You are on page 1of 6

Genetika dan Embriologi 2004 60

G E N E T I K A D A N E M B R I O LO G I
Studi tentang perilaku dalam populasi disebut ……….(1). Kromosom disusun oleh protein
dan asam nukleat yang membawanya membentuk ……….(2). Gabungan dari sebuah basa dan
sebuah gula disebut ……….(3).
Loading strand terbentuk dari ujung ……ke..….(4). Sedang lagging strand disintesis dari
ujung ……ke..….(5). Pada untaian enzim yang mebuka untaian DNA adalah ……….(6).
Pembentukan mRNA menjadi cDNA disebut ……….(7) mRNA pada sel eukariotik dibentuk dalam
……….(8). Rantai DNA yang tidak mengalami transkripsi adalah ……….(9). Proses transkripsi
memerlukan enzim ……….(10). Tiga nukleotida berurutan di ujung tRNA disebut ……….(11). Site A
pada ribosom merupakan tempat masuknya ……….(12).
Arah translasi berlangsung dari ……ke..….(13). Proses splicing mRNA menghasilkan
……….(14). Pada kloniong DNA, plasmid bakteri dapat berperan sebagai ……….(15).
Unit hereditas yang mengatur proses metaboolisme dan dapat diturunkan dari generasi ke
generasi disebut ……….(16). Manusia mempunyai ……….(17) di dalam genom haploid. Identitas
kromosom nampak jelas pada mitosis stadium ……….(18). Kariotipe kromosom laki-laki adalah
……….(19). Jika sentromer terletak di bagian tengah dari kromosom (lengan p dan q sama
panjang) disebut kromosom ……….(20). Pada klasifikasi kromosom Denver kromosom no.21 dan
22 tergolong kelompok ……….(21). Pertumbuhan dan pendewasaan sel berlangsung pada
interfase stadium ……….(22). PpQqRrSSTt menghasilkan jumlah macam gamet ……….(23). Jika
laki-laki botak kawin dengan wanita normal, maka anak perempuannya berfenotip ……….(24).
Berdasarkan lokus gen, dapat dibedakan gen yang berlokus di ……….(25) dan ……….(26).
Individu yang pertama-tama menarik perhatian pakar genetika untuk diteliti kelainannya diosebut
……….(27). Deuchene’s muscular dystrophy termasuk gen sex-linkage sempurna sempurna yang
berlokus pada daerah ……….(28) dari kromosom ……….(29). Besar kemungkinan sepasang
suami istri yang menginginkan 5 orang anak lahir dari 3 anak permepuan dan 2 anak laki-laki
adalah ……….(30). Bayi eriblastosis foetalis dapat lahir ibu yang mempunyai Rh ………. Dan ayah
……….(31).

32. Yang berhubungan dengan sifat penumococcus tipe R adalah, kecuali :
A. Non-virulen
B. Permukaan kasar
C. Tidak berkapsid
D. Rough
E. Bentuk batang
33. Pernyataan berikut yang tidak berhubungan dengan replikasi DNA :
A. Lilitan rantai DNA dibuka oleh helicase
B. Leading strand terdapat pada ujung 3’
C. Fragmen Okazaki terdapat pada ujung 5’
D. Arah replikasi dari ujung 5’ ke ujung 3’
E. Enzim yang membantu adlah DNA polimerase
34. Berikut adalah perbedaan DNA dan RNA, kecuali :
A. DNA ditentukan dalam nukleus saja sedang RNA dalam sitoplasma
B. DNA berfungsi untuk mengontrol sifat dan RNA untuk sintesis protein
C. DNA adalah poinukleotida ganda yang panjang sedang RNA polinukleotida tunggal
D. Basa nitrogen DNA adalag A, G, C, T sedang basa nitrogen RNA adalah A, G, C, U
E. Komponen gula pada DNA adalah deoksiribosa sedang pada RNA adalah ribosa
35. Berikut yang berhubungan dengan trankripsi, kecuali :
A. Template DNA

“Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”.
(Q.S. Al-A’raf : 56)

