1.

 Sebagai Pelindung Isi Produk
Kemasan tentunya dalah produk terluar, fungsi fisiknya adalah untuk melindungi produk
dari kerusakan atau kontaminasi dari mikroorganisme, udara, kelembapan serta racun
lainnya. Selain itu kemasan melindungi produk dari tekanan benda luar misalnya ketika
jatuh.
 Sebagai Penampung dari beragam produk
Hal ini biasanya digunakan untuk kemasan makanan, baik buah atau sayur. Dengan
menggunakan metode ini, berbagai sayuran atau buah-buahan jadi mungkin untuk
menjadi satu kemasan.
 Sebagai Identifikasi Produk
Kemasan adalah cara utama produk yang diiklankan dan identifikasi. Kemasan dengan
logo tertentu atau dengan warna tertentu biasanya menjadi sangat mudah untuk
diidentifikasi konsumen.
 Sebagai Perlindungan dan mudahan selama Transportasi
Selain melindungi, kemasan juga bisa sangat memudahkan selama transportasi. Kemasan
besar berupa dus-dus besar sangat membatu dalam proses selama transportasi. Selain itu
kemasan juga membuat tidak "makan tempat" karena bisa ditata seefisien mungkin.
 Memudahkan Penataan dan Penumpukan
Dibeberapa supermarket dan toko-toko, pengepackan stock menjadi sangat diperhatikan.
Jika Fighters memperhatikan supermarket, bagaimana mereka memanage tempat dengan
baik, sangat mengefisienkan tempat.
 Sebagai Pemberi Informasi
Kemasan Produk yang baik tidak hanya tahan secara fisik, tapi juga harus memenuhi
fungsinya untuk memberikan informasi yang benar kepada konsumen. Pada kemasan
terdapat sisipan informasi berguna, seperti nama perusahaan, alamat, kontak. Termasuk
didalamnya terdapat bahan, tanggal pembuatan, harga, barcode, dan banyak lagi.
Barcode adalah informasi yang sangat berguna untuk toko. Ketika barcode dipindai,
sistem komputer secara otomatis menentukan apakah produk membutuhkan penataan
kembali. Selain itu, harga produk menjadi muncul di kasir.
 Sebagai Sarana Promosi
Fungsi kemasan terakhir dan terpenting yaitu sebagai sarana promosi, kemasan Produk
yang bagus, wajib memenuhi fungsinya sebagai media promosi dan strategi penjualan.
Itulah sebabnya produsen seolah berlomba membuat kemasan produk yang unik dan
menarik serta bisa melakukan presentasi dengan sendirinya. Hal itu ditujukan agar dapat
memberikan kesan pertama yang menarik dan membujuk konsumennya agar berniat dan
kemudian membelinya.

