You are on page 1of 52

PANDUAN PELAKSANAAN

PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
(Hanya untuk kalangan sendiri)

SMK KESEHATAN DHARMABAKTI NUSANTARA
Jl. By Pass km 14 Air Pacah
Kel. Sei Sapih Kec. Kuranji Kota Padang Telp. 0751-463118 / 082169519931
Website : smkkesdbn.sch.id
i

Bila kamu tak tahan lelahnya belajar,
maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.
-Imam Syafi'i-

i

CURICULUM VITAE

Nama Peserta Didik :
No. Induk / NISN :
Tempat / Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Agama :
Alamat :
No. Telp. :
Email Address :

ii

STAF PENGAJAR

1. Saiful Bahri, S. Pd
2. Dina Meyrina, S. Pd
3. Helga Novia, S. Pd
4. Rida Rosa, S. Farm, Apt
5. Merry Rahma Tusa’adiyah, S. Farm, Apt
6. Marta Siska, A. Md, Ak
7. Jasmawati, S. Farm, Apt
8. Indria Putri Sari, S. Farm
9. Nur Khairat, S. Sos I
10. Rhavy Ferdiyan, S. Pd
11. Vina Fbriyanti, S. Pd
12. Yuli Eka Fatmawati, S. Pd
13. Istiqamah, S. Pd
14. Amos Rabe Tuka, S. Th, M. Pd. K
15. Dwi Supriyono, S. Ag. M. Kom
16. Herlina Des[ita, SE
17. Eka Savitri, S. Pd
18. Febi Fadilah, S. Pd
19. Rines, S. Pd

iii

HALAMAN PENGESAHAN

Panduan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin)
SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara

Padang , 02 Februari 2017

Disyahkan Oleh,
Kepala SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara

Saiful Bahri, S. Pd
NIK. 20715201070

Page | iv

Panduan teknis ini disusun dengan maksud untuk menjadikan pedoman bagi siswa dalam melaksanakan Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di dunia usaha/dunia industri. Februari 2017 Tim Penyusun Page | v . Padang. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan bimbingan. Amin. Buku panduan ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan petunjuk pelaksanaan Prakerin pada Sekolah Menengah Kejuruan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kejuruan. KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT sehingga buku Panduan Pelaksanaan Prakerin untuk siswa SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara dapat diselesaikan dengan baik. Panduan ini di susun dalam rangka konsolidasi manajemen Prakerin menuju profesionalisme untuk mencapai visi dan misi SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara.

........................................................................................ Teknik Penulisan laporan ......................................... iv Kata Pengantar ........................... i Curriculum Vitae ............................................ ii Staff Pengajar ............... 1 A........................................... v Daftar Isi .......................................................................................... 2 BAB II PELAKSANAAN PRAKERIN ................................. 6 BAB III LAPORAN PRAKERIN ........................... Sistematika Penulisan Laporan ................. 5 B.............................. Manfaat Prakerin . iii Halaman Pengesahan .......................... 6 C........................................................................................................................................................ Petunjuk Umum prakerin ......................................... 5 A.............................................................................................. Latar belakang ............... DAFTAR ISI Halaman Sampul . vi BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1 B.... Tujuan Prakerin ......... 2 C...................................................................... 11 BAB IV PENUTUP ........ 20 Page | vi .................................................... 9 A....................................... 9 B............................. Prosedur Prakerin ..................................................................................... Tata Tertib Prakerin ..................................

Pembelajaran berbasis pada kompetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap (attitude). pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill). Pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada pemerolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia usaha. Pembelajaran di dunia kerja ini. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatkan kompetensinya melalui dunia kerja. peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. pendekatan berbasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. BAB I PENDAHULUAN A. Pada dasarnya Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintegrasi kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. LATAR BELAKANG Pembelajaran di SMK dirancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi. Metode tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Page | 1 .

Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan Industri. dan kerajinan dalam bekerja B. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan calon kerja yang profesional. inisiatif. C. disiplin waktu. dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan. kreatif. TUJUAN PRAKERIN Penyelenggaraan Prakerin bertujuan untuk: 1. keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. MANFAAT PRAKERIN Kerjasama antara SMK dengan dunia usaha / industri atau instansi dilaksanakan dalam prinsip saling membantu. Memberi pengakuan dan pengahargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja. dan siswa juga dapat memiliki etos kerja yang meliputi: kemampuan bekerja. motivasi kerja. Setelah melaksanakan kegiatan Prakerin ini diharapkan siswa dapat meningkatkan keahlian profesionalnya sehingga sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja. saling mengisi. Page | 2 . hasil pekerjaan yang berkualitas. 4. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional. 3. 2.

sebagai berikut: 1. Manfaat Bagi Industri Penyelenggaraan Prakerin memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain: a. etos kerja yang diinginkan oleh pihak industri sehingga dapat dipakai sebagai calon tenaga kerja. Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta didik sebagai calon tenaga kerja. Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta prakerin untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki. c. Page | 3 . Selama mengikuti prakerin. Manfaat Bagi Sekolah a. b. Sekolah dapat mengukur kesesuaian pendidikan yang diberikan disekolah dengan yang di dapatkan peserta didik pada duania industri. pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) akan memberi nilai tambah atau manfaat bagi pihak- pihak yang bekerjasama. (School Matching). b. Menciptakan calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan tujuan pendidikan SMK lebih terjamin . 2. Berdasarkan prinsip ini. pihak industri dapat menanamkan nilai-nilai disiplin kerja.

Dapat dijadikan bekal bagi peserta didik apabila bekerja pada dunia kerja nyata. baik yang di sekolah maupun yang di dapat di tempat prakerin. c. Manfaat Bagi Praktikan / Peserta didik a. Sekolah dapat menentukan program tindak lanjut untuk memenuhi kebutuhan dunia industri. d. b. 3. Kompetensi yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri sebagai bekal untuk bekerja setelah tamat. Mendorong peserta didik untuk meningkatkan kompetensi keahlian pada tingkat yang lebih tinggi. c. Page | 4 . Peserta didik memiliki perpaduan kompetensi.

Kompetensi dasar keahlian siswa untuk semester 1 s/d 3 sudah tuntas b. BAB II PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI A. Lama prakerin 3 / 6 bulan 3. 4. 5. Siswa mendapatkan buku Panduan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri. Prakerin dilaksanakan siswa kelas XI pada semester 3 /4 2. Siswa ditempatkan sesuai dengan ketentuan kompetensi yang di miliki. serta permintaan perusahaan. PETUNJUK UMUM PRAKERIN 1. Mengikuti kegiatan pembekalan/coching yang dilaksanakan oleh sekolah 6. Prakerin dilaksanakan siswa sesuai dengan hari dan jam kerja yang telah ditetapkan DU/DI atau atas dasar kesepakatan antara pihak sekolah dan DU/DI. Page | 5 . Syarat peserta prakerin: a. Membuat surat pernyataan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah dan DU/DI yang diketahui oleh orang tua/wali c. Mengisi biodata siswa dilengkapi foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar d.

4. Mendapat perlakuan yang sesuai dengan bidang / program keahlian c. Mengantarkan siwa oleh Guru Pembimbing ke dunia industri yang sudah ditentukan oleh sekolah. 7. 6. Penempatan siswa di dunia industri oleh sekolah. d.B. Pencarian partner industri (DU/DI)/ tempat Prakerin 3. TATA TERTIB PRAKERIN 1. Memperoleh penilaian penghargaan atas hasil praktiknya. PROSEDUR KEGIATAN PRAKERIN 1. 5. Mengikuti program Prakerin b. 9. Page | 6 . Pembimbingan pembuatan laporan kepada siswa oleh guru Pembimbing. Hak Siswa a. C. Pengambilan Siswa kembali oleh Guru Pembimbing dari tempat Prakerin 8. Ujian laporan Prakerin sebelum Ujian Semester. Siswa diperbolehkan untuk menentukan tempat prakerin sendiri dengan persetujuan sekolah. Memperoleh kesempatan melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya. Monitoring siswa Prakerin sesuai dengan jadwal yang ditentukan sekolah. Penentuan jadwal pelaksanaan Prakerin oleh sekolah 2.