AUA-CGG-GGU-UAA D. UAU-GCC-CCA-AUU E. 17. maka urutan antikodon : A. Apabila mRNA mempunyai urutan AUA-GCC-CCA-UAA. RNA polimerase C. ¼ % D. dan 18 38. O 40. 1. Gen terpaut sex partial 39. maka golongan darah yang mungkin pada anak- anak mereka adalah kecuali golongan darah : A. TAT-CGG-GGT-ATT B. ATP. dan 3 B. ½ % C. Gen resesif autosomal C. Jika mereka kawin. A heterozigot C. Gen dominan gonosomal D. perhatikan pedigree di bawah ini : Jika II3 >< II4. CTP. UTP D. 100 % “Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. GTP. A homozigot B. Gen dominan autosomal E. B heterozigot D. UAU-CGG-GGU-AUU C. Gen holandrik B. Hasil tes golongan darah si Ali. (Q. TAT-GCC-CCA-ATT 37. Kromosom dari kelompk E terdiri atas : A. Antisense strand E. 14. maka kemungkinan mereka melahirkan yang menderita sebesar : A. 16. ternyata mempunyai aglutinin anti-B dan si Ani tidak mempunyai aglutinin. 2. dan 15 E. 4 dan 5 C. 13. B E.S. Al-A’raf : 56) . Splicing mRNA 36. Perhatikan pedigree di bawah ini : Individu II3 dan III2 menderita kelainan yang disebabkan oleh : A. 0 % B. Dentinogenesis disebabkan oleh dominan gen autosomal.Genetika dan Embriologi 2004 61 B. 1/8 E. 6 sampai 12 D.

dibutuhkan spermatosit primer sebanyak : A. Kariotipe menggambarkan tentang : A. cc. 0 B. Jumlah dan struktur kromosom 48. Seorang wanita buta warna (ayah wanita ini albino) menikah dengan laki-laki albino. Seorang wanita yang menderita pasti mempunyai ayah yang menderita E. IAIA E. 6p5q + 20p3q3 B. Klon D. Seorang wanita bergolongan darah A. f-met tRNA “Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. 16p5q + 15p4q2 D. kawin dengan seorang laki-laki bermata normal. cc. Perhatikan kembali soal di atas. Cc. 1/8 E. Anak laki-laki menderita dapat gen sakit dari ibunya D. Jika mereka bercita-cita mempunyai anak sebanyak 6 orang. (Q.S. 125 juta C.IAIA B. ¼ C. Tidak pernah diwariskan langsung dari ayah ke anak laki-laki C. mak kemungkinan mereka memperoleh anak pertama laki-laki dan albino : A. Lokus gen D. Mereka mempunyai 2 orang anak yaitu laki-laki buta warna golongan darah A dan seorang perempuan bermata normal golongan darah O. Fragmen asing E. Wanita yang menderita heterozigot mewariskan kepada setengah jumlah anaknya 43.IAi C. CC. Adanya kelainan kromosom C. 75 juta B. Komponen-komponen komplek inisiasi translasi adalah kecuali : 1. Teknologi DNA rekombinan memanfaatkan plasmid sebagai : A. 100 juta D. 20p3q3 + 15p2q4 E.IAi D. 15p4q2 + 15p2q3 C. Cc.Genetika dan Embriologi 2004 62 41. Enzim C. Untuk membentuk 300 juta sel spermatozoa. 200 juta 47. ¾ D. Berapa kemungkian mereka mempunyai anak yang berjenis kelamin sekurang-kurangnya 2 anak perempuan dan 3 laki-laki ? A. 300 juta E. Host 45. 20p3q3 + 15p2q3 42. Jumlah dan bentuk nukleus E. Bentuk inti sel B. Genotip wanita tersebut : A. 2/4 44. Yang bukan kriteria pewarisan sifat akibat gen resesif terpaut kromosom X : A. Lebih banyak laki-laki menderita B. Al-A’raf : 56) . Vektor B.IAIO 46.

jika wanita yang menderita haemofilia. Terdiri dari inisiasi. DNA membentuk mRNA melalui proses transkripsi 2. Kelainan genetic terbatas pada salah satu jenis kelamin 2. 22AA + XY 4. UGA 51. Fertilisasi 55.5 tahun 57. Mengikat asam amino 4. Sintetik 54. Hal-hal tersebut dibawah ini dapat terjadi pada oogenesis kecuali 1. Haemofilia disebabkan oleh gen resesif yang berlokus pada kromosom X. (Q. Iovum yang terbentuk tidak mengandung kromosom paternal 3. 22AA + xy 56. Memerlukan trifosfat ribonukleosida 50.S. 44A + xy 3. RNA diubah kembali menjadi cDNA 52. Dogma sentral biologi molekuler terdiri dari tahapan berikut : 1. Stop kodon adalah UAA. Jumlah kromosom laki-laki dapat ditulis se bagai berikut: 1. UAG. Berlangsung dalam sitoplasma 3. Pindah silang 3. 44A + X/Y 2. dan terminasi 2. Dua pasangan gen alel atau lebih yang berlokus pada sebuah kromosom disebut : 1. Metionin merupakan asam amino pertama yang ditranslasi 3. Arah translasi dari 5’ ke 3’ 4. Splicing mRNA dalam nukleus 3. Dari sebuah oogonium hanya satu ovum 4. Heterozigot 4. Pembawa pesan 2. Polosit II yang terbentuk tidak mengandung kromosom 58. Melibatkan enzim DNA polimerase 4. Terekspresi pada laki-laki heterozigot 4. Meiosis 4. Template DNA 3. Dilakukan oleh DNA sense dan antisense 2. Muncul tanda-tanda seksual sekunder pada usia 3. RNA polimerase 49. Fungsi utama r-RNA adalah : 1. Kiasma 2.Genetika dan Embriologi 2004 63 2. Al-A’raf : 56) . RNA membentukk protein melalui translasi 4. Rakitan makromolekuler rRNA 53. maka hal-hal tersebut dibawah ini benar kecuali “Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. Tentang pubertas precocious: 1. elongasi. Heterozigot 2. Pindah silang 3. Tempat sintesis protein 3. Kodon AUG 4. Diwariskan oleh gen autosom 3. Pernyataan berikut yang tidak berhubungan dengan transkripsi adalah : 1. Variabilitas dikalangan makhuk hidup dapat melalui : 1. Pembelahan meiosis dapat tertunda beberapa tahun 2. Pertanyaan berikut yang berhubungan dengan translasi adalah kecuali: 1.