2. – 5. jika kepengen bisa saling memanggil.  Resistor 330 ohm. Merpati pos diberi makanan khusus berupa campuran kalium karbonat dan minyak ikan. kepengen / cuman nemu adaptor nganggur di rumah yang 12v. maka kapasitor disarankan menggunakan yang 25v atau 50v.  Mobile : merpati dilatih untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Telur tersebut dierami oleh merpati jantan dan betina secara bergantian. Campuran tersebut berguna sebagai vitamin yang dapat membuat merpati menjadi kuat dan lebih mudah dilatih Seekor merpati betina umumnya bertelur sebanyak dua butir. alias TIDAK rusak  Kabel telepon yang berisi minimal 2 kawat tembaga. kemampuan navigasi. Surat atau pesan digulung. Misal. Sedangkan kapasitasnya pilih yg 47uF ke atas. dan boomerang. Kemudian kapsul plastik tersebut diselipkan di antara kaki merpati. Merpati merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar. lalu dimasukkan ke dalam tempat pelindung berbentuk kapsul plastik. memiliki daya ingat yang kuat. hingga 100uF kualitas suaranya semakin jernih / jelas.  Terminal kabel telepon dua unit. Pelatihan baru dapat dilakukan untuk pada merpati yang berusia tujuh bulan. Untuk menjadi merpati pos. - 3. dan memiliki naluri alamiah yang dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama. / 10. 4. merpati dapat terbang dalam jarak ratusan bahkan ribuan kilometer dan dapat mengirimkan pesan atau surat.  Boomerang : merpati diajarkan untuk mengirimkan dan mengembalikan pesan. Anak burung merpati dapat terbang dalam jarak yang dekat pada usia 40 hari. mobile. dibutuhkan kabel yang berisi minimal 4 kawat tembaga / sekaligus aja pakai kabel cat5 yang biasa digunakan sebagai kabel LAN untuk komputer (berisi 8 kawat)  Adaptor DC 9 v atau 12 v juga kagak masalah  Kapasitor yang batas tegangannya lebih besar dari adaptor yang disediakan di no. merpati terlebih dahulu harus dilatih oleh pelatih khusus. sehingga surat yang disampaikan pasti sampai di tujuan atau sangat kecil kemungkinan surat tersebut nyasar.  Static : merpati mempelajari bagaimana cara mengenali perintah seseorang dalam suatu wilayah kecil. Merpati pos adalah burung merpati yang telah dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan. Jika hal-hal tersebut telah dilatihkan.  Dua buah pesawat telepon yang masih berfungsi normal. . Tiga hal yang harus dilatihkan kepada merpati pos adalah static. 3.

mekanisme kerja. 7. Ilmu retorika pada awalnya dikembangkan di Yunani berkaitan dengan ilmu tentang seni berbicara (Techne Rhetorike). kepercayaan dan pengharapan mereka. model ini disebut model retoris (rhetorical model).6. 8. – 11. / 12  Beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya antara lain (Zimmerer. baik dalam kemampuan teknik. – 10. baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama. 9. persuader dan yang dipersuasi saling bekerja sama dalam merumuskan nilai. Tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha 2) Kurang berpengalaman. pimpinan perusahaan meminta bantuan ahli. Retorika sendiri adalah sebuah teknik pembujuk-rayuan secara persuasi untuk menghasilkan bujukan dengan melalui karakter pembicara. emosional atau argumen (logo). Inti dari komunikasi ini adalah persuasi. Hal ini dilakukan karena penciptaan metode kerja. mengelola sumber daya manusia dll . Model komunikasi yang digunakan oleh Aristoteles pada dasarnya adalah model komunikasi paling klasik.1996) 1) Tidak kompeten dalam manajerial. secara umum adalah seni manipulatif atau teknik persuasi politik yang bersifat transaksional dengan menggunakan lambang untuk mengidentifikasi pembicara dengan pendengar melalui pidato. untuk memperoleh metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. serta prosedur kerja sangat besar manfaatnya. Bahkan sering terjadi. Metode kerja sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. yaitu komunikasi yang terjadi ketika seorang pembicara menyampaikan pembicaraannya kepada khalayak dalam mengubah sikap mereka. Awalnya Aristoteles mencetuskan dalam sebuah dialog sebelum The Rhetoric dengan judul ‘Grullos’ atau Plato menulis dalam Gorgias.

