You are on page 1of 7

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Permainan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan manusia. Dimulai dari usia kanak-
kanak bahkan sampai usia dewasa sekalipun, manusia tetap tidak bisa terlepas dari
permainan. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya permainan yang tersedia saat ini di pasaran.
Sebagai contoh adalah permainan Petak Umpet. Sebenarnya permainan-permainan tradisional
(permainan rakyat) itu mengandung unsur-unsur pendidikan yang sangat baik, misalnya
mengajarkan orang untuk sprortif, jujur dan kreatif.

TUJUAN

Manfaat dalam makalah ini adalah

1. apakah manfaat permainan Petak Umpet ?
2. Bagaimana cara permainan Petak Umpet ?

1

Permainan ini tidak jelas asalnya karena dimainkan juga oleh anak-anak di beberapa negara lain. Pencari membuka mata dan mencari teman-temannya. maka Pencari menang. 4. Pada hitungan ke-10. Pencari harus menutup mata kembali sambil bersender ke tiang/dinding. permainan ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi anak-anak. Salah satu cara yang diimbau dengan memberi kesempatan anak untuk main Petak Umpet di waktu istirahat. Anak-anak lain cepat- cepat bersembunyi. Setiap menemukan persembunyian seorang teman. Gambreng. 2 . Berikut beberapa manfaat permainan petak umpet bagi anak-anak. Pencari meneriakkan nama teman itu lalu lari ke benteng untuk menepuk benteng sambil berkata “hong!” 3. lahan dengan tempat-tempat persembunyian. 2. BAB II PEMBAHASAN Petak Umpet pernah populer di kalangan anak angkatan 70-an hingga 80-an. artinya anak-anak menang dan Pencari kalah. Kalau ada satu anak yang bisa mendahului Pencari untuk menepuk benteng dan berteriak “hong!”. Anak yang ditemukan pertama kali. dan menyehatkan. permainan ini tak banyak memakan waktu. Segala permainan Petak Umpet sebetulnya bisa dimainkan anak laki-laki maupun perempuan tanpa memandang jender. tiang atau dinding. Permainan tradisional ini dimainkan secara kolektif oleh 3 anak atau lebih. Ia menutup mata sambil bersender ke tiang/dinding sebagai “benteng” dan menghitung 1 sampai 10. murah. anak yang kalah menjadi Pencari. gantian menjadi Pencari. Jadi cocok untuk mengisi waktu senggang anak-anak ketimbang mereka main lari-larian tanpa tujuan. Cara bermain: 1. Permainan Petak Umpet ini menjadi favorit saat “keluar main” di sekolah dan setelah mandi sore di rumah. Selain menyenangkan. selain menyenangkan. Kalau tidak anak yang bisa melakukan “hong”. Permainan tradisional ini mengasah ketelitian dan kepekaan anak. Kumpulkan teman-teman balita dan ajak bermain petak umpet. Manfaat Bermain Petak Umpet bagi Anak-Anak Permainan petak umpet (hide and seek) dikenal di berbagai daerah dengan berbagai nama. dan permainan diulang dari awal. Persiapan: 3-6 anak.

sedangkan pemain lain bersembunyi. Membuat Anak Aktif Permainan petak umpet membantu anak aktif bergerak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan. Melatih Sportivitas dan Fair Play Dalam permainan petak umpet. karena setiap anak akan terlibat interaksi.1. 5. Menyenangkan Esensi dari bermain adalah mencari kesenangan. Belajar Taat Aturan Bermain bersama membantu anak belajar mematuhi aturan. Melatih Kreativitas Untuk dapat bersembunyi tanpa diketahui pemain yang berperan mencari. 3. Bersosialisasi Bermain petak umpet dapat membantu anak saling bersosialisasi. 6. Bermain petak umpet adalah salah satu cara anak-anak mencari kesenangan yang sesuai dengan kemampuan mereka. 7. ia harus memberikan hitungan yang cukup untuk memberikan kesempatan kepada pemain lain untuk bersembunyi. Anak akan belajar menerima kekalahan untuk dapat terus melanjutkan permainan. Setiap anak akan berusaha untuk mematuhi aturan yang disepakati bersama agar permainan dapat berlangsung dengan menyenangkan. maka semua pemain harus membuat dan menyepakati aturan permainan agar tidak terjadi selisih pendapat yang dapat memicu pertengkaran. Anak akan banyak bergerak dan berlari saat buru-buru bersembunyi dan berlomba menuju “rumah” (base). Bagi pemain yang berperan mencari. 4. pemain yang kalah akan bertugas mencari. 2. Masing-masing anak harus kreatif mencari ide persembunyian yang tidak sama dengan pemain lainnya. Belajar Menghapal Hitungan Banyak anak-anak yang terbantu menghapalkan hitungan melalui permainan. Berdiskusi Karena permainan petak umpet dilakukan secara kolektif. 8. masing- masing anak akan berusaha mencari persembunyian sendiri-sendiri. 3 . Bermain secara kolektif adalah cara yang baik dan kondusif untuk belajar bersosialisasi.

intelektual. BAB III PENUTUP KESIMPULAN Permainan Petak Umpet secara fisik akan menjadikan anak lebih kuat dan tangkas. Belum lagi manfaat emosional. DAFTAR PUSTAKA Pondokibu.com “7 manfaat permainan petak umpet untuk pertumbuhan anak” http://Pondokibu.com/7-manfaat-permainan-petak-umpet-untuk-pertumbuhan- anak. dan sosialnya yang akan berkembang dalam diri anak tersebut.html 4 .

TUGAS PSIKOLOGI BERMAIN PERMAINAN “PETAK UMPET” Disusun Oleh: Dady Ramdani NIM: 2012611035 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AZ ZAHRA i 5 .

Akhirnya penulis mengharapkan semoga hasi analisis yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi penikmat dan pecinta Sastra Indonesia. Dengan kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih kepada yang selalu memberikan semangat serta do’a sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan lancer Penulis lalu mengharap kritik dan saran yang bersifat menyempurnakan. Depok. 10 Oktober 2014 Penulis ii 6 . KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah SWT karena dengan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah psikologi bermain yang berjudul permainan rakyat “Petak Umpet”.

. 2 Bab III: Penutup Kesimpulan........... DAFTAR ISI Halaman Judul.................................................................................................................................................... 2 Manfaat bermain petak umpet. 4 Daftar Pustaka..................................................................................................................... i Kata Pengantar......................................................... Tujuan Penelitian............................................1............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 4 iii 7 ................. 1 1.... 1 1....................................................................................................................................... iii Bab I: Pendahuluan......... ii Daftar Isi................................... Latar Belakang Masalah......................................................................................... 1 Bab II: Pembahasan .................2............... 2 Cara bermain Petak umpet...