You are on page 1of 23

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sikap mental positif adalah reaksi mental yang benar terdapat semua stimulus yang
diterima oleh panca indera individu. Dengan sikap mental positif yang berada di bawah
kekuasaan individu, individu akan berpikir, bertindak, atau bereaksi terhadap setiap orang
atau keadaan dengan cara yang benar. Andalah yang berhak menentukan jiwa dan
kehidupan individu, setelah individu pertimbangkan dengan benar

Sikap mental positif mengajarkan individu untuk berpikir dan mengambil tindakan
yang membangun. Individu dapat menggunakan sikap mental positif untuk membawa
keinginan dan harapan individu pada kenyataan. Ketika individu belajar untuk
menghasilkan yang terbaik dari yang individu miliki, individu belajar untuk memperbesar
kesempatan, ketika orang lain melihatnya hanya sebagai masalah. Anda bisa menggunakan
filosofi Benjamin Disraeli, perdana menteri Inggris di era 1868-1880, “Kita bukan hasil
ciptaan lingkungan. Kitalah yang menciptakan lingkungan”.

Satu cara untuk melatih diri individu bertindak menurut sikap mental positif adalah
dengan memilih pembangkit motivasi (self motivator), berupa kata atau kalimat yang
sangat berarti untuk individu dan bisa mengingatkan individu akan komitmen untuk selalu
menggunakan sikap mental positif dan tujuan yang ingin individu capai. Dengan sering
mengingatnya, terutama ketika individu berhadapan dengan situasi yang sangat
membutuhkan sikap mental positif, individu memperkuat keputusan untuk bertindak
dengan sikap yang setepat mungkin.

1

1.2 Rumusan Masalah

1. Bagaimana Pengaruh mental positif pada diri sendiri ?
A. Kuasai pikiran dengan penuh keyakinan ?
B. Singkirkan semua pikiran negatif melalui pemeriksaan diri ?
C. Bentuklah kebiasaan bertoleransi ?
D. Gunakan kekuatan doa ?
E. Tetapkan tujuan ?

1.3 Tujuan

1. Dapat mengetahui Pengaruh mental positif pada diri sendiri.
A. Kuasai pikiran dengan penuh keyakinan.
B. Singkirkan semua pikiran negatif melalui pemeriksaan diri.
C. Bentuklah kebiasaan bertoleransi.
D. Gunakan kekuatan doa.
E. Tetapkan tujuan.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengaruh Sikap Mental Positif pada Diri Anda

2

dan perasaan sendiri dalam diri individu yang membuat diri individu memiliki sikap menghargai diri sendiri dan merasa berharga. Dengan menerapkan sikap mental positif secara terus-menerus. Sikap mental positif harus dan bisa menjadi sesuatu yang alami. “Pilihlah rute perjalanan individu baik-baik. Individu dapat membuat keputusan secara sadar untuk menggantikan ide-ide negatif dan menggerakannya dengan hal positif kapan pun ide ini muncul. sama seperti ketika individu mengancingkan baju/mengikat tali sepatu. Sikap mental postitif membuat individu mampu membangun harapan dan mengatasi keputusasaan serta ketidakberanian. Sikap mental positif membutuhkan proses penerapan yang terus menerus. tetapi untuk mencapainya tidak bisa secara otomatis. Ini adalah bagian terpenting dari cara individu hidup. karena individu akan tetap berada di dalamnya sampai 10 mil ke depan”. cahaya. Kita semua dikuasai oleh kebiasaan. Dengan mengembangkan dan memiliki sikap mental positif. Apakah kebiasaan dan pengaruhnya positif atau negatif tergantung pada pilihan individu. Individu bisa memilih untuk tidak membiarkan jiwa individu dikuasai oleh pikiran negatif. Sikap mental positif harus menjadi kebiasaan individu begitu melekat dan mendarah daging sehingga selalu terlihat dalam diri individu. dan produktif saat bereaksi terhadap orang lain dan saat memilih tindakan. individu akan merasakan keadaan jiwa yang senantiasa baik. individu dapat mempraktikkan tanpa harus berpikir. Kebiasaan positif secara otomatis akan 3 . Dengan sikap mental positif. juga pada orang lain. seperti ketika individu bernafas. Sikap mental positif bukanlah sesuatu yang digunakan ketika hidup individu merasa menyenangkan. Pengaruh sikap mental yang positif akan terjadi secara otomatis. sehat. Hal ini akan membawa individu pada apa pun hal berharga yang individu inginkan dalam hidup. Individu akan memiliki udara. individu akan merasa bahagia pada dirinya sendiri. Seperti yang tertulis pada sebuah plang jalan di New York. Tidak mengherankan jika sikap mental positif dikatakan sebagai filosofi “AKU BISA DAN AKU AKAN”. dan menolak yang negatif.

Beberapa hal yang disarankan a) Perlakukan orang lain sebagaimana individu ingin diperlakukan. 4 . dan meningkatkan kekuatan kehendak individu. individu akan dilindungi dari rasa putus asa dan mencegah agar individu tidak terpengaruh lingkungan. pilihlah yang paling merefleksikan keyakinan individu. dan kekayaan kearah individu. Menjadi orang yang sama. individu dapat menggunakan pembangkit motivasi yang sesuai untuk kepentingan ini. Tujuan individu adalah menjadi orang yang kongruen (sama dan sebangun). b) Saya merasa sehat. f) Bagaimana caranya. kesuksesan. maupun individu yang sebenarnya. dan mengunjungi kita semua. saya merasa bahagia. Dengan cara ini individu akan di ingatkan dan selalu terinspirasi untuk bertindak sesuai dengan kata- kata ini. bukan apakah bisa. Sikap mental positif akan menarik orang-orang. c) Lakukan sekarang juga! d) Apa yang bisa saya bayangkan dan saya yakini. saya merasa luar biasa. Memilih pembangkit Motivasi Individu membutuhkan pembangkit motivasi yang dapat memperkuat aspek penting sikap mental positif dalam hidup individu.memengaruhi jiwa individu untuk lebih waspada. yang individu katakan. Jika individu tahu bahwa ia memiliki beberapa sikap yang ingin ia atasi. memengaruhi imajinasi individu untuk lebih aktif. dapat saya raih. Sikap mental positif akan menarik keuntungannya. Sikap mental positif akan menjadi perisai individu dari keraguan dan keputusasaan. e) Dalam semua masalah sudah terkandung benih solusinya. sehingga individu dapat mengubah kegagalan menjadi sebuah potensi kesuksesan dengan belajar darinya dan menggunakan pengetahuan ini untuk kemajuan individu. seperti magnet menarik logam. Karena pembangkit motivasi akan menjadi bagian yang integral dengan hidup individu. antusiasme individu untuk lebih berkembang. Sikap mental positif akan membuat individu mampu melihat situasi apa pun dengan lebih jelas. Penampilan yang optimis sangat menarik. Ketika kemalangan masuk dalam kehidupan individu.