Berlaku sopan dan santun serta jujur. i. kebersihan. Wajib memelihara sarana. e. Mematuhi peraturan yang berlaku atau ditetapkan oleh tempat Prakerin siswa b. ketertiban dan keamanan di tempat praktik kerja Page | 7 . Memberitahu pimpinan/instruktur DU/DI dan pembimbing sekolah apabila berhalangan hadir. Memperhatikan dan melaksanakan aturan keselamatan kerja yang diperlukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan c. g. Berada di tempat Prakerin 15 menit sebelum jam kerja dimulai d. f. prasarana. Kewajiban Siswa a. Membicarakan dengan segera kepada guru pembimbing dan instruktur DU/DI apabila menemui kesulitan dalam melaksanakan praktik kerja h. Mengenakan pakaian sesuai dengan ketentuan baik darisekolah maupun dunia industri. bertanggung jawab berinisiatif dan kreatif terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam praktek kerja.2. Melaporkan dengan segera kepada instruktur DU/DI atau yang berwenang apabila terjadi kerusakan atau kesalahan dalam mengambil bahan/alat praktek.

Dinyatakan tidak lulus d. b. Dinyatakan tidak naik kelas 4. Surat teguran b. Sanksi Peserta Peserta yang tidak mengikuti atau meninggalkan kegiatan Praktek Prakerin tanpa ada surat keterangan akan dikenakan sanksi sebagai berikut: a. Surat peringatan kera c. Bagi yang tidak mengikuti Praktek Prakeritinggal kelas n sama sekali.3. maka Peserta Didik di minta untuk mencari tempat sendiri tanpa mengganggu kegiatan proses belajar mengajar. Bagi yang tidak mengikuti / tidak lulus a. Bagi Peserta Didik yang tidak lulus dalam mengikuti Praktek Kerja Industri. maka dinyatakan tidak naik kelas Page | 8 .

setelah disyahkan distribusikan kepada guru pembimbing (asli). yaitu bagian awal. BAB III LAPORAN PRAKERIN Laporan kegiatan Prakerin diwajibkan bagi seluruh siswa yang telah melaksanakan kegiatan Prakerin. BAGIAN AWAL  Halaman Judul/ Sampul  Halaman Pengesahan  Kata Pengantar  Daftar Isi  Daftar Tabel  Daftar Gambar  Daftar Lampiran  Daftar Lainnya Page | 9 . Secara umum bagian dari laporan PRAKERIN tersebut adalah sebagai berikut: 1. bagian inti dan bagian akhir. SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN PRAKERIN Laporan PRAKERIN terbagi menjadi 3 bagian. Laporan kegiatan Prakerin dibuat rangkap 3 (tiga). pihak DU/DI (duplikat) dan siswa sebagai pegangan (duplikat) A.

BAGIAN INTI  BAB 1 PENDAHULUAN  Latar Belakang  Tujuan Praktik Industri  Manfaat Praktik Industri  BAB 2 GAMBARAN PERUSAHAAN  Sejarah ……(diisi NamaPerusahaan/Kantor)  Struktur Organisasi (pada Perusahaan/Kantor)  Kedudukan dan Letak (Nama Perusahaan/Kantor)  Prosedur Pelayanan (Nama Perusahaan/Kantor)  BAB 3 PELAKSANAAN PRAKTIK  Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik  Bahan dan Alat  Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Praktik  Laporan Kegiatan Harian  BAB 4 PENUTUP  Kesimpulan  Saran Page | 10 .2.

