You are on page 1of 4

NAMA :Ayub L.R.

Pasolang
NIM :A31114329

AUDIT TERHADAP SIKLUS PENGELUARAN : PENGUJIAN PENGENDALIAN

Deskripsi siklus pengeluaran
Siklus pengeluaran terdiri dari transaksi pemerolehan barang atau jasa. Umumnya, transaksi
besar yang membentuk siklus pengeluaran dalam perusahaan yaitu transaksi pembelian dan
transaksi pengeluaran kas. Sistem Informasi yang membentuk siklus pengeluaran

1. Sistem pembelian, yang terdiri dari berbagai prosedur :
a. Prosedur permintaan pembelian
b. Prosedur order pembelian
c. Prosedur penerimaan barang
d. Prosedur penyimpanan barang
e. Prosedur pembuatan bukti kas keluar
f. Prosedur pencatatan utang
2. Sistem pengeluaran kas, yang terdiri dari jaringan prosedur berikut :
a. Prosedur pembayaran bukti kas keluar
b. Prosedur pencatatan pengeluaran kas

TUJUAN AUDIT TERHADAP SIKLUS PENGELUARAN

1. Keberadaan Atau Keterjadian

Tujuan audit terhadap Golongan Transaksi:
Transaksi pembelian mencerminkan barang dan jasa yang baik yang diterima dari pemasok
selama periode yang di audit

Tujuan Audit terhadap Saldo Akun Utang usaha mencerminkan jumlah kewajiban
entitas yang ada pd tanggal neraca

2. Kelengkapan

diringkas dan diposting kedalam akun dgn benar Tujuan Audit terhadap Saldo Akun Utang usaha dinyatakan dalam jumlah yang benar kewajiban entitas pada tanggal neraca 5. Hak dan Kewajiban Tujuan audit terhadap Golongan Transaksi: Entitas memiliki kewajiban sebagai akibat transaksi pembelian yang tercatat dalam periode yang di audit Tujuan Audit terhadap Saldo Akun Utang usaha pada tgl neraca mencerminkan kewajiban entitas kepada pemasok 4. · . Tujuan audit terhadap Golongan Transaksi: Semua transaksi pembelian dan pengeluaran kas yang terjadi selama periode yang di audit telah di catat Tujuan Audit terhadap Saldo Akun utang usaha mencangkup semua jumlah yang terutang kepada pemasok barang dan jasa pd tgl neraca 3. Penilaian atau alokasi Tujuan audit terhadap Golongan Transaksi: Semua transaksi pembelian dan pengeluaran kas telah di catat di jurnal . Penyajian dan pengungkapan · Tujuan audit terhadap Golongan Transaksi: Rincian transaksi pembelian dan pengeluaran kas pendukung penyajian akun yang berkaitan dalam lapran keuangan.

Dokumen pendukung yaitu dokumen yang membuktikan validasi terjadinya transaksi Catatan akuntansi Catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatatat transaksi pembelian adl 1. aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud di identifikasi dan diklasifikasi dengan semestinya dalam neraca PERANCANGAN PROGRAM AUDIT UNTUK PENGUJIAN PENGENDALIAN TERHADAP SIKLUS PENGELUARAN Rerangka Perancangan Pembahasan perancangan program audit untuk pengujian pengendalian terhadap siklus pengeluaran ini dibagi menjadi 2 kelompok : 1.Tujuan Audit terhadap Saldo Akun Utang usaha . Jurnal pembelian 3. Perancangan program audit untuk pengujian pengendalian – transaksi pengeluaran kas PERANCANGAN PROGRAM AUDIT UNTUK PENGUJIAN PENGENDALIAN – TRANSAKSI PEMBELIAN Fungsi terkait 1. Fungsi akuntansi umum : bagian akuntansi umum 6. Fungsi akuntansi biaya : bagian akuntansi biaya 7. Fungsi pencatatan utang : bagian utang 5. Register bukti kas keluar 2. Dokumen sumber yaitu dokumen yang dipakai sebagai dasar pencatatan 2. Fungsi gudang : bagian gudang 2. Fungsi penerimaan barang : bagian penerimaan barang 4. Buku pembantu sediaan . 1. Fungsi pembelian : bagian pembelian 3. Perancangan program audit untuk pengujian pengendalian – transaksi pembelian 2. Fungsi penerimaan kas : bagian kas Dokumen Dokumen yang digunakan dibagi menjadi 2 yaitu. Buku pembantu utang 4.

kuitansi cek Catatan akuntansi Catatan akuntasi yang digunakan dlm sistem akuntansi pengeluaran kas yaitu : 1. Fungsi pencatat utang: bagian utang 3. Fungsi yang memerlukan pengeluaran kas : bagian pemasaran/lain” 2.PERANCANGAN PROGRAM AUDIT UNTUK PENGUJIAN PENGENDALIAN – TRANSAKSI PENGELUARAN KAS Fungsi terkait 1. Fungsi akuntansi umum : bagian akuntansi umum 6. Buku besar . Fungsi audit intern : bagian audit intern 7. Fungsi akuntansi biaya: bagian akuntansi biaya 5. Register cek 2. Fungsi penerima kas : bagian kas Dokumen Dua dokumen yang digunakan dalam transaksi pengeluaran kas yang dilihat sbb: Transaksi Dokumen sumber Dokumen pendukung Pengeluaran kas Bukti kas keluar Permintaan cek . Fungsi keuangan: bagian keuangan 4.