membantu mengembangkan sebuah sistem pikiran yang disebut pragmatism. Cara berpikir yang jujur dan seimbang 2. James percaya bahwa kita masing-masinglah yang memutuskan seperti apa masa depan kita. Ia meyakini bahwa kehidupan adalah pertarungan antara pesimisme dan optimisme. Beberapa Orang yang Mengembangkan Sikap Mental Positif Banyak orang berkontribusi terhadap perkembangan dan penyempurnaan konsep sikap mental positif. lulusan Harvard Medical School yang juga mengajar anatomi. “jangan takut pada kehidupan. dapat mengubah aspek-aspek kehidupan mereka yang berada di luar dirinya. Orang-orang di masa ini menghargai teori James. Orang bisa sangat mungkin mengembangkan dirinya hanya jika mereka mau membuka matanya dan mencari kekuatan jiwa yang ada dalam dirinya. dan ia memiliki banyak pengikut. hasil adalah apa yang terhitung. Pikiran adalah sebuah tuntunan untuk bertindak. James sangat berseberangan dengan pendukung pikiran negative. fisiologi. bukan sekaligus. Percayalah bahwa kehidupan adalah sesuatu yang berharga maka keyakinan Anda ini akan menghasilkan kenyataan”. Jika sebuah pemikiran tidak menghasilkan tindakan. dengan mengubah sikap di dalam jiwa mereka. Menurut James. psikologi. Menurut pandangan pragmatism. Revolusi terbesar pada generasi kita adalah penemuan bahwa manusia. h) Saya bisa. Ketika Anda memahaminya secara mendalam dan menerapkannya dengan benar. pikiran ini tidak berguna. saya akan melakukannya. James menulis. Di dalamnya terkandung : 1.” Apakah Sifat Mental Positif Ini ? Sikap mental positif ini lebih dari sekedar penampilan yang optimis dalam kehidupan. alam semesta penuh dengan kemungkinan. Anda akan melihat empat proses. dan filsafat di universitas ini.g) Kemenangan diraih sedikit demi sedikit. dan bahwa. Kesadaran akan kesuksesan 5 . “Pikiran negative hanya membuat orang penuh dengan kegagalan dan keraguan. William James (1842-1910).”katanya. “Kita menjadi seperti yang sering kita pikirkan.

dilakukan dengan kekuatan niatnya sendiri. individu bisa memengaruhi. bagi mereka yang memiliki sikap mental positif.” Jadi. Filosofi kehidupan yang sudah merangkum semuanya 4. Clement Stone menambahkan. atau reaksi jujur yang benar terhadap situasi atau lingkungan yang dihadapi. jujur. dan menentukan tujuan individu. kondisi. “Anda adalah produk dari garis keturunan. situasi. Sikap mental positif adalah kekuatan jiwa bukan kekuatan tubuh. lingkungan. yaitu perasaan atau suasana hati.3. Individu adalah jiwa dengan sebuah tubuh. mengendalikan emosi. Individu bisa mengarahkan pikiran individu. dan sesuatu yang lain.” Kekuasaan Anda terwujud di dalam jiwa Anda. mengendalikan. “Sikap mental positif adalah pikiran. pikiran sadar dan bawah sadar. apakah sebenarnya sifat mental positif ini? Coba perhatikan arti dari tiga kata yang membentuk konsep ini. posisi dan arah tertentu dalam ruang dan waktu. Ingatlah. 6 . atau sesuatu. Ketika individu berpikir dengan sikap mental positif. menggunakan.” W. misalnya pikiran. termasuk kekuatan-kekuatan baik yang dikenal maupun tidak dikenal. atau menetralkan sebagian atau semua faktor ini. Sikap mental positif tergantung pada sikap yang benar. aksi. dan menyelaraskan. tubuh fisik. tindakan. Kemampuan untuk mengikuti dengan aksi dan reaksi yang benar Napoleon Hill mendefinisikan sikap mental positif dengan cara ini : “Sikap mental positif adalah sebuah keadaan jiwa yang percaya diri.” Stone menjelaskan lebih lanjut. berdasarkan motivasi yang diadaptasikanya sendiri. dan reaksi yang tidak melawan hukum Tuhan atau hak sesame manusia. “Anda adalah jiwa dengan sebuah tubuh. Sikap berhubungan dengan perasaan mendasar terhadap diri Anda sendiri. SIKAP. dimana orang membuat dan menjaganya dengan metode yang dipilihnya sendiri. dan membangun. orang lain. MENTAL.

