Solusi yang pernah diberikan

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, guru sains melakukan kegiatan
karyawisata untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara
mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Karyawisata ke museum sains merupakan solusi
yang pernah diberikan. Indonesia memiliki ratusan museum diantaranya ada museum yang
membahas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu museum PP IPTEK .
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK
Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu
pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Pusat peragaan
ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat. Arah perkembangan ini harus disadari
agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut.

Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu
pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa
disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-
kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja
sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar
lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air,
try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.

Namun museum yang ada di Indonesia dapat dikatakan hanya mengacu pada penemuan
dimasa lalu dan dimasa sekarang, tidak bergerak dalam bidang teknologi masa depan hal ini
dipengaruhi karena masih rendahnya kemajuan teknologi di Indonesia. .............

kimia. dan geologi. Sesuai nama museum di area ini hanya terdapat alat peraga berupa hologram. menit. advanced technology exhibit. basic science hall. Di exhibit hall akan ada berbagai macam display terkait sains yang memakai hologram dan menampilkan penemuan penemuan baru setiap bulannya. Bentuk museum seperti jam mengartikan bahwa pengunjung akan merasakan sensasi melakukan perjalanan waktu dari awal hingga akhir museum. fisika. Exhibit hall adalah area utama dan pertama yang akan ditemui ketika pertama kali memasuki museum. Pengunjung akan langsung masuk kedalam simulasi hologram tersebut seperti memasuki dunia virtual. dan detik. Exhibit hall Exhibit hall atau Aula pameran adalah area yang paling luas yang ada di museum hologram sehingga tidak akan cukup satu hari untuk melihat semua display yang ada. Exhibit hall juga merupakan gambaran dari berbagai ruangan dan fasilitas yang ada di museum hologram. Di area ini pengunjung dapat melihat alat peraga yang dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah materi sains di sekolah. dimana lantai pertama berbentuk lingkaran dan lantai kedua berbentuk tiga buah jarum jam yang menandakan jam. Museum diberi nama museum hologram karena 75% aset museum menggunakan hologram baik itu 3D dan 4D. Museum terdiri dari dua lantai. ditampilkan bagaimana kekuatan ledakan petir berkekuatan empat juta volt.Solusi yang diberikan Bangunan utama museum hologram berbentuk seperti jam waktu jarum. Exhibit hall berada di lantai pertama. Ecological Learning Area. Aula sains dasar adalah aula yang akan menampilkan gejala gejala alam yang terjadi di bumi. Museum ini disebut juga Scientorium. Sciences education area berada dilantai pertama dan kedua dan merupakan area terbesar kedua yang ada di museum hologram. Museum memiliki enam pusat pameran terbuka yang dikelola antara lain exhibit hall. science park for Kids. Disini juga ada ruang gempa dimana kita bisa merasakan gempa bumi karena disediakan ruang simulasi dan video empat dimensi. Pada area ini teknologi hologram sangat bermanfaat dan banyak digunakan. diarea ini terdapat ruang informasi dan denah museum. Sciences Education Area Sciences education area adalah area pendidikan fisika disini akan ada banyak alat peraga terkait pembelajaran fisika. biologi. Pengunjung asing akan disediakan headset dilengkapi dengan pemandu wisata bahasa inggris dan informasi museum. disini ditampilkan bagian dari ilmu murni seperti matematika. Dirancang dengan konsep " sentuhan alam semesta". Kami membuat alat peraga berupa hologram agar pengunjung dapat mencobanya secara langsung sehingga pengunjung akan mudah untuk memahami. Observatory features. Traditional Sciences. Basic Science Hall Basic science hall atau Aula sains dasar berada di lantai yang sama dengan aula pameran . Disini kita dapat melihat langsung dan merasakan bagaima kilat dan guntur. dan Science education area. Selain itu kami membuat sebuah .

Di aula ini kita dapat mengeksplor banyak teknologi masa depan.. Science park for kids berada dilantai kedua. dan teleskop matahari. Disini anak anak akan diajak belajar sambil bermain. membangun rumah rumahan. Disini kami akan menampilkan film anak anak 4D yang menampilkan . teleskop radio 7.. Disini juga kami akan membentuk kelompok peneliti dan pengembang teknologi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas media pembelajaran sains di Indonesia. Walaupun teknologi navear gear bukanlah teknologi hologram tetapi teknologi ini akan membantu membuat pengunjung santai dan rileks dalam menjalani ujian karena berada dalam sebuah permainan.2 meter. Disini akan ditampilkan display bioteknologi. dengan bantuan navear gear pengunjung akan memasuki dunia virtual dan melakukan ujian sains disana. di aula ini akan banyak virtual hologram. simulasi. dan virtual. dan masih banyak lagi. Selain itu di sciences education area juga akan membuat kompetisi untuk mahasiswa dan guru se Indonesia yang mampu membuat alat peraga pembelajaran sains baik berupa hologram. Disini . Permainan yang ada antara lain menangkap ikan. sebagai ikon museum hologram. balapan mobil.. Advanced technology exhibit Advanced technology exhibit hall adalah aula pameran teknologi masa depan yang terdiri dari dua lantai yang berada dilantai satu dan dua..mesin games untuk ujian. Syarat khusus untuk Area ini adalah karya anak bangsa Indonesia kita tidak akan mengimpor media pembelajaran dari luar negeri. selain itu pengunjung juga dapat melihat habitat alam bebas. Kami akan menampilkan alat alat peraga hasil karya anak bangsa tersebut. Observatorium ini memiliki berbagai alat astronomi seperti teleskop optik 100 cm . Teknologi yang ada di aula ini adalah teknologi hologram. Traditional Sciences Observatory features menampilkan berbagai konstelasi bima sakti yang semuanya diproyeksikan kedalam layar kubah berukuran 25 meter.. Ecological Learning Area Ecological learning area adalah tempat favorit anak-anak karena disini terdapat banyak hewan hewan yang keren keren. Science Park for Kids Taman sains untuk anak anak dirancang untuk mengenalkan konsep-konsep ilmiah pada anak-anak. 3D/4D. dan eksplorasi ruang angkasa. Area ini menggunalan 80% teknologi hologram karena menggunakan dunia virtual. Advanced technoloy exhibit banyak menggunakan teknologi hologram dikarenakan sulitnya pembuatan teknologi masa depan dengan menggunakan hologram akan mempermudah penggambaran teknologinya.. informasi dan perkembangan komunikasi..

. dari semut hingga burung. berupa hutan hujan tropis hingga terumbu karang. Disini kami akan menampilkan hewan hewan endemik indonesia. Area ini adalah salah satu kebanggaan museum hologram. Inilah kemampuan teknologi hologram yang dapat merefleksikan cahaya. Disini kita dapat menyentuh hewan hewan dan tumbuh tumbuhan tersebut secara langsung. baik yang sudah punah maupun belum.kami menampilkan berbagai macam habitat dari seluruh dunia terutama indonesia. dan juga mereka dapat bergerak bebas.