CHAPTER 1 INTRODUCTION TO RESEARCH

RESEARCH
1
Research adalah proses untuk menemukan solusi atas suatu
masalah setelah melalui pembelajaran dan analisis dari faktor – faktor
yang mempengaruhi. Manajer yang terlibat dalam organisasi
mempelajari dan menganalisis isu-isu ,karena mereka terlibat dalam
kegaiatan penelitian dimana mereka membuat keputusan pada saat
itu.Kadang-kadang manajer membuat keputusan yang baik dan
menyelesaikan suatu masalah dan terkadang juga mereka tidak
membuat suatu keputusan dan masalah terus berlanjut,mereka
membuat suatu colossal blunders sehingga organisasi terjebak
didalamnya.Perbedaan antara membuat keputusan yang baik dan
Committing Bluders Lies terletak dalam proses pengambilan keputusan
seorang manajer.

BUSINESS RESEARCH

Business Research adalah sesuatu yang terorganisasi,
sistematik, data based, kritikal, ojektif,mengidentifikasi masalah secara
lebih spesifik dan menemukan suatu solusi.Dalam mengidentifikasi isu
yang kritis, informasi harus relevan, menganalisis data dalam
membantu membuat keputusan, dan diimplementasikan dengan
tindakan yang benar.Research menyediakan informasi yang dibutuhkan
manajer dalam mengambil keputusan.Data ini harus benar-benar
dianalisis dan tersedia (dalam perusahaan, indudtri, arsip, dll).

RESEARCH AND MANAGER

Research biasanya berhubungan dalam menyelesaikan suatu
masalah yang berhubungan dengan area
akuntansi,pendanaan,managemen,dan pemasaran. Tidak hanya faktor
internal yang diperhatikan tetapi juga faktor eksternal perusahaan
seperti ekonomi, politik, teknologi, demografi, dll.

TYPES OF BUSINESS RESEARCH : APPLIED AND BASIC

Research dapat terbentuk dari dua tujuan yang berbeda.Pertama
adalah untuk menyelesaikan masalah yang saat ini dihadapi oleh

SITI CHAIRUNISA IBRAHIM (A31114524)

Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan.Kedua adalah memperluas pengetahuan dengan mencoba membandingkan bagaimana cara yang tepat yang dalam menyelesaikan masalah.Ini disebut basic. Mengetahui. 2. bagaimana memilah bagian yang baik dan buruk dalam research. Penelitian ini disebut applied 2 research. Mengidentifikasi dan mengefisiensikan penyelesaian masalah minor dalam pengaturan kerja. mengetahui dengan baik kemungkinan dari beberapa kemungkinan yang akan terjadi. CHAPTER 1 INTRODUCTION TO RESEARCH manajer yang meminta solusi cepat. 5. Mempekerjakan peneliti dan konsultan dengan lebih efektif 7. Mengkombinasikan pengalaman dengan pengetahuan ilmiah ketika mengambil keputusan. Mencegah kemungkinan pihak kepentingan dari dampak yang terjadi 6. 4. INTERNAL VERSUS EXTERNAL CONSULTANT/RESEARSHERS Paling tidak ada 4 keuntungan dengan memiliki team internal dalam melakukan projek penelitian mereka : SITI CHAIRUNISA IBRAHIM (A31114524) .atau penelitian murni. Rapport yang baik dibangun dengan peneliti dan antara peneliti dan pegawai organisasi. 2. MANAGERS AND RESEARCH Dalam memahami tentang research dan metode research membantu manager secara profesional dalam : 1. Filosofi yang relevan dan nilai sistem dari organsasi adalah jelas dan komunikatif 3. Peran dan ekspektasi dari kedua belah pihak jelas/eksplisit.fundamental. THE MANAGER AND THE CONSULTANT RESEARCH Ketika mempekerjakan peneliti atau konsultan manager harus memastikan bahwa: 1. Menghargai dan bersikap hati-hati terhadap dampak ganda yang ditimbulkan dari faktor dalam suatu situasi. 3.

dan juga megevaluasi efektifitas perubahan. Tim eksternal lebih berpengalaman karna pernah menyelesaikan berbagai masalah yang berbeda atau mirip dalam suatu organisasi. iklim dan fungsi serta kinerja sistem organisasi 3. Tim internal lebih memiliki kesempatan dalam membaca 3 penerimaan karyawan dalam subunit organisasi dimana research perlu diselesaikan. EXTERNAL CONSULTANTS / RESEARCHERS Keuntungan dari tim eksternal adalah: 1. filosopi. Adanya prasangka terhadap tim internal yang dianggap kurang objektif. Paling tidak ada 4 kerugian dalam menyelesaikan masalah. Kerugian dari tim eksternal adalah : 1. 3. 2. Tim memiliki lebih cepat dalam memahami struktur. Adanya kemungkinan yang lebih besar akan kualifikasi penelitian internal yang tidak sepemikiran dengan staff dan management. salah satu diantaranya adalah : 1. 4. memiliki pengetahuan lebih dalam memutar balikkan model penyelesaian masalah melalui priode pelatihan program yang mana organisasi tidak bisa mengakses. Adanya koalisi dalam organisasi yang mempengaruhi tim internal dalam mengungkap fakta yang ada. Biaya tim internal lebih murah dibanding eksternal karena mereka tidak membutuhkan waktu yang lama dalam memahami sistem dalam organisasi. Biaya menggunakan tim eksternal jauh lebih mahal SITI CHAIRUNISA IBRAHIM (A31114524) . dan rekomendasi mereka mungkin tidak dipertimbangkan. 2. 2. CHAPTER 1 INTRODUCTION TO RESEARCH 1. Mereka lebih siap dalam mengimplementasikan research setelah disetujui.dan akan mempertimbangkan perubahan jika dibutuhkan 4. Adanya kemungkin tim internal hanya memandang ke satu arah dalam organisasi dan masalah itu sendiri. Tim eksternal.

KNOWLEDGE ABOUT RESEARCH AND MANAGERIAL EFFECTIVENESS Seorang manager akan membuat keputusan akhir dalam mengimplementasikan rekomendasi yang dibuat oleh team research. tidak ego. Seorang peneliti juga menginvestigasi. berpartisipasi dalam menyediakan data. seorang yang baik dalam meyakini. fokus terhadap solusi masalah. Petunjuk awal dimulai dengan seorang institusi penelitian. Dalam membuat keputusan haruslah objektif. serta menyarankan solusi alternatif. dan seluruh penelitian team. Tim eksternal membutuhkan waktu dalam memahami organisasi 4 karna adanya prasangka akan membahayakan mereka 3. sepenuhnnya memahami rekomendasi yang dibuat. adanya perhatian penuh atas indikasi hasil. CHAPTER 1 INTRODUCTION TO RESEARCH 2. menganalisis hasil. mengutamakan organisasi dibanding kepentingan sendiri. SITI CHAIRUNISA IBRAHIM (A31114524) . Adanya biaya tambahan untuk asisten mereka dalam mengimplementasikan dan mengevaluasi. ETHICS AND BUSINESS RESEARCH Etik dalam penelitian bisnis merupakan sebuah kode yang menghubungkan atau norma tingkah laku sosial dalam melakukan penelitian.