gosokan amplas pelan-pelan sambil disiram air kran sampai benar-benar bersih. 16. • Sambil diamati jika papan PCB sudah seluruhnya lebur. • Masukkan papan PCB kedalam larutan Ferri Cloride (FeCl3) tadi. Selain sebagai penahan arus sementara. bantu dengan cara menggoyang-goyang wadahnya . sampai seluruhnya lebur dengan air. maksudnya tembaga yang tidak tertutup oleh gambar/toner. bersihkan sebelumnya dengan menggunakan amplas. • Bor papan PCB sesuai besarnya kaki komponen (0. dan agar prosesnya lebih cepat. Fungsi Resistor sangat berpengaruh besar di dalam rangkaian elektronika. Proses pelarutan PCB. Untuk memastikan agar solder berfungsi.5mm) • Bersihkan papan PCB. • Periksa kembali apakah terdapat jalur yang putus. – 13. • Untuk membersihkan gambar/toner.8mm s/d 1. • Masukkan Ferric Cloride (FeCl3) secukupnya ke dalam wadah plastic (paling tidak 1 bungkus kemasan). dan resistansi atau ketahanan suatu benda yang biasa disebut avometer.100ml (1/2 gelas). resistor juga . dan masukkan air panas/hangat secukupnya +/. 15. Murphy and Peck dalam Buchari (2007) yaitu: 1) Mau bekerja keras 2) Bekerjasama dengan orang lain 3) Penampilan yang baik 4) Yakin 5) Pandai membuat keputusan 6) Mau menambah ilmu pengetahuan 7) Ambisi untu maju 8) Pandai berkomunikasi 12. maka angkat papan PCB dan bersihkan dengan air yang mengalir (air kran). • Papan PCB siap untuk dipasang komponen.  Adapun faktor-faktor keberhasilan wirausaha dapat dilihat dari kiat-kiat sukses menjadi wirausaha. Fungsi Multimeter adalah sebagai sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik. dan agar mengkilap yang tadinya buram 14. karena dapat digunakan sebagai penahan arus sementara sebelum arus tersebut diproses dan disalurkan pada komponen elektronika lainnya. 3) Kurang dapat mengendalikan keuangan 4) Gagal dalam perencanaan 5) Lokasi yang kurang memadai 6) Sikap kurang sungguh-sungguh dalam berusaha 7) Ketidakmampuan dalam melakukan transisi kewirausahaan. tegangan listrik.

Jenis komponen elektronika  Resistor atau disebut juga dengan Hambatan adalah Komponen Elektronika Pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika. – 18. Emitor (E) dan Collector/Kolektor (K). Fungsi-fungsi Kapasitor (Kondensator) diantaranya adalah dapat memilih gelombang radio pada rangkaian Tuner. Beberapa fungsi Transistor diantaranya adalah sebagai Penguat arus. sebagai perata arus pada rectifier dan juga sebagai Filter di dalam Rangkaian Power Supply (Catu Daya). Nilai Resistor biasanya diwakili dengan Kode angka ataupun Gelang Warna yang terdapat di badan Resistor. Stabilitasi Tegangan.  Transistor merupakan Komponen Elektronika Aktif yang memiliki banyak fungsi dan merupakan Komponen yang memegang peranan yang sangat penting dalam dunia Elektronik modern ini.  Kapasitor atau disebut juga dengan Kondensator adalah Komponen Elektronika Pasif yang dapat menyimpan energi atau muatan listrik dalam sementara waktu. Penyearah dan lain sebagainya. 17. Induktor atau Coil banyak ditemukan pada Peralatan atau Rangkaian Elektronika yang berkaitan dengan Frekuensi seperti Tuner untuk pesawat Radio. / 22. FET (Field . sebagai Switch (Pemutus dan penghubung). melatih sikap dan perilaku kerja prestatif:  melajar mengatasi rasa takut akan malu dalam kesalahan  berpikir masalah adalah pelajaran  mengasah pola pikir kreatif dengan konsep  menetapkan target  melatih konsentrasi dengan meneliti secara detail mengani hal menarik dari apa yang dilihat  selalu mengambil sisi positif dari pekerjaan  membandingkan dengan pekerjaan sebelumnya 19. Satuan Induktansi untuk Induktor adalah Henry (H). Transistor terdiri dari 3 Terminal (kaki) yaitu Base/Basis (B). Hambatan Resistor sering disebut juga dengan Resistansi atau Resistance. Filter dan juga sebagai alat kopel (Penyambung). penurun tegangan dan pembagi tegangan. UJT (Uni Junction Transistor).  Diode adalah Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Satuan Nilai Resistor atau Hambatan adalah Ohm (Ω). Modulasi Sinyal. Satuan nilai untuk Kapasitor (Kondensator) adalah Farad (F)  Induktor atau disebut juga dengan Coil (Kumparan) adalah Komponen Elektronika Pasif yang berfungsi sebagai Pengatur Frekuensi. Transistor terdiri dari 2 Tipe Struktur yaitu PNP dan NPN. Diode terdiri dari 2 Elektroda yaitu Anoda dan Katoda. dapat berfungsi sebagai pembagi arus. Resistor juga merupakan komponen yang bersifat menghambat arus listrik yang berjenis pasif. Berdasarkan strukturnya. pembatas/pembagi arus. Project Board/Bread Board/Wish Board 20.

