You are on page 1of 5

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Salah satu peralatan yang berperan penting dalam penyaluran daya listrik yaitu
transformator daya. Transformator daya merupakan peralatan listrik yang sangat vital, oleh
karena itu transformator harus dipelihara agar dapat beroperasi secara maksimal dan jauh
dari gangguan-gangguan yang dapat menyebabkan kegagalan transformator. Untuk itu
keandalannya harus terjaga agar proses penyaluran lancar.
Transformator merupakan peralatan daya listrik yang penting karena berhubungan
langsung dengan saluran transmisi dan distribusi listrik. Gangguan pada transformator
akan menyebabkan terputusnya daya ke konsumen. Oleh karena itu perawatan dan
pendeteksian kerusakan transformator perlu dilakukan secara rutin agar transformator bisa
bekerja sesuai dengan masa pemakaian maksimumnya.
Untuk pemeliharaan transformator daya diperlukan empat pedoman pemeliharaan
untuk mengetahui kondisi transformator. Pedoman tersebut diantaranya adalah in service
inspection, in service measurement, shutdown testing, dan treatment. PLN memiliki
banyak standar pengujian untuk menguji minyak isolasi, misalnya tegangan tembus, rugi-
rugi dielektrik, DGA (Dissolved Gas Analysis). Salah satu pengujian yaitu DGA, metode
pengujian ini dilakukan untuk menguji keadaan minyak isolasi dengan mengambil sampel
minyak isolasi dari unit transformator untuk mengetahui jenis-jenis gas yang terlarut dalam
minyak isolasi transformator.
Oleh karena itu perlu dilakukan analisis untuk ketidaknormalan pada transformator
dengan pengujian DGA (Dissolved Gas Analysis) agar dapat diketahui nantinya kondisi
kesahatan transformator, kegagalan transformator yang akan terjadi dan tindakan
penanggulangannya.

1.2 Tujuan Kerja Praktek
1.2.1 Tujuan Umum
Tujuan Kerja Praktek adalah memberikan pemahaman dan gambaran kepada
mahasiswa tentang ilmu yang selama ini diperoleh dari tempat kuliah dengan
keadaan yang sesungguhnya pada saat berada di lingkungan kerja serta untuk

2 Tujuan Khusus Tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan kerja praktek ini adalah: 1. Mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan perkembangan industri. Sebagai sarana agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan dasar tentang DGA (Dissolve Gas Analysis) sebagai pengujian untuk menjaga kehandalan transformator. kondisi fisik. Meningkatkan profesionalisme. pengetahuan. 5. Bagi Mahasiswa: a. kondisi para karyawan dan kegiatan pekerjaan yang dilakukan. Menyelidiki suatu kasus yang ditemukan dalam pekerjaan dan mencari jalan keluar pemecahan terbaik. Memperoleh pengetahuan yang nyata tentang kondisi suatu perusahaan atau industri baik dari segi manajemen yang diterapkan. Sebagai sarana untuk pengalaman. 4. 1. peralatan yang digunakan.2. kondisi para karyawan dan kegiatan pekerjaan yang dilakukan. keterampilan. yaitu: 1. 2.3 Manfaat Kerja Praktek Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan Kerja Praktek ini. 1. Memenuhi kewajiban tugas Kerja Praktek setiap mahasiswa Teknik Elektro dari Institut Teknologi Indonesia yang merupakan persyaratan untuk kelulusan mata kuliah Kerja Praktek dengan bobot 2 SKS. Memperoleh pengetahuan yang nyata tentang kondisi suatu perusahaan atau industri baik dari segi manajemen yang diterapkan. c. mengetahui secara langsung pekerjaan yang berhubungan dengan sistem kontrol dan kegiatan yang ada pada industri. kondisi fisik. peralatan yang digunakan. 3. sikap dan kemampuan profesi mahasiswa melalui latihan kerja serta pengamatan kegiatan berdasarkan teknik- teknik yang diterapkan di lapangan dalam bidang program studinya. . Melakukan studi lapangan secara langsung yang akan diperlukan sebagai perbandigan antara teori di bangku kuliah dengan praktek secara langsung di lapangan. 6. b. wawasan dan studi banding untuk menyelesaikan kurikulum pendidikan dengan tuntutan pengetahuan dan teknologi.

5 Batasan Masalah Masalah yang dibahas dalam laporan kerja praktek ini terbatas pada teknik pengujian Dissolved Gas Analysis (DGA) serta Interpretasi pengujian DGA di PT Global Twin Star. Global Twin Star yang berlangsung sejak tanggal 18 Juli 2014 sampai dengan 18 Agustus 2014. 1. Adapun sistematika penulisan laporan kerja praktek ini adalah sebagai berikut: . Observasi. b. terdiri dari beberapa teknik yang dilakukan.7 Sistematika Penulisan Untuk memudahkan pemahaman. 1. 2. Studi Pustaka (Library Research) Merupakan Metode yang dilakukan untuk mengumpulkan data dengan mencari dan membaca buku yang dapat menunjang penyusunan laporan ini serta mencari data di internet. Wawancara. b. Studi Lapangan (Field Research) Dalam studi lapangan. Terjalinnya hubungan baik antara Institut Teknologi Indonesia dan PT Global Twin Star sehingga memungkinkan kerja sama ketenagakerjaan atau kerja sama lainnya. Bagi Perusahaan a. yaitu: 1. 1. maka penulisan laporan kerja praktek ini dibagi dalam beberapa pembahasan.4 Tempat dan Waktu Kerja Praktek Pelaksaan kerja praktek bertempat di workshop PT. 1. adalah suatu teknik untuk mengamati secara langsung maupun tidak langsung gejala-gejala yang sedang / berlangsung baik yang berada di dalam maupun di luar.6 Metodologi Pelaksanaan Kerja Praktek Metodologi yang digunakan pada kerja praktek ini adalah : a. d. Dapat membina hubungan dengan industri sehingga memungkinkan untuk dapat bekerja di industri tempat pelaksanaan Kerja Praktek setelah lulus nanti. merupakan suatu teknik yang bertujuan untuk mencari informasi yang relevan dengan hal-hal yang terkait dengan kerja praktek dan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di lapangan. 2. Mendapat umpan balik untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga selalu sesuai dengan perkembangan dunia industri.

Global Twin Star. Global Twin Star Bab ini membahas mengenai profil perusahaan yang meliputi sejarah PT Global Twin Star beserta pelayanan yang diberikan oleh PT. manfaat kerja praktek. teknik sampling. BAB IV PEMBAHASAN Bab ini membahas mengenai pengujian DGA. serta penjelasan tentang alat MYRKOS. metode yang digunakan. BAB III LANDASAN TEORI Bab ini membahas mengenai teori dasar dari Transformator. BAB V PENUTUP Bab ini menguraikan kesimpulan yang dapat diambil selama kerja praktek. tempat dan waktu pelaksanaan kerja praktek. BAB II PROFIL PT. DGA (Dissolved Gas Analysis) dan Sampling minyak trafo. parameter pengukuran gas terlarut. batasan masalah.BAB I PENDAHULUAN Bab ini membahas mengenai latar belakang. . tujuan kerja praktek. metodologi pelaksanaan kerja praktek dan sistematika penulisan.