You are on page 1of 9

1. Brahman adalah pencipta segala yang ada. Masa penciptaan Brahman disebut....

a.Pralaya d.Brahmanda
b.Srsti e.Dharmakrya
c.Bhuana Agung
2. Sebelum diciptakan alam semesta ini tidak ada apa-apa, yang ada hanya Hyang Widhi,
Maha Ada, Tiada duanya. Pernyataan ini kita temukan dalam kitab....
a.Brhad Aranyaka
b.Bhagawad Gita
c.Agastya Parwa
d.Chandogya Upanisad
e.Sarasamuccaya
3. Tempat yang disediakan Hyang Yamadipati, untuk orang yang selalu berbuat dosa,
membuat orang menjadi sengsara disebut….
a.Kayu Curiga : selingkuh d.Batu Macepak
b.Tegal Penangsaran : membuat orang lain sengsara e.Kawah Weci : merugikan
oranglain
c.Titi Ugal – Tagil: fitnah
4. Pada waktunya semua ciptaan Hyang Widhi akan kembali lagi pada Hyang Widhi itu
sendiri, masa itu disebut dengan nama….
a.Brahmawidya d.Srsti
b.Brahmadiwa e.Pralaya
c.Rta
5. Kelahiran berulang-ulang yang dialami oleh seseorang menurut ajaran agama Hindu
disebut….
a.Suka tanpawali dukha d.Moksa
b.Sorga e.Jagadhita
c.Punarbhawa
6. Karmaphala ngaran ika, phalaning gawe hala hayu, artinya yang disebut dengan nama
karmaphala adalah….
a.Semua perbuatan baik atau buruk
b.Hanya perbuatan yang utama
c.Hanya Perbuatan yang baik
d.Semua perbuatan buruk
e.Semua orang berbuat yang utama
7. Kitab Whraspati Tatwa menyatakan bahwa perjelmaan yang berbeda – beda disebabkan
oleh karma wasana. Bila dalam hidupnya terdahulu senantiasa bersikap bijaksana,
kemungkinan menjelma menjadi manusia yang memiliki sifat….
a.Dewa d.Naga
b.Daitya e.Widyadara
c.Raksasa
8. Kata Karma berasal dari akar kata….
a.Kar d.Kr
b.Krm e.Kri
c.Crm
9. Lapisan ke tujuh (7) dari bumi menuju ruang jagat raya ini disebut….
a.Satya Loka d.Bhwah Loka

Menjalankan nilai – nilai agama 16. a. karena…. a.Surga Cyuta b.Rasa Tala 10.Citta 12.Ketiga 11. .234 tahun b.432 e. b.Sukha c.Subha Karma e. Hasil perbuatan sekarang. menyatakan bahwa satu kalpa adalah kurang lebih selama…. a.Kedua e. 432 juta d.Wikarma b. namun dinikmati pada kehidupan yang akan datang disebut….Prarabda Karmaphala d.Prakrti e.Surgawi e.Pertama d.Mempertanggungjawabkan Karmaphala d. keberuntungan.Suka tanpa wali duhka 18.Karma Kanda b. Jika suatu Negara yang berprinsip selalu memandang segala seluk beluk kehidupan bernegara harus dijaga agar tidak terjadi penyimpangan – penyimpangan demi tercapainya tujuan Negara pada sasarannya.Mahat b.Mengabdikan diri b.Semua perbuatan pasti ada hasil 17.tahun a.Purusa d.Melaksanakan kewajiban pribadi c. a.Subhakarma c.Asubha Karma c. a. Atman mengalami kelahiran kembali kedunia ini dengan tujuan….Bhur Loka e.Kelima c.Sama-sama ajaran falsafah hidup c. walaupun perbuatan itu keliru. a.Swah Loka c. Dalam Sapta Loka. Karmaphala dinyatakan sangat erat hubungannya dengan Punarbhawa.Sama arti dan maknanya e.Neraka Cyuta d.Keempat b.Sancita Karmaphala e. Prinsip ini berhubungan dengan….Karma d.234 juta 13.Kryamana Karmaphala 14. Lebih baik berbuat dari pada tidak berbuat sama sekali. manusia dinyatakan hidup pada lapisan ke….Akarma 15. Perbuatan keliru disebut dengan…. Asas kejiwaan/rohani sebagai unsure penciptaan Bhuana Agung dan Bhuana Alit disebut dengan…. Jika seseorang yang lahir kedunia penuh dengan kebahagiaan.Sama-sama bagian dari Panca Sradha b. dan kesejahteraan. Menurut perhitungan filosof Hindu. tidak sempat dinikmati sekarang.324 juta c.Kelahiran kedunia ditentukan oleh hasil perbuatan d. ia dinyatakan lahir dari sorga yang disebut dengan….Manah c. a.Menikmati kehidupan duniawi e.