entah ini giroskop atau yang lain. optimism. kapal saya tidak memiliki stabilisator sehingga perjalanan ini sangat penuh guncangan. Dengan mengembangkan pikiran positif dan menyingkirkan pikiran negative. keberanian. rajin. mereka juga akan membuat teman dan orang yang mereka cintai menderita. kebaikan. Anda memiliki kekuatan untuk mengarahkan pikiran dan mengendalikan emosi. dan pikiran yang sehat. perjalanan tetap menyenangkan. Dapat dikatakan. perekat yang menyatukan semua karakteristik plus Anda. harapan. stabilisator apa pun. inisiatif. keyakinan. Saya ingat sebuah perjalanan di laut yang sangat bergelombang. Anda menggunakan stabilisator yang efektif dan alami. Orang yang tidak mengembangkan sikap mental positif dalam kehidupan dan pekerjaannya tidak akan bahagia. integritas.POSITIF. Sikap mental positif adalah kekuatan yang berkenaan dengan karakteristik “plus” semisal kejujuran. Sikap mental positif adalah stabilisator yang individu dan saya butuhkan ketika menghadapi badai dalam kehidupan. Pada sebuah kapal. stabilisator adalah alat yang dapat merendam guncangan. Begitu juga halnya dengan sikap mental positif. Harus dikembangkan dan digunakan. cinta. tidak akan berguna jika tidak digunakan. atau gangguan kecemasan karena tidak kuat menahan badai kehidupan. Bagaimanapun. kemurahan hati. karena stabilisator kapal ini. sumber kekuatan yang membuat Anda menjadi seorang yang mampu meraih segalanya. dan dengan demikian menentukan tujuan Anda. Beberapa orang bahkan menderita psikosomatis. dan tidak ada rasa tidak nyaman sedikit pun. 7 . Ada tigas huruf pertama yang dikombinasikan menjadi PMA (Positive Mental Attitude)/sikap mental positif). asalkan apa yang Anda inginkan atau lakukan ini tidak melanggar hukum Tuhan atau merampas hak orang lain. Namun. sikap mental positif adalah pola pikir yang tepat yang membawa kita pada aksi dan reaksi yang tepat. yang jauh lebih baik dari giroskop mekanik apapun. sejenis giroskop yang menjaga sebuah kapal tetap tenang di laut yang ganas. Dalam perjalanan serupa beberapa tahun lalu . Akhirnya.

10 Langkah Menuju Sikap Mental Positif Apa yang akan individu pelajari disini sangat sederhana. Ini adalah kunci yang harus individu pelajari sambil individu lakukan. Sepuluh langkah ini tidak akan begitu saja mengajarkan sikap mental positif. Aku melihat dan aku mengingat. semua warna berasal hanya dati tiga warna primer. Ada pepatah China tentang belajar mengatakan “Aku mendengar dan aku melupakan. yaitu formula 10 langkah untuk mengembangkan dan menjaga sikap mental positif. semua tulisan dirangkai oleh hanya 26 huruf. Aku melakukan dan kau memahami. dan melakukannya berarti menjadikannya sebagai bagian dari hidup individu. maka individu tidak bisa membuka peti ini. Sepuluh langkah ini juga butuh tindakan individu! Jika individu melaksanakan yang dijelaskan di sini. tetapi bunyi yang sumbang. bukan harmoni yang individu dapat. tetapi langkah-langkah ini akan menyemangati individu untuk menerapkannya. sikap mental positif akan menjadi milik individu! Sepuluh langkah ini saling berhubungan dan masing-masingnya memperkuat yang lain. Sepuluh langkah ini adalah hal terpenting dari semuanya. Setiap langkah mengandung saran LEARN BY DOING yang akan membantu individu memasukkan langkah-langkah ini ke dalam perbaikan mental individu sendiri. biru. Individu harus mempelajari dan menggunakan 10 langkah menuju sikap mental positif. semua musik dirangkai dari hanya 12 not. tetapi ada satu angka yang hilang. Bayangkan! Begitu banyak hal berasal hanya dari sedikit hal. apa yang akan terjadi ? bagaimana jika individu menghapus huruf “a” dari buku ini ? jika ada satu not saja dihapus dari komposisi musik. Jika individu memiliki kombinasi angka untuk membuka peti besi. Jika satu huruf disingkirkan dalam sebuah penulisan. atau kuning hilang. Bayangkan.” Sepuluh langkah untuk mengembangkan dan menjaga sikap mental positif membutuhkan lebih dari sekedar mendengar dan melihat. Jika satu dari 3 warna primer merah. Setiap langkahnya juga memiliki SELF 8 . ini adalah perintah!. individu tidak akan menemukan warna yang individu cari.

maka janji yang lain akan mengikuti. Pengulangan adalah aspek penting dalam proses belajar sehingga individu harus menjalankan satu putaran yang meliputi 10 langkah ini terus menerus sampai individu mengerti dan menerapkannya dengan baik serta masuk dalam ingatan individu. Ulangi siklus ini. Keuntungan Lain dari Sikap Mental Positif. Bagaimana cara menggunakan 10 langkah menuju sikap mental positif terserah pada individu tentu saja. dan menjadi ahli dalam menerapkannya pada diri individu sendiri dan semua orang. Semua dirancang untuk memancing individu agar memeriksa kembali cara individu berpikir tentang sikap mental positif. yang sekarang berada di dalam diri individu. Berkonsentrasilah pada satu langkah setiap hari.TEST singkat. terapkan pada setiap hal di dalam rutinitas individu. bahagia. Alternatif lain adalah menyisihkan waktu satu pecan untuk setiap langkah. bahwa ketika individu menghadapi 9 . Dengan mengikuti formula ini individu bisa meraih dan menjaga sikap gembira dan positif di setiap waktu. Bacalah dulu semua langkah ini. Tidak ada penilaian untuk tes ini. 3. tetapi kami berikan salah satu yang bisa individu ikuti : 1. Bonus tip khusus akan menunjukkan pada individu hal konkret yang bisa individu lakukan untuk menyukseskan sikap mental positif yang akan individu terapkan. individu juga akan menemukan KATA-KATA BIJAK. individu akan menemukan diri yang baru. berupa komentar penuh inspirasi dari orang-orang yang telah mempelajari nilai-nilai dari sikap mental positif. Dengan janji bahwa sikap mental positif akan menjadi milik individu. sehingga latihan ini menjadi bagian dari semua pekerjaan individu. juga situasi dan peristiwa yang individu hadapi. selama 10 hari. yaitu bahwa formula ini akan membantu individu menemukan seorang yang baru dan mengagumkan. 2. dan menyenangkan. sepanjang hidup individu. dan memperluas gagasan individu tentang semua cara yang bisa diterapkan dalam hidup individu. Pada akhir pesan ini individu akan menjadi lulusan “sekolah sikap mental positif” yang hebat. Di akhir setiap langkah.

