You are on page 1of 6

Respirasi pada dasarnya adalah proses pemecahan senyawa berenergi tinggi

seperti molekul gula dan asam lemak pada organisme hidup. pemecahan dengan
bantuan enzim dan beberapa molekul sederhana, karena proses ini adalah reaksi
eksoterm (melepaskan energi) energi yang dilepas ditangkap oleh ADP atau
NADP menjadi ATP atau NADPH. Reaksi kimia endotermik ( memerlukan energi)
diambil dari energi yang diperoleh tersebut.

energi diperoleh dari dari ATP (Adenosin Tri Fosfat) yang ada pada masing-
masing sel. ATP berasal dari bahan-bahan karbohidrat yang diubah menjadi
fosfat melalui tiga tahapan. Mula-mula proses glikolisis oleh enzim glukokinase
membentuk piruvat pada siklus Glukosa (Tahap I) kemudian tahap II, yakni siklus
krebs (TCA = Tri Caboxylic Acid Cycle) kemudian tahap III, yakni tahap transfer
elektron. Glikolisis terjadi di sitoplasma, siklus krebs terjadi di mitokondria.

Lemak adalah sumber energi yang tinggi. Satu gram lemak menghasilkan 9 kilokalori.
Makanan yang banyak mengandung lemak misalnya kacang, kelapa, lemak hewan, lemak
tumbuhan, minyak jagung, minyak kedelai, dan mentega.

Proses pembuatan roti menggunakan yeast untuk menghasilkan gas karbondioksida sehingga adonan
mengembang, roti menjadi empuk.

Pembuatan bir adalah fermentasi terhadap karbohidrat untuk menghasilkan alkohol yang merupakan tujuan
(produk/minuman beralkohol)

Karena untuk proses tersebut dilakukan oleh mikroba anaerobik yang tidak
memerlukan oksigen sehingga harus tertutup.

karena reaksinya harus berlangsung secara anaerob atau tanpa oksigen.Dalam
fermentasi alkohol, satu molekul glukosa dapat menghasilkan 2 molekul ATP

Reaksinya :

1. Gula (C6H12O6) ————> asam piruvat (glikolisis)
2. Dekarbeksilasi asam piruvat.

karbohidrat adalah sumber tenaga/energi. Apabila asupan karbohidrat kurang,
maka tubuh akan menggunakan cadangan energi yang ada dalam tubuh yang
disimpan dalam bentuk lemak.

1. Memakai cadangan gula yang ada di otot.
2. Energi diperoleh dari proses metabolisme.

Subsrat/bahan makanan dicerna dengan bantuan enzim lalu menjadi produk
antara lalu menjadi ATP. ATP tersebut lah yang akan dibakar dan menghasilkan
energi.

glikogen merupakan cadangan makanan bagi tubuh. tubuh akan menyimpannya dan berat badan pun naik. Ada orang yang gemuk meskipun ia tidak makan banyak gula. apalagi bila makanan mengandung gula plus lemak. jika kadar glukosa terlalu banyak. Secara teori makanan yang berasa manis seperti gula dan makanan manis lainnya banyak mengandung energi/kalori. Sebaliknya. 1 Cara untuk membuktikan adanya karbohidrat sebagai hasil fotosintesis adalah dengan menggunakan percobaan Sachs. akan cukup bermakna menurunkan berat badan bila dilakukan terus menerus. bentuk yang paling sede mrhana dari gugus gula adalah glukosa. daun dimasukkan dalam air mendidih sampai layu . tubuh memproduksi insulin untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Urutannya: 1. maka glukosa akan diubah menjadi glikogen oleh enzim insulin.makanan manis seperti gula. glukosa yang telah mengalami metabolisme dlm tubuh akan digunakan sbg sumber kebutuhan bagi kelangsungan hidup tubuh kita. karena gemuk juga merupakan faktor genetis. menghindari gula tak berarti terhindar dari risiko kegemukan sebab gula bukan satu-satunya penyebab kegemukan. Bila dikonsumsi melebihi kalori yang dibutuhkan. Tetapi. karena gula mengandung kadar glukosa yang tinggi. Mengganti kebiasaan meminum sekaleng soda dengan segelas air putih setiap harinya. Sehingga bila banyak mengkonsumsi bahan makanan berenergi tinggi maka akan disimpan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi gemuk. nah. permen dan jenis2 karbohidrat lainnya merupakan gugus gula. hingga jika terjadi penumpukan akan mengakibatkan kegemukan. pada orang yang gemuk. Glukosa yang tak terpakai akan ditimbun sebagai lemak di bawah lapisan kulit dan daging. Permen memiliki kandungan gula dan bahan pengawet pangan seperti pengawet atau pewarna. Permen adalah pilihan yang buruk bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun demikian tidak selalu memakan makanan manis menyebabkan kegemukan. glukosa adalah senyawa yang membutuhkan waktu lama untuk mencernanya menjadi energi. Tingkat glukosa yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan tubuh mengalami kelebihan cadangan. mengurangi gula akan menjadi satu langkah efektif untuk menurunkan berat badan. jika terlalu banyak cadangan makanan dalam tubuh maka tubuh pun akan mengalami kelebihan berat badan Gula memang kaya akan energi. Ketika tubuh mendapatkan banyak asupan gula.