a. “Ong sembah Ninganata…” adalah kakawin yang biasanya dipakai untuk mengatarkan persembahyangan. 8-i. Banyaknya suku kata dalam tiap baris kakawin dsebut….Abhigamika b.Utsaha e.Sronca 23.Polisisaat 19.Aksudra Parisatka 21.Swandewi d.Gedong cengkok e. 8-a. 8-u.4-a.Laghu c. a. a. terdapat dalam lontar…. disebut dengan nama… a.Swandewi b. 8-i d. 8-i.Tujuan Negara c. 8-i.Guru Wilangan b.8-i.Wirat e.Atma Sampad c. 8-a c.Nitisastra e. a.Prajna d. 8-u.Siwa Budha Gama Tatwa 20.Guru laghu d. Hukum persyaratan pada kakawin adalah…. 4-i. 8-a. 6-a.Mredu Komala d. 8-a.Moh Yamin b.Rakawi Prapanca e.Arjuna Wiwaha . 8-a. Pada lingsa pupuh Ginada adalah….Rechstaat e. Panca Upaya Sandhi adalah lima upaya pemimpin dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.Titi suara c. Disamping memiliki daya kreatif yang tinggi. 8-a. 4-u.Adri c.Sronca b. a.8-a.Sudarigama b. a. 8-u. Panca Dasa Pramiteng Prabhu adalah lima belas sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.8-u.Wreta e. pemimpin juga harus bijaksana. teori ini disusun oleh…. 6-a.Whrspati Tattwa d.Kutilya 22. a.Tembang bawak tembang dawa 26.4-u. 8-i.Pada Lingsa e.Supervisorystaat b. 8-i.Lada 25. 8-a.Wreta dan Mantra d.Guru b.Ki Hajar Dewantara d.Mredu Komala e. 8-a e.Mantra c. Dibawah ini adalah contoh – contoh kakawin.Pada lingsa b. Hukum yang mengikat ada sekar alit adalah….Chandra Prakash Brambari c. 8-i.Purwa Kanti 24. 8-a.Matra d. 8-a 27.Wretisasana c.Machstaat d. 8-i. a. kecuali…. a. wirama kakawin ini disebut…. 8-a b.

Rupa 32.Pupuh b.Sloka d.Girisa 28. bagakan buih banyak tumbuhnya.Sarasamuccaya 33.Sama Weda. itulah sebabnya ama menemukan kamoksan atau kelepasan.Whrspati Tattwa.Gandha d. VII.Nitisstra d. unsur Pertiwi dievolusi oleh Brahman menjadi…. “Apabila sattwa citta itu. c.Setiap orang pernah berbuat yang baik d.Purana b.Reg Weda. sebab…. Pernyataan ini teruat dalam kitab….Rasa e. “Demikianlah halnya Bhatara Siwa. Hal ini tersurat dalam kitab….Setiap orang yang selalu berbuat yang utama 35. Makna kalimat ini dijelaskan dalam kitab….6 c. pada akhirnya akan kembali pula pada-Nya.Setiap orang yang selalu berbuat dosa e. a.Mereka yang memiliki keyakinan e. 338 c.Setiap orang yang berbuat benar c. tunggallah itu asalnya dari air”.Setiap orang yang berbuat baik maupun buruk d.Sama Weda I.Palawakya e.Tantri c.Seseorang yang berbuat jahat b. a. a.Slokantara e.Sarasamuccaya.Setiap orang pernah berbuat baik dan tidak baik c.BG.1 d.Pupuh b.Sama Weda I.Reg Weda.829 b.BG.20 d.Kakawin 30. Pada masa Pralaya.80 34.102.Tantri c.892 e. a. IX. a. Setiap jiwa manusia yang telah meninggal dunia akan mencapai alam surga dan neraka.Setiap orang yang ingin Moksa . keberadaannya pada semua mahkluk. Hukum Karmaphala berlaku untuk….Teja c. a.Apah b.Setiap orang pernah berbuat tidak baik/buruk b. Dharma Gita merupakan salah satu cara untuk membentuk kepribadian yang luhur melalui usaha menyanyikan mantra-mantra Weda.23 e.Whrspati Tattwa. “Apan Ikang dadi wwang…” adalah contoh dari…. a.5 b.Kakawin 31.Palawakya e.Sloka d.Bhuwana Kosa c.104.VII. IX. Dharma Gita yang terdiri dari empat baris dalam satu padartha. oleh karena itu ia suci. dengan jumlah suku kata yang sama dalam setiap barisnya disebut…. a.1 29.menyebabkan ia melaksanakan ajaran agama dan petuah guru”.

