You are on page 1of 6

RSUD BANYUMAS

Jl Rumah Sakit No 1 Banyumas, Tlp 0281-796031, 796511, 761111 Fax 0281-796182
(0281) 796031

SEJARAH
RSUD Banyumas berdiri tanggal 30 April 1925 pada masa penjajahan Hindia Belanda. adapun
rekam jejak perjalanan sejarah RSUD Banyumas dari masa ke masa:
1. Periode Tahun 1924 sampai tahun 1935 Rumah sakit diberi nama “Julianna
Bugerziekenheis” yang pada waktu itu lebih dikenal dengan Rumah Sakit julianna
yang pengelolaannya di bawah Pemerintah Hindia Belanda.
2. Pada Tahun 1935 sampai dengan 1945 diberi nama Rumah Sakit Banyumas yang
pengelolaannya di bawah pemerintah Jepang.
3. Baru Tahun 1945 Rumah sakit diberi nama RSU Banyumas yang pengelolannya di
bawah Pemerintah Kabupaten Banyumas sampai Tahun 1947.

Lancar. FILOSOFI Keselamatan. Nyaman. Aman.  Mengembangkan profesionalisme Sumber Daya Manusia. . Periode Tahun 2000 sampai dengan 2001 diberi nama Rumah Sakit Banyumas dengan Status kelas B non-pendidikan yang pengelolaannya di bawah Pemerintah Banyumas. komprehensif dan terintegrasi. 4. Di Tahun 1993-2000 naik kelas menjadi rumah sakit tipe C dan masih dibawah Pemda Banyumas. pendidikan dan riset bidang kesehatan yang seimbang. Tahun 2008 sampai dengan Sekarang sesuai keputusan Bupati. Efisien. 8. pendidikan dan riset bidang kesehatan yang bermutu tinggi. 7. 5.  Meningkatkan kesejahteraan pihak-pihak yang terkait. Kesembuhan dan Kepuasan Pelanggan adalah Kebahagiaan kami. Periode Tahun 1992 sampai tahun 1993 dengan nama RSU Banyumas dengan status kelas D dan pengelolaannya oleh Pemda Banyumas.  Menyelenggarakan pelayanan. Sejak Tahun 2001 sebagai Rumah Sakit Kelas B Pendidikan. diberik kewenangan untuk melaksanakan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah. Ramah. Berikutnya pada Tahun 1953 – 1992 Pengelolaan kembali dibawah Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas. 10. Gairah) MISI  Menyelenggarakan pelayanan. Pengelolaan Berikutnya dipegang oleh Departemen Kesehatan pada Tahun 1950-1953. manusiawi dan terjangkau bagi masyarakat. 9. Mudah. Efektif. 6. MOTTO Rumah Sakit Umum Banyumas memberikan Pelayanan Terbaik yang “CEMERLANG” (Cepat.

d.VISI Menjadi Rumah Sakit Pendidikan yang bermutu tinggi. 144 Dengan Waktu Pelayanan Jam 07. Klinik Jantung 6. Klinik Gigi 12. Klinik Syaraf / Strooke / Epilepsi 14. untuk informasi atau pendaftaran bisa melalui Telp. Klinik Tumbuh Kembang Anak 3. 797111 ext. Klinik Konsultasi Psikologi . berikut daftar poliklinik rsud banyumas: 1. Klinik Konsultasi Gizi 18. Klinik Bedah Orthopaedi 5. FASILITAS PELAYANAN A. Klinik THT 15. Poliklinik Rawat Jalan umum merupakan layanan utama bagi RS Banyumas. Klinik Kecantikan dan estetika 10. Klinik Okupasi Terapi 17. Klinik Mata 11. Klinik Anak 2. sabtu.00 14. Klinik Bedah Umum 4. Klinik Kulit dan Kelamin 9. pelayanan ini buka pada hari kerja mulai hari senin s. Klinik Jiwa 1 Penanggulangan Narkoba 7. Klinik Fisioterapi 16.00. seimbang dan Komprehensif. Klinik Kebidanan & Kandungan / Laktasi / KB 8. Klinik Penyakit Dalam/ Endokrinologi / Gastroenterologi / Nefrologi 13.