daun yang sudah beberapa saat terkena cahaya matahari dipetik 2. karena Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel yang berlangsung dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). daun yang sudah layu dimasukkan alkohol panas untuk melarutkan klorophilnya 3. yang kemudian membentuk CO2) menjadi asetaldehida. jika dibiarkan dalam keadaan terbuka. Fermentasi gula oleh ragi Saccharomyces akan menghasilkan alkohol. fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik.setelah itu ditetesi dengan larutan iodium(lugol) hasilnya daun akan berwarna biru tua. ditetesi dengan larutan lugol. fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik. maka lama- kelamaan bir akan terasa semakin asam. daun yang berwarna pucat karena sudah kehilangan klorophil. contoh nya. berikut ini persamaan reaksinya: C6H12O6 —————> 2 C2H5OH + 2 CO2 + 2 NADH2 + Energi Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel yang berlangsung dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). NADH kemudian tereduksi menjadi NAD+). asetaldehida kemudian mengalami hidrasi (penambahan atom H dari NADH.kemudian daun dimasukkan kw alkohol panas 4. atau yang lebih jelas fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal. etanol kemudian teroksidasi secara aerob sehingga menjadi asam cuka. Berlangsungnya oleh aktifitas mikroorganisme anaerobik. Secara umum. untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan zat tepung dapat dilakukan dengan percobaan: 1. Bila terdapat karbohidrat. Secara umum. yaitu respirasi anaerob. Berlangsungnya oleh aktifitas mikroorganisme anaerobik. bir merupakan alkohol. 1. hasil reaksi-reaksi ini adalah etanol. 2.daun dimasukkan ke dalam air yang mendidih 3. maka daun akan berwarna gelap/kehitaman.hal ini membuktikan bahwa setelah terbentuk glukosa hasil fotosintesis segera diubah menjadi zat tepung proses pengubahan asam piruvat menjadi asetil-KoA yg akan digunakan dalam siklus krebs pada dasarnya sama. glukosa mengalami glikolisis membentuk asam piruvat kemudian mengalami dekarboksilasi (melepas atom C. atau .

fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik. Karena itu. yang memungkinkan untuk dapat mempelajari secara rinci metabolisme dan penyerapan nutrisi. Contohnya makanannya: Biji-bijian utuh. Pemakaian suplemen dalam waktu yg lama tetap memiliki dampak negatif karena ia dibuat oleh bahan2 yg merupakan hasil dari unsur buatan yg mungkin saja terdapat zat kimia didalamnya. Diet yg terbaik adalah mengurangi porsi makan yg wajar. dan cenderung diubah menjadi lemak. menyediakan energi yang bisa dipakai secara bertingkat sepanjang hari. Tubuh tidak hanya membutuhkan protein & asam amino. Buah-buahan. ia juga membutuhkan zat2 lainnya untuk membuat metabolisme tubuh menjadi optimal. menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih baik untuk diet karena menyediakan lebih banyak energi. . Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel yang berlangsung dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen).. Berlangsungnya oleh aktifitas mikroorganisme anaerobik.yang lebih jelas fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal. Kandungan zat kimia didalam tubuh memiliki dampak negatif terhadap kerja ginjal. Sementara karbohidrat sederhana ditemukan dalam makanan-makanan yang diproses yang memiliki lebih sedikit kalori.olahraga & pola hidup sehat. 3. Sayur-sayuran. Secara umum. dapat secara cepat dibentuk & dirombak terus menerus. karena pada proses fermentasi alkohol tidak diperlukan adanya oksigen (O2) selama proses fermentasi sehingga proses fermentasi harus di dalam tempat tertutup (liat reaksi di atas).. 2. lebih kaya vitamin dan mineral serta membuat kenyang lebih lama.. Dalam percobaannya dengan menggunakan penandaan radioisotop membuktikan bahwa proses metabolisme seekor tikus ketika membentuk asam amino & lemak pada sel-sel tubuh serta zat-zat dari tulang. atau yang lebih jelas fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal. kacang/Polong-polongan Rudolf Schoenheimer adalah seorang ilmuwan yang menggunakan tekhnik penandaan isotop stabil.Karbohidrat kompleks diubah menjadi glukosa lebih lama daripada karbohidrat sederhana dan karenanya.