1. sedangkan batas bawah dan batas kiri 4 cm  Jarak ketikan adalah 1. Tata Penulisan  Ukuran kertas A4. 3. BAGIAN AKHIR  DAFTAR PUSTAKA  LAMPIRAN  Daftar Hadir  Agenda Kegiatan pada jurnal  Foto Kegiatan pada saat melaksanakan pekerjaan di tempat DU/DI  Sumber Dokumen seperti contoh pekerjaan yang diselesaikan B.5 spasi  Tipe huruf (font) : Times New Roman  Ukuran huruf 12 Page | 11 . 70 Gram  Batas kanan & batas atas 3 cm. TEKNIK PENULISAN LAPORAN Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) disusun menurut tata tulis ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan ejaan dan cara penulisan yang baik dan benar serta diketik dengan komputer.

dimulai dengan huruf besar.(Judul Subbab) jika masih terdapat penomoran setelahnya adalah sebagai berikut : 1. nomor halaman ditulis dengan angka latin. o Bagian inti.ii.ukuran font 12. tebal. Peletakan nomor halaman di bagian bawah tengah. 1) ……….. a) ………… o Penulisan judul bab di tengah dengan huruf besar.. Page | 12 . a. tebal. o Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri. …….…).Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). tapi tetap dihitung. Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan. o Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin. …….iv. ukuran font 14. (Judul Bab) 1 ……………….  Penomoran Halaman o Bagian Awal. Penomoran Bab serta sub bab o Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi. nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil(i. Contoh : II ……….. Halaman pertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. nomor halaman tidak perlu diketik..iii.

paper. Contoh penulisan daftar pustaka. Penulisan Daftar Pustaka Daftar pusataka terdiri atas buku-buku referensi. jurnal.1 berarti gambar pertama yang ada di bab III. Tim Penyusun PI. o Penomoran gambar/grafik/tabel tergantung pada bab yang bersangkutan. 3. o Bagian akhir. nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian inti. logo sekolah. data dan lembaga. 2. contoh : gambar 3. buku teks. Panduan Praktik Industri SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara. artikel ilmiah dan internet. Padang Page | 13 . Warna cover laporan Praktik Industri sama dengan warna cover jurnal sesuai menurut program keahlian.  Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel o Judul gambar/grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar. 2011. Halaman Depan (Cover) Halaman depan laporan Prakerin berisi informasi tentang nama dan lokasi industri tempat melaksanakan praktik industri. o Judul tabel diketik di bagian atas kiri dari tabel.

2013. Jakarta 4. Batas Pengumpulan Laporan Pengumpulan laporan Prakerin paling lambat 1 minggu setelah penjemputan siswa dari tempat DU/DI. apabila ada keterlambatan dalam pengumpulan laporan maka siswa tidak akan diberikan sertifikat dan belum bisa naik ke kelas XII. New Step 2. Page | 14 . Pedoman Reparasi Toyota Astra Motor.

TAHUN 2017 Page | 15 .. CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PT/NAMA APOTIK………………… Disusun Oleh: Nama : …………………………… NIS/ NISN : …………………………… SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KESEHATAN DHARMABAKTI NUSANTARA PROGRAM KEAHLIAN : ………………………….

Saiful Bahri. Pembimbing..…….. ……………………… Mengetahui... 20715201070 Page | 16 . Kepala SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara. CONTOH HALAMAN PENGESAHAN Laporan Praktik Kerja Industri Judul :………………………………………………… Yang telah dilaksanakan oleh siswa Nama : …………………………… NIS/NISN : …………………/………… Program Keahlian : …………………………… Ditulis sebagai syarat kenaikan kelas dan mengikuti Ujian Nasional Menyetujui.. Pd NIK. S. ……………... ……………………… Ketua Pimpinan DU/DI PT/Nama Apotik……. Instruktur ………………………...