selama beberapa saat individu mungkin berpikir bahwa individu sangat tidak beruntung. semakin individu memperoleh manfaatnya. ‘Apa bagusnya hal ini?’. Astronom. Kuasai Pikiran Anda dengan Penuh Keyakinan Hanya ada satu jalan menuju sikap mental positif. A.” Jika siapa pun yang memiliki masalah benar-benar beruntung. dan tantangan ketika mencari sikap mental positif akan membantu individu mendapatkan hal-hal berguna yang individu dambakan dalam kehidupan. lalu saya menemukan cara mengubah situasi yang tidak menguntungkan ini menjadi sesuatu yang menguntungkan. W. Dengan sikap mental positif. Clement Stone berkata. Tentu saja. “Dalam setiap kemalangan terdapat benih keuntungan yang sama besar atau bahkan lebih besar”. Pikiran individu adalah keajaiban terbersar di alam semesta. Namun. Pada tingkat tertinggi. Untuk mendapatkannya. “Dalam semua hal yang tidak menguntungkan. individu hanya membutuhkan komitmen untuk menerapkan sikap mental positif. “Kapan pun menghadapi masalah atau kesulitan dalam bisnis atau masalah lain. dan betapa pun aneh cara berpikir ini. yaitu tingkat kesadaran manusia. ‘bagus’. Pada tingkatan terendah. ada keuntungan. yang tidak bisa melihat ke belakang dan melihat masa lalu ketika ia menghadapi masalah serius dan menyelesaikannya dengan cerdas. salah satu pembangkit motivasi yang sangat anjurkan adalah. matematikawan. dengan cara tertentu pikiran kita langsung menyadari adanya aliran listrik dan pola kimia di dakam lotak kita yang sangat rumit. Individu akan tahu bahwa tidak ada seseorang yang benar-benar sukses. individu menyadari bahwa sebenarnya masalah ini memiliki hikmah yang belum terlihat untuk diri individu. pikiran seorang pengamat lagi-lagi terlibat dalam 10 . jika individu memiliki masalah serius. coba kita lihat dengan cara lain. Mereka beruntung jika mengadopsi filosofi sikap mental positif. saya berkata. Individu harus mengendalikan pikiran individu dengan penuh keyakinan. masalah atau kesulitan. fisikawan Freeman Dyson mengatakan sesuatu tentang pikiran : Luar biasa sekali bahwa pikiran memasuki keawasan (awareness) alam dengan dua tingkat. kemudian saya berkata.” Individu akan bersemangat. yaitu tingkatan atom dan elektron. jika individu memiliki masalah.

naluri. sebagai fisikawan. atau negatif. kecenderungan. tetapi tidak bisa bertindak sendiri. Dari waktu ke waktu. Terserah individu bagaimana menggunakan semua ini. mengendalikan emosi Anda dan menentukan takdir Anda. Ketika bayi berkembang menuju kedewasaan. di mana pikiran tampak di alam semesta saya.. terletak satu tingkatan. Semakin saya memahami dan mempelajari arsitektur alam semesta. Saya tidak merasa seperti alien di alam semesta ini. karena kelalaian..Clement Stone ini : Anda adalah pikiran dengan dengan sebuah tubuh. netral. Setiap orang memiliki harta karun yang menakjubkan. Dyson percaya bahwa pikiran menembus alam semesta. Dengan semua kekuatan alami. di mana model mekanik dianggap memadai. Tempat di mana alam semesta dan pikiran Anda bertemu. sikap dan perilaku individu menuju sebuah hasil akhir. kekuatan-kekuatan ini masih bersifat laten. suasana hati. perasaan. siap digunakan. emosi. Dengan penuh keyakinan Wiliam James mengakui adanya kekuatan terpendam yang dimiliki oleh semua orang. di mana hal yang paling rendah bergabung dengan hal yang ter tinggi. saya menduga ada keterkaitan logis antara kedua tingkatan ini. ketakutan atau 11 . Ingatlah hasil pengamatan W. yaitu otak dan sistem saraf. Ketika manusia dilahirkan. Alat-alat ini membutuhkan seseorang untuk menggunakannya. Diantara keduanya. tetapi penggunannya akan menentukan masing-masing menjadi positif. bukti-bukti dari fungsi pikiran terlihat dalam pikiran dan tindakan. Namun. Anda bisa mengarahkan pikiran Anda. masih bersih dan mengilap. adalah titik di mana Anda dapat melatih kontrol terhadap hidup Anda dan dunia di sekitar Anda. dalam aktivitas elesktron dan manusia. berada pada tingkatan yang paling tinggi maupun rendah. Individu memiliki kekuasaan untuk mengarahkan semangat. tiap-tiap kemampuan laten ini memiliki potensi untuk mencapai sesuatu yang baik. Sama seperti alat-alat baru di toko. semakin banyak bukti yang saya temukan bahwa dengan satu dan lain cara alam semesta telah mengetahui bahwa kita datang. sementara pikiran tampak tidak relevan.penggambaran sebuah kejadian. Semua orang yang normal (dalam artian luas) ada prinsipnya mewarisi kekuatan untuk meraih segala hal yang telah diraih oleh orang lain. Saya mengingatkan Anda ada keyakinannya :”Kita akan menjadi seperti yang sering kita pikirkan”.

