyarakat semakin meningkat. Selain itu.” pungkas Tarsun. . Salah satu upaya yang sudah dilakukan yakni dengan penambahan pipa baru dari sunber air Cikareo. Pasalnya. sumber mata air pun makin menurun namun. “Kita sudah merencanakan untuk membangun mini plant di Dago Pakar dan Cipanjalu Ujungberung.800 liter air per detik. 12 JANUARI 2016AUTHOR : FOKUSJABAR.(gih/rep) PDAM Tirtawening Imbau Warga Bijak Gunakan Air Bersih SELASA. dan kita siapkan untuk melayani pelanggan di wilayah Bandung Utara. kemudian menyiapkan pemasok air untuk wilayah Gedebage yang diproyeksikan menjadi kota metropolis baru. Dan satu sumber air PDAM Tirtawening lain yakni dari Situ Lembang yang memasok sekitar 100 liter air per detik. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung terus mengupayakan peningkatan pelayanan bagi masyarakat Kota Bandung. Jalan Sersan Bajuri.” terangnya. pasokan air PDAM Tirtawening hampir 85 persen berasal dari sumber mata air Cileunca tersebut. Sebelum diolah PDAM Tirtawening.” kata Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung. “Sumber mata air dari Cikareo itu diolah terlebih dahulu di Cibeureum. Dengan penambahan pipa baru tersebut.COM0 BANDUNG. sumber mata air serta daerah serapan air di Kota Bandung mulai menurun. lanjutnya. sehingga kita pun harus siap baik dari bidang air minum maupun pengelolaan air limbahnya. pihaknya pun akan melakukan pengembangan lain untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Kota Bandung.com : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan air bersih. Tarsun saat ditemui di kantornya. pengelolaan air di Badak Singa Kota Bandung hanya mampu menyuplai maksimal 1. Selain mengoptimalkan sumber-sumber mata air tersebut. Beberapa inovasi pun dilakukan untuk meningkatkan pelayanan tersebut. Jalan Badak Singa Kota Bandung.

hemat jangan dihambur-hamburkan. Terutama untuk sumur tanah yang digunakan warga semakin cepat mengering akibat banyaknya pendirian hotel maupu apartemen. daerah resapan air pun tidak makin terkikis habis.” tambahnya. .Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung. Selain mengimbau warga untuk menghemat dan menggunakan air secara bijak. sehingga saat hujan ada air yang meresap. Jalan Badak Singa Kota Bandung. Jangan semua ditembok. cekungan Bandung ini mulai mengalami penurunan sebagai akibat dari pengambilan air tanah yang berlebih. Tidak semuanya langsung turun ke sungai. tapi tetap saja pengaruhnya ada. kami berharap ada wilayah khusus yang disiapkan untuk resapan air. Dengan demikian. kini mengandalkan pasokan dari PDAM. makin menjamurnya hotel di Kota Bandung pun sedikit banyak berpengaruh pada ketersediaan air baku. Bagi kami memang tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.com di kantor PDAM Tirtawening Kota Bandung. Salah satu sumber mata air yang hilang dan sebelumnya merupakan sumber mata air warga sekitar yakni di Cihampelas. Masyarakat yang biasa menggunakan air di sumber mata air tersebut. Tarsun menuturkan. “Kalau pun membangun di wilayah Bandung Utara. pihaknya pun berharap ada ketegasan dari aturan pembangunan di wilayah Bandung Utara. “Ini secara tidak langsung berpengaruh besar pada kebutuhan air PDAM di Kota Bandung.” ujar Tarsun saat ditemui FOKUSJabar. “Berdasar penelitian.” tegasnya. Selasa (12/1/2016). Tak hanya itu. Untuk itu. masyarakat pun harus lebih bijak menggunaka air bersih. hilangnya beberapa sumber mata air di Kota Bandung menjadi salah satu penyebab makin tingginya kebutuhan pasokan air bagi warga dari PDAM Tirtawening Kota Bandung.