You are on page 1of 5

FALSAFAH ILMU PENGETAHUAN

Dibuat Oleh : Hizkia Agung Wijaya Sumule

NPM : 140115395

Kelas : C

Dosen : Ir. Ign. Purwanto Hadi, MSP

UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2014-2015

Dia juga memberikan sumbangan pada Hidrostatika. Kemudian tahun 1581 dikirimkan ke Universitas Pisa untuk belajar Filsafat dan Kedokteran. Pada usia 22 tahun ia menemukan Neraca Hidrostatika. Disana ia mengajar Astronomi. Ia menyekolahkan anaknya di biara Vallombrosa. Galileo Galilei lahir di Pisa 15 Februari 1564. Teknik Mesin. Hidrodinamika. Karena kemudian ia tertarik pada matematika maka akhirnya ia meninggalkan kedokteran dan belajar matematika dan selesai pada tahun 1585. Galileo tahu bahwa sebuah benda yang diletakkan. Benda-benda yang dilihatnya : yaitu satelit Yupiter membuat Galileo semakin terkenal. Ia tertarik pada lampu yang berayun di atap Gereja Katedral. Pada puncak kariernya ia memutuskan untuk mencari hukum alam yang mengatur gerak benda-benda. Galileo mengembangkan penggunaan alat itu dan mengarahkannya ke angkasa. gelombang. Galileo mengatakan bahwa gaya akan menimbulkan percepatan. bunyi. tidak tergantung amplitudonya ( luas getaran ). mikroskop. jam air. . Di Universitas ini ia memperoleh penemuan terbesar pada zaman itu. teleskop. termometer. Tahun 1589 ia diangkat sebagai pejabat matematika di Universitas Pisa kemudian diangkat menjadi proffesor di Universita Padua. Pernyataan ini mendekati hukum Newton I mengenai gerak. Aristoteles mengatakan bahwa gerak ditimbulkan oleh gaya. Galileo mempunyai dua puteri dan satu putera walaupun ia tidak kawin. Ayah Galileo seorang ahli matematika dan muskus yang baik. kemudian menulis sebuah Essay mengenai pusat gravitasi untuk benda padat. Ia menghitung waktu ( periode ) ayunan lampu itu dengan denyut nadinya dan ternyata sama. Kemiliteran dan pertahanan. Banyak orang meragukan akan hal ini sejak zaman Aristoteles. Setelah mendengar penemuan Hans Lippershay ( seorang ahli optik bangsa Belanda ) yang mengatakan bahwa dua lensa apabila diletakkan bersama akan menjadikan jarak obyek semakin dekat. meneruskan geraknya berupa garis lurus sampai sesuatu membentur benda itu sehingga benda itu akan berhenti. Kemudian ia pergi ke Florence untuk menyelesaikan penyelidikannya dalam Mekanika dan Astronomi. Galileo sangat terkenal disana.

hal ini benar. Pendapat Aristoteles lain yang ditentang Galileo adalah : bahwa benda berat akan jatuh lebih cepat dari benda ringan. Air pancaran yang kita tampung tadi ditimbang di atas neraca yang seksama ( teliti ). Percobaan dilakukan barkali-kali hasil akan sama untuk setiap percobaan. Galileo memperlihatkan pertama dengan alasan kemudian dengan percobaan bahwa itu salah. Ketika ia meluncurkan bola pada ¼ bagian dari bidang. Air pancaran kita tampung dalam gelas kecil baik untuk seluruh panjang saluran maupun hanya sebagian saja dari panjang saluran. Dalam setiap percobaan jarak yang ditempuh adalah kwadrat dari waktu. Dalam usaha untuk menemukan hukum dari gerak benda-benda bumi Galileo mempunyai banyak gambaran dibenaknya. Bidang itu terdiri atas selapis papan yang permukaannya dilapisi kertas kulit sehingga gesekan dapat diabaikan. Pada dasar bejana kita patrikan pipa dengan meter kecil yang dapat memancarkan air. tidak peduli berapa besarnya sudut bidang. Sekali lagi Galileo menggunakan bidang miring untuk membuktikan hipotesanya. melainkan dengan menggulingkan benda pada bidang miring dan menunjukkan bahwa mereka tiba di pangkal dalam waktu yang hampir bersamaan. Perhitungan menunjukkan bahwa jarak jatuh sebanding dengan kwadrat waktu jatuhnya. bola membutuhkan waktu ½ dari pada bola yang diluncurkan sepanjang bidang. Dan kita berharap pula dapat menunjukkan . kemudian Galileo mencoba menemukan hubungan antara kecepatan jatuhnya benda dengan tinggi tempatnya jatuh. Alasannya ialah dua benda bila dijatuhkan bersamaan akan tiba di tanah bersamaan pula dengan mengabaikan pengaruh gesekan udara. Kemudian ia melakukan percobaan tidak dengan menjatuhkan benda dari menara miring Pisa seperti dilukiskan dalam legenda. Dia berharap bahwa hukum-hukum ini dapat berlaku untuk bintang-bintang dan planet-planet. Perbandingan 2 perbedaan antara berat menunjukkan perbedaan 4 perbandingan waktu. Galileo mengukur interval waktu dengan jam air yang kerjanya : “ Kita tempatkan bejana yang besar ( bejana yang kita pergunakan ) pada tempat yang tinggi. Konsep ini hampir diterima secara umum.