“Apakah ini positif atau negatif?” Ketika individu gagal menguasai pikiran dan mengarahkannya pada pilihan individu sendiri menggunakan kekuatan visualisasi. tetapi terserah pada individu apakah akan menggunakan kekuatanh pikiran ini untuk berpikir secara positif sehingga segala sesuatunya bekerja untuk keuntungan individu. Singkirkan Semua Pikiran Negatif Melalui Pemeriksaan Diri Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mereka sedang berpikir negatif kecuali jika mereka secara sadar berusaha untuk memeriksa pikiran. dan menghindari yang jahat. Jiwa individu memiliki 10 miliar sel. Individu akan melihat bahwa pikiran negatif akan mengintai. individu tetap memliki kekuatan dan kemampuan untuk menggunakan “alat-alat” dalam pikiran individu secara efektif dan efisien. maka reaksi individu cenderung akan negatif. Individu bisa mengarahkan. Prestasi dan kehebatan mereka berhubungan dengan kemampuan mereka untuk menggunakan dan mengarahkan kekuatan mental. dan menyelaraskannya. Jelas sudah. Terutama ketika individu memulai proses yang menyenangkan untuk mengembangkan sikap mental positif. B. Banyak dari orang-orang penting dalam sejarah memiliki IQ tidak lebih tinggi dari rata-rata. Cukup tanyakan pada diri Anda. tindakan. Individu memiliki kapasitas mental yang tidak terbatas. menetralkan. Sel-sel ini semuanya saling berhubungan. Proses analisis diri sendiri ini sangat sederhana. Perhatikan bagaimana Hukum Utama memberikan bantuan yang positif untuk individu. maka pikiran negatif hanya memiliki sedikit ruang untuk beroperasi. kebiasaan lama akan berusaha muncul dari waktu ke waktu. Empat alasan berikut ini mungkin sudah mencakup sebagian besar keadaan ketika ikiran negatif datang pada individu: 12 . dan reaksi mereka sendiri. mengendalikan. orang yang paling pandai pun belum menggunakan kekuatannya secara penuh. Bahkan. siap masuk ketika individu membuka celah. jika individu berusaha keras untuk melakukan hal yang baik pada orang lain. dan setiap sel adalah pelayan individu. dengan cara mengembangkan sikap mental positif. Namun apa pun yang Anda lakukan dalam hidup. pengaruh lain yang tidak baik. Mereka memiliki nilai superior untuk sikap mental positif. banyak dari kekuatan ini yang tidak digunakan dan terbengkalai. yang banyaknya dua kali lipat dari jumlah manusia di dunia.

13 . Bertahun-tahun yang lalu. semakin cepat individu menyadari munculnya pikiran negatif namun. Carilah kebaikan dalam diri orang lain dan belajarlah menyukai orang lain. Yang paling nyata. tanyakan pada diri individu apa yang akan individu pikirkan jika orang asing yang individu temui di jalan mengatakan hal sama pada individu.” C. Individu merasa sedih atas diri Anda sendiri. Semakin sering individu berlatih menggunakan sikap mental positif. situasi atau lingkungan (seorang pecandu alkohol bisa menggunakan istilah “pengobatan geografis” yang berarti mencoba menyembuhkan masalah kecanduan mereka dengan menyalahkan tempat mereka tinggal). 1. Jika pikiran negatif ini muncul dalam diri individu dan individu tidak bisa melakukan apapun. Kebanggan diri individu rusak. ketika individu memulai sikap besar untuk memasukkan sikap mental positif dalam kehiduan individu. Bentuklah Kebiasaan Bertoleransi Berpikirlah terbuka terhadap orang lain. Kau tidak berhak mengatakan hal seperti ini. Napoleon Hill menuliskan esai berikut ini tentang toleransi: Ketika fajar Inteligensi mulai menyebar di ufuk timur kemajuan manusia. Cobalah untuk menyukai dan menerima orang lain apa adanya dan bukan menuntut atau berharap mereka bisa seperti yang individu harapkan. 4. Katakanlah. Individu menghakimi atau menyalahkan orang lain. pikiran negatif akan tetap mudah dikenali karena membuat individu berpikir untuk melanggar hukum utama dalam hubungan dengan orang lain.dan tenggelam dalam rasa mengasihani diri sendiri. 3. atau sesuatu. orang lain. “Kau tidak tahu sedikitpun tentang apa yang bisa aku lakukan. adalah ketika individu begitu egois dengan diri individu sendiri. dan Kebodohan serta Takhayul telah meninggalkan jejak terakhirnya di pasir waktu. atau karena individu akan mengatakan pada diri sendiri sesuatu tentang diri individu yang akan individu anggap sebagai sebuah hinaan dari orang lain. tetapi paling sulit disadari. individu harus lebih mengandalkan analisis yang dilakukan secara sadar. 2. Ego individu terluka atau dilecehkan. Perlakukan pikiran ini seperti individu akan memperlakukan orang asing ini. Dalam banyak kasus.