5. IC adalah Komponen Elektronika dipergunakan sebagai Otak dalam sebuah Peralatan Elektronika. mulai dari penguat. sesuai dengan usaha yang sedang dijalankan. Effect Transistor) dan MOSFET (Metal Oxide Semiconductor FET) juga merupakan keluarga dari Transistor. mulai dari yang berkaki 3 (tiga) hingga ratusan kaki (terminal). yaitu prakarsa atau ikhtiar dalam membuka peluang atau membangun kegiatan yang berguna bagi dirinya dan orang lain. Jujur Sifat jujur adalah perilaku utama yang harus ditonjolkan wirausaha untuk membangun kepercayaan (kredibilitas) dari semua pihak antara lain mitra kerja. Sebagai Contoh. dan pelanggan. Disiplin Dalam menjalankan kehidupan dan kegiatan usahanya. Switching. 21. Kedislipinan harus diterapkan dalam berbagai hal. pengontrol hingga media penyimpanan.  IC (Integrated Circuit) adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan bahkan jutaan Transistor. Inisiatif Seorang wirausaha harus mempunyai inisiatif. 3. Karakteristik wiraushawan 1. wirausaha harus mempunyaikomitmen yang tinggi terhadap jegiatan usaha yang dijalankannya. Dalam Rangkaian Elektronika. Bentuk IC (Integrated Circuit) juga bermacam-macam. Komitmen Tinggi Untuk mendukung tercapainya keberhasilan usaha. Pada umumnya. Kreatif dan Inovatif .  Saklar adalah Komponen yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik. IC yang berfungsi sebagai Otak pada sebuah Komputer yang disebut sebagai Microprocessor terdiri dari 16 juta Transistor dan jumlah tersebut belum lagi termasuk komponen-komponen Elektronika lainnya. IC merupakan komponen Semi konduktor yang sangat sensitif terhadap ESD (Electro Static Discharge). 4. Resistor dan komponen lainnya yang diintegrasi menjadi sebuah Rangkaian Elektronika dalam sebuah kemasan kecil. kreditor. Saklar sering digunakan sebagai ON/OFF dalam peralatan Elektronika. wirausahawan dituntut untuk memiliki kedisiplinan. 2. Fungsi IC juga beraneka ragam.