dalam buku yang berjudul “ Massage form the stars “. yang disebut pendapat Geosentris. Bila Galileo tidak menyetujui ia akan dipenjarakan. Dunia Ilmiah takjub akanpenemuan ini. Obyek pertama yang ditentukan Galileo dalam percobaannya adalah bulan. .bahwa benda-benda angkasa bergerak menurut hukum yang umum seperti pada jalurnya sendiri. Penemuan yang lain ialah adanya bukti-bukti matahari yang timbul tenggelam pada permukaannya dan tidak merubah matahari. “ De Revolutione bus “ orbium termasuk buku yang dilarang beredar. Pada tahun 1610 ia menerbitkan penemuannya tentang bulan dan Yupiter. Apa yang dilihatnya adalah permukaan yang berlekuk-lekuk dengan pegunungan dan kawah-kawah. Salah seorang penyair yang memuji Galileo dalam sajak-sajaknya ialah Mafio Cardinal Barberini yang menjadi Pas Urbanus VIII yang kemudian dipaksa memberikan inquissi ( penyelidik ) langsung pada Galileo yang menyebabkan ia diseret ke pengadilan. Setelah publikasi bukunya. Setelah membaca buku Copernicus yang berjudul “ De Revolutionien “ Galileo meninggalkan pendapat lama ini ( yang menganggap bumi pusat peredaran planet ). Teleskop membuktikan lebih lanjut pernyataan-pernyataan yang menunjang system Copernicus. Banyak musuhnya yang berminat menjatuhkannya. Dan menawarkan gambar melalui teleskop kepada siapa menghendaki. Setelah ijin dari Rano mereka ( th 1616 ) mereka ( Galileo ) dengan Inquisin dan melarang semua pengajaran atau pembelaan doktron dan diskusinya mengenai hal ini. Galileo menemukan 4 bulan yang mengelilingi Yupiter. Teori ini meskipun bertentangan dengan kitab suci tidak begitu ditentang oleh gereja malah sebaliknya merupakan hal yang menarik. menyerupai bumi akan tetapi tidak licin seperti perkiraan orang. Salah satunya ialah pernyataan bahwa Venus beredar melalui tahap-tahap seperti pada bulan yang mengitari bumi dan tidak diselidiki bahwa Venus mengelilingi bumi. Nicolas Copernicus menyatakan bahwa matahari adalah pusat pergerakan planet. Galileo merumuskan pertentangannya melawan sistim Ptolomeus.

Mereka mengirimkan karyanya ke Belanda. Dalam usianya yang mendekati tua kebutaan mulai menyerangnya. Pada bulan April 1633 Galileo dibawa ke pengadilan dan pada akhir April ia diperbolehkan tinggal diluar. Kawan-kawan Galileo berusaha supaya karya tulis ini dapat diterbitkan. Tak perlu dikatakan. dan diterbitkan pada tahun 1638 Galileo hidup 4 tahun lagi dan buta sama sekali. . Selama menjalani tahanan rumah ia menulis karangannya yang terbesar “Two New Sciences“. tahun dimana Issac Newton lahir. Meskipun demikian semangatnya tidak jatuh. dan ketika Cardinal Barbarini menjadi paus pada tahun 1623. Galileo tidak melupakan pemandangan yang telah diperolehnya dengan sabar. Galileo diijinkan untuk menyelesaikan “Dialognes on The Great World System” ( percakapan mengenai jagad raya ). Ketika ia meninggal pada tahun 1642.