You are on page 1of 5

Deadline terakhir kumpul hari SELASA tanggal 24 november pukul 18.

00
Kirim ke rikadayantiasik@gmail.com dan osirahmaini@gmail.com
Dengan format yang sesuai, yaitu :]
Masuk dalam guncangan, JIKA:
1. jawaban anmal tidak nyambung
2. tidak membuat LI

Calibri uk. 12, spasi 1.5 thankyou 
1. Dimas
2. Disya
3. Almirah
4. Wawan
5. Poet
6. Iqbal
7. Owen
8. Nisa
9. Fakhri
10. Risfandi
11. Ima
12. Rika
13. Osi

Skenario B Blok 28 Tahun 2015

Dokter Rita bekerja di Unit Kesehatan di Fakultas Kedokteran
Universitas Sriwijaya yang berfungsi untuk menangani keluhan klinis
mahasiswa, dosen dan karyawan dan meningkatkan kualitas kesehatan di
lingkungan FK Unsri. Seminggu terakhir terdapat 6 orang karyawan dan 4

1. beberapa karyawan tertangkap tangan sedang merokok di bagian belakang gedung FK Unsri. Klarifikasi Istilah . Dari hasil assessment rutin yang dilakukan dokter Rita. di kantin dibuka tempat makanan baru yaitu “sushimura” yang menggunakan sumber air yang sama dengan penjual makanan/minuman lain di kantin. Dokter Rita mengetahui bahwa meminta bantuan fakultas untuk memperbaiki fasilitas secara cepat dan menggunakan biaya yang tinggi akan memakan waktu. dan beberapa hari ini mulai sering terjadi hujan yang mengakibatkan terjadinya banyak genangan air. dan 2 orang mahasiswa berobat karena kakinya terinjak bahan bangunan. didapatkan bahwa dalam minggu terakhir WC di FK Unsri airnya tidak menyala.orang mahasiswa yang datang berobat karena sesak napas. 1 orang mahasiswa koas terjatuh dari tangga. pada saat yang sama memiliki tren baru membeli dan memesan makanan online. jumlah mahasiswa yang makan di kantin FK meningkat. sedang dilakukan renovasi gedung sehingga beberapa kantor dipindahkan ke ruangan yang sempit dan kurang ventilasi. sehingga beliau berusaha untuk menangani masalah kesehatan yang ada sesuai dengan yang lebih mudah dan lebih murah dilakukan dengan meminta bantuan dan dukungan dari pihak dekanat.

c.Ked) dan magang di rumah sakit untuk mendapatkan gelar dokter (dr) b. dan 2 orang mahasiswa berobat karena kakinya terinjak bahan bangunan. sehingga beliau berusaha untuk menangani masalah kesehatan yang ada sesuai dengan yang lebih mudah dan lebih murah dilakukan dengan meminta bantuan dan dukungan dari pihak dekanat. Dokter Rita mengetahui bahwa meminta bantuan fakultas untuk memperbaiki fasilitas secara cepat dan menggunakan biaya yang tinggi akan memakan waktu. didapatkan WC di FK Unsri airnya tidak menyala. b. Identifikasi Masalah a. pada saat yang sama memiliki tren baru membeli dan memesan makanan online. beberapa karyawan tertangkap tangan sedang merokok di bagian belakang gedung FK Unsri. 1 orang mahasiswa koas terjatuh dari tangga. Dari hasil assessment rutin yang dilakukan dokter Rita. Seminggu terakhir dokter Rita mendapati 6 orang karyawan dan 4 orang mahasiswa yang datang berobat karena sesak napas. umumnya terdapat sejumlah dekan sebagai pejabat tinggi dalam sebuah fakultas 2. Koass : mahasiswa kedokteran yang telah menyelesaikan jenjang sarjana S1 (S. a. dan beberapa hari ini mulai sering terjadi hujan yang mengakibatkan terjadinya banyak genangan air. . jumlah mahasiswa yang makan di kantin FK meningkat. di kantin dibuka tempat makanan baru yaitu “sushimura” yang menggunakan sumber air yang sama dengan penjual makanan/minuman lain di kantin. Pihak dekanat : suatu gelar akademis atau pimpinan fakultas. sedang dilakukan renovasi gedung sehingga beberapa kantor dipindahkan ke ruangan yang sempit dan kurang ventilasi.

Meminta izin dan bantuan dari dekanat agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi pada pegawai kantin untuk dapat memberikan kesadaran akan kebersihan pengelolaan makanan Mensosialisasikan dengan para pegawai FK Unsri mengenai resiko-resiko yang mungkin dapat terjadi di lingkungan sekitat mereka dan bagaimana cara untuk mencegahnya Untuk jangka panjangnya dapat bekerja sama dengan PDAM atau Dinkes mengenai sumber air yang tersedia di FK dan bagaimana cara penanganannya agar sumber air yang digunakan dapat lebih baik.6 2. Apakah prioritas masalah yang harus di”tanggulangi” terlebih dahulu pada kasus ini? 6. dosen dan karyawan yang berobat ke tempat prakteknya? 1. seperti memberi tanda dilarang lewat.4.9 Bekerja sama dengan BEM atau BO mahasiswa lain. Pencegahan 10.3 b. Rita terkait banyaknya mahasiswa. Mitra Kerja 7.2. Setelah itu dapat bersosialisasi dengan OB mengenai pemberian tanda-tanda untuk daerah-daerah yang tergenang oleh air dan sosialisasi kepada pihak pegawai kantin.5. Apa yang seharusnya diperhatikan oleh dr. Apa yang seharusnya dilakukan oleh dokter Rita selaku dokter klinik FK Unsri untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan tempatnya bekerja? 1. .12 c.7. dengan tujuan agar dapat lebih mengedukasi sesama mahasiswa untuk meminimalisir resiko kejadian yang tidak diinginkan.8. 3.3. Penatalaksanaan 4.11.8 Prioritas masalah yang mungkin dapat dilakukan terlebih dahulu yaitu penanganan lokasi-lokasi yang sedang dilakukan pembangunan. Apakah faktor risiko yang mungkin dapat terjadi dari lingkungan FK Unsri? 2. Apa penyebab dari kondisi yang terjadi di lingkungan FK Unsri? Apakah kepentingan dokter Rita selaku dokter klinik di FK Unsri? 13.3 d.1.5 e. Analisis Masalah a.

dosen dan karyawan FK Unsri mengalami masalah kesehatan akibat hazard yang ada di lingkungan FK Unsri.SEMUANYA . Learning Issue : PROMOSI KESEHATAN . f.13.6 4. Hipotesis Mahasiswa.10. Apa saja standar keamanan dan keselamatan yang bisa kita bahas pada kasus ini? 9. Dokter Rita selaku dokter klinik diharapkan mampu memberikan penanggulangan guna meningkatkan kesehatan di lingkungan tempat kerjanya. Bagaimana dengan standar makanan jika kita bandingkan dengan higinitas makanan di lingkungan FK Unsri? 12.11 g.