……………. yang senantiasa melimpahkan berkah. 6. rahmat. selaku pembimbing pada PT/ Apotik…….. Laporan ini disusun sebagai pertanggungjawaban siswa selama Prakerin dan berfungsi sebagai acuan dalam ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik di dunia industri. ……. selaku guru pembimbing selama pelaksanaan Praktik Kerja Industri 5. …………selaku Pimpinan PT/ Kepala Apotik…………… 4. serta hidayah- Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri di PT/ Kantor……………. Seluruh karyawan SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara 9. selaku Ketua Program Keahlian…………… 3. oleh karena itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya laporan ini di masa mendatang. Dewan guru atas bimbingannya selama penulis belajar di SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara 8.. CONTOH KATA PENGANTAR Dengan mengucap syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Pelaksanaan Prakerin dapat berjalan lancar karena adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai pihak.. Penulis menyadari akan kekurangan-kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi. Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1. Bapak ……………………… selaku kepala SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara 2. Akhir kata penulis Page | 17 . Teman-teman yang membantu hingga terselesainya laporan Praktik Kerja Industri ini. taufiq. ……………. Seluruh staff dan karyawan PT/ Apotik…………………. 7. Laporan ini di buat berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa selama berada di dunia industri.

(Nama Siswa) Page | 18 .mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga laporan Praktik Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Padang. ……(bln/tahun) Penulis.

..... BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK .................................. Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Praktik ... Manfaat Praktik Industri ........................ A...... A................ A................... Laporan Kegiatan Harian.............. 1 A.................... B................................ BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN .............. D............... Kesimpulan ............................................. iv BAB I PENDAHULUAN ...... Bahan dan Alat ................. C........... B................................ i HALAMAN PENGESAHAN ........... iii DAFTAR ISI .............................................. Saran ............................. C............. D.................... C........................................................................................ Struktur Organisasi (pada Perusahaan/Apotik)....... CONTOH DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ............... Prosedur Pelayanan (Nama Perusahaan/Apotik).......... 1 B............ B....... Latar Belakang ................ BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ................ Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik ........................................................................ ii KATA PENGANTAR .........................................................................…………… DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………… Page | 19 .... DAFTAR PUSTAKA ………………………....... Kedudukan dan Letak (Nama Perusahaan/Apotik)............ Sejarah (Nama Perusahaan/Apotik)........... Tujuan Praktik Industri ..............

Amin ya Rabbal alamin. Diharapkan kepada seluruh stake holder sekolah dan panitia bisa melaksanakan seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan. BAB IV PENUTUP Demikianlah Buku Panduan Pelaksanaan Prakerin untuk siswa SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara ini disusun untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri. Page | 20 . Perbaikan dan perbaikan adalah hal yang mutlak diperlukan dalam melanjutkan program ini kedepan. Semoga apa yang kita rencanakan dan apa yang kita kerjakan senantiasa mendapat Ridho dan pertolongan dari Allah SWT.

Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 21 .Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A.

Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 22 . Resume Kegiatan C. B.

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 23 .

Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 24 . B. Resume Kegiatan C.

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 25 .

B. Resume Kegiatan C. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 26 .

Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 27 .Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A.

Resume Kegiatan C. B. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 28 .

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 29 .

B. Resume Kegiatan C. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 30 .

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 31 .

B. Resume Kegiatan C. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 32 .

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 33 .

B. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 34 . Resume Kegiatan C.

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 35 .

Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 36 . B. Resume Kegiatan C.

Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 37 .Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A.

Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 38 . Resume Kegiatan C. B.

Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 39 .Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A.

Resume Kegiatan C. B. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 40 .

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 41 .

B. Resume Kegiatan C. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 42 .

Lampiran PRAKTEK KERJA INDUSTRI BIDANG FARMASI Minggu Ke : A. Jadwal No Hari / Tanggal Nama Kegiatan Keterangan Page | 43 .

Resume Kegiatan C. B. Pengesahan Pembimbing I Pembimbing II Siswa Page | 44 .

Page | 45 .