misalnya kanker prostat dan kanker usus besar)  Batu kandung empedu dan batu kandung kemih  Gout dan artritis gout  Osteoartritis . Sering ditemukan edema (pembengkakan akibat penimbunan sejumlah cairan) di daerah tungkai dan pergelangan kaki. Obesitas meningkatkan risiko terjadinya sejumlah penyakit menahun seperti:  Diabetes tipe 2 (timbul pada masa dewasa)  Tekanan darah tinggi (hipertensi)  Stroke  Serangan jantung (infark miokardium)  Gagal jantung  Kanker (jenis kanker tertentu. tinggi serat makanan.com). Seseorang yang memiliki berat badan 20% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya yang normal juga dianggap mengalami obesitas. Timbulnya obesitas dapat dihubungkan dengan meningkatnya kemakmuran. Obesitas bukan hanya tidak enak dipandang mata tetapi merupakan dilema kesehatan yang mengerikan. Seseorang yang menderita obesitas memiliki permukaan tubuh yang relatif lebih sempit dibandingkan dengan berat badannya. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria. Obesitas secara langsung berbahaya bagi kesehatan seseorang. termasuk nyeri punggung bawah dan memperburuk osteoartritis (terutama di daerah pinggul. Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. sebagai penyekat panas. Secara ilmiah.Obesitas (kegemukan) banyak terdapat pada individu-individu di negara maju. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria.wikipedia. lutut dan pergelangan kaki). penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Juga kadang sering ditemukan kelainan kulit. Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi. obesitas terjadi akibat mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan oleh tubuh. Metode sederhana untuk mengukur tingkat obesitas adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh. Obesitas bisa menyebabkan berbagai masalah ortopedik. dan rendah lemak ke pola makan rendah karbohidrat. tinggi lemak dan protein serta miskin serat makanan. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas. karena pada masyarakat golongan menengah ke atas terjadi pergeseran pola makan dari tinggi karbohidrat. sehingga panas tubuh tidak dapat dibuang secara efisien dan mengeluarkan keringat yang lebih banyak. (www.

tanaman CAM pada dasarnya merupakan kombinasi antara fotosintesis tanaman C-3 dengan fotosintesis tanaman C-4. seperti kaktus. Sel mesofil tumbuhan CAM menyimpan asam organic yang dibuatnya selama malam hari di dalam vakuola hingga pagi hari. Kaktus. Stomata yang menutup pada siang hari membuat tumbuhan menghemat air tetapi mencegah masuknya CO2. Pembukaan stomata pada malam hari berdampak pada waktu difusi CO2 yang hanya bisa dilakukan pada malam hari yang juga berpengaruh terhadap fotosintesis yang dilakukan. sedangkan sebaliknya tanaman lain akan mengeluarkan CO2 pada malam hari.  Tidur apneu (kegagalan untuk bernapas secara normal ketika sedang tidur. Dengan demikian pada individu yang melakukan diet tinggi serat makanan. menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam darah)  Sindroma Pickwickian (obesitas disertai wajah kemerahan. Karakteristik fisiologis tanaman CAM adalah mealkukan pembukaan stomata pada malam hari untuk menekan adanya transpirasi yang berlebihan pada siang hari. dan dapat menghindarkan obesitas. Serat Makanan Mencegah Obesitas Dari beberapa peneliti melaporkan bahwa obesitas berhubungan langsung dengan rasio serat makanan terhadap energi. Saat stomata terbuka pada malam hari. Tanaman CAM (Crassulacean Acid Metabolism) merupakan golongan tanaman yang memiliki daun yang berdaging. Tanaman CAM merupakan jenis tanaman yang biasa hidup di tempat kering (Xerofit). underventilasi dan ngantuk). Metabolism ini disebut crassulacean acid metabolism (CAM). Tumbuhan ini membuka stomata pada malam hari dan menutup pada siang hari. Serat makanan tidak diserap oleh usus. akan menurunkan berat badan. nenas dan beberapa family lain memiliki adaptasi fotosintesis yang lain. dan nenas . Anggrek. Pada siang hari saat reaksi terang menyediakan ATP dan NADPH untuk siklus Calvin. tanaman CAM akan menyerap CO2 pada malam hari. tumbuhan mengambil CO2 dan memasukkannya ke berbagai asam organic. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan sukulen (penyimpan air). Dengan kata lain. CO2 dilepas dari asam organik yang dibuat pada malam hari itu sebelum dimasukkan ke dalam gula dalam kloroplas. oleh sebab itu tidak memberikan kalori bagi tubuh. Itulah sebabnya Tanaman CAM di dalam pot pada malam hari tidak akan mengganggu kesehatan 1.