Jadi. ketika kareta kematian datang dan mengatakan bahwa waktu berkunjung sudah selesai. prasangka ekonomi. ras. tanpa dibedakan oleh ras. Pemuda ini hanya melepas sepatunya. Ia sedang dalam perjalanan untuk mengikuti pertemuan dalam rangka sebuah persiapan untuk kejuaraan. kita sudah siap untuk merapikan kemah dan dengan tenang mengikuti kereta ini menuju tempat yang tidak kita ketahui tanpa merasa takut atau gemetar? Aku berharap tidak akan menemukan orang Yahudi atau bukan Yahudi. Si pengemudi akhirnya berhasil menurunkan 14 . keyakinan atau warna karena aku ingin tidak ada lagi sikap tidak bertoleransi sehingga aku bisa beristirahat dengan damai selamanya. Ini adalah cerita yang sungguh-sungguh terjadi: ada seorang pelajar SMA di New England yang adalah pesenam hebat. Katolik atau Protestan. Ketika melintasi sebuah jemnbatan. sementara pengemudinya sedang berusaha keras untuk keluar. Setiap hari. Cinta dan kasih menciptakan lingkungan mental dan fisik di mana sikap mental positif bisa berkembang. Mengapa kita tidak bisa belajar dalam menjalani hidup ini dengan benar selama kunjungan ke dunia yang begitu singkat ini. Pemuda SMA ini memberi isyarat pada si pengemudi untuk menurunkan kaca jendela. Kecelakaan ini baru saja terjadi. ia melihat ada celah besar di jeruji pembatas jalan. Ia berhenti dan melihat sebuah truk masuk ke dalam sungai di bawah jembatan ini.akan terekam dalam bab terakhir buku tentang kejahatan manusia bahwa dosa yang paling menyedihkan adalah tidak adanya toleransi. Sama seperti lilin. Ini adalah saran yang bagus untuk seorang anggota pramuka. Aku berharap di sana hanya ada Jiwa manusia. kita dinyalakan. karena truk ini sebentar lagi akan benar-benar tenggelam. Saudara laki-laki dan perempuan. oh Tuhan kami makhluk yang lemah ini akan menyadari kebodohan kami dengan mencoba merusak satu sama lain karena perbedaan agama dan ras? Waktu yang di berikan ada kamui di dunia ini akan segera berlalu. bersinar beberaa saat. Inggris atau Prancis ketika aku harus menyebrang ke sisi yang lain. orang Jerman. lalu padam. lalu terjun ke sungai berarus deras di bawah jembatan. Si pengemudi yang panik tidak bisa membuka pintu. dan bagus juga untuk kita. dan perbedaan pendapat. Berapa lama. lakukan sesuatu yang baik. truk ini akan segera tenggelam. Sikap tanpa toleransi yang paling buruk berkembang dalam hal agama.

ia menyelamatkan nyawa si pengemudi. asalkan individu meyakini bahwa semua yang ada di dunia ini diatur sesuai proses yang berurutan. Pesan moral dari cerita ini adalah jangan menilai karakter seseorang dari anjang rambutnya. Pesenam ini akhirnya tidak bisa mengikuti pertemuan penentuan bagi peserta kejuaraan malam ini. dan bahwa planet. karena pejabat sekolah juga melarangnya mengikuti kejuaraan karena rambutnya gondrong. dan bintang bergerak disebuah ruang yang sangat luas dan kosong dengan pola yang teratur dan bisa diprediksi. Tidak masalah nama apa yang individu berikan untuk Kekuatan Besar. Namun. bahkan ketika Kekuatan ini berupa alam semesta. karena latihan senamnya yang dilakukan selama bertahun-tahun menggunakan seluruh otot dan kekuatannya untuk menarik si pengemudi ke luar dari truk. Dengan demikian. ini tidak jadi masalah. jadi bisa diubah dengan melakukan sesuatu dalam aturannya. atau bahkan yakin bahwa Dia tidak ada. individu akan melihat bahwa hal ini mudah dipahami. dan si pemuda. dan mulai menyiapkan diri Anda untuk mengubahnya. Doa adalah sebuah proses yang dapat membuat individu memahami tempat individu di dalam aturan ini. Sikap kebaikan hati akan mengembangkan sikap mental positif individu dan orang lain. Saat individu memahami urut-urutan kejadian di dunia. Gunakan Kekuatan Doa Individu mungkin tidak yakin dengan adanya Tuhan. Ia menarik si pengemudi ke permukaan dan berenang ke tepi. hanya membutuhkan sedikit eksperimen yang penuh rasa optimis untuk membuat individu percaya pada kekuatan doa. Namun. Kebahagiaan individu akan membuat orang lain bahagia! D. jendela. individu dapat melihat proses ini dalam kenyataan bahwa matahari terbit. Namun. ini lebih baik. meskipun individu meragukanNya-dan keraguan ini tidak akan bertahan lama individu 15 . pada siapa individu berdoa. pohon tumbuh dari biji ekdan bukan biji apel. Jika individu mengakui keberadaan Tuhan dan kebaikannya. Matahari.

seperti dibawah ini: Ya Bapa.tetap akan menyiapkan diri individu untuk memperoleh kesuksesan melalui doa. apa pun ini adalah benar Apa pun ini adalah pantas Apa pun ini adalah murni Apa pun ini adalah indah Apa pun ini dilaporkan dengan baik Jika ada keindahan dan jika ada pujian Pikirkan tentang hal-hal ini. 16 . dengarkan doaku di pagi ini Berikan berkat Mu padaku Sehingga aku dapat menjalani hidupku hari ini Dengan cara yang berkenan di hatiMu Aku tidak meminta untuk boleh memilih jalan yang akan ku lalui Tuhan. berkati aku di jalanMu Berikan inspirasi kedalam pikiranku Buatlah aku sebagai berkat untuk setiap orang hari ini Bantulah kami untuk melakukan hal-hal yang harus kami lakukan Untuk kebaikan dan kebahagiaan orang lain Dalam setiap hal yang kami lakukan. dalam pekerjaan maupun dalam permainan Agar menjadi orang yang semakin dapat mencintai setiap hari Akhirnya. saudaraku.

