You are on page 1of 7

MAKALAH KIMIA ORGANIK

HIDROKARBON SIKLIK

berarti minyak atau lemak) adalah senyawa organik yang tidak mempunyai gugus fenil (bahasa Inggris: aromatic ring). Ikatan kovalen dapat mengikat unsur lain selain hidrogen. Senyawa alifatik dapat berupa: 1. seperti heksana atau: jenuh. klor. belerang. antara lain oksigen. Jika jumlah karbon dalam cincin sama dengan jumlah karbon dalam substrituen. seperti sikloheksana asiklik. Tata Nama Sikloalkana 1. Akan tetapi jika jumlah karbon dalam substituen lebih banyak dari pada karbon dalam cincin maka senyawa tersebut diberi nama sebagai alkana tersubstitusi sikloalkil. Sikloalkana dinamai dengan menempatkan awalan siklo. khususnya kimia organik. seperti heksana tak jenuh. dengan ikatan tunggal. Alifatik (bahasa Yunani: aleiphar. atau cincin non aromatik (alisiklik). senyawa yang terbentuk dari ikatan karbon dan hidrogen terbagi menjadi dua bagian. seperti heksena Pada senyawa alifatik. Temukan rantai utama Hitung jumlah atom karbon penyusun cincin dan jumlah karbon dalam substituennya. SIKLOALKANA A.di depan nama alkana yang sesuai dengan banyaknya atom karbon dalam cincin. ganda dan tiga ikatan kovalen. struktur dan nama sikloalkana tak tersubstitusi adalah sebagai berikut : 2. nitrogen. siklik (bahasa Inggris: cyclic). HIDROKARBON SIKLIK Dalam kimia. . maka senyawa tersebut diberi nama sebagai sikloalkana tersubstitusi alkil. yaitu senyawa siklik dan senyawa alifatik. atom karbon dapat saling mengikat dalam bentuk rantai lurus bercabang maupun bercabang. 1.

Untuk substituen kedua dan seterusnya diberi nomor sekecil mungkin. Jumlah substituen dan beri nama Sikloalkana tersubstitusi alkil atau halogen. untuk substituen pertama harus memiliki penomoran sekecil mungkin. mulailah penomoran dari atom karbon yang mengikat substituen tersebut. Jadi. . 3. B. Tata nama Sikloalkena Sikloalkena tidak memiliki ujung untuk mulai dan mengakhiri penomoran. ikatan rangkap dianggap menempati posisi C1 dan C2.

Adisi dengan pengadisi hiterogen Pada adisi dengan pengadisi heterogen. 2. sifat kimia sikloalkana mirip dengan alkana asikloik (rantai terbuka). Isomer cis-trans dalam sikloalkana Dalam beberapa hal. Untuk alkane tidak simetris maka arahh orientasi (adisi) adalah mengikuti hukum Markonikov sebagai berikut : Adisi HA pada alkena tidak simetris maka H dari HA akan terikat pada atom karbon Alkena yang telah mengikat HA lebih banyak sebagai produk dominan. b. di mana akan terjadi transformasi molekul tidak jenuh menjadi jenuh. . REAKSI ADISI PADA SIKLOALKENA Reaksi Adisi adalah suatu reaksi penambahan suatu atom atau gugus atom dalam suatu ikatan rangkap. Adisi dengan pengadisi homogen Adisi jenis ini banyak ditemui dalam senyawa organik misalkan adisi H2 atau hidrogenasi dan adisi X2 atau halogenasi (Cl2 dan Br2).C. sikloalkana kurang fleksibel dibandingkan dengan alkana rantai terbuka. REAKSI-REAKSI 2. Adisi jenis ini tidak mempermasalahkan arah adisi (orientasi) meskipun alkenanya tidak simetris. Ikatan tunggal (ikatan sigma) pada alkana asliklik dapat berputar. Pertama. Akan tetapi terdapat perbedaan mendasar. a. maka arah adisi pada alkena tidak simetris akan spesifik. Keduanya sama-sama non polar dan cenderung inert.

bentuknya adalah segitiga rigid dan planar. Hal ini memungkinakn sikloheksana memiliki kemungkinan isomerisme berdasarkan letak substituennya. ikatan yang terbentuk kurang bebas untuk berputar. Contohnya. ada dua bentuk isomer dari 1. Perputaran ikatan tunggal karbon-karbon dalam etana Pada sikloalkana. Pertama dengan dua gugus metil pada sisi yang sama. kedua dengan gugus metil pada posisi yang berlawanan. Putaran pada ikatan karbon-karbon tidak mungkin terjadi tanpa merusak cincin. . Tidak mungkin terjadi perputaran tanpa memecah cincin Oleh karena strukturnya yang siklik. Kedua bentuk isomer merupakan molekul yang stabil.2- dimetilsiklopropana. sikloalkana memiliki dua sisi yaitu sisi atas dan bawah. dan dapat dikonfersi dari bentuk satu ke bentuk lainnya tanpa memecah cincin atau tanpa membentuk ikatan baru. Misalnya siklopentana. Struktur siklopropana.

2-dimetilsiklopropana memiliki tempat ikatan yang sama. Sikloheksana dapat dibuat dari Benzena yang direaksikan dengan gas hydrogen menggunakan katalis logam NEED A PICTURE .2-dimetilsiklopropana merupakan salah satu contoh stereoisomer yang disebut isomer cis-trans. Isomer konstitusional dan stereoisomer 1. Semuawa senyawa yang memiliki posisi ikatan atom yang sama tetapi berbeda pada orientasi tiga dimensinya disebut stereoisomer. sedangkan trans.berarti terletak pada sisi yang sama. Kedua isomer 1. PEMBUATAN HIDROKARBON SIKLIK 1. Awalan cis. tetapi berbeda pada posisi atom-atomnya.2-dimetilsiklopropana Tidak seperti isomer konstitusional seperti pada butana dan isobutana dimana terdapat perbedaan urutan penempatan atomatomnya. Isomer 1.untuk menyatakan posisi yang berlawanan.

matadunia.html .DAFTAR PUSTAKA http://www.id/2016/02/senyawa-organik-alkana-dan- sikloalkana.