Organisasi menjadi lebih responsif untuk menyesuaikan diri dengan peraturan terbaru tentang Lingkungan sehingga (sekali lagi) mengurangi resiko terkena denda atas polusi yang mungkin ditimbulkan. secara tidak langsung juga mengurangi potensi mereka untuk menderita kerugian yang diakibatkan oleh denda atas rusaknya lingkungan sebagai dampak dari operasional mereka. money. . Mandiri dan Realistis Wirausaha harus memiliki sikap hidup mandiri. Organisasi. dan dapat memandang kehidupan serta perkembangan bisnis secara realistis. 2. Menguatkan merek dagang dari organisasi tersebut (jika ada). Sebab dengan diberlakukannya Sistem Manajemen Lingkungan. dinamis. 4. 27. prakarsa/inisiatif yang relatif tinggi. Kemudian engineering atau rekayasa itu sendiri merupakan aplikasi ilmu pengetahuan ( science) untuk menjawab persoalan praktis dalam kehidupan manusia termasuk di dalamnya kebutuhan komersial atau industri. method) yang ada untuk menghasilkan suatu produk. Penghematan anggaran organisasi. – 26. Pada tahun 1876. intuisi yang kuat. 3. sehingga mampu menjadi pribadi yang inovatif. dengan sistem manajemen mutu yang mereka targetkan dan kembangkan terus-menerus. 24. baik berupa barang atau jasa yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen. wawasan yang luas. Keuntungan atau manfaat dengan diperolehnya sertifikat ISO 14001 bagi Organisasi kurang lebihnya dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Ia harus memiliki jiwa kepemimpinan dan sikap yang pantang menyerah. 6. organisasi menjadi lebih ketat dalam hal efisiensi sumberdaya dan biaya. – 23. Wirausaha harus mempunyai kreativitas (daya cipta) yang relatif tinggi. 22. Sebab dengan memberlakukan Sistem Manajemen Lingkungan. Pengertian ilmu rekayasa dalam pelajaran prakarya dapat didefinisikan dari sumber rekayasa tersebut yang diambil dari bahasa Inggris yaitu engineering. Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon 25. dapat membuat lebih banyak orang menjadi simpatik sebab organisasi yang bersangkutan sangat memperhatikan dan berusaha meminimalisir dampak lingkungan yang sekiranya mereka timbulkan. material. Proses produksi adalah kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man.

Memecahkan Masalah. Berikut ini beberapa penggunaan resistor variabel yang umum pada aplikasi sehari-hari : 1. 28. 4. Strategi. Perubahan nilai resistor ini karena diubah oleh sesuatu dari luar misalnya diputar atau digeser. Taktik. Seperti Perencanaan Bisnis. Ada Tujuan Dan Mimpi (Arah Yang Jelas) Sebagai Visi Dan Misi 2. Resistor variabel adalah sebuah komponen yang mempunyai karakteristik seperti resistor namun nilainya tidak tetap (variabel) dan bisa diubah selama pemakaian. Volume Control . Semangat. Dan Perencanaan Kegiatan Sehari – Hari 29. Ada Unsur Kreativitas Dan Inovasi 6. Ada Unsur Pola Fikir Yang Lebih Jauh Kedepan 7. Ada Unsur Improvisasi 9. Ada Unsur Kembali (Control) Terhadap Kualitas. Ada Unsur Komitmen Terhadap Tujuan Awal Sehingga Ada Kemauan Utuk Tidak Mudah Menyerah Pada Masalah Yang Sedang Terjadi 8. Ada beberapa jenis resistor variabel seperti trimmer potensiometer (trimpot). Keuangan. Prinsip kewirausahaan diantaranya : 1. Dan Gairah Sebagai Sumber Emosi 3. Ada Unsur Spirit. Masing-masing jenis resistor variabel ini memiliki kegunaan dan penerapan yang berbeda-beda. Atau Mengoperasikan Suatu Usaha. Program. Proses Dan Distribusi 5. Perubahan nilai dari resistor variabel biasanya dimanfaatkan untuk mengatur sesuatu yang sifatnya tidak tetap dan bergantung dari kondisi penerapan rangkaian. Ada Perencanaan Konsep. Ada Unsur Manajerial Dalam Melaksanakannya Baik Mengelola Risiko. slide potensiometer (slidepot) dan rotary potensiometer (potensio).

Kontrol parameter alat seperti cahaya. Tone Control (Bass.2. frekuensi dan sebagainya. Pengaturan ukuran layar pada televisi analog 5. – 31. 30. Middle dan Treble) 3. . Pengaturan tegangan dan arus 4. Setting referensi tegangan atau sinyal 6. kecepatan.