dan bencana untuk setan. Kita juga harus ingat bahwa “tidak” bisa jadi adalah jawaban untuk sebuah doa. penyerahan diri kepada Tuhan. lebih dari obat 17 . jiwa individu akan mendapat perlindungan dari sebuah doa. dan Tuhan yang berda di tempat rahasiakan memberikan hadiah padamu secara terbuka.” Dengan membuka diri pada kekuatan doa. dan perusahaan sukses The Republik of Tea. Ketika individu berdoa. “Kita mendapatkan jaminan bahwa doa kita akan didengarkan. yang mengubah cara orang amerika minum dan berpikir tentang minuman kuno ini. apa gagasan yang terlahir dalam pikiran anda? Percayalah Yang Maha Kuasa ingin mendengarkan semua yang ada dalam pikiran individu. “misteri terbesar yang kita kenal sebagai ‘proses kreatif’ pada kenyataannya adalah kekacauan yang ditimbulkan oleh sesuatu yang belum dilahirkan dalam encarian tempat yang inda untuk dilahirkan. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa iamembuat trend. Uskup Agung Use berkata. Ketika salah satunya naik. karena kita berdoa padaTuhan yang mendengarkan segala doa. “kreasi adalah proyeksi dari suatu yang sudah ada. tetapi dengarkan apa katanya tantang inspirasi dan lihatlah betapa dekatnya halini dengan doa. tidak peduli seberapa kecil atau besar masalahnya doa kita dan belaskasih dari Tuhan sama seperti dua ember disumur. Doa adalah perisai jiwa. maka yang lain turun. Waktu yang Anda gunakan saat berlutut dalam doa akan memberikan pada luka hati dan kekhawatiran.” tulisnya. percayalah pada apa yang individu minta. Ziegler telah dua kali menemukan dan membawa angina perubahan bagi selera customer. Kekuatan Kreatif dari Doa Mel Ziegler adalah salah seorang pendiri jaringan took pakaian Banana Republik. Berdoalah pada Tuhan yang ada ditempat rahasia. Dalam setiap badai. dan karena doa adalah hadiah bagi semua orang yang datang pada-Nya”.

Masuk jauh kedalam diri individu. lakukan. doa adalah gema janji terindah yang diberikan oleh Tuhan dari reruntuhan jiwa manusia. anda mungkin tidak menemukan jawaban beberapa waktu kemudian bahkan mungkin dalam waktu yang lama. berpikir. berhati-hatilah saat mengungkap keinginan anda sendri. KETIGA. Hati yang bersih. Adalah sebuah kesalahan jika Anda berpikir bahwa kehendakNya selalu berupa sesuatu yang tidak menyenangkan. lakukan hal berikutnya karena melakukan kehendak Tuhan dalam hal-hal kecil adalah persiapan yang paling baik untuk hal-hal yang besar. Doa-doa yang akan menghasilkan hal besar untuk anda adalah doa yang anda pajatkan dengan kepercayaan penuh akan mendapat jawaban. KELIMA.apapun. yang bebas untuk meminta dengan penuh cinta akan memperolehnya. jika harus demikian. Tuhan tidak begitu saja menghalangi sifat dasar dan kesukaan manusia. Seperti gema di reruntuhan istana. seperti yang individu lakukan ketika berdoa. KEEMPAT. KEDUA. bicaralah pada orang bijak tetapi jangan menerima penilaian mereka sebagai sesuatu yang tidak bias ditwarlagi. Ketika seseorang pernah menanyakan pada Henry Drumond membuka Kitab Sucinya dan membacakan petunjuk ini dari halaman terdepan : PERTAMA. adalah sesuatu yang membukakan gudang yang tidak terhingga untuk individu. sementara ini. tetapi kebenaran adalah hal yang sama. tetapi jangan takut melakukannya. KETUJUH. ketidakeputusan dan tindakan dibutuhkan. KEENAM. Individu bisa mengatakannya sebagai pengetahuan. 18 . berdoa. Individu bisa danakan menerimanya langsung dari Tuhan.

Tuhan. Individu juga perlu menyiapkan jurnat aktivitas Tuhan dalam hidup individu selama 30 hari. PRAKTIK Gunakan Kekuatan Doa Sam Shoemaker memperkenalkan sebuah rencana yang sekarang disebut “Pittsburgh Expriment” tahun 1950-an. ia menyarankan pada setiap orang untuk memulai harinya dengan doa : “Selamat pagi. Dan. Shoemaker meminta setiap orang untuk memerhatikan apa yang terjadi. Maka memang doa ini akan dijawab. individu bisa menguasai pikiran individu dan menggunakannya untuk meraih tujuan yang individu pilih sendiri. Selama waktu ini. untuk mencari jawaban atas pertanyaan apakah Tuhan ada dan memerhatikan kesejahteraan manusia. asalkan tidak melanggar hukum Tuhan atau hak orang lain. Pada akhir hari ke-30 eksperimen. dan percayalah bahwa doa ini akan dijawab. individu bisa memenuhi semuanya. Setiap orang merasa yakin bahwa mereka telah melihat bukti keterlibatan Tuhan dalam hidup mereka. 19 . Apa yang Kau rencanakan untukku hari ini? Aku ingin menjadi bagian di dalamnya. beberapa yang lain adalah agnostic.” Kemudian. Shoemaker meminta tiap-tiap orang untuk bergabung dalam eksperimennya. Tetapkan Tujuan Terserah individu untuk memutuskan apa yang individu inginkan dari kehidupan. Cobalah doa dalam Pittsburg Experiment ini pada diri individu sendiri. Ketika individu memutuskan. setiap orang mendapatkan hasil yang positif untuk dilaporkan. Beberapa percaya pada tuhan. E. dan beberapa sama sekali tidak percaya. beberapa percaya pada Tuhan. dengan pikiran terbuka selama 30 hari. dengan pikiran terbuka terhadap kemungkinan munculnya bukti adanya Tuhan dalam kehidupan mereka. Ia dan sekelompok pengusaha bertemu secara teratur.