a.Jiwan Mukti e. Apabila Moksa telah tercapai maka Atman dengan Brahman itu tunggal adanya.36.Sadharmya b.Mukti d.Ekam eva adwityam Brahman c. di dalam sloka berbunyi….Astanggi c. dimana kata Moksa berasal dari bahasa…. Orang yang melaksanakan ajaran Raja Marga disebut dengan…. Sloka dibawah ini yang tepat untuk itu adalah….Sarupya 42.Salokya e.Bhakta d. Moksa merupakan salah satu Sradha dalam ajaran agama Hindu.Jiwatmanam c.Sayujya e.Bali 38.Catur Purusartha e. a.Jiwatman b.Sadharmya b.Catur Marga b.Jnanin c.Tat Twam Asi b.Amukti 41.Asta wara 44.Kawi b. a.Satwam Siwam Sundaram c. a. Empat jalan/cara untuk mencapai persatuan Atman dengan Brahman disebut….Aham Brahma Asmi e.Aham Brahma asmi 40.Sarupya d.Catur Dharma d. Tubuh dikatakan sebagai sarana untuk mencapai Moksa. a.Rajin b.Asta Kosala-kosali e.Moksanam sariram sadhanam d.Sansekerta e. a. Delapan tahapan yoga untuk mencapai persatuan Atman dengan Brahman disebut…. a.Catur Paramitha c.Astangga Yoga b. a. Kebebasan yang dicapai dimana Atman mencapai tingkatan setara dengan Dewa disebut dengan….Satyam eva jayate e.Sayujya c.Brahman Atman Aikyam 39.Yogin 43. Tingkat kebebasan yang tertinggi dimana Atman telah dapat bersatu dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa disebut dengan….Samipya .Karmin e. Kebebasan yang dicapai semasih hidup dalam ajaran agama Hindu disebut….Catur Yuga 37. a.Jawa Kuno d.Dharma artha kama moksanam b.Asta Bratha d.Salokya c.Pali c.Sastrayonitwat d.Samipya d.

Dharma Gita b. kerjakan dengan tiada terikat olehnya.17 c.III. kaki dan mata yang menyebabkan gerak seluruh tubuh yang harmonis dan bernilai seni disebut….Tut Wuri Handayani d.Ing Madyo Mangun Karso c. Hasil ciptaan atau buah pikiran manusia yang diungkapkan dengan kemahiran teknis dan merupakan wujud yang dapat didengar sehingga ikut memberikan kebahagiaan bathin disebut….Kepercayaan c.Bhagawad Gita.Penolak bala d.Sepi ing gawe rame ing pamrih 46.III.Sekar Agung .20 47.Bhagawad Gita.Sadharmya b. maka beliau termasuk dalam tingkatan moksa yang disebut dengan….Tari Pendet b.Sekar Rare d.Tari d.19 e.Budaya d.Penuntun Ida Bhatara b.Rame Ing gawe sepi ing pamrih e.III.Tembang 52.Budaya c.Tari kepahlawanan e. a. Hal ini tersurat dalam kitab suci….Salokya 48. a.Seni e.Seni e.Sekar Alit b. Tari yang berfungsi mengantarkan roh orang yang meninggal dari rumah menuju ke kuburan adalah…. Semua jenis Kakawin dalam Dharma Gita disebut….Bhagawad Gita. Tari ini berfungsi sebagai….Tari katekok jago c. a. a. Slogan dibawah ini yang sesuai untuk dijadikan pedoman hidup oleh seorang Karmin adalah…. yoga dan Samadhi mampu melepaskan segala ikatan duniawi.16 b.Sarupya d.III.Tari Topeng e. Para Maharsi pada saat melakukan tapa. a. Gerakan tangan. a.Samipya e.Kesenian b.Ing Ngarso Sung Tulodo b. Bekerjalah kamu.Tari 49.Pemuput Karya 50. Tari Sang Hyang adalah Tari yang digunakan pada upacara Butha yadnya.Bhagawad Gita.Sekar Madya e.Tari baris upacara 51. a.18 d.Tari Wayang lemah d.Bhagawad Gita. karena orang mendapat tujuannya yang tertinggi (Moksa) adalah dengan melakukan pekerjaan yang tidak terikat olehnya.Permohonan kemakmuran c.III.45. a.Sayujya c.