00 13.00 Bagi yang tidak mempunyai cukup waktu untuk menunggu pelayanan rawat jalan umum. Fasilitas pelayanan rawat jalan dengan perjanjian:  Waktu pelayanan relatif cepat  Pelayanan obat relatif cepat (diambilkan petugas)  Pembayaran obat dan administrasi relatif cepat (tanpa antri) C. 19. Rawat Inap Pelayanan Rawat Inap:  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Dalam  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Bedah  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Anak  Pelayanan RI Spesialis ObsGyn  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Mata  Pelayanan RI Spesialis Penyakit THT  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Syaraf  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Jiwa  Pelayanan RI Spesialis Penyakit Kulit & Kelamin  Pelayanan RI Penyakit Jantung . Klinik Umum / General Check Up adalah upaya untuk mengetahui kondisi fisik/mental seseorang melalui berbagai jenis permeriksaan yang telah ditentukan dalam paket pemeriksaan pilihan. meliputi:  Check Up Calon Karyawan / Karyawati  Check Up Promosi Jabatan  Check Up Calon TKI  Check Up Standart  Check Up Intermediate  Check Up Advance B. Klinik Perjanjian Untuk semua Pelayanan Klinik Spesialis dengan waktu pelayanan jam 07. dapat diberikan pelayanan rawat jalan dengan perjanjian.

AC. menu makan pilihan. Kelas Paviliun III Kelas ini terletak di Ruang Wijayakusuma II. gift pasien dan menu makan pilihan. jumlah kamar 4 TT. Andapun dapat memilih kamar / ruang sesuai kemampuan Anda. lemari es. televisi. sofa. lemari es. sofa. jumlah kamar 4 TT.  Pelayanan RI Ortopedi  Pelayanan RI Penyakit Paru Ada dua jenis pelayanan rawat inap: 1. jumlah kamar 8 TT. satu kamar untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi didalam. gift pasien dan menu makan pilihan. jumlah kamar 6 TT. . Kelas Paviliun II Kelas ini terletak di Ruang Wijayakusuma II. kipas angin. satu kamar untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi di dalam. AC. Kelas Utama II Kamar ini terletak di Ruang Wijayakusuma I. televisi. . menu makan pilihan. Rawat Inap di Ruangan adalah pelayanan rawat inap pada kasus-kasus penyakit yang memerlukan perawatan/ tindakan yang membutuhkan pengawasan > 24 jam. televisi. kipas angin. sofa. satu kamar untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi di dalam. televisi. lemari es. Di Ruang Wijayakusuma 11 & Ruang Gardena anda akan memperoleh asuhan keperawatan menggunakan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP). ODC mempunyai beberapa paket pelayanan medis / bedah yang dapat anda pilih sesuai kondisi penyakit anda. Kelas Utama I Kamar ini terletak di Ruang Gardena dan Sakura. Kelas Paviliun I Kelas ini terletak di Ruang Wijayakusurna I. gift pasien dan menu makan pilihan. . . jumlah kamar di Ruang Gardena 12 TT dan di Ruang Sakura 3 TT. satu kamar untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi di dalam. . Di Ruang Kanthil (Ruang Perawatan Anak) kami menyediakan area bermain dengan nuansa imajinatif. televisi. 2. AC. ODC (One Day Care) adalah pelayanan rawat inap untuk kasus kasus penyakit tertentu yang dapat dirawat dengan waktu < 24 jam. . satu kamar untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi di dalam.

Cempaka. Kelas I Jumlah kamar Kelas 1 sebanyak 78 TT berada di ruang Anggrek. Bougenville. Kelas II Jumlah kamar Kelas 11 sebanyak 95 TT. Kanthil. berada di ruang Anggrek.. Kanthil. 1 ruangan untuk 8 orang. Sakura. Bougenville. Masing masing dengan fasilitas kamar mandi di dalam. Dahlia. Edelwais. Dahlia. Masing-masing dengan fasilitas kamar mandi di luar. Kanthil. . Cempaka. Bougenville. Edelwais. berada di ruang Anggrek. Masing masing dengan fasilitas kamar mandi di luar. Dahlia. Cempaka. Edelwais. . satu kamar untuk 2 orang. Sakura. kipas angin. Kelas III Jumlah kamar Kelas Ill sebanyak 73 TT. . Sakura.