Menetapkan tujuan adalah satu cara untuk menjaga pikiran individu tetap berada pada hal yang individu inginkan. Anda perlu mempelajari cara membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang setiap harinya. Ini sangat penting. Visualisasikan diri individu sendiri sedang meraih tujuan ini. selama satu minggu atau sepuluh hari. Evaluasi dan tentukan dengan TEPAT apa yang akan individu berikan untuk mendapatkannya.  Determine (menentukan)  Evaluate (mengevaluasi)  Set (menetapkan)  Identify (mengidentifikasi)  Repeat (mengulangi)  Each Day (setiap hari) D-E-S-I-R-E dalah metode yang dapat ada gunakan untuk menetapkan dan meraih tujuan apa pun yang individu pilih. Ubahlah rencana Anda menjadi sebuah tindakn. Identifikasi keinginan individu dengan rencana yang jelas untuk melakukannya dan meraih tujuan Anda. Individu bisa merasakan getaran jiwa karena tahu bahwa individu dapat meraih tujuan atau sasaran apa pun yang individu buat. pada saat yang dibutuhkan individu akan segera bisa mengambil tindakan. Tulislah tujuan anda dalam selembar kertas. Lalu. kapan individu memilikinya. dan menjauhi hal-hal yang tidak anda inginkan. 20 . Tentukan dan pastikan dalam pikiran individu secara TEPAT apa yang individu inginkan. Tentukan tanggal yang jelas. Saya merekomendasikan individu untuk menhafalkan tiga kata Do It Now (lakukan sekarang) dan ulangi tiga kata ini dengan semangat dan cepat. Buatlah keinginan yang spesifik. Titik awal untuk mencapai tujuan dapat ditemukan dalam enam huruf pada kata DESIRE. 50 kali di malam hari. Secara terus menerus kembalilah pada gambaran ini dengan cara yang positif dan penuh harapan. beberapa kali sepanjang hari. seperti yang disampaikan dalam Langkah 2. sampai ketiga kata ini melekat dalam pikiran bawah sadar individu. 50 kali di pagi hari.

Sambil membaca. pada dan sore. Lihatkan. tetapi jika individu belum mendefinisikan secara tepat arti dari keinginan ini maka individu hanya akan menjadi orang yang sama dengan diri individu sekarang ini. Tuliskan dengan jelas dan ringkas apa yang sebenarnya individu inginkan. Percayalah. 21 .  Florence Griffith-Joyner berapa di tempat kedua pada olimpiade tahun 1984. di antaranya:  Gwendolyn Brooks tidak dapat mengingat lagi saat ia ingin menjadi penyair. Ia benar-benar melakukannya. cobalah… LAKUKAN SEKARANG! Tuliskan berulang-ulang rencana langkah demi langkah yang individu buat. tentu saja. kapan tepatnya individu ingin memperolehnya. Rasakan. Setiap hari. dan apa yang akan individu lakukan untuk mengusahankannya. Beberapa contoh yang mereka sebutkan. dan menetapkan tujuannya sendiri untuk memenangkan tiga medali emas pada pertandingan selanjutnya. Dennis Kimbro dan Napoleon Hill menunjukkan betapa pentingnya memiliki tujuan. dan memecahkan rekor dunia pada setiap kejuaraannya. Membuat Pilihan Dalam buku Think and Grow Rich: A Black Choice. Karena tidak ruginya untuk mencoba dan betapa besar keuntungan yang bisa kita dapat jika sukses. yang kemudian berlanjut hingga ia menjadi orang hitam pertama yang memenangkan Pulitzer Prize. Kesuksesan diperoleh oleh mereka yang mencoba. bacalah pernyataan tertulis yang individu buat keras- keras. Ia menganggap hal ini tidak cukup bagus. yaitu untuk mewujudkan sesuatu dalam hidup individu. Tuliskan dan tepat ketidakjelaskan adalah lonceng kematian dari usaha pencapaian tujuan. Individu mungkin mengatakan pada diri individu bahwa individu akan menjadi seseorang. visualisasikan diri individu telah memiliki tujuan ini. Pada usia 15 tahun ia menerbitkan puisinya dan memenangkan hadiah.

Gunakan Kekuatan Doa yaitu Individu harus percaya pada kekuatan doa.2 Saran 1. dapat dijadikan referensi bagi penulis selanjutnya. Hanya ada satu jalan menuju sikap mental positif. BAB III PENUTUP 3. DAFTAR PUSTAKA Dummond. Diharapkan para pembaca bisa memberikan kami kritik dan saran untuk dapat menjadikan kami lebih baik lagi dalam penulisan makalah-makalah kami selanjutnya. Singkirkan semua pikiran negatif melalui pemeriksaan diri yaitu memeriksa pikiran. Amerika: Baker Publishing Group. 3. Sikap mental positif bukanlah sesuatu yang digunakan ketika hidup Anda merasa menyenangkan. Dan Tetapkan Tujuan yaitu individu bisa menguasai pikiran individu dan menggunakannya untuk meraih tujuan yang individu pilih sendiri. 2.co. 3.id di akses tanggal 23 Februari 2017 22 . Sikap mental positif harus menjadi kebiasaan Anda begitu melekat dan mendarah daging sehinggan selalu terlihat dalam diri Anda.1 Simpulan Sikap mental positif membutuhkan proses penerapan yang terus menerus. 2007. Available at https://books. Semoga makalah kami ini.google. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa menambah pengetahuan tentang pengaruh mental positif tentang diri-sendiri. Individu yakin dan harus menguasai pikiran individu dengan penuh keyakinan. dan reaksi mereka sendiri. H. tindakan. The Greatest Thing in the World. Bentuklah Kebiasaan Bertoleransi yaitu Berpikirlah terbuka terhadap orang lain.

Amerika: Random House Publishing Group. Pragmatisme: and Four Essays from the Meaning of Truth.google.id di akses tanggal 22 Februari 2017 Stone.google. Success Through a Positive Mental Attitude. 1968.James. N.id di akses tanggal 21 Februari 2017 Kimbro. Think Grow Rich: A Black Choice. Available at https://books. Avaible at https://books. 1959.id di akses tanggal 22 Februari 2017 23 .co. William. Avaible at https://books.google.co.co. Northwestern University: Pretice-Hall. D dan Hill. W. C. New York: Meridian Book. 2011.