a. rasa dan karsa manusia disebut….Arja d. Tari yang pada umumnya membawakan lakon dan sebagai pengiring suatu upacara disebut….Tari Rejang d.Tari Seblang c.Tari Baris c. dalam hal ini beliau diberi gelar….Parama Siwa c. Menurut mitologi Dewa Siwa didalam menggerakkan alam semesta ini dengan menari.Kain putih b. Keseluruhan hasil cipta.Tari Bedaya Semang d.Agama c.Tari Wali d. Suatu tarian yang melambangkan cinta kasih yaitu Sang Hyang Semara turun ke dunia berwujud Panji disebut tarian….Tari Sang Hyang 56.Tari Bebali e.Uang kepeng 59.Benang d.Gambuh e. a.Blencong c. Tari Sakral yang berasal dari daerah Kalimantan adalah….Tari Balih-balihan 62.Tari Bedaya Semang d. Suatu tarian yang para penarinya membawa alat – alat upacara yang dipersembahkan disebut….Carang dadap e. a. a.Tari Tor-tor e.Tari Wali c.Siwa Natharaja e.Tari Sang Hyang e.Tari Pendet b. a.Tari Gantar b. a.Tari Hiburan b. a. Untuk menghubungkan alam sekala dengan alam niskala pada kelir wayag lemah disimbolkan dengan….Tari Bebali 58.Seni d.Legong Kraton b.Barong 60.Topeng c.Siwa Maha Guru 54. Pupuh Semarandana adalah tergolong….Prajapai b. Ketika kerajaan Mataram diancam mara bahaya.Tari Seblang c.Tari Sang Hyang e.Tari Gantar b. Sultan Agung dan keluarganya meminta bantuan kekuatan prajurit yang bersifat niskala kepada Kanjeng Ratu Kidul disertai dengan tarian sacral yang bernama….Tari Pendet b.Tari Topeng 57.Kepercayaan 61. c.Budaya e.Tari tontonan c.Tari Balih-balihan d.Tari Sang Hyang 55.Siwa Raditya d.Tari Tor-tor e. a. .Tari b.Palawakya 53. Tari Sakral disebut juga dengan nama…. a.

Sekar Agung c.Aguron – guron e.Asewaka Guru c.Dharma Sedana c.Brahmacari b.Lengan e.Lagu Pujaan b.Keturunan b.Tembang 63. a.Catur Warga 72.Guna Karma e. Bhagawad Gita berarti….Dharma Tula 67.Guru Wilangan 64.Sukla Brahmacari d.Bakat kelahiran 71.Kitab suci Hindu e.Mredu Komala d.Dharma Santi e. Berikut ini adalah contoh – contoh kakawin.Taki-takining sewaka guna widya . Dalam usaha menuntut ilmu.Sekar Alit b. Menurut mitologi. a.Catur Warna e.Sarasamuccaya d.Catur Marga d. Pengelompokan masyarakat menjadi empat macam berdasarkan kualitas atau guna karmanya disebut…. kecuali…. a. a.Nyanyian Tuhan c.Dharma Gita b. Sumber yang dijadikan dasar dalam menguraikan catur warna adalah kitab…. Karya seni keagamaan yang menggunakan media suara disebut…. Berikut ini adalah nama lain dari masa menuntut ilmu. a.Dewi Parwati b.Profesi c. a.Dewai Gangga e. a.Catur Asrama c.Sronca b.Pilihan d.Purwa Kanti e.Syair – syair pujaan 66. Bhagawad Gita disebut sebagai Pancamo Weda.Kaki b.Adri e.Sekar Rare d. Ksatriya lahir dari….Brahma d.Nitisastra e.Manu Smrti c. a.Girisa c.Dewi Laksmi c.Perut c. catur warna digambarkan dengan anggota tubuh manusia.Bhagawad Gita b. a. kecuali…. kecuali….Wretta dan matra b. Hukum/persyaratan pada Kakawin adalah….Tangan 69.Weda 68. Berikut ini adalah arti dari kata Warna dalam catur warna. a. a.Mantra c.Dewi Saraswati 70. seseorang wajib memohon tuntunan kepada Hyang Widhi dalam manifestasi sebagai….Pada Lingsa d.Filsafat Ketuhanan d.Wirat 65.Sekar Madya e.Catur Kasta b.Kesenian d.Kepala d.

Catur Marga Yoga 75.Sarasamuccaya e.73.Agastya Parwa . a.Salya Parwa b. a.Catur Asrama e.Bhagawad Gita 74. Ajaran Catur Asrama diuraikan dalam naskah jawa kuno yang bernama…. II c. Empat jenjang atau fase kehidupan manusia berdasarkan petunjuk kerohanian disebut….Bhisma Parwa d. 8 d. a. Taki-takining sewaka guna widya merupakan istilah yang diambil dari kitab suci….Adi Parwa e.Slokantara b.Nitisastra.Catur Warga c.Catur Paramitha b.Catur Purusartha d.Silakrama Hal.Drona Parwa c.