Stop kodon adalah kodon yang tidak dapat mensintesis asam amino sebab stop kodon merupakan terminasi trankripsi 65. 66. B. Punya aglutinogen B 4. Awal translasi melibatkan ribosom sub unit besar dan kecil sebab ribosom merupakan tempat sintesis protein 64. MN 61. Genotipnya dapat IBi 3. Salah satu sifat kodon adalah mempunyai banyak sinonim sebab ada 64 macam kodon sedang hanya 20 asam amino yang dispesifikasikan . Gen resesif autosomal 4. Transkripsi balik adalah memanfaatkan mRNA sebagai cetakan sebab transkripsi balik merupakan enzim trankriptase balik (RT) 68. Banyak bilrubin tertimbun 2. Sebelum replikasi diawali dengan pembentukan garpu replikasi DNA sebab garpu replikasi terbentuk akibat helicase membuka rantai DNA yang distabiliser oleh protein SSB. Semua anak laki-lakinya menderita hemofilia 3. O. Perhatikan peta silsilah di bawah ini : P F1 F2 Kelainan herediter dalam peta silsilah tersebut disebabkan oleh : 1. A. Ayah dari wanita tersebut menderita hemofilia 4.Genetika dan Embriologi 2004 64 1. Genotipnya dapat IBIB 2. M 4.S. Seorang laki-laki bergolongan darah A. N 2. 67. Dapat diatasi dengan transfusi darah Rh- 4. Anti Rh masuk fetus 3. golongan darah ibunya adalah : 1. Ibu dari wanita itu adalah carrier 59. MN 3. M. Spermatozoa dan ovum masing-masing berkromosom haploid sebab dalam proses gametogenesis keduanya mengalami pembelahan miosis I dan II “Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. Gen dominan autosomal 2. Tentang golongan darah B: 1. Hal yang berkaitan dengan HDN : 1. Gen kodominan 3. Setengah anak perempuannya menderita hemofilia 2. (Q. Fetus dilindungi oleh ibu yang bergolongan darah O 62. Agglutinin alfa 60. Gen dominan pada kromosom 63. AB. MN mempunyai anak bergolongan darah AB. Al-A’raf : 56) .

Mutasi gen hanya dapat disebabkan oleh pengaruh radio aktif. Incompatibilitas hanya dijumpai pada penggolongan darah sistem ABO sebab sistem Rhesus dan MN tudak mempunyai aglutinogen dalam eritrositnya. sinar ultra violet. 72. Al-A’raf : 56) . 70.Genetika dan Embriologi 2004 65 69. dan sinar X sebab faktor kimia hanya dapat menggandakan kromosom 74. “Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. Orang yang bergenotip Ddee akan berfenotip bisu-tuli sebab gen D bersifat dominan dan menyebabkan munculnya kelainan bisu-tuli. gamma. Pewarisan sifat atau kelainan genetik yang disebabkan oleh kromosom autosomal tidak sama untuk jenis kelamin yang berbeda sebab kromosom autosomal laki-laki dan perempuan adalah tidak sama 75. (Q. Ekspresi matematis dari kemungkinan (chance) merupakan probabilitas sebab rasio (perbandingan) dari jumlah kejadian dari suatu peristiwa tertentu dengan jumlah dari semua kemungkinan yang dapat terjadi 71.S. Pembelahan sel secara miosis dikatakan pula sebagai pembelahan reduksi sebab pada fase anaphase II terjadi pemisahan kromatid menjadi kromosom 73. Istilah carier hanya dijumpai pada jenis kelamin laki-laki sebab tidak ada pasangan kromosom homolog pada kromosom gonosomalnya .